Di postingan sebelomnya kan saya udah cerita tentang V bridal yang tutup. Kalo di
postingan ini, saya bakalan banyak ceritain tentang pengalaman saya sama bridal
tsb selama 11 bulan jadi client nya mereka. hahaha, Sebenernya dari pengalaman
kita disana, kebanyakan BT nya daripada senengnya. :( Jadi kalo yg ga tertarik buat baca uneg2 saya, mending
bacanya cukup sampe disini aja. Hehehe.
1. Kita
dp di V bridal sama marketing Y (anggep aja begitu ya). Karena kita merasa klik
waktu ngobrol sama marketing Y ini. Nah, kira – kira 1 bulan setelah dp, saya
telp marketing Y buat nanyain tentang voucher kue. Tau2 nya Y bilang kalo dia
udah ga kerja di V bridal lagi & untuk urusan saya udah di hand over ke
marketing Z. Dia malah nanya balik sama saya, emang marketing Z ga ada telp
saya? Lha, saya jawab belom ada lah. Akhirnya saya sendiri yg dateng lagi ke V
bridal buat pastiin yg mana marketing pengganti nya. Harusnya secara etika,
marketing Y itu kan pamit / say goodbye ya sama customer2 nya. Ckckck. Kalo
soal marketing Z yg ga hub saya, itu masih bs dimaklumi sedikiiiiit. Toh
wedding saya masih 2 tahun lagi.
2. Kalo
yang ini sih kayanya bs dibilang ‘penyakit’ marketing ya. Saya ga pernah
di-inform kapan jadwal gown baru dateng. Huhuhu. Jadi waktu kita dp disana,
saya belom ada keep gown apapun, karena kan wed day nya masih lama, nanti
tunggu gown baru dateng aja. Saya sih nurut2 aja. Tapi pada kenyataan nya,
nentuin 1 gown aja kok susaaaah bener ya bu ibu. Soalnya di V bridal itu hanya
bs keep gown 1x aja. Kalo mau ganti gown, kena cas 2,5 jt SAJA. Gimana ga keringet
dingin kl udah soal UUD? Wkwkwk. Yang ada, hampir setiap bulan sekali, saya
bakalan ‘teror’ marketing Z buat nanya kabar ttg gown. Hahaha, ini masih masuk
kategori wajar kan?
3. Pas
akhirnya saya naksir salah 1 gown yg ada disana, marketing Z bilang kl gown itu
terlalu berat, ekor nya 3 meter. Sedangkan pesta saya sitting dinner. Jadi ga
cocok pake gown itu. Tapi gimana ya yg namanya udah naksir, susah dibendung kan
ya. Wkwkwk. Pas dicobain, gown nya jg kepanjangan banget. Nah, ternyata gown
nya jg ga bs dipendekin terlalu byk, karena nanti hasilnya bs jelek. Saya blg
sm marketing Z, ya udah tolong dicek dulu ya sama yg bagian alter gown nya (bs
ga kalo gown nya dipendekin 12 cm) & tolong kabarin hasilnya ke saya. 3
hari ga ada kabar, saya tanya by WA gimana hasilnya & ga ada jawaban. 2
hari kemudian, saya tanya ulang lagi by WA & tetep ga dijawab.
Grrrrrr..Otak rasanya udah mendidih. Beberapa hari ditunggu ga ada jawaban
lagi, saya langsung nanya ketus di WA yg isinya kurang lebih begini: ‘Mbak,
gimana kabar gown nya? Bisa ga dipendekin? Kalo emang ga bs, ya kabarin aja.
Jadi saya jg ga usah ganggu2 terus’. Setelah diketusin begitu baru dijawab kl
emang ga bs. Done, saya jg ga nanya2 lagi ttg gown itu.
4. Di
bulan Des 2013, saya upgrade paket dr 28+1 jt (1 jt karena upgrade mobil ke
vellfire) ke 39 jt (karena lg ada promo disc 10 jt, harusnya harga paket itu 49
jt). Ini murni kemauan saya yg mau upgrade paket, dari marketing ga pernah
minta saya utk upgrade. Sebelom saya deal disana, saya ada cek di website nya V
bridal. Untuk paket 49 jt, di website tertulis akan dapet 2 photographer &
1 videographer. Tapi pas saya ke showroom mereka, di brosur tertulis 1
photographer & 1 videographer. Saya protes secara halus, kenapa bs beda.
Akhirnya marketing Z blg kl dia mau nanya owner nya dl. Beberapa hari setelah
saya upgrade paket, saya di-inform kl yg tertulis di website salah (yg bener
ada di brosur). Terus yg di website langsung direvisi jadi 1 photographer.
Done, saya terima dengan ikhlas untuk case ini.
5. Dari
paketan V bridal kan dapet 1 photographer & 1 videographer utk liputan hh (kualitas
HDV). Saya nanya, sebenernya itu cukup ga untuk handle 70 meja & kata
marketing Z cukup kok. Tapi setelah saya minta masukan dr forum FD, mereka
jawab ga cukup, karena pasti ada moment yg missed. Saya nanya lagi dong ke
marketing Z, jadi kena berapa ya kalo misalnya mau nambah photographer, dijawab
2,5 juta. Sekitar 1 bulan kemudian saya tanya, jawaban nya 4 juta. Kenapa
jawaban nya bisa beda2 gitu ya? Aneh bin ajaib.
6. Setelah
itu, saya nanya lagi sama marketing Z ttg contoh hasil liputan hh itu seperti
apa, karena dari paketan saya jg dapet wedding clip. Terus saya dikasih liat
wedding clip. Kalo liat dari hasil wedding clip nya sih oke. Buat yg belom tau,
wedding clip itu ringkasan acara dari wed day kita, durasi sekitar 4 – 5 menit
aja. Tapi kalo saya minta contoh video liputan yg full duration, selalu dijawab
ga ada / belom ada sample customer yg udah jadi. Ini saya sampe nanya 3x, dan
jawaban dari marketing selalu begitu. >.<
Dari case ini, saya udah mulai curiga sama hasil liputan nya.
7. Pernah
sengaja saya dateng ke bridal tanpa janjian dl sama marketing Z. Nah, disitu
saya disambut sama org laen (yg bagian urus pencetakan album). Nah saya tanya2
sama org itu tentang video liputan dan dijawab kalo pihak bridal kerjasama
dengan freelancer. Ga lama kemudian kan marketing Z dateng. Saya pastiin lagi
ke marketing, utk video liputan nya dari mana, freelancer / bukan. Terus
dijawab sama dia kalo video liputan pake org dr kita. Ketauan lagi kan
boongnya. >.<
Karena saya ga mau ambil resiko sama
hasil liputan hh yang ga mungkin bs diulang kaya photo prewed (kl jelek bs
ulang lg), akhirnya saya ambil lagi vendor liputan khusus dari luar. Buat yg
ini, nanti saya ceritain lebih detail di postingan laennya.
8. Selaen
liputan yg diragukan kualitasnya, ternyata hasil prewedding nya jg ada potensi
bermasalah. Ceritanya kan saya sering post di blog tentang V bridal ini.
Tau2nya ada salah 1 customer mereka yg comment di blog saya kalo hasil foto
prewed nya itu bermasalah (intinya sih hasil editing kurang oke). Saya kaget
sejadi2nya dong. Akhirnya contact2an sama customer ini by email. Saya sampe
minta hasil editing photonya seperti apa karena ngeri sama hasil prewed saya.
Karena saya blm prewed & termasuk awam untuk menilai hasil editing photo,
jadi saya no comment untuk point ini.
9.
Nah,
sekarang saya kembali cerita urusan gown. Karena dari marketing Z itu ga pernah
inform ke saya tentang kapan ada gown baru dateng, jadi saya yg aktif nanya. Waktu
saya tanya di awal tahun 14, dia bilang gown baru nya dateng di bulan Juni 14. Pas
bulan Jun, saya tanya dong, gown udah dateng blom. Jawaban nya belom karena ada
masalah di pengiriman. Saya dikasih tau nanti di awal Juli 14. Pas bulan Juli,
karena ga ada kabar, saya tanyain lagi tuh. Eh katanya masih blm dateng karena
bermasalah di pengiriman. Baru bs masuk abis Lebaran. Terus saya tanya lg dong,
emang apa masalahnya *kepo mode on*. Eh chat saya ga dibales sama sekali loh.
Ckck.
10.
Pada
dasarnya, disana ada 3 grade untuk new gown. Yg harga 12,5 juta, 18 juta &
25 juta. Karena saya udah upgrade paket, saya berhak untuk gown yg seharga 25
juta. Saya pikir kan itu udah paling atas, tau2nya masih ada lagi yg seharga 30
juta & 35 juta. Ckckck. Setelah nunggu selama 6 bulan, akhirnya gown baru
masuk jg. Eh tau2nya yang masuk cm ada 5 gown aja. 2 gown di grade 12,5 juta, 1
gown di 18 juta, 1 gown di 25 juta, dan 1 gown seharga 35 juta. Saya cobain 2 gown terakhir tuh yg baru
dateng. Ternyata naksir sama gown yg harga 35 juta. Tapi katanya saya mesti
nambah 10 juta. Marketing sy bilang nanti mau dibantuin nego sama owner, siapa
tau bs nambah 5 juta. Tau2nya beberapa hari kemudian dikabarin kl untuk gown
itu, saya mesti nambah 9 juta nett (katanya dia kasih saya harga 5 juta,
dimarah2in sama owner nya). Masuk akal ga sih utk harga upgrade gown aja
semahal itu? Huhuhu. Jelas saya tolak mentah2 lah.
Yang
saya ceritain di atas ini cuma pengalaman yang saya rasakan sendiri ya. Kalo
saya masukin pengalaman temen2 yang saya kenal dari forum & emang customer
nya bridal ini, ada beberapa uneg2 laennya. Mulai dari bridesmaid gown yang
ga bebas milih (jadi ada grade nya jg utk gown bridesmaid. Tapi rata2 gown yang
ada katanya kurang oke), pilihan untuk gown prewed dibatesin & aksesoris
yang ga bisa bebas milih 100%. Jadi temen saya nanya ke marketing X, boleh
pilih aksesoris ga untuk di hh nya. Terus dijawab sm marketing nya gini: nanti
disesuaiin jg ya sama paket apa yg kamu ambil & dibantuin sama MUA nya.
Zzzzz, dia kesel dijawabin seperti itu.
Btw,
bukan berarti bridal ini ga ada nilai positifnya loh ya. Tapi emang kalo di
saya, nilai positif nya kurang banyak. Sebenernya kalo boleh jujur, emang
dengan harga 39 jt, saya udah dapet banyak banget ini itu yang didapet di
bridal ini. Sampe sekarang rasanya saya ga bs ketemu sm paket yg mirip dengan
harga yg sama. Cuma ya dari sisi kualitas nya masih perlu dipertimbangkan.
Sebenernya sih buat calon penganten yg ga mau pusing & ribet cari vendor
sana sini, paketan disini oke banget dari sisi harga. Tapi buat saya yg orangnya
emang ribet & kepo, saya khawatir sama hasil output yang nantinya didapat.
Ujung2nya setelah saya nambah liputan dari vendor laen, jatoh2nya harganya
malah mahal. >.<
Mudah2an
postingan ini bs jadi pembelajaran buat saya & mungkin capeng laennya untuk
tanya lebih detail pas mau deal dengan suatu vendor. Terutama untuk vendor
bridal yg paketnya udah all in. Jangan malu2 buat nanya di awal sampe
sejelas2nya, karena ujung2nya mau ngirit malah jadi mahal *jadi curcol*.
Buat
yg concern banget sama wedding gown, amat sangat disarankan untuk tidak deal di
bridal sebelom dapet gown yang disuka & cocok. Walopun marketing bridal
bilang nanti pasti ada gown baru, kan gown baru jg belom tentu cocok. Yang
penting udah keep 1 gown yg emang kita suka & punya kesempatan untuk tuker
gown tersebut kl ada gown baru yg dateng.
Soalnya
gara2 uneg2 di atas, saya sampe sering banget ngeluh sama cami. Yang ujung2 nya
jadi berantem, karena saya suka ‘nyalahin’ dia, kenapa sih mau buru2 dp di bridal
ini. Sedangkan ternyata dalem nya itu bermasalah. Terutama saya ga suka sama
sikap nya marketing Z yg semena2 sama saya kalo ditanya by WA. Kalo pas
ketemuan langsung, dia bs senyum lebar seolah2 ga ada yg terjadi di belakang. Kalopun
pertanyaan saya dijawab, ya dijawab nya sesingkat mungkin. Tapi beberapa x
malah ga dijawab. >.<
Karena
seriiiing banget saya ngoceh2 soal bridal, cami sampe pusing jg. Hahaha.
Maafkan ya dut, maklum lah kalo calon istrinya ini bawel. Terutama saya ngoceh
waktu kedatengan gown baru diundur2 mulu tanpa ada kejelasan. Sampe akhirnya
kita bahas untuk pindah bridal & dp di bridal ini dialihkan untuk paket
laennya. Hahaha. Akhirnya cami janjiin ke saya, kalo sampe bulan Sept 14 masih
blm dapet gown yg sreg, ya udah pindah bridal. Selaen itu, sejak saya dp di
bridal ini, saya masih aja loh muter2in bridal laen (bahkan sebelom ada masalah
ini itu yg saya ceritain di atas ya). Mungkin ini yg boleh dibilang namanya
firasat x ya. Tau2 nya beneran kejadian di bulan Sept 14 ini kita mesti pindah
bridal (karena mau tutup).
Nah,
sekarang saya ceritain reaksi saya waktu dapet berita ttg bridal mau tutup ya.
Awalnya sih kaget banget, karena ga nyangka bs begitu. Tapi sehabis pulang dari
kantor, pas ketemuan sama cami, saya selalu sumringah & hati ini rasanya
seneeeeeeng banget. Karena ternyata saya bs lepas dari bridal ini dengan cara
laen yang mungkin udah diatur sama yang di atas. Mungkin ini yg bs dibilang
rejeki org mau nikah?? Cami sampe ngatain saya gila gara2 saya seneng bukan
kepalang. Harusnya kan saya syok, sedih, atau apalah. Eh ini saya malah seneng.
Bahkan malem itu jg, saya langsung googling untuk bridal pengganti yg mungkin
bs jadi kandidat kita. Hahaha. Aneh bin ajaib kan? Tapi pusing yang baru udah menanti di depan mata, karena harga2 bridal udah naek dari tahun lalu. Terus kita mesti cepet jg untuk nentuin pilihan & setelah dihitung2 harganya ternyata lebih mahal (selisihnya lumayan jauh) dari harga paketan di bridal ini.
Siss, kamu kan pertama kali tau bridal mu mau tutup dr forum FD ya, koq orang itu bisa tau duluan soal ini daripada customersnya bridal itu sendiri ya? Mgkn bisa cerita sedikit?
ReplyDeleteKarena kan v bridal pernah jual voucher untuk prewedding di groupon. Nah, yg di FD ini ada beli voucher disana dan udh dijadwalin utk prewed dlm waktu deket.
Deletecuma ternyata temen FD ini ditelp sm marketing v bridal kl prewed mereka dibatalin, krn v bridal mau tutup.
habis itu, dia langsung kasih tau ke aku, krn dia inget kl aku salah 1 customer nya v bridal.
Oh gitu, pantesan ya..
DeletePanjang yaa chyn, hahhahaha
ReplyDeleteTapi ambil sisi positifnya aja chyn, karna mendingan km bayar bridal baru lbh mahal daripada km makan hati trs di bridal V ini....selain gown yg kudu sreg loe jg kudu cari marketing yg komunikatif yaa karna dari pengalaman gw, gw butuh org yg komunikatif kr gw orgny sungkanan klo tanya2 hahha klo urusan gown di bridal gw dari awal udh dijelasin rak ini untuk harga paket sekian, dan selalu disarankan untuk ambil paketan paling murah kr masih bisa upgrade, kr klo dr awal pilih paketan plng mahal ndk bisa downgrade...
so far...gw sih puas dengan hasilnya
iya mir, panjang bener. soalnya uneg2 yg menumpuk selama 11 bulan. wkwkwk.
Deletelega banget sekarang dah lepas dari V bridal ini.:)
betul, marketing itu harus komunikatif. Yang paling penting kl buat gw, harus kalem & sabar, karena gw orgnya bawel. hahaha.
puji tuhan sejauh ini u puas ya sama service dari bridal. tapi ada beberapa org yg emang ok2 aja di V bridal. Mungkin emang gw jg yg bawel nya keterlaluan, jd marketing nya males ladenin. hahaha
Cyn.. jujur aja.. dengan harga 49 juta itu lu harus more than thattttt.. dan jujur aja paketnya mahalllll bangetttt. hahahahhaha. *serius deh* sumpah yah.. gua total2 sih kayanya gak sampe 28 untuk bridal lengkapnya. itu aja udah upgrade 2 foto dan 2 video kualitas atas loh. mobil juga new alpard. setau gua gaun di bridal mana ada sampe harga 35 juta. kecuali emang bajunya diukur sama badan elo dan diranjang khusus buat elo. hahaha.. *ini sih menurut gua yah*.
ReplyDeleteDan jeleknya gaun2 yang suka dibilang harus upgrade di harga segini, yah menurut gua bisa2an mereka. eniwei elo juga gak tau kan gaun itu udah di bekasin sama berapa orang? dipake 1 trus dibilang tau juga gak ada yang tau kan? hihihihi *seujon gua*.
hihihi.. perasaan elo sama kok kaya gua dulu. sebenernya emang pengen di gester tapi budget gak ada. trus beralih ke karawaci. walau kayanya disini bagus2 juga tapi kok perasaan biasa aja. hihihi.. eh tapinya bridal yang dikarawaci itu juga tutup dengan sempurna. akhirnya balik lagi di gester *dan ternyata gua mampu2 aja bayar gester*. hahahaha.. mendingan memang cari bridal yang udah ada nama. walau mungkin agak sedikit pricey. eniwei dengan harga segitu banyak bridal paketan juga kok cyn. hehehe.. *duh komen gua panjang banget yaaaa*
Duh kok diranjang sihhhh.. dirancangggggg.. *kebiasaan di group bawa2 ranjang. lol* ehhhh,, ini epiiii.
Deleteharga paketan nya 49, tapi lagi promo jadi 39. makanya gw upgrade paket. hahaha.
Deleteiya, kalo untuk harga gown nya, emang ga masuk akal ya. >.<
kalo disitu sih untungnya masih jujur kalo soal new gown sm second gown. Karena ruangan untuk simpen new gown & second gown nya jg beda. apalagi gown hh biasanya dipake buat photo prewed indoor. Jadi kl mis mau cek gown nya itu new / second sih ga susah.
wkwkwk, toss bokong dl kita. seb hati ini emang biasa aja waktu dp di V bridal ini. Eh, syukur banget akhirnya dia tutup & DP gw bs balik 100% Giraaaang bener loh waktu sore nya itu.
iya nih...ditunggu next posting ya buat bridal baru nya. wkwkwk.
hayoooo, abis ngapain ni sama Jp? Kok pikiran dan tangan ga singkron. Maksud hati mau ngetik rancang, tapi di pikiran nya malah mikir ttg ranjang? wkwkwk. ngakak gw bacanya.
DeleteBuset Epoy.. Bisa salahnya malah kesono yahh :p
DeleteCyn,,,gileeeeeee crita lu membantu banget nih buat kita2 orang biar lebih aware sama markteing bridal yah..hahaha...49 juta paketnya yah...itu mah bisa bikin 1 gaun di ivan gunawan yang endessssssssss bingiiiiitttttt,,pake bakcless2 gtu pulaaaaa,,,+foto liputan and prewed...hadoohhh..>.<.. gw ga tau nih haus berduka atau ngucapin selamat, tapi yang jelassss,,i'll pray the best for your preparation yah...pasti ada hikmah dibalik semua kejadian ini.. Tuhan kasih kejadian ini biar kita semakin pintar, waspada, atau memang justru km dilindungi sama Tuhan kan, biar ga kena penipuan lebih lanjut....
ReplyDeletebersyukur uang DP bisa balik 100% yah.....
be happy then yah....yg penting kedepannya lebih cermat..
ayo semangt cyn.....fightinggggggg yah dear...#kiss#hug
Ceritanya ngebantu ya cath? Syukur deh kl sharing nya bs membantu ya.
Deletepaket nya 49, tp promo jd 39 kok cath. Itu jg udh lengkap dpt semua2 nya.
iya, mungkin tuhan punya rencana yg lebih baik buat gw ya, jd gw sih bener2 bersyukur banget ada kejadian kaya begini. Yg penting uang dp bs balik 100%. Hehehe.
thanks cath buat dukungan nya. :)
bener banget tuh cyn... kalo belom ketemu wedding gown yg cocok, mending jangan dp dulu di bridal deh... pengalaman gua dulu, ketemu wedding gown yg pas di hati...biarpun ga langsung di keep tapi emang uda jodoh ya, ujung2nya ya balik lagi gown yg gua taksir...
ReplyDeletemengenai marketing... marketing gua yg lama juga kan resign... nah...gantinya ini juga ga sekomunikatif marketing sebelumnya... jadi kalo ada apa2 kudu kita sendiri yang aktif... untungnya itu terjadi pas uda mau beres sih hehehe... tapi emang kitanya sendiri yg kudu bawel2... ya namanya uda keluar duit puluhan juta, pasti mau dapet yg the best kan...
Iya mel, skarang fokus gw jd ke wed gown dl. Kl ada yg sreg, baru dp. Tetep mesti yg sesuai di kantong jg sih harganya. Hahaha.
DeleteSenasib ya mel. Tp untungnya marketing u resign nya pas udah mau beres. Lha ini, marketing gw resign waktu baru 1 bln di dp. Grrrrrr..
Ujungnya emang krn ga jodoh yah Chyn, dr awal ternyata dah kek gitu ceritanya :(
ReplyDeleteMoga pas ketemu bridal yg ok lgsg jodoh yah Chyn :D
Huhuhu, iya py. Emang dr awal ceritanya udh begitu..
Deletesip2, moga2 ketemu bridal yang jodoh & pas di hati. :)