Tuesday, October 14, 2014

Pemilihan Vendor Prewedding

Selama 3 minggu terakhir ini saya sama cami lagi sibuk cari vendor untuk prewedding. Ada beberapa vednor yang kita minta price list nya dulu untuk dikirim by email. Kalo kita cocok sama harga & suka sama portfolio nya, baru kita datengin ke showroom mereka untuk liat lebih detail ttg studio indoor nya (kalo ada) & ngobrol sama marketing nya untuk tanya lebih detail. Tapi kalo dari harga & portfolio udah ga cocok, kita ga lanjutin lagi sampe tahap ketemuan. Ga enak banget kl udah ngajak ketemuan, terus tau2nya ga jadi deal sama mereka. >.<  

Keinginan kita itu sebenernya ga ribet2 amat. Saya sebutin dulu di awal untuk kebutuhan & keinginan kita ya:
- 2 custom album (antara ukuran 20 x 30 cm atau 25 x 30 cm)
- 2 kanvas with frame ukir (ukuran 60 x 90 cm)
- 2 hari prewedding session. Hari ke 1 untuk studio indoor, hari ke 2 untuk outdoor di TBN. 
- all files in high resolution
- edited files (untuk jumlahnya, tergantung sama yang ditawarin oleh masing2 vendor)
- punya studio indoor & properti sendiri akan lebih bagus & jadi nilai plus buat kita
- photo clip
- lebih bagus kalo udah include make up
- cara kerja mereka seperti apa (cocok ga sama keinginan kita)
- butuh waktu berapa lama untuk proses editing foto & album (paling lama 5 bulan)
- boleh berapa x revisi album (minimal punya 1x kesempatan)
- style / konsep foto yang ditawarkan
- transportasi untuk photographer, asisten foto & MUA nya

Kenapa kita mau 2 hari aja walaupun biasanya harga yang ditawarin oleh vendor juga jadi lebih mahal? Karena kita ga mau terlalu capek pas di hari foto nya. Berdasarkan pengalaman temen2 saya yang udah prewed, mereka rata2 kecapean banget kalo dimaksimalin 1 hari dari subuh - malem. Walopun kerjaan nya cm foto, pose, senyum, tapi sebenernya capek banget. Bahkan temen saya sampe matanya ngantuk, mesti diajak becanda lagi sama photographer nya untuk hidupin mood. Kalo kecapean kan pastinya udah ga bs senyum lagi tuh. hahaha. Karena ambil dari vendor photo, kita udah tau konsekuensi nya bahwa kita harus siapin budget lagi untuk sewa gown. >.<
Nah, ini dia hasil perburuan vendor prewedding selama 2 minggu terakhir yang sampe diajak untuk ketemuan / kita datengin ke tempat mereka:

1. Monchichi Photography
Ini vendor pertama yang langsung saya hubungin. Karena kan kita udah ambil paket liputan hh sama mereka. Jadi tentunya lebih enak untuk nego harganya jg. wkwkwk. Rada susah buat atur waktu janjian sama Ivan, karena waktu itu kita ajak ketemuan nya di Sept, bulan penuh wedding. Setelah dapet waktu yang klop, ternyata Ivan nya telat lumayan lama. Cami udah BT aja tuh gara2 hal itu. >.<  Ini contoh portfolio mereka yang paling terakhir. Bisa jg melipir ke IG nya: @monchichi_photo

Sebelum ketemuan, saya kan udah sebutin kebutuhan & kemauan kita kira2 seperti apa, Ivan sempet ngirimin quotation nya jg. Cuma dari cami ada yg kurang cocok, makanya dia mau ubah sedikit dari sisi album yang didapet. Lumayan lama tuh buat bahas soal harga untuk perubahan album. Setelah ada harga pasti, kita langsung masuk tahap liat portfolio & dijelasin cara kerja mereka.

Kalo menurut saya, emang proses pengerjaan di Monchichi itu detail. Pembangunan konsep nya jg kuat. Intinya dari keseluruhan proses, bener2 berbanding terbalik dengan yg ada di bridal. Mereka jarang maen di properti, tapi lebih menggali sifat dari kita masing2, selama pacaran ada memori / kenangan spesial apa aja. Karena Ivan maunya setelah bertahun2 menikah & punya anak, kita masih pajang foto prewed di rumah untuk dilihat sama anak2 kita. Ga akan ada konsep piknik pula yg disaranin sama mereka, karena itu udah sering banget dipake di bridal. Sebelom prewed, akan ada 4x ketemuan untuk menggali sifat, ide & konsep. Mulai dari story line, pembuatan mood board, penentuan lokasi, penentuan design album & pembuatan rundown. Jadi semuanya udah dibahas sebelom sesi prewed dimulai. Bener2 good point..

Kelebihan:
- Pembangunan konsep nya bener2 kuat, jadi hasil foto nya pasti terlihat alami & natural
- Proses pengerjaan nya detail, ga perhitungan pula karena kita udah ambil liputan wed day
- Udah include MUA, jadi ga perlu ribet cari MUA lagi 
- Harganya masih masuk akal, walopun kalo menurut cami masih rada mahal (karena kan kita ibarat nya ambil all in sama mereka)

Kekurangan:
- Ga punya studio indoor yang ok, jadi harus sewa studio lagi
- Photo clip nya kurang ok (kalo liat contohnya yang pernah diunjukkin ke kita)
- Untuk 2 hari sesi prewed, mereka nawarin untuk 2 hari berturut2 berikut nginep 1 malem. Buat kita, artinya itu cost tambahan. Tapi yang jadi concern, cami ga bs tidur nyenyak kalo bukan di ranjang sendiri. Dia khawatir kalo pas sesi foto outdoor nya masih kecapean & mood nya jelek

2. Aries Pangestu Photography
Kita dateng ke studio nya APP karena sebenernya Yumi rekanan sama APP. Jadi kita dapet harga spesial untuk 1 hari sesi prewedding. Untuk foto nya pun udah dapet sama Ko Aries nya langsung. Kita dateng untuk liat studio indoor nya seperti apa, gown yang dipinjemin dari Aries seperti apa, penambahan harga untuk 2 hari prewed gimana.

Kelebihan:
- Punya studio indoor sendiri (ga perlu sewa studio lagi)
- Harga untuk sesi 1 hari foto juga terjangkau banget (karena udah rekanan sama bridal)
- Untuk MUA, kita bs pake MUA yang udah di keep untuk wed day (sekaligus test make up)

Kekurangan:
- Untuk penambahan 1 hari sesi prewed, kena biaya yang lumayan mahal
- Kurang sreg sama gown2 yang available untuk dipinjemin dari APP
- Dari paket yang didapat, supaya bs dapet album & kanvas yang sesuai sama keinginan kita, kena upgrade yang lumayan mahal

3. Little Collins Photo (LCP)
Naksiiiiiir banget sama portfolio nya mereka di Instagram (ini contoh portfolio nya. IG nya: @littlecollinsphoto). Eh kebetulan salah 1 photographer disana (Axel) ternyata senior ade saya di Binus. Awalnya sih kita ga berani hubungin mereka karena ngeri harganya mahal. Akhirnya saya hubungin jg untuk minta price list lewat perantara ade saya. Ternyata harganya masih masuk budget euy, bahkan untuk 2 hari foto. Cuma masih belom pas untuk jumlah album & kanvas nya (karena dari paket cm dapet 1 album & 1 kanvas). Kita jadi janjian untuk ketemuan sama Axel di studio nya Little Collins, untuk hitung harga penambahan 1 album & 1 kanvas.

Yang masuk budget kita itu foto by Axel ya. Kalo fotonya by Bank / Gian, terus terang udah angkat tangan deh. Karena harganya udah mihil pake banget. Disini akan ada 1x technical meeting untuk bahas konsep prewed nya seperti apa. Nanti akan ada mood board jg yang dibuatin sama mereka.

Kelebihan:
- Studio indoor nya ada banyak, keren2 pula
- Properti nya jg ada banyak
- Naksir sama style foto nya yang fun
- Udah include MUA (ada 2 pilihan, tergantung lebih suka make up yg strong / soft)
- Photo clip nya baguuuuuus (karena Axel itu photographer sekaligus editor di Little Collins)
- Untuk kanvas nya udah pake foto crystal. Kalo dipegang itu ga membal seperti kanvas biasa
- Udah ketemu langsung jg sama photographer nya

Kekurangan:
- Bingkai / frame untuk kanvas dapetnya yg kayu polos, bukan ukir. Kalo mau yang ukir, nambahnya lumayan mahal. Padahal kita naksir nya yang ukir.
- Ga dapet revisi album untuk paket yang mau saya ambil. Kalo untuk kata2 di dalam album nya sih boleh direvisi. Tapi untuk design album nya ga bs revisi. >.<
- Harga penambahan 1 album & 1 kanvas nya ternyata lumayan banyak.
- Box album nya ga customized. Design album nya termasuk standard.

4. The Photograph
Dari dulu kita udah naksir sama vendor ini buat vendor liputan wedding day. Apa daya, harganya luar biasa mahal buat kita. Jadi kita ga lanjutin lagi. Karena setelah dihitung2 penambahan di LCP lumayan byk, jadi kita akhirnya ngelirik vendor ini. Liat2 portofolio mereka di IG, naksir berat. Akhirnya kita minta dikirimin price list & janjian buat dateng ke studio mereka buat ketemuan sama marketing nya. Ini dan ini contoh portfolio mereka yang kita suka. Portfolio ke2 itu di TBN. Kalo mau liat portfolio di IG nya, bisa mampir ke @thephotographwedding

Marketing nya ini orgnya friendly banget deh. Seneng ngobrol sama dia. Emang jadi marketing harus begitu kan ya. hahaha. Kita dijelasin kalo sebenernya disini ada 3 photographer. Yang utama ada Dicky U Halimawan, sekaligus owner nya. Sisanya photo by team, ada Yudha & Agung. Style foto nya Dicky itu bright, tapi jg ambil pemandangan sekitar. Kalo Yudha itu style foto nya bright tapi close up sedangkan Agung lebih ke arah classic. Tentu saja kita ga sanggup kalo ambil paket yang foto sama Dicky, soalnya selisihnya lumayan banyak antara yang Dicky & team.

Sama marketing, kita dijelasin ttg client progress. Yang mana isinya step by step, mulai nanti setelah dealing, akan ada pengisian kuisioner supaya fashion stylist & album designer nya lebih menggali selera & karakter kita itu seperti apa. Jadi kalo saya ga suka panas2an, ga mungkin disaranin untuk ambil sesi foto di pantai. Selaen isi kuisioner, nanti akan ada mood board jg. Disini ada 3 jenis editan foto yang didapat: raw, color corrected, dan edited.

Setelah dijelasin paket nya, kita mulai 'tour' untuk liat studio indoor nya. Ternyata studio nya ada di lantai 3 & 4 dari ruko tsb. Sayang nya, waktu kita kesana belom sampe liat ke contoh photo clip nya. Karena masih belum di-save ke dalem tablet. Harga paket nya jg lumayan bervariasi.

Kelebihan:
- Demen sama style foto nya yang lebih ke arah elegan
- Naksir banget sama kanvas disini. Frame nya ukir, ditambah kristal swarovski. Kaya di bridal lama saya, cuma ini lebih keren (karena ada frame putih ukir)
- Naksir jg sama contoh design album nya. Karena disini boleh design album sesuka hati kita (customized album). hahaha. Jumlah page yang didapat jg udah banyak (60 pages). Unik banget contoh design albumnya
- Box album nya jg bisa customized dong. Tapi ya bukan sampe yg bentuk koper jg.
- Bs revisi album maksimal 2x. Yihaaa..
- Dari paket gold (2 days prewed session), udah dapet 2 kanvas @60 x 90. Jadi ga perlu nambah kanvas lagi.
- Dapet tambahan mini frame untuk dipajang di mini gallery. Cakep deh mini frame nya. Ada lagi mini frame yg 3D (disesuaiin sama foto yang dipilih untuk dijadiin custom frame 3D), tapi sayang mesti nambah lagi kalo mau yg 3D. Sejauh ini, baru pernah liat mini frame yang unik disini.

Kekurangan:
- Jumlah studio indoor nya kurang banyak kalo dibanding sm LCP
- Sejauh mata memandang, properti nya jg ga sebanyak LCP
- Ga include make up
- Kalo mau ketemu sama editor, mesti ketemu di weekday. Tapi sepertinya emang rata2 setiap vendor begitu
- Letak studio nya jauh dari tempat kita, adanya di Alam Sutera. Tapi gampang diakses, tinggal naek - turun tol aja
- Belum pernah ketemu sama photographer nya, jadi belum tau kira2 ada chemistry nya / ga.

5. Cappio Photo
Ini vendor terakhir yang kita datengin. Karena dari cami udah ga mau ketemu vendor laen, biar ga pusing jg buat milihnya. Range harganya mirip2 sama The Photograph, tergantung sama paket apa yg dipilih. Photographer disini ada 3, yaitu Josh Hendrie, Dicky & Ferry (yang photographer terakhir, baru mau di launch bulan depan).

Kita langsung naksir sama mereka pas liat portfolio yang ini dan ini. Portfolio ke2 bener2 exactly that we want. Cami langsung naksir begitu liat portofolio yang saya kasih. hahaha. Bisa jg liat portfolio nya di @cappiophoto. Tapi ternyata setelah kita janjian ketemuan sama marketing nya, portfolio yang kita taksir itu ternyata sewa vendor dekor lagi karena prewed nya bener2 bertema & berkonsep. >.< Untuk studio indoor asli nya seperti apa, kita ga bs liat. Karena letak kantor & studio nya ternyata beda. Jadi untuk yang mau liat studio indoor nya, cuma bisa liat di IG nya.

Kelebihan:
- Lumayan suka sama portfolio indoor mereka, walaupun belum pernah liat real studio nya
- Design album nya jg unik, belom pernah liat di tempat laen (tapi ini cuma berlaku utk yg paket prewedding design ya). Kalo paket lainnya, design album nya standard
- Sreg sama ukuran kanvas yang didapat berikut frame nya (udah dapet 2 kanvas @60 x 90)

Kekurangan:
- Ga include make up
- Menurut kita, marketing nya kurang bs jelasin secara detail
- Ga boleh revisi album
- Revisi foto hanya boleh 1x
- Dari marketing nya lebih saranin kita untuk foto 2 hari berturut2, sedangkan kita lebih prefer untuk loncat beberapa hari
- Belum sempet ketemu sama photographer nya, jd kurang tau soal chemistry nya dapet / ga

Kesimpulan:
Masing2 vendor pasti punya plus minus nya. Tinggal dicari deh mana yang lebih banyak plus nya, mana yang lebih sreg sama style nya kita jg. hehehe. Mau ambil paket prewed di vendor manapun, saya udah mesti cari tempat untuk sewa gown. PR selanjutnya deh. Mudah2an bs ketemu vendor yang terjangkau..

Untuk MUA nanti, kalo saya deal sama vendor yg ga ada MUA, saya disuruh sama cami buat booked MUA di wed day nanti. Katanya biar ada penjajakan dulu sama MUA nya biar lebih saling kenal. hahaha. Saya udah tanya2 untuk harga MUA nya (by @matsuurajanni), harganya masih masuk akal. Tapi ga tau itu harganya masih bs kurang dikit / ga   >.<

Kalo mau hasil foto nya outstanding, berarti harus sewa dekor lagi, entah untuk yang di studio / di outdoor nya. Untuk penambahan dekor,kita masih mikir2 lagi 100x. hahaha.

Kesimpulan nya: kita udah punya pilihan untuk deal di vendor yang mana, tinggal bonus nya aja nih yang masih mesti di nego. Mudah2an vendor apapun yang kita pilih, bisa menghasilkan foto yang sesuai sama harapan kita.

Important note: Untuk kelebihan & kekurangan yang saya tulis disini itu merupakan versi kita ya. Selera & pendapat orang pasti berbeda2. :D  Jadi jangan jadiin penilaian dari saya sebagai patokan jg. Paling bagus itu ya ajak vendor yang disuka untuk ketemuan, coba gali lagi setiap item yang ada di dalem paket & rajin2 liat portfolio dari vendor yang diincer.

41 comments:

  1. Aaa.. Gw jadi pengen foto di TBN juga deh Chyn, liat hasil foto Jurie ngences deh.. Udah ngetag temen buat foto2.. Fufufu.. Tinggal cari waktu yg pas buat kesananya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, bagus kan pypy di TBN? wkwkwk*maksa supaya dibilang bagus*.
      hihihi, mantep py. tar update di blog kalo udah foto disana ya. :D

      Delete
  2. Gila bangettttt review elo buat milih sebanyak ini. gua vote buat little collin. lu gak bakalan nyesel pake dia. konsepnya dia okeh bangetttt.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pi, emang kebanyakan ya? padahal vendor yg gw review cm 5. walopun minta price list nya lebih banyak dr 5 vendor. wkwkwk.
      u vote buat little collins ya? emang konsep nya mantep, studio indoor nya jg baguuuus banget.
      hahaha, tar ditunggu aja ya gw jadinya deal sama vendor yg mana. :D

      Delete
  3. ak Vote buat Cappio, LCP bagus juga tp ak prefer ke cappio scr naksir mereka juga but out of budget. Ak prewed pakai Picturehouse Photography ( bole di cek di ig n FB ) mnrt ak mirip2 dan gk kalah dg di atas ( with reasonable price tentunya )

    ReplyDelete
    Replies
    1. vote utk cappio ya.. :D
      Betul, kalo di cappio & photo nya sama JH sih emang over budget jg buat aku.
      udah sempet minta price list nya picture house jg.
      tapi kok setelah dihitung2, untuk prewed sama ko benny & 2 days photo, malah harganya jadi mirip2 sama LCP / Photograph (by team) / cappio (by Ferry).

      Delete
  4. Gile chyn lo detail banget yah. Gw ga sampe ngecek ini itu loh soalnya gw tipe penganten pasrah hahaha..
    Gw suka APP sama LCP. Ga coba pichoz chyn? Itu juga ok kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ren, gw kan udah pernah salah nilai 1x. makanya jadi lebih hati2 untuk nentuin semua vendor nya. wkwkwk.
      picture house udah sempet minta price list nya ren.
      tapi utk 2 days photo by Ko Benny, harganya ternyata mirip2 seperti vendor yg disebutin disini.
      ya udah, ga perlu dateng buat survey studio nyg jg deh

      Delete
  5. @rochan : hai siz salam kenal nama ku nini,, ak suka nungguin postingan br km soalnya km detail loh info2nya hehe.. iyaa tp kan klo pake pichoz foto by owner say d bandingkan lcp n cappio by team ^^ ak sebelumnya naksir bgt sm cappio hehe

    @renie : siz tau pichoz jg? Ak pake pichoz ambil yg all in ^^ salam knl ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo nini, salam kenal jg ya.
      yup, betul sekali. kalo sama pichouz udah foto by owner.. hehehe.
      tadinya marketing nya nawarin utk ambil all in package aja, karena cm selisih 6 mio dari harga prewed nya yang ditawarin.
      tapi kita emang ga butuh photo & video liputan hh karena udah deal sama Monchichi. :D

      pichouz emang bagus kok nini. ga salah pilih deh. hehehe.

      Delete
    2. Oia km ud sm monchici.. jd penasaran km deal sm siapa ^^ hehe. Iyaa ak sll ikudin perkembangan km mpe sedih baca yg ttg bridal d tutup :( but yumi katsura bagus pilihan km.. klo gk salah ak lebih suka yg kanan ^^
      iyaa amin moga gk salah pilih yaa siz rochan.. ak si dulu naksir antheia, cappio, viure dan pichoz tp yg plg reasonable price si pichoz ^^ walo gk setenar yg ak sebut d awal ^^

      Delete
    3. yup, utk wed day nya udah deal sama monchichi. :D
      hahaha, ditunggu aja postingan selanjutnya ya utk deal sama yg mana.
      jadi maluuuu..ternyata selama ini ada silent reader di blog ini. wkwkwk.
      lesson learned deh dari pengalaman sebelumnya. jadi lebih hati2 untuk nentuin setiap vendor. hehehe
      iya, 3 vendor pertama yg kamu sebutin emang pricey ya. pichouz baguuus kok hasilnya. :)

      Delete
    4. Iaa haha ak ud lama pingin komen tp takut haha ntr dikira sksd cm tb2 km post topic yg aku suka haha ( ak concern bgt sm foto makanya deal doloan ) tdnya ragu pake pichoz krn all in nya lumayan jg tp yaa akhirnya kesampean jg ^^ hihi. Yup vendor 3 itu ud tenar bgt yaa haha. Iaa ak baca2 blog lain jg cm yg plg lengkap siz rochan jdnya ak ikudin km aja sbg patokan haha. Makasi infonya loo ^^

      Delete
    5. hahaha, kalo ga post ttg topik yang km suka, ga comment2 dong? wkwkwk.
      album di pichouz jg bagus kok, unik2. dulu aku pernah liat albumnya disana waktu survey vendor utk wedding day journalism.

      you are welcome nini. ^.^

      Delete
    6. Haha mau si tp tunggu moment yg pas.. kebetulan post yg trakhir pas.. hihi abis takut tb2 nimbrung scr kyna sama yg lain ud kenal ^^ haha jd ak nyimak aja
      Iaa albumnya lucu2 ak ud perna k showroom jg klo gk salah km jg perna bahas yaa km kesana jg... hehe. Pichoz emang namanya gk gt kedengeran yaa cm yaa bolelah bersaing kedepannya ak lihat ( bikin seneng diri sndiri.. ) jd mumpung hrga lom naik2 lg lgsg dah dp dulu biar bs dpt harga 2014

      Delete
    7. wkwkwk.. gpp kok ni. emang blogging kaya gitu, harus berani sksd dari awalnya. hahaha.
      yup, dulu pernah ke pichouz tapi utk survey wedding day journalism nya. emang albumnya bagus.

      lumayan banyak yang naksir pichouz kok, namanya emang udah lumayan terkenal jg. iya betul, mending dp secepetnya mumpung masih harga tahun skarang.
      kemaren abis buka fb nya pichouz, katanya per bulan Nov ini mau ada price list baru..

      Delete
    8. haha gtu yaa.. iyaa albumnya bole request dr kita juga, tp contoh2 disana uda bagus2 si haha. Iya ak liad ud mulai banyak yg naksir pichoz, yup harga memang mau naik makanya DP dulu aja dah haha walo merid masi lama ( plan 2016 ) but yaa minusnya dress mesti cari2 lagi ( nambah cost ) T_T
      ayoo siz rochan post jadinya deal sm yg mana tebakan aku si LCP or monchici kyna nih :D ( sotoy )

      Delete
    9. Lho, emang pichouz ga ada kerja sama dengan varia bridal?
      siapa tau ada kerjasama, jd sewa dress di varia bridal nya bs dapet harga discount. Hehehe.
      wkwkwk, sip. Ditunggu aja postingan selanjutnya aja ya..

      Delete
    10. Ada siz tp kita hrs ambil bridal dr dia br dpt gown prewed tp gownnya std m7nrt ak klo mo yg bagus hrs nambah2 lg gt.. jdnya ak mending ambil d luar aja. Ak sewa di gorgeous bridal. Ak bridal ambil d catherine siz rochan ^^ nyambung gk kira2 pilihan ak?

      Delete
    11. Nini, kamu email aku aja ya, di chyntia_1988@yahoo.com
      nanti kita tukeran no telp buat discuss soal wed prep lebih panjang..hehehe.
      oh gitu ya di varia, baru tau.,hehehe

      Delete
  6. Chyn, pemilihan vendor ini buat preweeding aja atau sekalian buat HH??
    Hmmm..agak sulit yaa Chyn, semuanya punya kelebihan plus kekurangan sihh pastinyaa.. Klo dari portfolionya gw vote untuk Cappio foto, begitu diliat, ahhhh...jatuh cintaaa.. Untuk pilihan ke dua gw vote : Little Collins.. itu hampir sama kaya yang pertama auranya juga dapett. Sisanya, gw gak dapet feelnya Chyn...hehehehe *sotoyy yaa*

    Dan 2 vendor ini yang paling pas sama dirimu klo diliat-liatt.. Lebih ke Cyhntia bangett maksudnya.. Perasaan gw mengatakan begitu Chyn.
    Nanti diinfo ya jadinya pakai yang mana :) Good luckk dear. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat prewed aja mar. utk wed day nya udah deal sm Monchichi.
      hahaha, betul mar. setiap vendor pasti punya kelebihan & kekurangan *menurut versi kita*..hehehe

      hahaha, portfolio cappio yang gw cantumin di blog ini emang yg paling gw suka & emang jatuh hati mar. eh tapi, ternyata itu mesti sewa dekor lagi..jadi studio nya didekor sesuai dengan tema / konsep prewed yg udah ditentuin.

      sisanya ga dapet feel nya mar. wkwkwk. nanti gw posting selanjutnya untuk deal nya sama vendor yang mana ya. hahaha.
      emang kenapa bisa bilang kl 2 vendor ini 'diriku' banget? wkwkkw

      Delete
  7. Gw demen ama editan nya Little Collins Chyn. Soft banget. tapi itu selera gua sih haha :D Capio juga oke, bagus editannya yg di TBN

    Lu udah coba liat gaun2 di Pichouse? Lumayan banyak juga gaun2 dia tuh kalo lu ga mo repot cari gaun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihiy, pendapat dari angel penting nih. soalnya u pasti lebih ngerti soal editan foto. gw sih bener2 ga ngerti soal edit2an foto. hehehe.

      blm coba liat2 gaun yang di pichouse secara langsung.
      tapi udah sempet stalk di ig nya dia. hahaha.

      Delete
  8. wahh semoga lancar deh persiapan merit nya chan. tinggal liat hasilnya aja deh nanti...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci yance, mudah2an semua persiapan nya lancar. makasih ya buat support nya. hehehe

      Delete
  9. gw ga kenal semua vendor2 diatas jadi gabisa bantu Chyn hahaha :P
    semoga lancar2 sampai hari H dan dapet vendor yg terbaik (plus banyak diskonnya pliss) yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, gpp mey. Bantu support & doa supaya lancar udah amat sangat berarti mey. Hehehe.
      kalo discount sih susah, yg bs dinego itu bonus. Wkwkwk

      Delete
  10. aduh Chyn.... nggak tau semua *berasa udah tua* hahaahha
    yang pasti udah dibikin comparison gitu secara lengkap plus minus berarti lebih gampang untuk menentukan pilihan.... lancar sampe hari H yah *tiba2 inget bridal*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang udah tua ci fel *minta ditabok* hahaha.
      vendor foto berkembang nya drastis bgt ci..wajar kalo ga tau semuanya. :D
      iya, masa2 kelam kalo inget bridal lama. Wkwkwk.

      Delete
  11. Chyn...gw vote Little Collins ma Cappio natural tp ndk kampungan dan mereka kerjasama dengan banyak MUA ternama kok, semoga dapat yg sesuai dengan budget dan hati ya chyn

    ReplyDelete
    Replies
    1. mir, udah dapet nih vendor prewed nya. hehehe. nanti diceritain di postingan selanjutnya utk vendor prewed nya. :D

      Delete
  12. Hi Chyn, salam kenal ya.. Milih2 vendor yang mau dipakai di hari H nanti memang seru ya. Saranku sih kl buat dokumentasi memang mending pilih yang banyak direcommend. Dulu pengalaman vendor dokumentasinya kurang bagus malah jadi kesel sendiri, sayang sama momentnya kan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo maria, salam kenal jg. :D
      iya, seru2 tapi pusing jg mar..
      makasih banyak buat masukan nya mar. mudah2an ga salah pilih vendor dokumentasi. hehehe

      Delete
  13. Vote juga buat cappio dan LCP :D
    Iya bener ya walaupun cuma senyum dan pose, capek juga kalo seharian penuh ya >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih buat vote nya sur. :D
      wkwkwk, iya. katanya sih walopun cm senyum & pose, tapi capek nya tak tertahankan. hahaha

      Delete
  14. hai.....salam kenal yaa... blog nya membantu banget buat nyari vendor prewed. boleh minta pricelist nya tidak? kalo boleh minta tolong yah dikirim ke merrydjkn@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi merry, salam kenal jg ya..
      kalo minta pricelist, sebaiknya langsung minta sama vendor yg kamu suka. karena price list yg aku punya udah pasti ga valid.
      yg aku punya kira2 price list di thn 2013 - 2014. sedangkan sekarang udah mau thn 2016, pasti udah ada kenaekan harga.. hehehe

      Delete
  15. hi.. kalo butuh fotografer bisa kontak kita juga yaa :)

    http://andimoto.com/jasa-fotografer-murah-di-tangerang/

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik