Friday, December 26, 2014

Lamaran

Di minggu kemaren, akhirnya secara resmi saya dilamar..maksudnya secara resmi disini berarti orang tua nya cami minta ijin sama orang tua saya buat melamar. Banyak org yg comment, kok wedding nya masih lama, tapi kok udah dilamar dari sekarang sih. Saya kan udah siapin wedding dr Oktober 2013. Mulai dari tanya hari baik untuk wedding day berikut dp sana sini. Tp kan papi saya itu pemikiran nya masih agak kuno. Dia bilang, wah udah dp2 aja, emang udah pasti dapet lampu hijau  dr papi (teganya dia becandain saya begitu), lagian blm ada lamaran resmi dr pihak cowok. Jadilah diadain acara lamaran di tahun ini, bukan di tahun depan.

Ada yg mau lebih simple, jadi acara lamaran & sangjitan digabung jadi 1 (biasanya 2 minggu sebelum wedding day). Ada jg yang mau lamaran nya dipisah dengan sangjitan, seperti yg saya jalanin. Intinya sih itu tergantung masing2 keputusan ortu kita gimana. Kalo menurut adat jaman dulu, biasanya ada lamaran secara resmi dulu dr pihak cowo. Nantinya baru kedua belah pihak sama2 menentukan kapan hari baik nya untuk menikah. Baru siapin segala sesuatu persiapan nya. Tapi kayanya kl di jaman sekarang, dimana semua harga vendor wedding selalu naek tiap tahun & harus berebut tempat resepsi sama capeng laen (kl pas tgl bagus di gedung favorit), rada sulit untuk ikutin sesuai adat istiadat jaman dulu. 

Untuk tanggal & jam lamaran nya sendiri udah diitung. Tapi karena papi saya baru dioperasi katarak & saya jg ga sempet untuk siapin acara lamaran ini, jadilah acara lamaran yg bener2 simple. Kenapa dibilang simple? Karena acaranya cm makan bareng di restoran bersama keluarga inti dari 2 belah pihak aja. Dari keluarga cami bawa buah2an & mami nya pakein kalung ke saya sebagai tanda bahwa saya udah diikat. Dari saya cm bawain kue lapis buat ucapan terima kasih nya (yg bahkan beli nya jg online). Pas acara lamaran pun ga ada acara foto2 sama sekali (gara2 keasikan ngobrol).

Pas sampe di rumah, saya baru sempet buka catetan dari saudara jauh saya yg bisa hitung ttg tanggal & jam. Ternyata harusnya pada saat lamaran, yg harus dibawa oleh pihak keluarga cowok itu:
- 1 lusin apel
- 1 lusin jeruk
- permen
- kalung untuk tanda pengikat

Pada saat prosesi lamaran nya pun, harusnya saya tuangin teh jg buat ortu nya cami. Nantinya dari ortu saya kasih tau tentang item2 apa aja yg harus disiapin untuk sangjit. 

Pada kenyataan nya, ada beberapa point yg kelewat di prosesi lamaran saya. Misalnya, buah yg dibawain sama keluarga cami salah (bawa nya apel & anggur). Jumlah buah apel nya jg bukan 12, tapi 8. Terus ga bawa permen. Saya sendiri ga ada tuangin teh buat ortu cami. Kalo yg soal item apa aja yg harus dibawa pada saat sangjit, dari papi saya ga ada tuntutan sama sekali.

Sebagai org yg biasanya perfeksionis, jadinya saya uring2an ngocehin cami. Buat saya, buat apa kita tanya ttg tata cara yg bener, tp ternyata kita sendiri ga bs ikutin 100%. Karena sebenernya cami jg punya catetan nya, tapi dia jg sama sekali ga baca ulang lagi catetan nya. Jadi saya merasa dr dia nya ga ada persiapan yg matang (bahkan beli buah nya jg baru di hari itu, sebelum sampe di restoran). Kalo dr saya sendiri, karena sibuk seharian temenin papi operasi katarak, saya jg sama sekali ga sempet buat baca ulang catetan nya. >.< 

Ya udahlah, pada intinya, yg penting acaranya berjalan lancar & niat di balik adanya acara lamaran ini tulus. Soal ada beberapa point yg kelewat, saya udah ga ambil pusing lagi. Toh yg namanya adat, ga bs 100% dibilang yg bener begini, yg salah begitu. Tapi kalo diinget2 lagi, rasanya kesel. Saya jg udah wanti2 sama cami, buat acara sangjitan nanti, jangan sampe ada yg kelewatan lagi seperti acara lamaran. Karena buat sangjit nya nanti jg udah diitung untuk tanggal, jam, dan apa aja yg harus disiapin. 

29 comments:

  1. Congrat yaa chyn...ndk papa chyn, ndk semua harus berjalan 100% seperti yang kita mao asal inti dari acaranya udh tersampaikan hehehhe, gw juga dulu kek gt tp udhlah bukan masalah besar sih hehehhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mir..
      betul, yg penting niat tulus nya yg diliat. :D

      Delete
  2. Gak kenapa2 kok cyn. gak mengurangi makna bahwa keluarga cami melamar elo. :) congrat yah cyn.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. poi, gw kesel nya jg cuma malem itu doang kok. ga sampe merembet besok2 nya.
      thanks ya

      Delete
  3. happy lamaran yah cyn..congrat-congrat..semoga makin semangat nih siapin2 printilannya.. hehehe...tenang cyn, biarpun prosesi nya ga sesuai harapan, yang penting kan tujuannnya tercapai..yakni ngelamarrr..hehehe.. yang ptg niat baik pasti jadi baik deh..amin...proficiatttt yahhh..^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you cath.. :D
      iya cath, yg penting niat & tujuan nya tercapai.. hehehe

      Delete
  4. yeay!! congratz ya Cyn :D
    jangan kesel2 lg Cyn *pompomcheers* yang penting acaranya berjalan lancar en inti dari acaranya uda tercapai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ping..hehehe.
      ga kesel lagi kok ping. Kesel nya cm malem itu aja. Besok nya udah lupa. hahaha.

      Delete
  5. Chyn selamat ya udah lamaran.. gpp chyn yang penting kan udah terlaksana dengan baik. semangat ya buat preparenya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih rere.. hohoho.
      iya re, yg penting udah terlaksana dengan baik & sesuai rencana. :D

      Delete
  6. Bener kata yg lain, agak kesel sih tp intinya lamaran sudah berjalan dgn lancar. Smoga pas Sangjit bisa lebih siap yah Sin :D Selamatt Lamaran!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya py, mudah2an pas sangjit nanti bs lebih siap. hohoho.
      thank you pypy.. :D

      Delete
  7. iya chyn, yg pnting tujuan acaranya udah terlaksana. selamat ya chyn, jgn kesel-kesel lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you nola.. :D
      kesel nya cm malem itu doang nol..wkwkwk. besok nya udah lupa, bahkan ga pernah ngomongin apa2 lagi ttg ini setelah besok nya. wkwkwk.

      Delete
  8. Chyn perintilan ga akan mengurangi acara lamaranmu koq
    Yang penting intinya chhn
    Congratulation yah dear. So happy for both of u

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh ren..yg penting niat nya & tujuan tercapai. hehehe.
      thank you ya ren. :D

      Delete
  9. Congratz Chyn.. whatever it is yg ptg skrg sdh di next step, ud jadi tunangannya cami hehe.. skali lg slamet ya Chyn.. Smg lancar trus jlnnya.. lbh lancar drpd jlnan jkt di wkt libur lebaran :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks vin.. :)
      Ngakak bacanya..bener2, mudah2an lebih lancar drpada jalanan jkt waktu lebaran. Hehehe. Amiin..

      Delete
  10. Congrats cyn....semoga lancar2 persiapan meritnya..

    ReplyDelete
  11. congratz ya Chyn.. Kelamaan libur, kelamaan buka blog nih.. Duhh seneng ya yang ud resmi dilamar. Kado Tahun baru terindah dong ya.. hihihihi.. Semoga semua persiapan dan urusannya lancar ya Chyn. Muachh.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mar, gw jg masih belom sempet2 posting lg malah. padahal banyak yg mau diceritain..
      makasihhhh banyak marlin buat doanya. :D

      Delete
  12. congratz ya cyn buat lamarannya... dulu gua lamaran ama sangjit juga dipisah... dilamar dulu, baru nentuin tanggal, dan dp macem2, trus 2 hari sebelum hari h sangjit deh hehehe... kenapa dilamar dulu baru nentuin tgl? gua pengen keluarganya seno resmi minta ijin ke keluarga buat anaknya ngawinin gua... biar ke depannya enak hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mel.. iya mel, pandangan bokap gw jg sama kaya u. mesti kudu dilamar dl, baru nentuin tanggal & mulai dp sana sini. kalo gw kebalik urutan nya. nentuin tgl, dp sana sini, baru ada lamaran resmi. >.<

      Delete
  13. congrats buat lamarannya ^^
    pelajaran itu supaya sangjitnya harus lebih diperhatikan lagi perintilannya.
    Tp yg penting bonyok gak ngomel sih gpp Cyn hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mel..
      iya, buat sangjit mesti lebih luangin waktu buat siapin nya.. :D
      yup, untungnya ortu gw kaga ada aturan ini itu yg aneh2..lega jadinya. hehehe

      Delete
  14. congratz yah Chyn udah resmi dilamar :D
    gw kadang baca adat begini ribet juga yah, ada lamaran ada sangjit ada tepai lagi nanti pas hari H :P tapi demi tradisi sih, keluarga gw juga pasti ngikutin gini2an deh hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you mey.. :D
      iya, ribet mey, tapi emang nanti pas udah waktunya, pasti diminta jg sama keluarga buat adain tradisi2 kaya begini.
      kita sebagai anak ngikutin & jalanin aja deh.. hehehe

      Delete
  15. terima kasih infonya.
    kalau sedang cari Paket pernikahan gedung di Tangerang dengan harga yang terjangkau bisa langsung hubungi zanita wedding organizer.

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik