Saturday, February 15, 2014

Pemilihan Vendor - Venue (Sense Ballroom & Dining Theatre)

Nah, ga pake mikir lama, akhirnya diputusin juga kl bakalan deal di Sense. Di postingan ini, saya akan certain lebih detail tentang Sense ya *dari hasil googling, ga ketemu review yang bener2 detail, terutama utk yg sitting dinner*. NOTE: Long posting alert. Harap maklum. Hehehe.
Bagi yang belom pernah denger tentang Sense, ini karena terjadi penggantian nama sekitar pertengahan lalu. Awalnya, namanya adalah Sands, trus entah kenapa ganti nama jadi Sense. Setau saya sih management nya masih sama.
Saya review lagi tempat nya dl yah. Sense sendiri terdiri dari 3 ballroom. Berikut ini detailnya, langsung liat ke table aja:
Ruangan
Luas (m2)
Standing Party (org)
Round Table (meja)
Theatre Style (org)
Grand Ballroom            
1100
1200
70
1000
Ballroom 1
600
700
35
800
Ballroom 2
600
700
35
850
Grand & Ballroom 1
1700
2000
110
1800
Ballroom 1 & 2
1200
1400
70
1650
Grand, Ballroom 1 & 2
2300
3000
200
2650

Untuk masing2 ballroom, ada minimum charge nya tersendiri. Rencananya, saya mau ambil di Grand Ballroom. Untuk tahun ini, minimum charge di Grand Ballroom adalah 180 juta, di Ballroom 1 atau 2 sebesar 95 juta. Kalo misalnya ada penggabungan ballroom, tinggal ditotal aja minimum charge nya. Nah, karena wedding saya masih taon depan, ada kenaikan utk minimum charge nya. Di Grand Ballroom, minimum charge nya jadi 190 juta.
Yang saya tampilin di bawah adalah harga paket untuk sitting dinner di tahun ini. Ada 4 paket, mulai dari Purple, Green, Blue, dan Red *saya sebutin dari yang paling murah ke mahal*. Oh iya, harga paket disini itu untuk 25 meja pertama. Kalo mau ada penambahan meja, tinggal diitung lagi sesuai sama harga per meja nya. Jadi untuk memenuhi minimum charge, saya mesti nambah di jumlah meja nya. Fyi, harga paket & menu untuk tahun 2015 baru keluar sekitar bulan Juni / Juli.

Note: Untuk menu yang ada di masing2 paket masih bisa di-upgrade, atau diubah cara masak nya kok. Mis, kalo masih sama2 ayam (dari ayam panggang mau diganti jadi ayam rebus), ga kena charge. Kecuali kalo dari ayam panggang mau diganti jadi bebek panggang. Nah itu mesti kena charge lagi.

Ini brosur nya Sense. Demen sama warna pink nya *wkwkwk*

Ini paket yang paling "murah". Buat saya sih udah termasuk mahal

Paket kedua termurah. Beda di menu & entertainment

Paket kedua termahal. Menu nya udah dapet hisit

Paket yang paling mahal.
Untuk semua paket yang ada, sebenernya yang didapet itu semuanya sama. Yang membedakan harganya cm pure dari menu makanan nya & entertainment nya.
Note: Kalo mis ada item yang kita ga butuh, ini yg agak susah. Karena setau saya, ga ada pemotongan nominal yang signifikan.
Mis: saya mau pake MC & entertainment dari luar, saya Cuma dipotong 500 rb. Kalo mau bawa wedding cake sendiri, ga ada pemotongan sama sekali. Jadi daripada pusing2, makanya saya tetep ambil semua item yg emang udah didapet dari paket nya.
Tapi ada benefit tambahan yg bisa didapat kalo kita ambil di Grand Ballroom. Ini saya jabarin benefit nya:
-          Buku tamu dapet 4 buah (awalnya cm 2)
-          Peminjaman kotak angpao dapet 4 buah (awalnya cm 2)
-          Wedding cake 9 tiers (awalnya cm 5 tiers)
-          Free show dari luar negeri selama wedding day (durasi nya 1 – 1,5 jam, tergantung dari run down yang kita buat. Yang pasti, show nya selesai jam 9 malam).
-          Penggunaan suangshi untuk pouring champaigne
-     Peminjaman 1 buah kaki kanvas (ini berlaku untuk ballroom apa aja, saya tambahkan karena belum ditulis di detail paket)

Berikut alasan saya deal venue disini:
-       Di Grand Ballroom, ceiling nya lebih tinggi dibanding ballroom lainnya.
-      Tempat parkir nya luas, punya gedung parkir yang barengan sama mall nya. Akses ke restoran nya sama sekali ga ribet, tinggal parkir di P5A / 5B aja. Untung Mangga Dua Square nya jg bukan termasuk kategori mall yang rame, makanya saya ga perlu kuatir kekurangan parkir.
-       Letak venue nya jg strategis, walaupun termasuk daerah rawan macet. Makanya saya ambil di hari Minggu, kan macet nya ga terlalu parah.
-    Paket yang disiapin udah lengkap banget. Jadi saya ga usah pusing lagi untuk cari2 vendor laennya.

Bonus yang didapat karena deal di pameran:
-         Setiap kelipatan 10 meja, free 1 meja.
Jadi kalo total meja yang saya ambil ada 50 meja, berarti dapet free 5 meja.
-         Free charge untuk listrik (mis: video shooting). Kalo ga, akan kena charge 500 rb.
-         Confetti 2 buah

Terus terang, untuk venue ini, udah ada standard nya dari pihak management. Makanya bonus yang didapat jg cm sedikit.
Untuk marketing nya, saya deal sama Nana. Karena dari jauh2 hari, saya udah cari tau siapa yang marketing nya enak untuk diajak ngobrol, respon jawaban nya enak. Selaen itu, saya jg dapet rekomendasi dari pihak WO. Makanya saya mantap untuk deal sama Nana.

Berikut ini aturan / info tambahan yang saya tanyakan sama Nana:
-    Free tiket parkir yang didapat hanya berlaku untuk 4 jam pertama (dapet 10 lembar, di setiap paket). Jika melebihi 4 jam, maka harus bayar sendiri.
-     Free charge untuk penggunaan layar TV & karaoke umum (jika mau ada acara karaoke) dengan penggunaan MIC sebanyak 4 buah.
-        Overtime penggunaan ballroom sebesar 3 juta per jam.
-     Penggunaan VIP room dimulai dari 14.00 – 20.00 (ini udah maksimum banget). VIP room nya merupakan ruang karaoke, yang kira2 muat untuk 15 orang. Karena merupakan ruang karaoke, jadi ga ada kunci nya. Oleh karena itu, amat sangat disarankan utk ga simpen barang2 berharga disini ya.
-       Jika ada vendor photo booth yang dekorasi nya ribet (mis: pake sofa, sepeda, dll), akan dikenakan uang kebersihan sebesar 500 rb & deposit 5 juta (kalau mis terjadi kerusakan apapun).
-    Tidak boleh bawa makanan & minuman dari luar (untuk tim WO, liputan, MC, Entertainment sebaiknya pesan nasi box dari Sense). Karena akan kena charge 2 juta jika bawa makanan dari luar (Cm berlaku untuk 1 jenis makanan).
-          Untuk MC nya bisa pilih kok, sesuai rekanan (bisa diliat di website nya untuk rekanan MC).
-          Dekorasi maksimum sudah beres pukul 16.00
-          AC untuk ballroom akan dinyalakan mulai pukul 17.00
-          Karena kue yang didapat cuma dummy, maka akan disiapkan kue untuk suap2an sekitar 10 pcs.
-          Test food dilaksanakan setelah pembayaran sebesar 50% atau 3 bulan sebelum hari h.
-         Bisa  disiapkan menu makanan untuk vegetarian. Jadi mis: disiapkan 1 meja khusus dengan menu vegetarian (harganya sama dengan menu biasa).
-          Cadangan meja baru dibayarkan ke pihak Sense jika terpakai.
-      Penggantian tanggal maksimum 5 bulan sebelom hari h. Perubahan tanggal maksimum kurang dari / lebih dari 1 tahun dari tanggal awal yang udah dipilih. Mis: tanggal awal nya 10 Februari 2014. Maka perubahan tanggal nya bisa dari range 10 Februari 2013 – 10 Februari 2015. Jika perubahan tanggal terjadi di 4 bulan sebelom hari h, akan dikenakan pinalti sebesar 25% dari minimum charge.
-     Jika terjadi force majeur (seperti banjir, bencana alam), maka diberikan 2 pilihan. Pertama, tetap mau melaksanakan wedding atau melakukan perubahan tanggal dalam jangka waktu 3 bulan. Jika ambil pilihan kedua, maka akan dikenakan pinalti sebesar 50% dari minimum charge.
-        Jika terjadi pembatalan, maka DP yang sudah dibayarkan akan dianggap hangus.
-    Mekanisme untuk makanan sisa: tergantung dari sisa meja nya, apakah dalam jumlah genap / ganjil. Kita juga akan diberikan pilihan, apakah semua sisa makanan mau dibungkus untuk bawa pulang / dititip di Sense untuk makan di lain waktu dalam jangka waktu 3 bulan. Jika kita ambil pilihan yang kedua, maka ada aturan tambahan nya lagi.
Mis: Mau titip di Sense untuk makan di kemudian hari *harus dengan menu yang sama*
Sisa makanan = 4 meja. Maka 2 meja akan dianggap hangus, 2 meja nya lagi dititip.
Sisa makanan = 5 meja. Maka 3 meja akan dianggap hangus, 2 meja nya lagi dititip.

Sekarang saya bahas untuk mekanisme pembayaran nya:
-          Pembayaran 1: DP sebesar 5 juta (untuk ikat tanggal)
-          Pembayaran 2: 20% dari minimum charge (dibayar pada 1 bulan setelah pembayaran ke 1)
-          Pembayaran 3: 30% dari minimum charge (dibayar pada 3 bulan sebelum HH)
-          Pembayaran 4: Pelunasan sebesar 50% (dibayar pada 1 bulan sebelum HH)

Nah, mudah2an postingan ini bermaanfaat buat semua capeng yang lagi cari2 venue dan tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang Sense ya. Yg mau baca part 2 nya, klik disini.

Sense Ballroom & Dining Theatre
Mangga Dua Square lantai 5
Jalan Gunung Sahari Raya no 1 Jakarta 14430
Phone: 6231 – 2888 atau 6231 – 3355

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik