Sunday, February 9, 2014

Pemilihan Vendor - Wedding Ring


Untuk pemilihan vendor wedding ring, kita berdua ampir kelilingin satu per satu jewelry showroom yg ada di mall.

Kenapa di mall?
·     karena cami mikir kl kita berdua sama2 awam ttg diamond. jadi nyari toko2 di mall, biar ga kena tipu. walaupun ujung2 nya harganya jadi lebih muahaal daripada di toko emas biasa.
·     trus rata2 vendor yg di mall itu after sales service nya bagus. jadi free seumur hidup untuk cuci poles, resize & krom emas nya. jadi ga usah pusing2 keluar biaya ini itu lagi deh nantinya.
·     Fyi, setiap produk nya dikasih barcode harga, beserta berapa berat nya & spesifikasi berlian nya (ada berapa butir, masing2 butir nya berapa carat). Jadi ga pelu tawar menawar lagi. Soalnya kl pake tawar menawar, serba salah (ga jago nawar harga). Kl kemahalan, nanti malah nyesel di belakang.

kenapa vendor yang didatengin banyak bgt?
soalnya harga wedding ring kan mahal nya amit2, makanya kita lebih hati2 waktu milih. trus kebanyakan sering beda selera. cami suka model a, saya ga suka. begitu jg sebaliknya.. makanya muter2in banyak vendor deh.

nah, berikut ini detail ttg vendor yang udah kita survei ya:
1.       Gold Mart
Mampir ke gold mart yang ada di Matahari TA. Berlian yang dipake udah F color, VVS 1.
Tapi ternyata belom ada model yang bener – bener bikin jatuh cinta. Wkwk, jadi keliling vendor laen lagi deh.

2.       Julia Jewelry
Mampir ke Julia yang ada di dept store sogo. Sisi positif nya, mereka punya catalog khusus untuk wedding ring. Jadi walaupun model yang ada di showroom a ga lengkap, kita tetep bs liat model2 laennya dari catalog tersebut. Berlian yang dipake jg F color, tapi kayanya cm VS 1. Lupa2 inget antara VS 1 atau VVS 1. Ada model yang cami naksir disini, tapi saya ga naksir.
Oh iya, untuk di dua vendor ini, kita ga harus beli sepasang ya. Kalo kita cm mau beli wedding ring untuk cewe aja jg boleh kok.

3.       Rose Jewelry
Buset deh, ini vendor kok mahalnya amit2 yah..ga pake lama di dalem vendor ini, langsung out begitu tau harganya yg selangit.

4.       Swan Jewelry
Sama kaya rose jewelry, model nya sedikit, trus harganya bener2 out of budget. Langsung dicoret dari vendor potensial kita. Hehehe.

5.       Forever Jewelry
Kita datengin vendor ini di pameran sama di showroom nya yang ada di Senayan City. Harganya mahal, model nya jg ga banyak. Yang paling bikin kita ga sreg sama vendor ini: karena di setiap produk nya ga ada barcode & harga nya.
Jadi waktu di pameran, kita nanya salah 1 model yg lumayan suka, kena harganya berapa. Lalu staff tsb malah nanya sama staff laennya (yg udah lebih senior). Kurang lebih begini percakapan kita sama senior staff itu.
SS = Senior Staff
K = Kita (saya & cami)
SS: Ci, ini harga sepasang nya kurang lebih 19 juta.
K: Loh, emang ini berat emas nya berapa gram?
SS: kurang lebih sekitar  5 gram an.
K: Carat berlian nya di masing2 cincin nya berapa?
SS: kl diliat sih, kira2 sekitar 0,1 carat..

Eh buset, ini kan beli emas yg harganya jutaan. Masa kita ga dikasih kepastian ttg spesifikasi emas nya sama sekali. Langsung ga sreg sama vendor ini.

6.       Palace Jewelry
Nah, setelah mampir, baru tau kl ternyata vendor ini masih 1 group sama frank & co dan miss mondial jg. Cm beda segmentasi nya aja. Kl di Palace, bervariasi untuk kualitas berlian nya, jadi harganya jg masih lumayan terjangkau. Tapi ga ada model yang ditaksir di vendor ini.

7.       Frank & Co
Nah, ini vendor yang paling sering disurvei nih. Mulai dari showrrom yang di TA, Pluit Village, sampe Kelapa Gading dimampirin. Ada beberapa model yang ditaksir, harganya jg masih oke, walaupun lebih mahal dari Palace. Oh iya, model di frank & co ini lebih banyak yg classic ya. Jadi kl diperhatiin, model nya lebih abadi, simple2 gitu.

8.       Miss Mondial
Beraniin buat masuk ke showroom nya yang ada di TA, karena dari penampilan luar, udah ngeri duluan kl harganya kemahalan. Pelayanan nya super duper ramah. Begitu duduk langsung disediain minum (di frank & co jg gitu sih, tapi ga berani minum. Soalnya kan cm mau liat2 dulu. wkwkwk). Nah, setelah liat model nya, ga ada yg ditaksir. Tapi marketing nya nanyain data – data kita untuk di-info in kalo misalnya nanti ada promo (katanya minggu depan nya bakalan ada promo grand opening). Wah, jadi ngiler mau tau promo nya apaan.

Lanjut ke part selanjutnya yah..

2 comments:

  1. terimakasih artikelnya sangat membantu. Jika sedang mencari Paket Pernikahan Di Tangerang zanita wedding mempunyai beberapa paket dengan harga yang terjangkau.

    ReplyDelete
  2. halo kak...salam kenal
    lg galau bagusan frank & co atau swan
    menurutmu gmn kak?
    mahaalan mana?

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik