Thursday, September 18, 2014

Tutupnya bridal yang udah di DP

Hmmmm..Sebenernya saya maju mundur buat nulis di blog tentang ini. Soalnya topiknya rada sensitif. Akhirnya setelah minta masukan dari temen2 blog ya laennya, jadinya saya tulis jg di blog. hahaha. Mudah2an postingan ini bisa jadi pembelajaran jg yah buat capeng2 laennya. *Long posting alert, ga ada gambar pula*

Pas tgl 5 Sep 14 (jumat siang), saya dapet private message di forum FD. Dia bilang kalo bridal yg udah saya DP in (singkat aja deh jadi V bridal) itu b*ngkr*t. Saya emang pernah share di forum itu kalo saya pake V bridal sih. Saya yg baca message itu kagetnya setengah mati, karena saya sama sekali blm dapet info ttg apa2 dari marketing saya. Padahal seminggu sebelomnya saya baru aja mampir dari bridal, dan semuanya normal2 aja. Btw, thanks to P*lpi*s for the information. :)

Langsung aja saya bales message nya. Intinya mau klarifikasi kalo dia dapet beritanya dari mana. Tapi ternyata balesan nya rada lama, padahal hati saya udah kebat kebit ga karuan. wkwkwk, lebay. Langsung aja saya telp cami pas masih jam kerja buat ngabarin berita itu. Dia jg kaget waktu saya kasih tau. Rencananya emang tgl 6 Sep nya saya emang udah janjian sama marketing mau ke bridal buat coba2 gown. Kata cami, coba aja ditanya besok pas dateng.

Tapi saya mana bs disuruh nunggu sampe besok buat berita sepenting itu. Langsung aja saya WA ke marketing, tapi nanyanya halus. Apa ada masalah di bridal itu, minta maaf kalo mau nanya yg aneh2, dst. Ternyata marketing blg memang ada masalah & ngaruh ke customer. Saya minta diceritain by WA secara garis besarnya *ga mungkin bs nunggu sampe besokan nya pas jadwal kesana*. Katanya, big boss disana (papa owner) abis sakit, butuh banyak istirahat. Sedangkan papa owner masih sibuk ngurusin cetak kanvas (karena itu usahanya dia). Udah disuruh istirahat / oper ke org laen, tapi papa nya ga mau. Jadi bridalnya mau tutup per 31 oct ini. Untuk detail lebih jelasnya, akan dijelasin pas saya dateng tgl 6 Sep.

Langsung aja saya kasih tau salah 1 temen kenalan di bridal yg sama (kita kenal gara2 pake bridal yg sama, kenal dr forum, ada 2 orang). Ternyata dia jg belom tau kabar ttg ini (anggep lah namanya A, udah 'lulus' dari V bridal). Yg gawatnya itu, ada temen 1 lagi, anggep aja namanya B. Nah, si B itu married nya tgl 7 Sep. Saya sama si A bingung mau ngabarin ttg berita ini ke B atau ga. Sedangkan kalo saya kasih tau, itu udah tinggal 2 hari menjelang hh nya. Kita takut bikin B panik dimana harusnya dia relax. Yang merasa bersalah nya itu, saya sm A diundang buat dateng ke resepsi B. Tapi kita akhirnya putusin utk ga ngomong apa2 dl sm B, biar dia ga stress & panik di hh. Dari pihak V bridal jg ga ada inform apa2 ke B ttg berita ini.

Hari sabtu, tgl 6 Sep pagi, saya langsung nangkring di bridal buat bahas DP 30% yg udah cami bayar disana. Katanya bs dibalikin full, asal voucher untuk jas, undangan & kue nya blm dipake. Posisi kita itu udah dp jas & undangan, tapi dari pihak V bridal blm ada ngeluarin uang apa2 untuk pembayaran ke vendor jas & undangan. Setelah dibicarain sm marketing nya, kita sepakat untuk bikin surat pernyataan kalo tidak akan ada vendor manapun yang membebani tagihan ke pihak V bridal.

Tapiiiiii,... DP kita baru bs dibalikin di tgl 30 Sep, nantinya dikasih giro dari pihak mereka. Kan tgl 30 Sep itu hari biasa, mana mungkin bisa mampir ke bridal buat ambil giro. Akhirnya kita request untuk diambil tgl 27 Sep, hari Sabtu. Terus disetujuin sama marketing nya. Nah, kebetulan banget pas tgl 5 - 7  Sep itu kan ada pameran wedding di JI Expo. Abis dari bridal, kita langsung meluncur buat cari2 bridal pengganti. Apalagi kan waktunya udah tinggal 1 tahun lagi sebelom wedding day kita. >.<

Kita udah dp di V bridal selama 11 bulan (dari 4 Oct 13), tapi tau2nya bridal nya mau tutup. Selaen pusing mikir dp yang belom balik, kita mesti cari banyak hal laennya lagi di luar bridal, seperti wedding car, hand bouquet, prewedding indoor outdoor. Abis dapet kabar itu, saya di kantor langsung ga bs fokus kerja lagi. Malem harinya, cami jg ga bs tidur nyenyak, dia udah bangun jem setengah 3 pagi. Ckckck.

Terus kan saya emang ada minta masukan dari group WA temen2 blogger & org tua ttg hal ini. Mereka kasih masukan utk percepet tgl pemberian giro nya. Bahkan kalo bs sebaiknya pake cek aja, jgn pake giro. Setelah dipikir2, emang masukan dari mereka ada benernya jg sih. Karena kan saya jg butuh dananya buat DP di bridal laen. Apalagi harga bridal2 laen ternyata udah naek dibanding thn lalu. >.<

Jadilah di tgl 13 Sep kita dateng lagi ke V bridal, minta tolong sama marketing untuk percepet tanggal pemberian giro nya. Karena dananya mau dipake untuk DP di bridal laen minggu depan nya (tgl 20 Sep, udah ada bridal yg diincer). Jadi setelah di-diskusiin sm admin keuangan & owner V bridal, kita bs ambil giro nya di tgl 16 Sep. Jadilah tgl 16 Sep kita cuti, buat rayain 7th years anniversary sekaligus ambil giro ke bridal. 

Pas ambil giro, kita tanda tangan surat pernyataan bahwa pihak V bridal memberikan kuasa penuh untuk vendor jas, kue, dan undangan ke kita. Giro dibuka untuk tanggal 17 Sep, dari bank P. Untungnya mama cami punya rekening di bank P. Jadi ga usah kliring dulu, nunggu 2 hari. Dan di tgl 17 Sep siang, saya dikabarin sama cami kalo dananya udah cair. Fiuuuuh leganya kalo DP nya udah balik 100%. Udah syukur banget kalo DP bs balik 100%. Padahal mah harusnya saya dikasih bunga bank ya? Kan DP nya lumayan gede jg. wkwkwk.

Makasih banyak buat semua temen2 blogger yang udah bantuin doa supaya DP nya bisa secepetnya balik *kecup basah 1 per 1*. hehehe. Case saya ini bener2 jadi pembelajaran untuk lebih berhati2 pilih vendor, apapun vendor nya. Niat hati mau DP dari jauh2 hari biar harga mengikat, siapa yg sangka bs kejadian kaya begini ya. Tapi mama nya cami sih pernah ngomong tahun lalu, apa ga salah dah DP dari 2 tahun sebelumnya? Tar kalo tutup gimana? Tapi cami blg ga mungkin lah, karena tempat nya kan besar. >.<

Sekarang saya malah diuber2 sama camer buat DP bridal lagi di tempat laen, karena kan udah tinggal 1 tahun lagi, tapi masih belom punya bridal pengganti. Nah, jangan bosen ya kalo mulai dari sekarang, postingan saya selanjutnya pasti bakalan seputar wedding melulu. wkwkwk, tapi emang udah dari dl jg 90% isi blog ini cuma seputar wedding preparation. hahaha. Sekarang doakan saya supaya dpt bridal yang cocok ya. :) 

20 comments:

  1. Aduuhhh siisss... Uunnntttuuuunngg DPnya selamat.. Ampuunnn, aku aja baru dikasih tau klo V bridal mo tutup sehari sebelum kamu kabarin aku. Tadinya awal Sep, marketingnya cuma bilang mereka mau berhenti akhir Okt, tapi ngk singgung2 kalau V bridalnya juga mau tutup.
    Trus aku bingung gmn kasih tau ke kamu, takut kamu shock.. Jd pikir2, mgkn baiknya kasih kesempatan pihak V bridal aja yg mesti kasih tau kamu duluan langsung.. Urusanku disono aja sampe skrg blm beres.. Ehhh taunya kamu malah udah tau dari jauh2 hari, ya baguslah.. Aku jadi lega juga kamu lolos..
    Buat V*l**c** bridal, sory to say, mgkn kedengerannya kejem tapi inilah yg namanya KARMA. But lesson to learn: never abandon customer's rights and satisfaction, or you won't still survive in hard time periode. Kalo sakit khan butuh dana yg cukup, tapi dengan bad reputation, siapa yang mau kesana buat pemasukan cash flow.. Jgn under estimate customers!
    Tapi anehnya akhir agustus kmrn aku msh sempet mampir ke V bridal n ketemu sama papanya owner, wkt itu mmg udah sore bgt lantaran kesana tuh ngk gampang krn macet..cett.. Sampe kita putuskan masuk ke tol, masuk ke PIK dulu buat tembus ke muara karang, eehh tau2 PIK jg macet..cett. Sampe2 mmg dah sore, tau ngk papanya owner V bridal sdr yg usir aku n suami tanpa basa-si, padahal kita msh duduk di meja komputer, dia ngk ada rasa etika n sopan santun, lampu ruangan V bridal lsg dimatiin semua. Giiilllaa!!!!! N waktu itu papanya owner keliatan sehat2 aja tuh ngk keliatan lagi sakit. Marketing V bridal aja otak dan hatinya masih jalan, malam2 dia yg sms minta maaf atas kelakuan bossnya itu.. Ckckckck.. Lagi sakit aja msh bisa usir customer, mentang2 kita dah ngk ada prospek profit lagi buat bridal dia, ngk mikir dia msh utang album2 yg belum jadi dan video liputan yg blm diserahkan, main usir customers aja dgn alasan biaya listrik mahal nih, ngak tahan! Haduhh gini nih cara kelakuannya orang dagang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya oliv, untung banget dp nya selamat semu. Kalo ga, bs stress. :(
      Oh, jadi di awal sept, km udh dikasih tau jg, tp kirain nya marketing nya aja yg berhenti. Tau2nya bridal nya jg tutup ya.
      Aku masih hoki bs dikasih kabar dr forum FD. Kalo ga dikasih kabar dr forum, ga tau kapan dpt giliran buat diinfoin. Soalnya emang pemberitahuan ke setiap customer itu bertahap jg.
      mudah2an album liputan nya cepet kelar ya oliv. :)

      Delete
  2. Siss, untuk urusan mobil pengantin contact langsung ke Golden Birds aja, mereka harganya acceptable bgt dan professional koq.. Yg penting kasih tau susunan acaranya aja ke mrk, mis dr start point standby mobil dmn n jam brp, habis itu ke spot mana, abis itu kemana, jemput siapa aja (klo ada yg mesti dijemput) dst.. Jd mrk bisa siaga n ngk bingung hari h musti kemana aja n siapa aja. Kecuali kamu ada pake WO, ya udah biar WO yg atur rutenya mobil pengantin golden birds.. Ngk mahal koq, charge per jam klo over time jg ngk mahal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Good luck sis, kali ini pasti sukses..

      Delete
    2. iya oliv, yang selanjutnya harus sukses ya..hehehe

      Delete
    3. buat urusan mobil pengantin, cami udh sreg sm salah 1 vendor. tp emang kita blm dp. rencana mau di dp minggu ini. :)
      makasih ya oliv buat masukan nya. emang kita nyari vendor mobil yg sesuai kebutuhan jg, biar ga kena overtime. hahaha

      Delete
  3. Syukur banget yaa chyn akhirny loe bisa keluar juga dari mulut singa, semoga nextnya dapat bridal yg oke dan langsung sreg dengan gownya....jadi ndk galau2 gmn gt hahahhaha

    NB : udh dp bridal baru blm? ayoo putusan hahahhaha, apa perlu gw googling lagi nih hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha, iya mir. Syukur banget deh, lega rasanya. Wkwk.
      betul mir, gw langsung nyari bridal yg sreg dl sm gown nya. Pusing nyari gown soalnya. :)

      Hahaha, belom dp mir..yup, yg kemaren u googling sih udh byk banget. Gelo, dlm sekejap langsung byk aja yg u sebutin. Wkwkwk.

      Delete
  4. Memang kalau pilih vendor itu yang punya reputasi bagus kali yah. jadinya kita gak merasa deg2an sampai hari H. :D

    semoga pencarian bridal yang baru bisa langsung kecari dan inget. pilih langsung ketika kamu sreg sama gaunnya. :D hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, dulu sih bukan gw yg ngebet dp disini. emang cami yg ngebet, karena kan jg ga terlalu rame, paketan nya jg lengkap. hahaha.

      hahaha, dapet saran nih dari sesepuh. siiiiip pi, emang gown jadi concern no 1 nih waktu cari bridal baru. wkwkwk

      Delete
  5. Cyn, bibir u gk dower kecup basah kita satu2.. wakkakaka..
    Semangat Cyn jadi bridal baru nya.. Semangatttt !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkakaka, si tiana bs aja komentar nya. gak dower dong ah kalo kecup satu2. hahaha.
      makasih naaaaa.. :)

      Delete
  6. wah... untung dpnya bisa balik ya... dan emang harusnya balik sih... emang serba salah kalo urusan kayak gini, maksudnya dp jauh2 hari kan biar ga kena kenaikan harga, tapi ga bisa dijamin juga... mendingan abis ini cari bridal yang emang uda punya nama, jadi kemungkinannya kecil mereka bisa bangkrut ato tutup... tenang... masih ada setaon, masih cukup waktu koq hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mel, untung banget sekarang dp nya udah balik 100%.
      betuuuul sekali, niat nya mau ngirit, tau2nya bisa begini. :(
      gw sih masih santai2 aja mel buat nentuin bridal baru..
      tapi malah camer sama cami yg ngebet buat cari bridal pengganti nya. wkwkwk.

      Delete
  7. Pantes pipi gw ada basah2 gimana gitu..hahaha :p

    Ayo Chyn bersegerakan dicari bridal yg reputasi nya bagus. Kalo masih bingung hubungi mentri peneraangan (baca: Mira) hehe :D Good luck darl :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, ya pasti basah dong, kan dapet kecupan dari gw. hahaha.

      rempong ya mau cari bridal yg reputasinya bagus & udah punya nama. sedangkan area nya udah dibatesin sama cami. >.<

      hahaha, menteri penerangan mah udah kasih banyak masukan soal kandidat bridal selanjutnya.
      makasih pypy.. *kecup lagi ah*. hahaha

      Delete
  8. Chyn... Seneng juga denger kabar Duitnya balik 100%. Puji Tuhan banget. Yg penting skrng fokus cari bridal yang baru ya Chyn.. ayoo Semangattt.. Itu di Kelapa Gading banyak kok Chyn bridal2 bertebaran.. Good Luckk yaa. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mar, untung banget dp nya udah balik 100% ya. kan berkat doa dari kalian2 jg. hehehe.
      hohoho, betul. sekarang lagi nyari bridal pengganti nya nih. :)

      doakan supaya dapet bridal yg 'bener' ya. hehehe

      Delete
  9. Akhirnya udah selesai juga masalah DPnya yah Chyn.
    Kudu hati-hati kalo mau milih bridal, itu papa ownernya koq yah ga sopan gitu yah ckckck...

    Semangay chyn buat bridal barunya yah. Jangan stress2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ren, lega sekarang krn urusan dp udah beres. Hehehe.
      iya betul, hrs hati2 pas milih bridal, terutama marketing nya.

      makasih ren, ga stress milih bridal baru nya. :)

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik