Tuesday, April 14, 2015

Tentang MUA untuk prewedding

Maap ya kalo yg baca blog ini, kok isinya postingan tentang urusan wedding melulu. Soalnya saya mau nulis ini buat jadi kenang2an kalo masa wed preparation udah lewat, udah resmi jd suami istri & tua nanti (kapan2 bs baca postingan sendiri). Saya jg orgnya pelupa, jd mending ditulis aja..Sejauh ini, kalo cami suka tanya ttg wed prep (misalnya, dapet item apa aja sih dr vendor A), saya suka ubek2 sendiri di blog loh. Daripada mesti cari lagi nota bon nya, kan ribet. hahaha.

Postingan ini bakal bahas tentang MUA. Nah, sehari2 nya saya itu bukan tipe orang yg pakai make up ke kantor, bahkan kalo pergi kondangan. Jadi cukup pake skin care aja. Tanpa make up..Jadi alat2 perlenongan pun ga punya. Dulu sih sempet punya beberapa yg dasar2 *diajarin Ribka buat beli*, tapi ujung2 nya ga abis dipake. Karena jg dipake nya itu kadang2 doang.. Akhirnya malah keburu expired & malah ada yg kelupaan ditaroh nya dimana. hahaha.

Jadi, dari awal persiapan married, saya ga pernah cerewet soal make up. Mungkin kl ada bride to be yg bener2 perhatiin make up, saya sama sekali ga pernah perhatiin make up. Pokoknya bener2 cuek deh. Tapi sekitar 2 bulan terakhir ini, saya baru concern soal make up. Kenapa??

Soalnya saya sempet baca di salah 1 forum, ada yg BT sama hasil make up nya pas sesi prewed. Akhirnya jg dia udah keburu ga mood duluan buat sesi foto karena dia ga suka hasil make up nya. Padahal di case nya dia, MUA yg dipake itu udah termasuk punya nama loh. Yah, balik lagi ya, kalo soal make up, ujung2 nya balik ke soal selera.

Gara2 itu, saya jadi mau test make up dulu buat prewedding nanti. Awalnya saya emang udah booked tgl salah 1 MUA, sebut aja MUA X ya..Jadi saya tanya2, kalo buat test make up, biaya nya berapa ya. Akhirnya janjian di weekend, panggil ke rumah cami & dimulailah sesi make up. Emang dari awal, MUA X ini udah mention kalo test make up itu bisa sekitar 4 jam..Kenyataan nya, sesi test make up nya makan waktu total sekitar 5,5 jam. hahaha. Itu utk test make up & coba 3 hair do. Kebetulan hair do nya sendiri dikerjain sm MUA nya sendiri. Pas sesi make up belum nyentuh area mata, tp mata saya udah merah. Sampe akhirnya minta cami buat beliin obat tetes mata.

Gimana hasil test make up sm MUA X ini? Saya ga sukaaaaaa.. >.<  I don't feel pretty when look my face in the mirror. Sungguh, rasanya itu sedih bgt. Alis sebelah kanan saya, digambar di atas alis asli. Bahkan alis asli saya sempet mau dicukur hampir habis, tapi saya ga kasih.. Ketebelan alis yg dibuat jg ga sama. Untuk hasil hair do nya jg ga rapi. Padahal MUA X ini orangnya tepat waktu (datang sebelum waktu janjian), bawa perlengkapan yg lengkap, supel, baik & mau dengerin masukan dari kita. Setelah saya kasih tau kl ga suka alis, emang dibenerin sm dia sih. Tapi tetep aja saya ga suka sm hasilnya..Begitu MUA X nya pulang, saya langsung buru2 hapus make up nya.

Sehabis itu, saya langsung buru2 cari MUA Y, tanya2 harga untuk sesi prewedding berapa per hari nya (untuk ikutin saya seharian dari pagi - malem). Begitu harga masuk budget, langsung saya tanya harga untuk test make up & langsung janjian untuk test make up. Saya bela2in buat test make up setelah pulang kerja loh. Kebetulan tempat nya deket dr kantor. Saya janjian jam 19.00, tapi 18.30 dia udah stand by. Nah, MUA Y ini punya hair stylist nya secara khusus yg bantuin dia..Pas saya dateng (18.40), semua peralatan make up udah tertata rapi, alat catokan udah dicolok jg. Pokoknya udah ready deh. I love her attitude.

Orgnya jg supel & baik. Saya kasih liat hasil test make up nya sm MUA X & kasih tau apa yg saya ga suka (saya jadi cerewet bgt sm MUA Y gara2 kaget sm hasil MUA X). Saya jg kasih liat baju2 yg akan dipake buat sesi prewed nanti. Sekitar konsultasi 20 menit, baru mulai sesi make up nya. Nah, dari 2x hasil test make up, saya akhirnya baru tau kalo mata saya ini sensitif banget. Awalnya saya kira mata saya sensitif sm hair spray. Ternyata sm MUA Y, mata saya jg merah. Dan dia langsung kasih obat tetes mata yg ampuh bgt (udah ready sm obat tetes mata). Ga sampe 5 menit ditetesin, mata saya langsung ga merah lagi. 

Gimana hasil make up sm MUA Y? Overall, saya suka sama hasil make up nya dia. Ga bikin muka saya jadi keliatan tambah tua (kayak efek make up MUA X), buat alisnya jg bagus banget deh. Tapi sayangnya hasil make up nya kurang halus & kurang rapi. Jadi kalo diliat dari deket, baru keliatan deh kurang halus (terutama di bagian area antar mata) & eyeliner nya krg rapi. Hasil hair do nya? Saya sukaaaaa banget, karena hasilnya rapi & bagus. Dari awal emang saya udah kasih tau kl ga demen model rambut yg sasak tinggi2..

Perjalanan cari MUA belom selesai sampe disini dong. Saya masih janjian test make up lagi sm MUA Z. Karena sebenernya saya jg mau pastiin MUA untuk hh nanti. Jadilah saya test make up lg. MUA Z ini jg punya hair stylist untuk urusan hair do nya.. Janjian nya di hari biasa, saya sampe ijin setengah hari dari kantor. hehehe. Janjian nya jam 15.30. Pas jam 15.35 saya sampe, eh yg nongol baru hair stylist nya aja. Rambut saya udah dibuat curly semua, eh MUA Z nya masih blm dateng. Sampe hair stylist nya nanya, suka nya rambut yg model gimana. Udah sempet konsul blm sm MUA Z. Saya yg emang blm konsul jg bingung cocoknya hair do yg gimana.

Nah, baru deh MUA Z nya nongol, sekitar jam 16.00..Dateng2, yg ditanya cm, "Udah lama blm?". Terus minta tolong hair stylist nya buat turunin barang dr mobil. Konsul sedikit soal hair do, terus MUA Z keluarin perlengkapan make up nya. Saya ga ada ditanya2 sm sekali mau make up yg seperti apa, sampe akhirnya saya yg ngomong sendiri duluan. Setelah selesai di area mata sebelah kanan (baru 1 sisi), dia baru ada tanya2..Gimana, suka ga sm hasil mata nya? Kalo menurut saya, MUA Z ini agak pendiem..Ngomong seperlunya aja. Ga demen cerita2 gitu..

Gimana hasil make up sm MUA Z? Not bad..Product yg dipake jg termasuk ber-merk. Hasil make up nya jg keliatan halus & saya kecium wangi2 dari product yg dipake. Sayang nya, eyeliner bawah mata nya jadi beleber setelah didiemin beberapa jam. Untuk hair do nya, saya sih ga begitu ada complaint. Termasuk oke lah. Terus MUA Z nya langsung pamit pulang duluan. Jadi saya ditinggalin sm hair stylist nya. Malah hair stylist nya yg baik, ajakin saya coba2 hair piece di rambut.

Ini hasil review singkat dari masing2 MUA nya ya:
MUA X:
+ Tepat waktu banget (bahkan dateng lebih awal dr waktu janjian)
+ Perlengkapan yg dibawa bener2 lengkap banget
+ Supel, baik, ramah, mau denger masukan dr customer
- Kerja nya termasuk lelet (curly seluruh rambut aja makan waktu 1 jem sendiri)
- Hasil make up nya aneh kalo buat saya (bikin muka saya ajdi tambah galak & tua)
- Hair do ga rapi

MUA Y:
+ Tepat waktu banget (bahkan dateng lebih awal dr waktu janjian)
+ Perlengkapan yg dibawa bener2 lengkap (bahkan sampe prepare obat tetes mata loh)
+ Supel, baik, ramah, mau denger masukan dr customer
+ Ada hair stylist nya, jadi hasil hair do nya bener2 rapi banget
+ Sopan sama rekan hair stylist nya (ini jd salah 1 nilai plus buat saya, walopun keliatan nya hal sepele)
- Hasil make up nya kurang rapi & kurang halus (entah pengaruh teknik pengaplikasian make up nya / product make up yg dipake)

MUA Z:
+ Product make up yg dipake termasuk yg ber-merk
+ Hasil make up nya halus & wangi
+ Cukup teliti di bagian mata
- Dateng telat (tanpa blg sorry loh. Mungkin dia pikir, udah ada hair stylist yg dateng tepat waktu x)
- Kurang supel sm customer (saya mesti ngomong sendiri maunya make up yg gimana)
- Eyeliner bawah nya beleber setelah didiemin beberapa jam
- Cara ngobrol sm hair stylist nya itu nunjukkin dia kurang respek / sopan (ini menurut saya ya)

Udah cerita panjang lebar gini, kesimpulan nya apaan? Jadi saya booking MUA Y untuk handle prewed session nanti. Walaupun harga antara 3 MUA ini setara, tp saya paling suka sm hasil MUA Y. Walopun ada beberapa org yg bilang suka sm hasil make up & hair do nya MUA Z, tapi secara keseluruhan, saya lebih suka attitude dari MUA Y. Mudah2an pas sesi prewed nanti, hasil make up nya bagus. Walopun masih ada kekurangan dari hasil make up MUA Y, tapi selama dia mau dengerin masukan dr fashion stylist nya The Photograph sih harusnya ga masalah.

Fiuuuuh..Akhirnya kelar juga urusan MUA buat prewed. Ternyata urusan make up aja ribet ya. Cari yg harga pas di kantong & hasil make up pas di hati aja ga cukup. Tapi mesti liat dari attitude nya jg (kalo buat saya ya). Bener kata fasion stylist di Photograph, kalo dari vendor foto nya udah pilihin MUA malah lebih repot. Karena beda di alis aja udah beda selera. Namanya jg cewek. hahaha.

Walopun bahas soal make up, tapi saya ga pajang foto sama sekali ya. Biar hasil test make up nya jadi konsumsi pribadi aja. Walopun test make up sm 3 org ini bikin tongpes (karena tiap test kan mesti bayar), at least I'll happy at prewed session, karena udah pilih MUA yg pas di hati untuk hasil make up nya. Kalopun hasil make up dr MUA Y ini kurang halus, kan ada yg namanya the 'magic power of photoshop'. wkwkwk. Pasti bisa diedit lah nanti hasil make up nya biar jadi mulus & halus. hahaha. Nanti di postingan selanjutnya, saya baru cerita soal MUA buat wedding ya..Soalnya cerita nya terlalu panjang kalo digabung di postingan ini. hehehe.

28 comments:

  1. Detail juga yah buat milih2 MUA prewed cyn.. even udah bayar mahal sampe 3x yang penting puas lahir batin yah....jadi kapan pw nya cyn?sukses2 yah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cath..malah lebih detil milih MUA buat prewed dibanding MUA wedding. :(
      Bulan depan cath pw session nya..
      thank you cath.. hehehe

      Delete
  2. setuju cyn, kalo pake MUA yang lepasan, baiknya emank kudu test make up soalnya ini balik lagi ya ke selera. tapi kalo yang kayak gue ambil paketan, cuma bisa liat dari hasil foto2 yang ada en test make up buat tau kurleb kayak gimana nanti make up buat pw en hari H.
    gue jadi pnasaran siapa MUA Y ini *ishhh kepo yee gue* hahahaha..
    cyn, nanti pake softlense ga? jangan lupa ditetes dlu biar ga iritasi matanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ping, ujung2 nya kalo make up lebih ke selera ya..hahaha. padahal gw jarang bgt make up, mau apa jg yg diperhatiin sebenernya bingung.

      yg penting pas diliat, muka ga keliatan galak & tambah tua..hasil make up halus & rapi.

      iya, kl udah paketan dr bridal, emang mesti lebih cerewet pas sesi test make up ya. apalagi jaman sekarang kan test make up biasanya dipake utk prewed.. :D

      hahaha, semua MUA di atas sebenernya ga terkenal kok ping.. *sebanding lurus sm budget*.

      iya, gw disuruh pake softlens nih sm semua MUA. tapi sekarang msh dlm tahap cari2 softlens yg kira2 cocok. >.<
      mau cari yg daily aja, tapi ada warna nya..ada rekomendasi? hehehe

      Delete
    2. hooh betul yang penting hasil make up-nya tuh pas dimuka, ga buat tambah tua/galak cyn

      gue pm ya cyn :)

      Delete
    3. ok ping, thank youuuuu ya rekomendasi nya.. hehehe

      Delete
  3. astaga chyn lu ribet bener milihnya gw sampe pusing bacanya hahahaha, kl gw dl
    cm ketemu 1 mua liat hasilnya dari foto udah dp aja hasil test make up buat pake jadi prewed hehehe *nggak mau ribet*

    mua nya siapa sih, jadi penasaran 😁 tapi syukut deh udah ketemu yang cocok di hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, emang rempong bgt nih milih MUA buat prewed. >.<
      karena rencana awal, sekalian milih MUA prewed buat jad MUA wedding day.
      tapi ternyata malah deal nya sm MUA laen lg buat wed. hahaha.

      3 MUA di atas, ga ada yg terkenal ci *budget tipis buat make up prewed*. hahaha

      Delete
  4. Baru mo nanya foto..Hihi.. Iya deng yah ga bakal dipajang foto dimari yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Py, iya nih..maluuu kalo mesti dipajang disini. secara hasilnya kan jg kurang ok.

      Delete
  5. Hahahahah ribet banget pas baca ini. Baru juga buat prewed ya. Dulu gue mah prewed dr photographer dptnya siapa ya gue ikutin aja. Kalo wedding jg ga milih2 alias udah tau mau hire siapa jd ga liat kanan kiri atau test sana sini. Asal yakin aja mantabkan hati. Kalo tiap detail dipikirin yg ada nanti stress sendiri pdhl kata lagu dangdut..hidup jangan dibuat susaaahhhhh... *pake teriak kayak lagu aslinya hahaha*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci leony, emang ribet nih urusan make up prewed. >.<
      malah urusan untuk nentuin MUA wed nya lebih gampang, ga pake test make up pula.
      masalahnya dr paketan vendor photo prewed nya ga dapet MUA ci. makanya ribet nentuin MUA nya, gara2 sm MUA yg pertama langsung ga cocok.

      iya ci, emang aku orgnya mikir terlalu ribet..

      Delete
  6. soflens rekomen dr MUA biasanya ageha lunatia grey sin, beli di @japansoflens di IG biasa pake itu. Siap2 obat mata juga sin ntr pas prewed. Km bukannya prewed ama MUA di Yumi Katsura ya? si matsurajani itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok nie, tar coba gw googling2 soal softlens yg u kasih tau ya.. :)
      yup2, pas prewed udah pasti prepare bawa obat tetes mata & obat utk mata merah,
      nah, itu MUA X nya nie, dan ternyata gw ga cocok sm hasil make up nya.. :(

      Delete
    2. trus nanti hari H gimanadongs?? :( pake MUA lepasan lg gitu?

      Delete
    3. iya nie, hari H pake MUA yg beda lagi.. :)

      Delete
  7. aduhh aku sm banget dgn dirimu Chyn, jarang dandan n malah gak tau dandan hahaha..
    gak bosen kok Chyn, malah postingan lo banyak ngebantu para bride to be :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss ya nol, ternyata kita setipe. hehehe.
      mudah2an aja bs ngebantu isi postingan nya, bukan nya malah bikin yg baca jd ikutan pusing.. :(

      Delete
  8. akhirnya udah nentuin pilihan yah sin.. semoga lancar2 kedepannya.. gua pikir lu juga bakalan masukin foto disini. hehehe.. :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi..udah tentuin buat prewed & wed day nya jg. udah kelar urusan MUA. :)
      ga masukin foto disini pi. kl yg mau liat hasil test make up nya, bisa PM aja ke gw. hehehe

      Delete
  9. Memang make up penting bgt ya Chyn.. Kalo kita ga nyaman sama pantulan cermin otomatis mengganggu mood kita.. semua yang uda diprepare malah jd ga ada artinya kalo mood uda kacau..

    Gpp Chyn.. cari yang paling sreg supaya senyum merekah terus seharian :D

    Gw jg sempet deg2an Gester make up nya medok ga, bakal gw suka ga, tapi untunglah make up nya Ci Maria works di muka gw.. Co gw yang biasa cerewet soal make up malah muji hehe.. Jadilah gw sumringah trus ga kenal cape seharian :D

    Bwt softlens yang warnanya natural dan nyaman bisa coba accuvue, kadar airnya banyak..

    Lu uda biasa pake softlens Chyn? Kalo jarang pake boleh ini dicoba karena lebih jarang kering.. #semangat marketing in walau bukan sales accuvue

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya vin..sebenernya make up termasuk penting, tapi gw orgnya cuek2 aja awalnya. pasrah sm MUA pilihan awal. tp gara2 ada case temen yg ga cocok sm hasil make up & ternyata langsung pengaruh ke mood buat foto prewed, jadinya gw test make up dl. dan gawatnya, hasil test make up pertama x nya langsung fail. hahaha.

      vin, gw liat di foto prewed u, emang make up nya ok & cocok di muka u. ga keliatan berat jg..dan emang cami muji hasil make up u ya..kalo sreg sm make up, otomatis mood foto jg kejaga kan? hehehe.

      yup, tadi pulang kantor, gw langsung melipir ke optik melawai buat nanya2 softlens acuvue yg daily..lumayan, dikasih trial dulu loh sesuai dengan minus nya gw (tp yg true eyes). gw ngincer yg acuvue define (daily & ada warna), sesuai rekomendasi nya fanny.. :)

      gw udah 6 thn ga pake softlens vin..pertama x pake jg merk acuvue yg monthly, berasa mata keganjel. jadinya gw cm pake softlens 6 bulan aja, abis itu vacuum sampe sekarang. wkwkwk.

      Delete
  10. Sindii.. Karena overall gw dah tau ceritanya, gw cuma mau komen, emang si mua z itu kayak bossy gtu yahhhh.. Kasian si gw sama hair stylistnya yg baik hati itu.. Hahaha.. Dia tuh dah ada bisnis laen yg lebih difokusin, makanya kayaknya jadi mua sampingan kali yah jd ga dipentingin *attitudenya* lol. *eh ini malah gosip* jangan lupa ya softlenss hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya fan, mungkin si MUA Z itu lg sibuk sm bisnis bulmat nya & emang followers di IG nya udah banyak jg. hehehe. *nyambung gosip nya*

      iya fan, kemaren gw udah cobain daily softlens yg acuvue, tp yg bening dl, buat coba ukuran nya. lumayan, free dari optik melawai.. :)
      tar kalo emang ok, gw mau beli yg acuvue define warna grey..hehehe

      Delete
  11. mo sharing jg nih, maren aku dah prewed pake MUA paketan si bridal V**** yg kmaren aku sempet comment d postingan km yg Ceng Beng itu tuh. Hasil makeup n hair do ga memuaskan (mngkin krn paket an ya) .. cami blg kok muka nya ga berubah, nyokap ku jg blg itu rambut nya ga dinaikin aja mba ? anak saya kan ga ada lehernya + ndutz. Ma si MUA dijawabin gpp (mungkin males disuruh-suruh). Makeup yg dia punya standard bgt, mana abis make up mata gw merah abis eh masih sempet2nya tuh MUA nya agak emosi aduh ini matanya berair terus jd eyelinernya ilang mulu (buset dah itu eyeliner u kali kemurahan .. tiap dikasih k mata bhn kimia eyelinernya pedes bener).

    Dan pas outdoor donk ya, si asisten MUA ga ikut (photographer, asisten photo, mua doank). Itu MUA duduk manis ga nemenin ngiter.. yg totol2in keringet - benerin rambut yg berantakan ya si asisten photo donk. MUA handle cm klo pas mo ganti hairdo + retouch. Terus yg harusnya baju merah gw pake petticoat (sesuai pesen assistant mua ke mua pas indoor) ga dipakein aja donk ah ...

    Bingung jg nih pas wedding day mo pakai MUA lain or pasrah aja, karena klo ga di pake ga bisa di tuker ma service lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Retno, kamu di make up sm MUA utama dr bridal itu bukan?
      Setau saya, MUA utama nya, hasil nya lumayan OK kok. Karena yg prewed dr P****** H**** jg memakai MUA dari bridal V****..

      yah, ga bisa digantikan dengan service laennya ya? aturan dari bridal nya termasuk ketat jg ya..

      Atau km ajuin untuk ganti MUA aja, gimana? Jadi untuk make up HH, km request untuk di make up dengan MUA laennya..

      Kalau masih ga boleh jg, km sampein aja keluhan yg km alamin selama make up prewed, misalnya eyeliner cepet luntur, mata berair, dll..
      Seharusnya untuk make up HH, ga seribet waktu sesi prewed ya.. :)

      semangat ya retno buat cari jalan keluar terbaik nya soal make up..

      Delete
    2. Tentu saja aku ga pake MUA utama (yg istrinya owner PH bkn? - takut ga kuat upgrade nya). Kemarin sih dah nanya MUA hari H dpt nya ya yg prewed maren sih.

      Nama nya budget service - ga bisa boong lah ya. Maren sih waktu prewed yg nempel d muka kebanyakan NYX, Ultima, plg kenceng dpt MAC lipstick (indoor doank tapi).

      Mungkin pas hari H, tiba2 brand make up nya upgrade sendiri (ngarep.com) dan tentu saja berharap dari kekuatan photosoft hi hi hi

      Delete
    3. Aku lupa nama MUA utama nya siapa..
      yah, dpt MUA hh nya sama seperti MUA prewed ya. :(

      Setau aku, kalo misalnya make up prewed kan sekaligus test make up. Jd nanti utk yg km kurang suka, bs konsultasi sm MUA nya..
      mudah2an pas hh nanti, make up nya bs sesuai yg km mau ya. :)

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik