Monday, September 29, 2014

Outdoor Prewedding Reference - Taman Bunga Nusantara

Waktu 7th years anniversary, kita kan ga masuk kantor buat urus DP dari bridal lama. Sebelom ke bridal, kita malah jalan2 dulu ke Taman Bunga Nusantara buat survey tempat prewed nanti. hahaha. Abis kok setelah liat2 portfolio, terutama ketemu posting di blog nya Angel yg ini, saya mupeng banget liatnya. Makanya kita coba dateng dulu ke TBN nya, buat cari tau lokasi dimana, butuh waktu berapa jam untuk sampai di lokasi & gimana cara urus ijin lokasi. Niat banget ya sampe dateng kesana dulu? hahaha. Soalnya mau hasil prewednya bs maksimal. :)

Pas nyampe, langsung ke loket dulu buat beli tiket masuk. Harga tiket masuk untuk mobil 5 rb, sedangkan harga tiket masuk nya @ 30 rb. Kita jg dikasih peta di dalem TBN nya. Jam operasional nya buka dari jam 8 pagi - 5 sore.

Untuk ijin lokasi prewedding, bisa langsung dibayarkan pada saat tiba di TBN. Harga ijin lokasi nya 500 rb untuk weekdays & 750 rb untuk weekend. Harga ijin lokasi udah termasuk tiket masuk untuk maksimum 6 orang. Berdasarkan hasil tanya2 sm petugas disana, katanya sih nanti akan disediain tempat untuk tuker gown. Tapi cm ada 4 aja. Kalo udah abis, berarti terpaksa tuker gown di toilet. Tapi asli, toilet disini bersih semua.
Harga tiket masuk

Begitu masuk, ketemu sama air terjun & trade mark nya disini: burung merak. Umumnya bakalan prewed foto di area ini nih. hahaha. Abis demen banget liat burung merak nya.
topiari merak sama air terjun
Di dalem ada banyak area, sampe mabok buat ngunjungin satu per satu. Apalagi kan keliling area TBN nya pake jalan kaki. Langsung keringetan ngucur deras. hahaha. Untung tadi udah prepare buat bawa botol air mineral. Untungnya disini itu terpampang peta dimana2. Jadi ga usah pusing2 / nyasar sekarang lagi ada dimana. Kita yang baru pertama x kesini, setiap ketemu peta langsung disamperin, terus dipelototin. Peta yang dikasih waktu di pintu masuk jg dipelototin melulu. hahaha, katro bener. Tapi ada 1 daerah yang kita jg ga tau namanya apaan. Sempet bingung karena ga ada di peta. wkwkwk, kirain nyasar.
salah 1 peta yang ada di lokasi. peta yang kaya begini bertebaran dimana2

Sisanya biar foto aja ya yg berbicara. Abis bingung mau ngejelasin setiap area nya. Ada banyak bangeeeet soalnya. Saya cuma jelasin singkat2 ya. hehehe.
Taman Perancis. Keren ya? Berasa lagi di luar negeri. hahaha
Air mancur

Nah, di TBN ini banyak banget tanaman yang dibentuk jadi macem2 hewan. Ada bebek, dinosaurus, jerapah, kelinci, beruang.
bebek, jerapah, dino
kelinci, beruang, barong dari Bali
Hampir di setiap area TBN, suka ketemu sama lorong kaya di foto bawah ini nih.
lorong & jam taman
hamparan bunga & taman mediterania
Masih taman mediterania. letaknya berseberangan sama taman bali
ini taman jepang. letaknya deket sama rumah kaca
taman bali
kaget, karena disini beneran ketemu sama angsa. hahaha. Ada di area danau angsa

Pada dasarnya, ada 2 area di dalem Taman Bunga Nusantara. Ada area taman nya, ada lagi area bermain nya. Disebut jg Alam Imajinasi. Nah, untuk ijin lokasi yang saya ceritain di atas, cuma berlaku untuk di area taman nya aja. Sedangkan untuk foto2 di area Alam Imajinasi, harus bayar lagi sebesar 250 rb. Tidak ada perbedaan harga untuk weekday / weekend.

Di area ini ada golf car yang disewain setiap 15 menit. Ya muter nya cm boleh di area alam imajinasi aja. Coba kl boleh muter di area taman nya ya. hahaha. Langsung sewa buat muterin semua area taman nya. wkwkwk. Kalo untuk area taman nya, ada kereta yang keliling setiap periode waktu tertentu (bayar lagi).

Lagi muter2, tau2 nya ketemu kuda2. Disini ada 3 kuda. Kalo mau naik kuda, kena biaya lagi. Kudanya lagi 'parkir' nih. Perhatiin foto nya bae2 deh. Masing2 kuda dipakein celana warna merah, buat nampung pup nya. hahaha. Terus liat lagi surai kuda yang warna coklat muda deh. Buset, surai nya dibentuk jabrik begitu. wkwkwk. Lucu ya?
kuda di area alam imajinasi
Bisa maen ATV sekaligus kereta jg
Saya disini cm sekitar 2 jam an aja. Kita muterin area - area yang penting aja buat diliat. Ketemu rumah kaca, tapi ga masuk gara2 waktu terbatas, mesti buru2 ke bridal lama buat urus balikan DP. Padahal mah saya masih mau berlama2 disini. hehehe.

Di dalam TBN jg ada beberapa resto (Saung Nini & Saung Aki). Tapi kayanya saya lebih tertarik untuk makan di luar area TBN. Saya udah tanya sama petugas disini, kalo misalnya mau keluar area TBN untuk makan dulu, terus masuk lagi bisa ga? Katanya bisa, cukup di cap aja tangan nya. Oke lah kalo begitu, berarti kan bisa cari makan di luar kalo misalnya jadi prewed disini. hehehe.

Menurut pendapat saya pribadi, untuk prewed sebenernya lebih bagus pemandangan di Taman Bunga Nusantara dibanding TWA - Angke Kapuk. Cuma emang dari sisi lokasi, jauuuuuuh banget akses nya dari Jakarta. Saya butuh waktu 3 jam untuk ke Taman Bunga, baru pergi nya aja ya. Untuk yang prewedding nya cm dapet 1 hari indoor & outdoor, pasti ga keburu kalo mau prewed di Taman Bunga.

Dari sisi cuaca, walopun di Taman Bunga itu siang hari, tapi panas nya ga nusuk dibanding waktu di TWA - Angke Kapuk. Jadi walopun keringetan waktu muter TBN, tapi masih ada angin nya. Keringet lebih bercucuran waktu di TWA - Angke Kapuk. hahaha. Pas keliling di TBN, kita pake payung berduaan, padahal disitu ga ada org laen yg bawa2 payung. wkwkwk. Harap maklum lah ya, kan nyampe disana nya itu jam 11 an siang, pulang nya jam 1 an. Itu kan matahari lagi terik2 nya. hahaha.

Kalo nurutin kemauan sih saya pengen banget prewed disini *sekalian kasih kode ke cami biar diturutin prewed disini. hahaha*. Tapi itu artinya harus prewed 2 hari, 1 hari untuk indoor, 1 hari untuk outdoor. Bahkan ada kemungkinan harus nginep 1 malem supaya keburu untuk foto dari TBN buka, jam 8 pagi. Cuma itu artinya butuh tambahan biaya lagi. Ah, UUD nih yang ber 'bicara'. wkwkwk.

Saturday, September 27, 2014

Bridal for Wedding Day - Yumi Katsura

Yihhhaaaaa..Akhirnya DP jg di Yumi Katsura setelah melalui beberapa pertimbangan. Sebenernya bridal pilihan cami itu ada 2, antara D*v*ne atau Yumi. Cuma saya udah ke D*v*ne dua kali, tapi kok hati rasanya ga sreg. Yah ga sreg nya karena ternyata bridal nya rame bangeeeeet waktu weekend. Mau cobain gown aja mesti antri loh & antrian nya bukan cuma 1 - 2 orang aja. Saya jg ga ketemu wedding gown yang ditaksir dari ready stock gown nya mereka (belajar dr pengalaman di masa lalu, mesti naksir dulu sama gown nya). Yang terakhir, belakangan ini baca review2 di forum FD, beberapa couple kurang puas sama hasil prewedding nya.

Jadi ngeri sendiri kalo saya malah ga bs ke-handle dengan baik disana, karena emang rame banget. Padahal bridal nya comfy, studio indoor & gown prewedding nya jg bagus2. Sebenernya kalo dari sisi harga, di D*v*ne lebih ekonomis dibandingin di Yumi Katsura. Tapi akhirnya kita lebih milih di Yumi Katsura karena beberapa pertimbangan yg udah saya jelasin di atas.
Pas saya pertama kalinya mampir ke Yumi, saya langsuuuung suka sama style gown nya. Terus di dalam hati langsung bilang, This is it. Lebay ya kedengeran nya. Tapi emang itu kebeneran nya. Saya selalu denger dari blogger laen yg udah married kalo nantinya bs merasa sendiri ketika liat gown yang tepat. Sebenernya saya jatuh hati sama gown yang di sebelah kiri waktu pertama x liat. Tapi cami jatuh hati nya sama gown yang ada di sebelah kanan. Jadi bingung dah mau keep gown yang mana. hahaha. Tapi disini boleh ganti pilihan 1 x kok. Jadi istilahnya diberikan kesempatan ke2 buat tuker gown. :)

Note:
- Gown sebelah kiri masih belom dipayetin sama sekali, jadi keliatan nya masih polos.
- Gown sebelah kanan udah ditambahin payet.
- Apapun pilihan gown nya nanti, saya mau nutupin semua bagian perut nya biar ga vulgar2 amat. wkwkwk. Ga pede euy sama perut berlemak.
- PR selanjutnya mesti kecilin perut biar keliatan lebih langsing pas pake gown transparan model begini. Sekarang sih lemak perut kemana2.
tampak depan
tampak belakang
 Ayo2, lebih cocok yang mana waktu dipake sama saya?? hahaha.

Selaen soal gown, saya jg agak concern soal make up karena bisa mempengaruhi banget mood saya di wedding day, kira2 bakalan PD / ga. Soalnya pernah punya pengalaman buruk waktu make up untuk wisuda, hasilnya jelek abiiiiis. Kaya ondel2 dah dandanan nya. Saya sampe males foto2 pas di hari itu. Akhirnya sampe sekarang, pasang foto waktu wisuda jg ogah. hahaha.

Di Yumi, kita bisa pilih beberapa rekanan MUA yang ada. Saya minta IG dari semua MUA rekanan Yumi. Terus pilih sesuai style make up yang kira2 cocok sama saya. Karena kekurangan saya itu ada di daerah sekitar mata. Alis tinggi sebelah, mata lebih gede sebelah (kalo diperhatiin seksama), muka udah default judes & keliatan tua. Jadi kalo kurang hati2 waktu make up, yang ada muka jadi makin tua & judes, alis bs2 dicukur sampe botak. Tidaaaaakkk. >.<

Karena sehari2 nya saya ga pake make up, jadi saya jg cari MUA yg style nya soft, ga perlu sampe pasang bulmat berlapis2, alis ga usah tebel2 kaya sinchan. Cukup yang bisa terlihat natural tapi tetep keliatan manglingi. Akhirnya setelah minta masukan dr temen, saya udah booked janni (@matsuurajanni) buat MUA di hh nanti. Dan udah di-confirm sama marketing saya kalo janni available di wedding day saya. Ah senangnya..hehehe.

Soal marketing, kebetulan saya ketemu sama orang yg ramah & informatif. Sebenernya ada marketing di Yumi yg menurut saya krg ramah, untungnya marketing saya bukan dia. hahaha. Disini saya ambil paket Edelweis. Dapet nya apa aja dari paket Edelweis:
- New wedding gown seharga 22 juta (range harga gown disini dari 22 - 27 juta). Tapi ga menutup kemungkinan bisa ada grade gown yang di atas 27 juta.
- Make up untuk bride & groom
- Make up & dress untuk 1 orang bridesmaid (no retouch)
- Make up untuk 2 mama (no retouch)
- Peminjaman 1 second wedding gown untuk outdoor / pemberkatan (saya pilih untuk dipakai outdoor)
- Test make up 1x --> kalo ga ambil prewed dari APP, berarti nanti akan ada sesi 'real' test make up.
- Free hand bouquet dari Ayanna florist jika melakukan pengisian data secara online (pilihan bunga nya hanya rose & 1 warna aja)

Fyi, nego bonus disini susah banget, beda kalo misalnya kita nego bonus sama bridal - bridal laennya. Buset dah, disini sepertinya udah ada standarisasi nya gitu. Bisa2 kita ga dianggep kalo nego bonus nya gigih. >.<  Tapi emang mesti diakui, style gown nya beda dibanding bridal pada umumnya.

Oh iya, untuk test make up jg ada aturan nya. Hanya bs dilakukan di weekday, jam 10.00 - 17.00. Biasa test make up sekitar 1 - 2 bulan sebelum hh. Mudah2an hasilnya bagus ya. hehehe. Jika perlu ada retouch make up untuk mama & bridesmaid, itu akan kena charge lagi dihitung per orang. >.<
Untuk MUA di hari h nanti, akan ada MUA yang berbeda2 untuk bride, bridesmaid & 2 mama. Jadi akan ada 3 MUA: 1 untuk bride, 1 untuk bridesmaid, 1 lagi untuk 2 mama. Make up untuk mama & bridesmaid butuh waktu kurang lebih sekitar 1 jam. Make up & preparation untuk bride butuh waktu sekitar 3 jam.

Untuk aksesoris seperti kalung, anting, crown, itu tidak dipinjamkan dari Yumi (kebijakan nya seperti itu). Karena setelah dipinjami, aksesoris nya sering patah karena bride nya kurang hati2. Berarti PR lagi buat saya untuk beli aksesoris.

Sebenernya di Yumi jg ada paketan berikut prewedding & liputan yang rekanan nya APP (Aries Pangestu Photography). Cuma karena liputan nya kita udah deal sama vendor lain, jadi kita ga ambil paketan yang lengkap. Hanya ambil paket yang dapet gown & make up aja. Sekarang kita pusing cari vendor untuk prewedding, sewa gown & MUA untuk prewed deh. Soalnya di Yumi ga punya studio indoor & prewedding gown.

Berarti bs dibilang kalo saya ini semi lepasan kali ya? Jadi tetep pake bridal, tapi emang ga ambil bridal yang paketan nya lengkap. Urusan bridal udah kelar, eh tapi urusan selanjutnya udah menanti lagi. Saya mesti cari2 vendor untuk prewedding indoor & outdoor & tempat untuk sewa gown. >.<

Yumi Katsura
Jalan Elang Laut Boulevard Raya Blok C No 36, PIK
Telp: 296-780-71

Monday, September 22, 2014

Wedding Day Journalism - Monchichi Photography

Di postingan bulan2 sebelomnya, saya pernah posting tentang Monchichi Photography, bahkan gencar banget bikin posting ttg memilih vendor liputan segala *jd berasa sotoy*. Cuma waktu itu kan saya belom state kalo sebenernya saya udah deal sama Monchichi untuk vendor liputan di wedding day nanti. wkwkwk.

Untuk alesan2 kenapa saya deal di Monchichi sih bisa diliat di postingan sebelomnya ya. Kalo di postingan ini, saya lebih ceritain item2 apa aja yg didapet karena udah deal sama Monchichi. Walopun vendor liputan ini namanya masih belom terkenal dibanding vendor laennya, tapi saya & cami udah kasih kepercayaan ke Monchichi untuk handle our big day. 

Seharusnya kita ga salah pilih, karena sebenernya kita sampe ketemuan 2 - 3 kali untuk cari chemistry sama photographer nya sebelom deal. Umumnya kalo deal sama suatu vendor, kita ketemu sm owner nya, tapi nanti di hh nya yang turun adalah team nya. Nah, yang saya temuin di Monchichi beda sih. Karena dari waktu di pameran, kita jg udah langsung ketemuan sama photographer sekaligus founder nya. Ngobrolnya jg lebih enak jadinya.

Kita yang dari buta soal foto, video, dll, jadi punya pengetahuan yg lumayan sejak ngobrol sama Ivan, photographer sekaligus founder yg nantinya turun di hh saya. Selaen itu, saya ngeliatnya mereka itu punya passion di bidang fotografi. Apapun kalo dikerjain karena hobi, biasa hasil nya lebih bagus ya. hehehe. Liat hasil beberapa portfolio mereka, saya jg sreg. Karena untuk 1 moment, bisa diambil dari berbagai angle.

Kita udah deal di Monchichi udah dari April 2014. Soal payment term jg enak, istilah dagang nya 'cengli' lah. Harga paket nya 26 mio untuk wedding day, free photo booth selama pameran di Balai Samudera (April 2014). Cuma dr awal cami udah kekeh ga mau pake photo booth. Jadi kita nego lagi untuk harga paketan nya, karena photo booth ga diambil.

Setelah nego & ketemuan beberapa x, akhirnya deal jg. hahaha. Yang didapet itu:
- 3 photographer
- 3 videographer
- include lighting (if needed)
- free photo clip
- wedding clip (durasi 1 lagu)
- video liputan (durasi sekitar 45 menit)
- Bisa request lagu untuk video clip & liputan nya
- 2 album ukuran 25 x 30 cm @11 pages (custom album, bs request mau pake bahan & model apa)
- 2 kanvas ukuran 60 x 90 cm

Untuk photographer nya sendiri, udah ada pembagian tugas masing2. Misalnya task untuk photographer. Ada yg bertugas untuk ambil moment, beauty, dan scenery. Dari hasil penjelasan Ivan, seharusnya ga bakal ada terjadi penumpukan crew di 1 tempat, karena mereka punya tugas yang berbeda.
Umpamanya nih ya:
Pagi hari:
2 photographer akan ikut ke tempat bride, sedangkan 1 photographer ikut ke tempat groom (karena preparation di pagi hari itu lebih rempong di tempat bride).
Pas moment pemberkatan:
Akan ada 1 kamera yang stagnan untuk ambil suara & gambar dari belakang. Photographer sisanya akan liput dari sisi kiri & kanan.
Pas moment lepas balon:
Akan ada photographer yg stand by dari depan & belakang.
Pas wedding toast:
Photographer 1 ambil gambar dari tengah, tampak depan (capture moment).
Photographer 2 ambil gambar ekspresi tamu2 yang ikut pegang gelas untuk wedding toast (capture scenery).
Photographer 3 ambil gambar dari sisi samping, fokus ke detail gelas nya pada saat diangkat bersama2 (untuk beauty), karena akan ambil foto yang lebih detail nya.

Penjelasan saya belepotan amat ya? Mudah2an yg baca bisa ada gambaran ya maksudnya apaan. wkwkwk. Mungkin bs kebayang kalo pas baca penjelasan yg moment wedding toast.

Oh ya ada yg tau Cecep Reza, pemeran Bom - Bom di film Bidadari? Nah, ternyata sebelom married, Cecep itu sempat jadi salah 1 photographer di Monchichi. Pas wedding day nya Cecep, vendor liputan nya pakai Monchichi jg. Itupun saya sadarnya waktu liat portfolio foto di website & instagram Monchichi, setelah deal pula sadarnya *ga peka ya*. Kita akhirnya deal di vendor ini setelah ketemu 20 vendor liputan di pameran. ckckck. Akhirnyaaaaa, 1 urusan kelar jg ya. Salah 1 alesan utama kita deal disini adalah harga *UUD jg*. Gelo, harga vendor liputan jaman sekarang ga kira2. Makanya cari yg sesuai budget tapi lumayan bagus emang susah banget ya. >.<

Untuk yang mau liat portfolio nya, bs klik disini atau disini ya.

Monchichi Photography
Jalan Permata Biru 1 Blok I2 no 3
Kelapa Gading
Telp: 452 - 8261 
Ivan Natadjaja
HP: 0878 - 7538 - 4988

Sunday, September 21, 2014

Wedding Car Vendor - Uniklindo Rental

Skip dulu ya pembahasan soal bridal pilihan saya. Karena udah 3 posting berturut2 kok bahasnya bridal melulu. Tar pada bosen bacanya. Mending sekarang bahas wedding car dl. Sebelom bahas wed car lebih jauh, happy wedding buat Ribka & Luvti. :)  Acara hari ini lancar jaya semuanya, ga ada ujan pula. Perfectooo.

Sebenernya lebih tepatnya kita bukan cari vendor wedding car. Tapi lebih ke arah confirm harga ke salah 1 vendor yang emang cami udah sreg. Karena waktu awal tahun ini (sekitar Feb 14), kita ada ke pameran wedding di JI Expo. Terus iseng2 nanya sama Uniklindo & Fend*. Belakangan jg ada nanya sama GBU Trans. Vendor pertama yg kita tanya itu Fend*, karena namanya udah sering banget didenger. Berhubung kalo setiap pameran itu Fend* & Uniklindo selalu sebelah2an, jadi kita jg mampir ke Uniklindo. 

Di Uniklindo, kita ngobrol sama Pak D. Orangnya enak banget diajak ngobrol. Kalo di Uniklindo, sistem sewa nya 12 jam. Pas lagi ngobrol2 tentang available tanggal, kita liat ada nama Fend* di booking date list nya Pak D. Karena penasaran, jadinya kita tanya dong. Ternyata Fend* jg ada ngambil disini kalo misalnya mobil nya ga cukup. Wajar sih kalo menurut saya, namanya sesama vendor wedding car, jadinya saling bahu membahu. wkwkwk. Setelah tanya2 harga, kita minta kartu namanya Pak D. Kantor nya Uniklindo adanya di daerah Camar Permai PIK, jadi deket sama rumahnya cami. Seinget saya, kalo di Fend* itu dapetnya 10 jam aja.

Di pameran awal Sep 14, kita jg sempet nanya2 di GBU Trans, karena kalo disini kan sistem nya No Overtime. Cuma emang harganya aja yg lebih mahal dibanding Uniklindo. Kita kurang sreg disini karena cara pelayanan ke customer nya cuek2 aja. Terus waktu kita nanya harga untuk sewa jasa voorrijder (bahasa belanda) / pengawalan polisi, harganya lumayan mahal (tergantung jenis motor nya, mau motor jangkrik / motor gede). Kita jg udah itung2, harusnya jasa wedding car nya ga lebih dr 12 jam kok. Jadi say goodbye sama vendor ini.

Nah, kalo di paketan v bridal udah dapet wedding car vellfire putih selama 8+2 jam (minta bonus supaya jd 10 jam & di-approve). Cuma karena v bridal jg udah tutup, makanya kita cari vendor wedding car. Cami langsung hub Pak D (vendor Uniklindo) by phone, minta tolong dikalkulasi harga untuk new Alphard putih berikut 1 voorrijder. Walopun wed day kita itu hari Minggu, tapi cami kecentilan mau pake voorrijder. Katanya kapan lagi dalem seumur hidup bs dikawal? hahaha. Mungkin biar berasa jadi org penting 1 hari ya. wkwkwk.

Setelah dapet kalkulasi harga, cami sempet nawar sedikit sama Pak D, karena kan ceritanya kita sekalian mau sewa 2 mobil untuk keluarga jg di hh. Akhirnya dikurangin deh sedikit. Lumayan ya, daripada ga turun sama sekali. wkwkwk. Setelah harga sreg, kita langsung janjian sama Pak D buat buka bon. Soalnya kan denger2 nanti BBM mau naek pas presiden baru yang terpilih nantinya menjabat. Jadi sebelom BBM naek (harga sewa wed car jg udah pasti naek), kita deal dulu deh. Soalnya Pak D jg bilang, kalo udah deal, harga kan mendikat sampe hh. 

Saya sama cami mampir ke Uniklindo pas tanggal 20 Sep malem. Ternyata kantor nya ada di kompleks perumahan. Walah, itu di garasi & depan rumah udah ada alphard & vellfire sebanyak 6 mobil. Pak D bilang kalo semua mobil itu untuk wedding di tanggal 21 Sep, karena ada sekitar 20an penganten di tanggal 21 Sep. Ribka, tanggal wedding u laris manis banget ya. hahaha.

Harga dari Uniklindo sebenernya cm include BBM aja, tol & bensin ga termasuk. Tapi kita jelasin rute kita di hh itu kemana aja (bridal, rumah cami, vihara tempat pemberkatan, tempat resepsi). Karena semua areanya deket2, jadi akhirnya kita ditanggung jg untuk biaya tol & bensin nya (ini sih cami yg nawar, terus dikasih). Cihuuuy, makasih Pak D. Paling nantinya kita siapin tips aja untuk driver nya secara sukarela berikut konsumsi nya.

Untuk voorrijder, biasanya mulai dari pagi waktu wed car stand by - anter pengantin di tempat resepsi aja ya. Kita jg punya special request sm Pak D, supaya untuk nopol nya jangan mengandung angka 3 & 4. Karena ortu biasanya ga suka kl nopol nya kurang bagus (menurut kepercayaan). Apalagi ortu nya cami tuh. Lha semua mobil di rumah dia aja nomornya cantik & kembar (sengaja beli). ckckck. Sampe2 cami jg punya 2 no HP yang buntutnya jg mesti sama kaya nopol mobil nya. Hadeeeh, jd inget waktu dulu setengah mati muterin roxy cm buat cari no HP doang. >.<

Untuk bunga yang dipasang di mobil, nanti kita cukup inform aja ke Pak D mau pake warna apa (bisa minta tolong WO untuk send info warna nya by email). Karena kemaren saya liat stok bunga artificial nya ada macem2.  Nanti tinggal dirangkai aja sama pihak Uniklindo. Tapi karena kita jg deket ke tempat Uniklindo, ya nanti mampir aja buat pilih warna bunga sendiri (kalo sempet). hahaha. Untuk nomor driver, biasa akan di-infoin 1 - 2 hari sebelom wed day.

Oh iya, ini beberapa alesan kenapa kita deal di Uniklindo:
- PIC (Pak D) nya ramah banget, ga sombong sama sekali.
- Karena letak kantor nya deket sama bridal pilihan, tempat pemberkatan & rumah cami. Ini sih untuk meminimalisasi wed car sampe dateng telat *amit2 ketok meja dulu*.
- Harganya berlaku untuk 12 jam, karena emang kebutuhan kita ga akan melebihi 12 jam.
- Kalo harus stand by mobil dari subuh, biasa driver nya udah nginep dari malem sebelomnya di kantor Uniklindo.
- Ga usah pusing lagi soal voorrijder, karena udah langsung dibantu dari pihak Uniklindo untuk urusan ini.
- Udah include BBM, tol & parkir. Karena rute kita di wed day itu beneran deket2, makanya dikasih kompensasi buat tol & parkir. wkwkwk.

Akhirnya satu urusan bisa kelar jg. hehehe. Berarti masih ada bridal, hand bouquet, prewedding indoor & outdoor yang mesti diurus, sama mobil keluarga. Untuk sewa mobil keluarga, masih blm dikasih final price sama Pak D nya. Next posting masih bakalan muter2 soal wedding preparation melulu. Kl epi bilang, kaya sinetron kejar tayang aja. wkwkwk.

Uniklindo Wedding Car Rental
Jalan Camar Permai  7, PIK
4585-0231

Pemilihan vendor - bridal (part 4)

Siapa tau ada yang mau tau hasil survei saya belakangan ini kemana aja. Hahaha. Itung2 saya sharing juga pendapat saya pribadi tentang masing2 bridal berikut detail paket nya.
1.      The Silk PIK
Yang 1 ini terkenal banget karena gown nya yang bagus. Saya kan jadi penasaran banget seperti apa gown nya. Sebelom dateng, saya telp dulu untuk confirm kalo mereka buka. Pas sampe disana, saya dikasih liat 1 buku yang isinya adalah foto dari semua koleksi gown nya Silk (yang handle namanya Ci Yenni). Setelah bolak balik, saya tertarik sama 2 gown. Jadi langsung diambilin gown itu untuk dicoba. Ternyata dua2 nya baguuuus banget. Setelah selesai coba gown, saya baru dijelasin kalo gown yang saya coba itu harganya 29 juta & 30 juta. Nah, apa aja yang didapat? Dari hasil tanya jawab sama Ci Yenni nya:
a.       New wedding gown
b.      Custom bolero, veil, hair pieces, gloves
c.       Penambahan payet & lace
Intinya, disini sama sekali ga ada istilah second. Karena semuanya bener2 dibuat baru sesuai keinginan kita. Mantep banget kan penawaran nya? *mupeng abis*. Untuk gown yang udah di keep, kita masih bisa ubah lagi, selama belum dipake untuk prewedding indoor. Untuk alter nya sendiri butuh waktu sekitar 3 bulan. Buat yang tertarik, bisa telp ke Ci Yennie: 0818-68-8502 atau 588 2218 – 19. Cami ngoceh2 karena disini over budget. Dia bilang sayang kalo seharga 29 – 30 juta cuma untuk gown aja. Tapi disini cocok banget buat capeng yang mau semuanya serba ‘custom by request’.

2.       Aurelle House of Brides
Ternyata sekarang Aurelle udah pindah ke seberang Gading Walk yang ada di MKG. Pantesan nyari ke alamat yang lama (yang di-publish di Weddingku itu kanyang di Jalan Kelapa Hibrida Raya), tapi ga ketemu. Ditelp juga ga ada yang angkat. Setelah telp ke no HP cici nya, baru dapet info kalo Aurelle nya udah pindah. Hehehe. Aurelle nya buka sampe jam 8 malam. Cici Ivana nya helpful banget..Dia nanya saya sukanya gown seperti apa, terus dia cariin saya gown yang kira2 sesuai gambaran saya.

Dicariin terus bahkan waktu lagi sesi coba gown. Saya sampe udah merasa cukup untuk coba gown, tapi masih ditawarin terus. Kan jadinya ga enak jg ya udah ngerepotin orang laen. >.<
Setelah itu, langsung ditulis di kertas untuk harga gown (tunjuk gown mana yang disuka) berikut item apa aja yang didapat. Gown nya Aurelle ini setau saya dari Spain (Atelier Diagonal) yang emang bahan nya jauh lebih bagus. Tiap gown nya pun emang ada namanya. Untuk harganya dikasih 28 juta, udah termasuk:
a.       New wedding gown (Indalina)
b.      Peminjaman 3 prewedding gown
c.       Peminjaman 2 bridesmaid gown
d.      Alter gown, + payet, + crystal
e.      Accessories & hair accessories
f.        Bolero, veil, gloves, petticoat
g.    Fitting on the wedding day (ada perwakilan dari Aurelle yang akan bantu untuk pakai gown)

Cuma karena saya emang kurang sreg sama gown nya, jadi saya ga nanya lebih lanjut lagi tentang detail yang didapat. Untuk lebih jelasnya, langsung aja telp ke Ci Ivanna nya: 0812-1014-20006. Intinya, Aurelle ini mirip2 sama The Silk, yaitu service nya fokus hanya ke gown aja.

3.     Yumi Katsura
Baru beberapa bulan ini, Yumi pindah ke Elang Laut yang ada di PIK. Paket yang ada disini hanya ada 3. Utk second wed gown, harga nya 17 juta. Utk new wedding gown, harga nya 25 juta. Utk new wedding gown, prewedding & wedding journalism, harganya 46,5 juta. Kalo ga mau ada liputan hari h, tinggal potong aja 16 juta dari 46,5 juta (jadi 30,5 juta). Rekanan nya yumi cm ada APP (Aries Pangestu Photography) untuk prewedding & liputan hh nya.
Berhubung saya cari new gown & udah punya vendor untuk wedding journalism, saya lebih fokus untuk nanya2 tentang paket yg 25 juta. Yang didapat untuk paket 25 juta:
a.       New wedding gown seharga 22 juta (karena range wed gown nya mulai dari 22 – 27 juta)
b.      1x test make up (kalo ambil prewed, berarti test make up nya waktu prewed)
c.       Make up untuk Bride & Groom (+ retouch)
d.      Make up & hair do untuk 2 mama
e.      Make up, hair do & 1 dress untuk bridesmaid
f.        Peminjaman 1 wedding gown second untuk pemberkatan / outdoor photo (pilih salah 1)

Saya naksir nya sama new wedding gown yang seharga 27 juta. Nah ini dia yang bingung. Berarti kan saya mesti nambah 5 juta lagi dong buat keep gown yang saya taksir itu. Huhuhu. Lagian harganya juga bs dibilang di atas bridal laennya dengan harga yang sama (di bridal laen bisa dapet item yang lebih banyak). Di yumi ga ada gown yang bisa dipinjemin untuk prewed ya, karena 95% koleksi gown nya ya warna putih. Kalo gown warna sih ada, tapi itu cm untuk bridesmaid.

4.       Divine Bridal
Paket disini jg ada banyak jenis. Semuanya mesti disesuaiin lagi sama kebutuhan dari masing – masing pengantin. Ada yang sama liputan, ada yg ga. Ada yg sama voucher ini itu, ada yg ga. Hehehe. Untuk level gown nya ada 3: mulai dari Opera, Lavish, Millies. Upgrade per level gown kena 3,5 juta. Untuk pembuatan bolero baru (custom) kena 1,5 juta. Untuk photo prewed beda hari, kena charge lagi.
Dari studio indoor nya emang bagus loh. Ada banyak background & properti foto, tapi setau saya dibatesin juga untuk jumlah gown yang bisa dipake pas prewedding session.

5.       In Joy Bridal
Setau saya ini bridal lokal, tapi gown nya dari Taiwan. Anak gown nya baik banget. Dari hasil liat2 gown nya, sebenernya saya cm agak tertarik sama 2 gown aja, itupun katanya udah di-keep sama orang laen. Emang disana aturan nya masih bs coba gown yang udah di-keep sama orang laen. Setelah coba 2 gown itu, mbak nya ga ngasih saya selesai loh. Dia masih nyariin saya 2 gown yang udah di-keep sama orang laen dr ruangan laennya lagi. Ckckck. Luar biasa banget ya baiknya. Katanya sih biar puas setelah keluar dari bridal nya. Dari sisi model gown, terus terang sih kurang bervariasi, bahan nya jg kurang bagus. Kalo mau yang model nya oke, sepertinya harganya di atas harga paket yang mereka punya alias mesti upgrade lagi.
Untuk album yang didapat dari paketan jg amsih putus, belom sambung. Seinget saya, disini paket nya dibedain berdasarkan gown nya, mau yg new / second. Harga paket nya jg terjangkau, sekitar 21 juta udah lumayan lengkap. Saya share disini ya untuk paket 21,380,000 dapetnya:
a.       New wedding gown (Taiwan)
b.      Make up Bride & Groom berikut retouch
c.       Prewedding indoor & outdoor
d.      40 foto + design + album tempel 20 x 30 cm
e.      Kanvas 60 x 75 cm
f.        1 foto meja
g.       Make up mama untuk 2 orang
h.      Hand bouquet

6.     Yohannes Bridal
Harga paketan nya mirip2 sama In Joy, sekitar 22 juta. Dapetnya jg udah lumayan lengkap. Kalo yg demen blink2 dengan batu2an yang besar, disini tempat nya. Karena rata2 karakteristik gown disini emang yg heboh. Gown nya dibagi per grade, ada yg second, new 10 juta & new 15 juta. Tapi kan saya itu orang nya ribet, maunya custom wedding gown, yang model nya transparan di bagian belakang. Begitu tanya harga gown custom, start from 30 juta. Ogah deh kalo custom wedding gown nya semahal itu. Hehehe.
Kalo dari style make up nya juga saya kurang suka. Karena sepertinya make up disini rata2 tebeeeellll. Padahal sehari hari nya saya ga pernah pake make up. Jadi pas di wedding day pun maunya cuma soft make up aja.  Kalo misalnya di bridal laen itu duduk biasa pada waktu make up, kalo disini itu sambil rebahan / tiduran. Dari photographer saya jg sependapat kalo make up disini terlalu tebel. Tapi kalo yang emang suka ‘strong’ make up & blink2 gown, disini cocok banget. Hihihi.

7.       May – May Bridal
Bridal nya ada di lantai 3 & 4 dari ruko nya yang ada di CP.  Saya mampir kesini karena vendor liputan saya ada rekanan sama bridal ini untuk paket prewedding nya. Disini ada 3 paket, start from 29,9 juta, 39,9 juta & 49,9 juta. Untuk yang 29,9 juta, gown nya second & make up nya harus ke May – May Bridal. Untuk paket 39,9 juta, gown nya new & make up at your place (free). Kalo paket 49,9 juta, untuk custom wedding gown dari awal. Butuh waktu sekitar 7 bulan untuk buat wedding gown dari awal.
Saya share untuk detail paket yang seharga 29,9 juta ya:
a.   Rent wedding gown (second) termasuk petticoat, veil, glove, accessories, dll (standar bridal lah)
b.      Make up @ Salon by team (1 x prewedding, make up HH & retouch) for Bride & Groom
c.       Party make up & hair do untuk 2 orang (biasa untuk mama) & retouch
d.      Make up & hair do untuk 1 orang bridesmaid
e.      Prewedding (indoor & outdoor) à belum termasuk ijin lokasi
f.        Album magazine ukuran 20 x 30 cm (20 halaman)
g.       30 edited photos
h.       Kanvas 60 x 80 cm + frame

Kalo ada yang tertarik, bisa langsung contact ke Ci Ling – Ling: 081-888-2275. Untuk koleksi gown nya, bisa langsung diliat di website nya. Tapi setelah saya ngubek2 gown nya, ga ada yang sreg di hati. Jadi saya jg ga ada coba 1 pun wedding gown disini.

8.       Gester Bridal
Iseng – iseng mampir ke Gester, siapa tau cocok. Hehehe. Disambut sama Ci Maria, terus langsung dijelasin paket nya. Untuk paket nya sendiri dibagi berdasarkan second / new wedding gown. Berhubung saya kan emang utamain cari gown, jadi langsung liat2 gown nya. Setelah ngubek2 new wedding gown nya, saya cm suka sama 1 gown yang dipajang di manekin. Akhirnya saya coba 2 gown disana (salah 1 nya yang di manekin).
Emang badan saya yang kaya karung beras x ya, coba 2 gown, kaga ada yg muat (ga bs di-resleting). Ckckck. Terus ditanya sama Ci Maria nya, lebih prefer gown yang mana. Tetep aja saya nunjuk gown yg dipajang di manekin. Hahaha. Untuk gown yang saya taksir itu, dikasih harga 28 juta (untuk gown & make up saja) atau 44 juta untuk paket lengkap nya.
Biar ga bingung, saya share detail paket nya Gester ya. Untuk second wed gown, start from 21 juta. Sedangkan untuk new wed gown start from 34 juta. Harga ini udah termasuk:
a.       Wedding gown ready stock
b.      Test make up & hair do
c.       Make up for Bride & Groom berikut retouch
d.      Prewedding make up
e.      1 x facial treatment
f.        Make up, hair do & gown for bridesmaid
g.       Hand bouquet & corsage
h.      Prewedding indoor: 20 edited photos
i.         2 album liputan uk 20 x 30 cm
j.        Liputan hari h DKI (mini DV)
k.       Wedding car DKI 8 jam
l.         Voucher jas, undangan, kue @ 1 juta
m.    Make up & hair do untuk 2 mama

Kalo mau ada prewed outdoor nya, ada beberapa item yang mesti diilangin dari paketan di atas. Untuk bolero, enaknya disini bisa dibuatin yang baru. Masih inget banget sama bolero nya Epi, soalnya bagus bolero nya. Hehehe. Buat yang tertarik, bisa langsung hubungin Ci Maria nya: 0815-5000-463.

9.       Ricky L Photo & Bridal
Kesini jg iseng2 doang, ngajakin cami mampir pas lagi lewat, terus dia mau. Ya udah, jadinya kita mampir. Seinget saya, harga paketan nya sekitar 23 an juta. Yang hebatnya, harga itu udah termasuk custom new wedding gown loh. Padahal kan kalo di bridal laen, mau custom itu kena cas yang mahal banget. Cuma emang bahan gown yang dipake kurang bagus kalo menurut saya. Pas disana, ternyata ada Pak Ricky nya jg, owner dari Ricky L. Dia blg, emang ada apa lagi yang dipertimbangin? Coba aja didiskusiin, siapa tau bs dibantu biar jadi deal disini. Tapi emang kita nya aja yg ga sreg, makanya kita ga nawar apapun. Cuma ha oh ho oh aja pas dijelasin detail paket nya. Marketing nya jg merasa sih kalo kita kurang tertarik. Karena dia bilang sm Pak Ricky, dari mereka ga ada penawaran apapun, gimana bs dibantu. Hahaha.

10.   Elvira Brides
Kalo ini sih itungan nya bukan bridal ya. Karena disini sediaiin jasa untuk sewa second wedding gown / custom wedding gown (bikin dari awal). Ci Elvira orang nya baik banget. Saya dikasih coba beberapa wedding gown yang disewain. Setelah coba, saya jg sempet ngobrol2 sama Ci Elvira tentang cuttingan gown yang cocok untuk body saya. Terus saya dikasih tau kalo pundak saya lebih lebar daripada pinggang (jadi ga cocok untuk pake model sabrina).
Untuk custom wedding gown disini, saya dikasih harga 27,5 juta. Karena kan saya mau bagian rok nya itu heboh. Hahaha. Harga itu udah termasuk:
a.       Custom wedding gown
b.      Custom veil, bolero, gloves, hair pieces
c.       Peminjaman gown untuk 2 orang bridesmaid
d.      Peminjaman 3 gown untuk prewedding
e.      Peminjaman 4 gown untuk usher / penerima tamu

Oh iya, Ci Elvira jg bs make up untuk HH. Harganya 5 juta untuk make up HH. Harga yang tertera itu belom termasuk make up untuk 2 mama ya. Sayangnya cami ga sreg sama tempat nya (terlalu jauh dari rumah dia).

Padahal mah saya masih mau muterin bridal laen lagi, tapi cami udah ogah tuh nemenin nya. Karena kata dia, semakin banyak yg diliat, semakin maunya ga jelas. Wkwkwk. Mudah2an postingan ini bermanfaat ya buat orang laen yang jg masih cari2 info tentang bridal. Hehehe.

Saturday, September 20, 2014

Hikmah di balik bridal yang tutup

Di postingan sebelomnya kan saya udah cerita tentang V bridal yang tutup. Kalo di postingan ini, saya bakalan banyak ceritain tentang pengalaman saya sama bridal tsb selama 11 bulan jadi client nya mereka. hahaha, Sebenernya dari pengalaman kita disana, kebanyakan BT nya daripada senengnya. :(  Jadi kalo yg ga tertarik buat baca uneg2 saya, mending bacanya cukup sampe disini aja. Hehehe.
1.   Kita dp di V bridal sama marketing Y (anggep aja begitu ya). Karena kita merasa klik waktu ngobrol sama marketing Y ini. Nah, kira – kira 1 bulan setelah dp, saya telp marketing Y buat nanyain tentang voucher kue. Tau2 nya Y bilang kalo dia udah ga kerja di V bridal lagi & untuk urusan saya udah di hand over ke marketing Z. Dia malah nanya balik sama saya, emang marketing Z ga ada telp saya? Lha, saya jawab belom ada lah. Akhirnya saya sendiri yg dateng lagi ke V bridal buat pastiin yg mana marketing pengganti nya. Harusnya secara etika, marketing Y itu kan pamit / say goodbye ya sama customer2 nya. Ckckck. Kalo soal marketing Z yg ga hub saya, itu masih bs dimaklumi sedikiiiiit. Toh wedding saya masih 2 tahun lagi.
2.    Kalo yang ini sih kayanya bs dibilang ‘penyakit’ marketing ya. Saya ga pernah di-inform kapan jadwal gown baru dateng. Huhuhu. Jadi waktu kita dp disana, saya belom ada keep gown apapun, karena kan wed day nya masih lama, nanti tunggu gown baru dateng aja. Saya sih nurut2 aja. Tapi pada kenyataan nya, nentuin 1 gown aja kok susaaaah bener ya bu ibu. Soalnya di V bridal itu hanya bs keep gown 1x aja. Kalo mau ganti gown, kena cas 2,5 jt SAJA. Gimana ga keringet dingin kl udah soal UUD? Wkwkwk. Yang ada, hampir setiap bulan sekali, saya bakalan ‘teror’ marketing Z buat nanya kabar ttg gown. Hahaha, ini masih masuk kategori wajar kan?
3.    Pas akhirnya saya naksir salah 1 gown yg ada disana, marketing Z bilang kl gown itu terlalu berat, ekor nya 3 meter. Sedangkan pesta saya sitting dinner. Jadi ga cocok pake gown itu. Tapi gimana ya yg namanya udah naksir, susah dibendung kan ya. Wkwkwk. Pas dicobain, gown nya jg kepanjangan banget. Nah, ternyata gown nya jg ga bs dipendekin terlalu byk, karena nanti hasilnya bs jelek. Saya blg sm marketing Z, ya udah tolong dicek dulu ya sama yg bagian alter gown nya (bs ga kalo gown nya dipendekin 12 cm) & tolong kabarin hasilnya ke saya. 3 hari ga ada kabar, saya tanya by WA gimana hasilnya & ga ada jawaban. 2 hari kemudian, saya tanya ulang lagi by WA & tetep ga dijawab. Grrrrrr..Otak rasanya udah mendidih. Beberapa hari ditunggu ga ada jawaban lagi, saya langsung nanya ketus di WA yg isinya kurang lebih begini: ‘Mbak, gimana kabar gown nya? Bisa ga dipendekin? Kalo emang ga bs, ya kabarin aja. Jadi saya jg ga usah ganggu2 terus’. Setelah diketusin begitu baru dijawab kl emang ga bs. Done, saya jg ga nanya2 lagi ttg gown itu.
4.     Di bulan Des 2013, saya upgrade paket dr 28+1 jt (1 jt karena upgrade mobil ke vellfire) ke 39 jt (karena lg ada promo disc 10 jt, harusnya harga paket itu 49 jt). Ini murni kemauan saya yg mau upgrade paket, dari marketing ga pernah minta saya utk upgrade. Sebelom saya deal disana, saya ada cek di website nya V bridal. Untuk paket 49 jt, di website tertulis akan dapet 2 photographer & 1 videographer. Tapi pas saya ke showroom mereka, di brosur tertulis 1 photographer & 1 videographer. Saya protes secara halus, kenapa bs beda. Akhirnya marketing Z blg kl dia mau nanya owner nya dl. Beberapa hari setelah saya upgrade paket, saya di-inform kl yg tertulis di website salah (yg bener ada di brosur). Terus yg di website langsung direvisi jadi 1 photographer. Done, saya terima dengan ikhlas untuk case ini.
5.      Dari paketan V bridal kan dapet 1 photographer & 1 videographer utk liputan hh (kualitas HDV). Saya nanya, sebenernya itu cukup ga untuk handle 70 meja & kata marketing Z cukup kok. Tapi setelah saya minta masukan dr forum FD, mereka jawab ga cukup, karena pasti ada moment yg missed. Saya nanya lagi dong ke marketing Z, jadi kena berapa ya kalo misalnya mau nambah photographer, dijawab 2,5 juta. Sekitar 1 bulan kemudian saya tanya, jawaban nya 4 juta. Kenapa jawaban nya bisa beda2 gitu ya? Aneh bin ajaib.
6.     Setelah itu, saya nanya lagi sama marketing Z ttg contoh hasil liputan hh itu seperti apa, karena dari paketan saya jg dapet wedding clip. Terus saya dikasih liat wedding clip. Kalo liat dari hasil wedding clip nya sih oke. Buat yg belom tau, wedding clip itu ringkasan acara dari wed day kita, durasi sekitar 4 – 5 menit aja. Tapi kalo saya minta contoh video liputan yg full duration, selalu dijawab ga ada / belom ada sample customer yg udah jadi. Ini saya sampe nanya 3x, dan jawaban dari marketing selalu begitu.  >.< Dari case ini, saya udah mulai curiga sama hasil liputan nya.
7.    Pernah sengaja saya dateng ke bridal tanpa janjian dl sama marketing Z. Nah, disitu saya disambut sama org laen (yg bagian urus pencetakan album). Nah saya tanya2 sama org itu tentang video liputan dan dijawab kalo pihak bridal kerjasama dengan freelancer. Ga lama kemudian kan marketing Z dateng. Saya pastiin lagi ke marketing, utk video liputan nya dari mana, freelancer / bukan. Terus dijawab sama dia kalo video liputan pake org dr kita. Ketauan lagi kan boongnya. >.<
Karena saya ga mau ambil resiko sama hasil liputan hh yang ga mungkin bs diulang kaya photo prewed (kl jelek bs ulang lg), akhirnya saya ambil lagi vendor liputan khusus dari luar. Buat yg ini, nanti saya ceritain lebih detail di postingan laennya.
8.    Selaen liputan yg diragukan kualitasnya, ternyata hasil prewedding nya jg ada potensi bermasalah. Ceritanya kan saya sering post di blog tentang V bridal ini. Tau2nya ada salah 1 customer mereka yg comment di blog saya kalo hasil foto prewed nya itu bermasalah (intinya sih hasil editing kurang oke). Saya kaget sejadi2nya dong. Akhirnya contact2an sama customer ini by email. Saya sampe minta hasil editing photonya seperti apa karena ngeri sama hasil prewed saya. Karena saya blm prewed & termasuk awam untuk menilai hasil editing photo, jadi saya no comment untuk point ini.
9.      Nah, sekarang saya kembali cerita urusan gown. Karena dari marketing Z itu ga pernah inform ke saya tentang kapan ada gown baru dateng, jadi saya yg aktif nanya. Waktu saya tanya di awal tahun 14, dia bilang gown baru nya dateng di bulan Juni 14. Pas bulan Jun, saya tanya dong, gown udah dateng blom. Jawaban nya belom karena ada masalah di pengiriman. Saya dikasih tau nanti di awal Juli 14. Pas bulan Juli, karena ga ada kabar, saya tanyain lagi tuh. Eh katanya masih blm dateng karena bermasalah di pengiriman. Baru bs masuk abis Lebaran. Terus saya tanya lg dong, emang apa masalahnya *kepo mode on*. Eh chat saya ga dibales sama sekali loh. Ckck.
10.  Pada dasarnya, disana ada 3 grade untuk new gown. Yg harga 12,5 juta, 18 juta & 25 juta. Karena saya udah upgrade paket, saya berhak untuk gown yg seharga 25 juta. Saya pikir kan itu udah paling atas, tau2nya masih ada lagi yg seharga 30 juta & 35 juta. Ckckck. Setelah nunggu selama 6 bulan, akhirnya gown baru masuk jg. Eh tau2nya yang masuk cm ada 5 gown aja. 2 gown di grade 12,5 juta, 1 gown di 18 juta, 1 gown di 25 juta, dan 1 gown seharga 35 juta.  Saya cobain 2 gown terakhir tuh yg baru dateng. Ternyata naksir sama gown yg harga 35 juta. Tapi katanya saya mesti nambah 10 juta. Marketing sy bilang nanti mau dibantuin nego sama owner, siapa tau bs nambah 5 juta. Tau2nya beberapa hari kemudian dikabarin kl untuk gown itu, saya mesti nambah 9 juta nett (katanya dia kasih saya harga 5 juta, dimarah2in sama owner nya). Masuk akal ga sih utk harga upgrade gown aja semahal itu? Huhuhu. Jelas saya tolak mentah2 lah.

Yang saya ceritain di atas ini cuma pengalaman yang saya rasakan sendiri ya. Kalo saya masukin pengalaman temen2 yang saya kenal dari forum & emang customer nya bridal ini, ada beberapa uneg2 laennya. Mulai dari bridesmaid gown yang ga bebas milih (jadi ada grade nya jg utk gown bridesmaid. Tapi rata2 gown yang ada katanya kurang oke), pilihan untuk gown prewed dibatesin & aksesoris yang ga bisa bebas milih 100%. Jadi temen saya nanya ke marketing X, boleh pilih aksesoris ga untuk di hh nya. Terus dijawab sm marketing nya gini: nanti disesuaiin jg ya sama paket apa yg kamu ambil & dibantuin sama MUA nya. Zzzzz, dia kesel dijawabin seperti itu.

Btw, bukan berarti bridal ini ga ada nilai positifnya loh ya. Tapi emang kalo di saya, nilai positif nya kurang banyak. Sebenernya kalo boleh jujur, emang dengan harga 39 jt, saya udah dapet banyak banget ini itu yang didapet di bridal ini. Sampe sekarang rasanya saya ga bs ketemu sm paket yg mirip dengan harga yg sama. Cuma ya dari sisi kualitas nya masih perlu dipertimbangkan. Sebenernya sih buat calon penganten yg ga mau pusing & ribet cari vendor sana sini, paketan disini oke banget dari sisi harga. Tapi buat saya yg orangnya emang ribet & kepo, saya khawatir sama hasil output yang nantinya didapat. Ujung2nya setelah saya nambah liputan dari vendor laen, jatoh2nya harganya malah mahal. >.<

Mudah2an postingan ini bs jadi pembelajaran buat saya & mungkin capeng laennya untuk tanya lebih detail pas mau deal dengan suatu vendor. Terutama untuk vendor bridal yg paketnya udah all in. Jangan malu2 buat nanya di awal sampe sejelas2nya, karena ujung2nya mau ngirit malah jadi mahal *jadi curcol*.

Buat yg concern banget sama wedding gown, amat sangat disarankan untuk tidak deal di bridal sebelom dapet gown yang disuka & cocok. Walopun marketing bridal bilang nanti pasti ada gown baru, kan gown baru jg belom tentu cocok. Yang penting udah keep 1 gown yg emang kita suka & punya kesempatan untuk tuker gown tersebut kl ada gown baru yg dateng.

Soalnya gara2 uneg2 di atas, saya sampe sering banget ngeluh sama cami. Yang ujung2 nya jadi berantem, karena saya suka ‘nyalahin’ dia, kenapa sih mau buru2 dp di bridal ini. Sedangkan ternyata dalem nya itu bermasalah. Terutama saya ga suka sama sikap nya marketing Z yg semena2 sama saya kalo ditanya by WA. Kalo pas ketemuan langsung, dia bs senyum lebar seolah2 ga ada yg terjadi di belakang. Kalopun pertanyaan saya dijawab, ya dijawab nya sesingkat mungkin. Tapi beberapa x malah ga dijawab. >.<

Karena seriiiing banget saya ngoceh2 soal bridal, cami sampe pusing jg. Hahaha. Maafkan ya dut, maklum lah kalo calon istrinya ini bawel. Terutama saya ngoceh waktu kedatengan gown baru diundur2 mulu tanpa ada kejelasan. Sampe akhirnya kita bahas untuk pindah bridal & dp di bridal ini dialihkan untuk paket laennya. Hahaha. Akhirnya cami janjiin ke saya, kalo sampe bulan Sept 14 masih blm dapet gown yg sreg, ya udah pindah bridal. Selaen itu, sejak saya dp di bridal ini, saya masih aja loh muter2in bridal laen (bahkan sebelom ada masalah ini itu yg saya ceritain di atas ya). Mungkin ini yg boleh dibilang namanya firasat x ya. Tau2 nya beneran kejadian di bulan Sept 14 ini kita mesti pindah bridal (karena mau tutup).

Nah, sekarang saya ceritain reaksi saya waktu dapet berita ttg bridal mau tutup ya. Awalnya sih kaget banget, karena ga nyangka bs begitu. Tapi sehabis pulang dari kantor, pas ketemuan sama cami, saya selalu sumringah & hati ini rasanya seneeeeeeng banget. Karena ternyata saya bs lepas dari bridal ini dengan cara laen yang mungkin udah diatur sama yang di atas. Mungkin ini yg bs dibilang rejeki org mau nikah?? Cami sampe ngatain saya gila gara2 saya seneng bukan kepalang. Harusnya kan saya syok, sedih, atau apalah. Eh ini saya malah seneng. Bahkan malem itu jg, saya langsung googling untuk bridal pengganti yg mungkin bs jadi kandidat kita. Hahaha. Aneh bin ajaib kan? Tapi pusing yang baru udah menanti di depan mata, karena harga2 bridal udah naek dari tahun lalu. Terus kita mesti cepet jg untuk nentuin pilihan & setelah dihitung2 harganya ternyata lebih mahal (selisihnya lumayan jauh) dari harga paketan di bridal ini.

Fiuuuuh, lega banget akhirnya bs tuangin semua uneg2 yang terpendam selama 11 bulan. Hahaha, lebay. Tadinya malah saya baru mau posting ttg segala macem uneg2 ini after wedding day loh. Tapi karena bridalnya jg udah mau tutup, saya rasa harusnya ga masalah kl saya posting tentang ini sekarang. Karena niat saya posting disini cm untuk ungkapin uneg2 aja, bukan untuk menjelek2an suatu bridal.

Thursday, September 18, 2014

Tutupnya bridal yang udah di DP

Hmmmm..Sebenernya saya maju mundur buat nulis di blog tentang ini. Soalnya topiknya rada sensitif. Akhirnya setelah minta masukan dari temen2 blog ya laennya, jadinya saya tulis jg di blog. hahaha. Mudah2an postingan ini bisa jadi pembelajaran jg yah buat capeng2 laennya. *Long posting alert, ga ada gambar pula*

Pas tgl 5 Sep 14 (jumat siang), saya dapet private message di forum FD. Dia bilang kalo bridal yg udah saya DP in (singkat aja deh jadi V bridal) itu b*ngkr*t. Saya emang pernah share di forum itu kalo saya pake V bridal sih. Saya yg baca message itu kagetnya setengah mati, karena saya sama sekali blm dapet info ttg apa2 dari marketing saya. Padahal seminggu sebelomnya saya baru aja mampir dari bridal, dan semuanya normal2 aja. Btw, thanks to P*lpi*s for the information. :)

Langsung aja saya bales message nya. Intinya mau klarifikasi kalo dia dapet beritanya dari mana. Tapi ternyata balesan nya rada lama, padahal hati saya udah kebat kebit ga karuan. wkwkwk, lebay. Langsung aja saya telp cami pas masih jam kerja buat ngabarin berita itu. Dia jg kaget waktu saya kasih tau. Rencananya emang tgl 6 Sep nya saya emang udah janjian sama marketing mau ke bridal buat coba2 gown. Kata cami, coba aja ditanya besok pas dateng.

Tapi saya mana bs disuruh nunggu sampe besok buat berita sepenting itu. Langsung aja saya WA ke marketing, tapi nanyanya halus. Apa ada masalah di bridal itu, minta maaf kalo mau nanya yg aneh2, dst. Ternyata marketing blg memang ada masalah & ngaruh ke customer. Saya minta diceritain by WA secara garis besarnya *ga mungkin bs nunggu sampe besokan nya pas jadwal kesana*. Katanya, big boss disana (papa owner) abis sakit, butuh banyak istirahat. Sedangkan papa owner masih sibuk ngurusin cetak kanvas (karena itu usahanya dia). Udah disuruh istirahat / oper ke org laen, tapi papa nya ga mau. Jadi bridalnya mau tutup per 31 oct ini. Untuk detail lebih jelasnya, akan dijelasin pas saya dateng tgl 6 Sep.

Langsung aja saya kasih tau salah 1 temen kenalan di bridal yg sama (kita kenal gara2 pake bridal yg sama, kenal dr forum, ada 2 orang). Ternyata dia jg belom tau kabar ttg ini (anggep lah namanya A, udah 'lulus' dari V bridal). Yg gawatnya itu, ada temen 1 lagi, anggep aja namanya B. Nah, si B itu married nya tgl 7 Sep. Saya sama si A bingung mau ngabarin ttg berita ini ke B atau ga. Sedangkan kalo saya kasih tau, itu udah tinggal 2 hari menjelang hh nya. Kita takut bikin B panik dimana harusnya dia relax. Yang merasa bersalah nya itu, saya sm A diundang buat dateng ke resepsi B. Tapi kita akhirnya putusin utk ga ngomong apa2 dl sm B, biar dia ga stress & panik di hh. Dari pihak V bridal jg ga ada inform apa2 ke B ttg berita ini.

Hari sabtu, tgl 6 Sep pagi, saya langsung nangkring di bridal buat bahas DP 30% yg udah cami bayar disana. Katanya bs dibalikin full, asal voucher untuk jas, undangan & kue nya blm dipake. Posisi kita itu udah dp jas & undangan, tapi dari pihak V bridal blm ada ngeluarin uang apa2 untuk pembayaran ke vendor jas & undangan. Setelah dibicarain sm marketing nya, kita sepakat untuk bikin surat pernyataan kalo tidak akan ada vendor manapun yang membebani tagihan ke pihak V bridal.

Tapiiiiii,... DP kita baru bs dibalikin di tgl 30 Sep, nantinya dikasih giro dari pihak mereka. Kan tgl 30 Sep itu hari biasa, mana mungkin bisa mampir ke bridal buat ambil giro. Akhirnya kita request untuk diambil tgl 27 Sep, hari Sabtu. Terus disetujuin sama marketing nya. Nah, kebetulan banget pas tgl 5 - 7  Sep itu kan ada pameran wedding di JI Expo. Abis dari bridal, kita langsung meluncur buat cari2 bridal pengganti. Apalagi kan waktunya udah tinggal 1 tahun lagi sebelom wedding day kita. >.<

Kita udah dp di V bridal selama 11 bulan (dari 4 Oct 13), tapi tau2nya bridal nya mau tutup. Selaen pusing mikir dp yang belom balik, kita mesti cari banyak hal laennya lagi di luar bridal, seperti wedding car, hand bouquet, prewedding indoor outdoor. Abis dapet kabar itu, saya di kantor langsung ga bs fokus kerja lagi. Malem harinya, cami jg ga bs tidur nyenyak, dia udah bangun jem setengah 3 pagi. Ckckck.

Terus kan saya emang ada minta masukan dari group WA temen2 blogger & org tua ttg hal ini. Mereka kasih masukan utk percepet tgl pemberian giro nya. Bahkan kalo bs sebaiknya pake cek aja, jgn pake giro. Setelah dipikir2, emang masukan dari mereka ada benernya jg sih. Karena kan saya jg butuh dananya buat DP di bridal laen. Apalagi harga bridal2 laen ternyata udah naek dibanding thn lalu. >.<

Jadilah di tgl 13 Sep kita dateng lagi ke V bridal, minta tolong sama marketing untuk percepet tanggal pemberian giro nya. Karena dananya mau dipake untuk DP di bridal laen minggu depan nya (tgl 20 Sep, udah ada bridal yg diincer). Jadi setelah di-diskusiin sm admin keuangan & owner V bridal, kita bs ambil giro nya di tgl 16 Sep. Jadilah tgl 16 Sep kita cuti, buat rayain 7th years anniversary sekaligus ambil giro ke bridal. 

Pas ambil giro, kita tanda tangan surat pernyataan bahwa pihak V bridal memberikan kuasa penuh untuk vendor jas, kue, dan undangan ke kita. Giro dibuka untuk tanggal 17 Sep, dari bank P. Untungnya mama cami punya rekening di bank P. Jadi ga usah kliring dulu, nunggu 2 hari. Dan di tgl 17 Sep siang, saya dikabarin sama cami kalo dananya udah cair. Fiuuuuh leganya kalo DP nya udah balik 100%. Udah syukur banget kalo DP bs balik 100%. Padahal mah harusnya saya dikasih bunga bank ya? Kan DP nya lumayan gede jg. wkwkwk.

Makasih banyak buat semua temen2 blogger yang udah bantuin doa supaya DP nya bisa secepetnya balik *kecup basah 1 per 1*. hehehe. Case saya ini bener2 jadi pembelajaran untuk lebih berhati2 pilih vendor, apapun vendor nya. Niat hati mau DP dari jauh2 hari biar harga mengikat, siapa yg sangka bs kejadian kaya begini ya. Tapi mama nya cami sih pernah ngomong tahun lalu, apa ga salah dah DP dari 2 tahun sebelumnya? Tar kalo tutup gimana? Tapi cami blg ga mungkin lah, karena tempat nya kan besar. >.<

Sekarang saya malah diuber2 sama camer buat DP bridal lagi di tempat laen, karena kan udah tinggal 1 tahun lagi, tapi masih belom punya bridal pengganti. Nah, jangan bosen ya kalo mulai dari sekarang, postingan saya selanjutnya pasti bakalan seputar wedding melulu. wkwkwk, tapi emang udah dari dl jg 90% isi blog ini cuma seputar wedding preparation. hahaha. Sekarang doakan saya supaya dpt bridal yang cocok ya. :) 

Tuesday, September 16, 2014

7th years anniversary

**long posting alert** Mudah2an ga bosen ya.
Ga berasa banget ya, tau2nya saya udah 7 tahun aja pacaran sama cami *lama jg ya kalo dipikir2*. Tentunya setelah menginjak 7 tahun, saya berharap kita berdua selalu rukun2 aja walopun pasti bakalan ada selisih pendapat dalam segala hal *terutama urusan wedding preparation*, sama2 saling setia & percaya. Ga muluk2 deh harapan nya. hehehe.

Sebenernya sih saya kesel sama cami pas mau mendekati 7th anniversary ini. Alesan nya: dia L.U.P.A bulan jadian kita itu di bulan berapa. ckckck. Kalo tanggal nya sih masih inget, tapi yg dia inget itu bulan nya Oktober. Jelas2 kita pacaran dr tanggal 16 Sept 2007. Gimana ceritanya bs lupa? grrrrrrrrrrrr..Emang cowo gitu x ya, bisa lupa sama tanggal2 penting. Asal nanti kalo udah married, jgn sampe lupa wedding anniversary aja *dan tentunya tgl ultah calon istri nya ini*. hahaha.

Berhubung saya belom pernah ceritain ttg ceritanya bs jadian sama cami, saya ceritain disini deh mumpung momen nya tepat. Jadi, kita bs jadian cuma gara2 duit 5.000 perak. wkwkwk. Pertama x ketemuan itu waktu di jaman kuliah semester 1, sekelas gara2 kita itu 1 jurusan. Terus dia ajak saya kenalan & minta no HP saya waktu diiiii.... tukang jualan buku. Ga romantis amat ya. Jadi saya sm temen lagi mau beli buku di tempat jualan buku deket kampus. Tau2nya dateng tuh si cami sama temen nya jg. Terus mereka ngomong kalo kita sekelas. Saya mah ga ngeh ttg itu, lha namanya jg kuliah SI, isi 1 kelas emang banyakan cowo nya. Yg parahnya, cami tuh cm minta no HP saya doang, no temen saya ga diminta. Tapi saya masih oon dong, karena ga sadar udah mulai ada signal2 tuh. hahaha.

Terus beberapa hr kemudian dia ada sms, nanya lagi ngapain, dll. Ujung2nya ngajakin beli buku bareng pas besoknya. Saya sih ho oh aja, karena dl mikirnya beli buku lebih dr 1, siapa tau lebih murah. Jadi abis kuliah, kita jalan berdua ke tukang jualan buku buat beli buku yg diincer *saya inget banget disuruh beli buku akuntansi*. Waktu diajak kenalan sama cami, saya udah survey tuh harga buku akun nya 70 rb. Jadi saya bawa duit hari itu sekitar 90 rb (buat beli buku sekaligus ongkos pulang naek angkot). Pas mau beli, eh abang nya bilang kl harga bukunya 85 rb. Hah, saya protes dong kok harganya naek 15 rb. Terus dia alesan kalo buku nya ini ada stiker hologram nya *dulu masih oon banget, maen iya2 aja tuh harga di mark up begitu. siapa jg yg perhatiin waktu pertama x nanya kalo ada stiker hologram nya / ga*.

Saya mau beli buku nya, tapi bawa duit nya pas2an. Kalo beli buku 85 rb, ongkos buat pulang ga cukup euy *ongkos pulang waktu itu 7 rb*. Jadilah saya pinjem duit 5 rb dari cami *kan dia jg beli buku*. Malem nya, saya ga enak dong kalo udah minjem duit, akhirnya saya sms dia tuh, bilang kalo nanti duitnya dibalikin pas ada kuliah lagi. 

Ya begitulah awal ceritanya bisa kenalan, ngobrol2 lebih deket, sampe akhirnya jadian 1 minggu kemudian. Bener2 ekspress banget tuh PDKT nya. Ga ada deh pake rumus jinak2 merpati, malu2 kucing, atau tarik ulur kaya maen layangan. hahaha *jadi nyesel sekarang, kok dulu terima nya cepet amat ya*. Padahal kan masa2 PDKT itu masa2 yg palinggggggg manis & indah. Bisa menikmati indahnya dipuja puji hingga ke langit ketujuh *karena cami saya jago gombal*. wkwkwk.

Selama 7 tahun jadian, kita udah pernah lewatin segala macem rintangan, hambatan, masalah, cobaan, dll. Terutama masalah paling besar itu ada waktu kita pacaran sekitar 1 tahunan *kuliah masih di semester 3*.  Untung nya sekarang masa2 sulit itu udah lewat. Emang bener sih, yg namanya pacaran ya emang mesti banyak ujian nya ya, biar ketauan kalo kita bs 'lulus' / ga. 

Tiap x kalo berantem, dari mulut saya sih sering banget ngomong buat minta putus, tapi untungnya selalu dianggep angin lalu sama cami. hahaha, mungkin dia bs nebak isi hati saya yg selalu laen di mulut laen di hati *kayanya sih hampir rata2 isi hati wanita selalu beda sama yg diomongin*. hahaha.

Sedihnya, pacaran udah sampe tahun ke7, sisi romantis dari kita berdua jg udah ampir 'musnah' nih. Dulu waktu awal2 pacaran, tiap x cami ultah, valentine / rayain 1 tahun jadian, saya selalu bikinin / beliin kartu ucapan buat dia. Kalopun beliin kado, jg selalu masih dibungkus manis pake kertas kado. Begitu pacaran udah makin lama, boro2 deh saya niat buat bikinin kartu ucapan lagi. Beliin kado pun jg udah ga dibungkus lagi pake kertas kado. Cami jg pilih sendiri mau kado apa, abis beli langsung suruh dia yg simpen barang nya sampe ultahnya. hahaha. Itu jg berlaku sebaliknya. Pokoknya ga ada deh yg namanya surprise dari cami. Waktu dilamar jg ga ada romantis2 nya. ckckck.
Kumpulan sebagian besar kartu ucapan yg pernah dibikin. Kalopun beli jadi, dalem nya pasti dihias2 yg super heboh. Sekarang sih boro2 hias2 kartu ucapan lagi. beli nya jg mepet2 waktunya..wkwkwk
Yg namanya jaim2 mah udah ga ada sejak pacaran 1 bulan. Dulu kalo makan masih malu2 *nasi putih ga diabisin, makan 1 roti baso berdua ga abis2 *gigit nya dikit2*, dll. Kalo sekarang? Makan nasi putih pas makan seafood bs minta nambah, kadang kalo pas makan sesuatu yg kesukaan kita berdua bs sampe berebutan, kentut jg ga ditahan2 lagi terutama kalo kentut di dalem mobil *ga pake malu2 karena urat malu udah putus kayanya*. wkwkwk. Selalu saya bilang begini, "kalo emang cinta, berarti mesti cinta sama bau kentutnya jg dong". *dikemplang*. Soalnya saya hobi *maaf* kentut dalem mobil. hahaha. Anehnya, kalo duduk di mobil camer / mobil laen, ga pengen kentut tuh. Tapi begitu duduk di mobil cami sekitar 2 - 5 menit, langsung deh buang gas sembarangan. Emang begitu ga sih kalo makin lama pacaran? Atau ini cm kejadian nya di saya doang ya? wkwkwk.

Terus seharian ini kita kemana dong buat rayain nya? Kalo saya sih cuti dari kantor, cami bolos masuk kantor. Tapi ini cuti nya bukan gara2 mau ngerayain anniv doang ya. Tapi ada hal penting laen yg mesti diurus *alibi*. Jadi dari pagi kita pegi ke Taman Bunga Nusantara buat survei lokasi prewed *ternyata jauuuuuh banget ya*. Lunch nya di Rindu Alam resto. Ini jg ga pake lama2 di resto nya karena nguber waktu sebelom sore.
Nasi timbel komplit pesenan saya. Ayamnya kecil bener, timun nya gede bener. Rasanya masih lebih enak yang Eng's resto punya
Nasi goreng pesenan cami. Kok ada ya nasgor dipakein kacang polong? Mana rasa kacang polong nya dingin & hambar bgt lagi
Di hari spesial *ce ileh pake telor x* ini, kita jg ada tuker2an kado. Sebenernya saya request sama cami buat dikasih pendant bentuk love aja. Tapi udah muter2 segala macem toko, ga ketemu yg cocok. Jadi cami ganti hadiahnya. Saya sih udah dikasih tau mau dibeliin apa, tapi baru x ini hadiahnya ga milih sendiri, tapi dipilihin camer. Soalnya cami nitip beli sama camer. Kalo hadiah nya cami, saya sih rahasiain ngasih apaan. Soalnya dia jg ga harep dpt hadiah apa2. wkwkwk.
sambil nunggu cami cuci mobil, saya malah sibuk bentuk hadiahnya supaya jadi manis kaya di foto *sok romantis*. Susaaah bener ya mau bikin bentuk love yg perfect. >.<

jaket lecek dari saya. untung nya muat. repot kalo sampe kekecilan / kegedean. Kartu ucapan nya pun beli jadi. Soalnya udah ga punya waktu kaya dl lagi buat bikin / hias kartu lagi *cari alibi*
Thanks yaaa dut buat kebersamaan nya selama 7 tahun terakhir ini. Walaupun selama 7 tahun ini pasti ada suka, duka, dll, tapi ternyata kita bisa mempertahankan hubungan sampe selama ini & sekarang malah ribet urusin nikahan. :)

Always love you, dari calon istri tercinta. wkwkwk.
 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik