Thursday, November 26, 2015

Wedding Review - Wedding Car (Uniklindo)

Untuk proses deal sama Uniklindo, pernah saya ceritain di sini ya. Cerita nya bakalan panjang banget nih *sigh*. Jangan bosen ya buat yang baca ceritanya. Di postingan sebelomnya, saya udah pernah ceritain kalo saya deal Alphard untuk mobil pengantin, 1 voorjider & 2 mobil keluarga untuk wed day nanti (karena pertimbangan nya anggota keluarga repot bakalan repot kalo nyetir sendiri pas pake jas, sedangkan kita ga punya sopir). Untuk mobil keluarga, kita pilih 1 innova & 1 avanza.

Untuk semua item yang kita deal, kita booking lewat 1 orang yang sama, anggep aja namanya Pak D. Ada 3 bon nota yg kita pegang (semuanya ada kop Uniklindo), yaitu:
- 1 bon untuk wed car & 1 voorjider, DP 500 rb (tertulis harga sewa wed car & voorjider nya disini).
- 1 bon untuk mobil keluarga (innova & avanza), DP 500 rb.
- 1 kwitansi bahwa udah dilakukan pembayaran DP sebesar 500 rb untuk voorjider nya.

Waktu kita sesi prewed outdoor, kita jg sewa mobil innova sama Pak D & kita puas. Makanya pada saat sangjit, kita sengaja sewa mobil innova lagi sama Pak D. Sehari sebelum sangjit (sekitar 3 minggu sebelom wed day), no HP nya Pak D ga bisa dihubungin sama suami. Padahal besok kita butuh untuk sewa mobil nya. Suami udah DP sekitar 200 atau 300 rb ya, saya lupa. Jadi suami hubungin ke kantor Uniklindo & diterima sama Admin nya.

Setelah ngobrol sama Admin, kita kaget karena ternyata:
- Pak D ini cuma sopir freelance aja
- Nota bon yang ada di pihak Uniklindo cuma nota yang untuk wed car.
- Uniklindo ga menyewakan mobil keluarga, jadi otomatis nota bon untuk mobil keluarga nya tidak ada copy nya oleh pihak Uniklindo
- Berarti sewa mobil untuk sangjit besok juga tidak ada nota bon nya

Karena kantor Uniklindo & rumah suami deket, kita langsung buru2 dateng ke kantor nya untuk klarifikasi. Setelah dateng ke kantor, pihak Admin cuma bisa bantu untuk hubungin Pak N, yaitu kakak nya Pak D, yang masih ada hubungan kerjasama dengan Uniklindo (saya kurang tau detail nya gimana). Untukk mobil keluarga, sebenernya yang mengelola adalah Pak N, bukan milik Uniklindo.

Setelah dihubungi ke Pak N, dia jg ga tau kabar nya Pak D. Jadi kita ceritain runutan nya gimana, kita butuh mobil buat besok, dst ke Pak N. Admin jg confirm ke owner Uniklindo untuk kebijakan owner seperti apa. Kesimpulan nya:
- Admin Uniklindo cuma bisa bantu untuk hubungin kita begitu ada kabar dari Pak D untuk urusan mobil keluarga.
- Karena copy nota bon yg dipegang oleh Uniklindo hanya untuk wed car, maka dia bertanggung jawab hanya untuk itu, karena artinya ada copy nota berarti uang nya diterima sama Uniklindo.
- Pembayaran DP sebesar 500 rb untuk voorjider yang udah kita bayar ke Pak D, bukan menjadi tanggungan Uniklindo.
- Admin bantu untuk fotokopi semua nota bon & kwitansi yang kita pegang.

Sampe disini udah pusing belom baca nya? hehehe.
Oh iya, waktu dateng kesini, saya sekalian tanya apakah udah ada Alphard 2015 warna putih. Ternyata ada, tapi itu mobil pribadi milik owner, umurnya belom ada 1 bln. Akhirnya kita minta tolong tanyain harga sewa nya berapa. Karena suami jg setuju sama harganya, disini kita sekalian upgrade wedding car kita ke Alphard 2015 warna putih & pilih warna bunga utk wed car. Pihak Admin bantu untuk cetak ulang nota bon nya.

Yang saya merasa agak sayang dari kejadian ini adalah:
kenapa bisa seorang sopir freelance mengeluarkan nota bon dengan kop Uniklindo, tapi ternyata urusan mobil keluarga (seperti innova / avanza) bukan dikelola oleh Uniklindo. Memang di dalam nota tertulis bahwa transfer harus ditujukan ke no rekening owner nya Uniklindo. Sedangkan selama ini kita selalu kasih DP secara cash, langsung ke Pak D (makanya kita bisa terima kwitansi).

Untuk sewa mobil sangjit, akhirnya kita coba contact pihak car rental laen setelah pulang dari kantor Uniklindo. Pihak car rental lain ga butuh DP, tp udah di sms in alamat penjemputan nya sama suami. Lucunya, pas malam2 nya, ada yg telp ke suami & minta dikirimin alamat penjemputan lagi. Suami jadi bingung, kok ada lagi yg minta, tapi tetep di sms lagi sm suami berikut jam penjemputan nya.

Pas hari sangjit, sekitar 1 jam sebelom waktu penjemputan (jam 7.00 pagi kayanya), ada sopir yang telp suami kalo dia udah ready di alamat penjemputan. Sekitar jam 8.30, ada lagi yg telp suami buat tanya patokan alamat. Lha, suami jadi bingung dong, kan dia udah dalam perjalanan naek mobil rental.

Ternyata, mobil rental yg dateng pagi2 itu dari pihak Pak D, dibantu sama Pak N untuk urus. Jadi biarpun Pak D ga bisa dihubungi, tapi ternyata mobil nya tetep sampe ke alamat penjemputan. Dan yang telp suami waktu jam 8.30 adalah pihak car rental pengganti. Akhirnya suami batalin dari pihak car rental pengganti, karena dia jg telat dari jam penjemputan. Untuk pembayaran nya pun langsung ke sopir, tentunya dipotong DP awal sebesar 200 atau 300 rb. Fiuuuuh, 1 urusan kelar.

Untuk urusan penyewaan mobil keluarga & voorjider pas wed day nanti, akhirnya dibantu semuanya sama Pak N. Kita yg sebagai pengantin jadi ga usah pusing2 lagi untuk urusan mobil keluarga. Pembayaran jg langsung dibayarkan ke Pak N. Akhirnya urusan mobil keluarga kelar jg ya, walopun penuh drama. hahaha.

1 minggu sebelom wed day, suami dateng lagi ke kantor Uniklindo untuk kirim couple bear yang nantinya mau dipajang di bagian depan mobil. Thank you ya mami Marlin buat couple bear nya, bagus banget deh. Suami jg anterin plat mobil yang nantinya dipasang di bagian depan & belakang mobil *siapa tau ada yg mau nanya, saya bikin plat mobil nya dari vendor yang ada di IG, namanya @dydxbride*. Pas dateng, suami jg ganti bunga yang udah kita booked sebelomnya.

Sisanya semua diurus sama WO, contohnya: urusan mesti jemput jam berapa & stand by dimana untuk masing2 mobil. Saya udah ga mau dipusingin lagi soal perintilan. hehehe. Apalagi pas sekitar 5 hari sebelom wed day, saya sakit. huhuhu.

Pas wed day, mobil innova, wed car & voorjider sepertinya dateng tepat waktu. Yang gemesin adalah mobil avanza nya. Sekitar jam 6an pagi, sopir avanza nya telp ke WO, kalo dia telat bangun, jadinya gimana. Gubrak dah. Seinget saya, mobil avanza harusnya stand by jam 5 (kalo ga salah ya). WO saya bilang, ya bapak tetep dateng dong ke alamat yang udah dikasih. Sebenernya di rencana awal, mobil avanza ini mau dipake untuk pick up makan pagi dari rumah suami ke hotel tempat saya nginap. Tapi untungnya makan pagi jg datang lebih awal, jadi bisa sekalian diangkut sama mobil innova yg anter suami dari rumah ke hotel buat di make up.

Saya baru naek wed car nya pas keluar dari hotel untuk ke rumah suami. Sopir nya ramah & ga bau badan. Di mobil juga ditarohin air mineral gelas & botol sama pihak WO, buat jaga2 kalo pengantin haus. Dan emang kita minum juga sih air nya. hehehe.

Untuk plat mobil nya, baru dipasang sama sopir pas saya & suami udah di rumah nya suami. Emang rencananya seperti itu sih. Karena kan kita ga boleh pasang plat begitu buat keliling di jalan besar, cm boleh di komplek aja. hehehe. 

Foto di bawah ini, kita udah ada di dalam wed car, lagi siap2 mau berangkat ke vihara untuk pemberkatan. Yang lucu, saya maen langsung naek mobil aja loh, ga sadar sebenernya plat mobil nya udah dipasang / belom sih. 
Ini wed car, couple bear, plat mobil & voorjider nya
tampak belakang nya
Sebelom berangkat ke vihara, narsis dulu buat foto keluar kepala. hehehe. Itu posisi nya kita udah berdiri dari dalam mobil loh, tapi tetep kepala nya ga jelas ya. wkwkwk. Ternyata kalau mau jelas untuk sesi foto, kita harus lepas sepatu & injek kursi mobil nya. Ini rumus nya baru saya sadar waktu sesi pelepasan balon di vihara. Ya udahlah ya, yang penting ada foto narsis nya di wed car, walopun muka nya jg ga jelas pas difoto. hehehe.
narsis dulu di wed car.
Pake voorjider ini bener2 ngebantu banget buat kita, terutama pas di vihara. Karena kita bahkan sampe di vihara waktu kebaktian siang baru bubar. Harusnya persis di depan vihara udah disiapin 1 tempat parkir untuk wed car. Tapi karena kebaktian baru bubar, jadi tempat nya belom dikosongin, masih ada mobil laen yg parkir. Jalanan depan vihara cuma muat 1 jalur, dari arah berlawanan udah ada mobil yang mau lewat. Sedangkan posisi wed car ga boleh mundur. Jd voorjider yang bantu supaya mobil laen itu mundur, sedangkan wed car maju terus buat muter jalan 1x lagi. Kita sempet nunggu di pinggir jalan dalam komplek dulu sampe akhirnya tempat parkir udah tersedia. hehehe.

Yang sempet saya bingung, kok waktu di depan vihara cari parkir, semuanya pada liatin wed car kita. Emang ada yang aneh dari wed car nya kah? Begitu pikir saya dalam otak. Selesai pemberkatan, saya liat ada plat mobil pink di dalam mobil. Saya jg baru tau kalo ternyata plat mobil pink nya belom dicopot waktu kita baru sampe di vihara. Pantesan aja banyak orang yg liatin wed car nya. wkwkwk. 

Nah, ada 1 kejadian lagi nih sama wed car waktu mau bayar tol. Jadi di nota bon sebenernya udah ditulis kalo harga yang kita dapet itu udah termasuk: BBM, tol & parkir. Karena sebenernya kita cuma naek tol 1x & biaya parkir di tempat resepsi harusnya ga seberapa. Sopir minta duit tol sama kita, sedangkan kan kita deal nya udah termasuk duit tol. Kan ga mungkin kita nunjukin nota bon pas hh. Akhirnya kru WO yang ikut di wed car bantu talangin dulu. Langsung setelah itu saya ganti biaya tol nya ke kru WO. Cuma kok bisa2 nya ga ada instruksi ke sopir tentang apa aja yang ada di nota. 

Sisa perjalanan ke tempat resepsi berjalan lancar, karena dibantu sama voorjider. Sampe lampu merah jg diterobos sama voorjider, saya sampe nanya sama suami, emang boleh ya? hahaha. Urutan iring2an dari vihara ke tempat resepsi ada voorjider, wed car, mobil keluarga, mobil WO, mobil liputan. Kita jg sempet nunggu dulu di pinggir jalan sampe semua mobil lengkap dulu. wkwkwk. Untuk mobil keluarga, kita emang minta ditunggu sampe malam, sedangkan wed car cuma sampai jam 6 sore.

Oh iya lupa cerita. Untuk pembayaran voorjider & mobil keluarga, akhirnya tetep sesuai dengan harga yang ada di nota, tentunya setelah dipotong dengan DP kita. Jadi dari kita jg ga ada kerugian materi sama sekali, cm sempet panik & pusing aja di 3 minggu sebelom wed day. wkwkwk. 

Kelar juga deh review nya.. Kelingking kanan sampe ngilu gara2 panjang banget yang diketik. hahaha. Langsung ke kesimpulan nya aja ya. Kesimpulan nya:
Nilai: 7/10

Kelebihan:
- Mobil pengantin datang tepat waktu
- Boneka & plat mobil jg bantu dipasangin
- Bunga yang dipilih sama suami jg bener (suami baru sadar waktu liat foto2 dr vendor liputan.  saya malah ga tau apa2. wkwkwk)
- Sopir ramah
- Mobil yang datang jg masih mulus & bersih, sesuai dengan yang kita deal

Kekurangan:
- Biaya tol tetep ditanggung sama kita. Bukan masalah harga tol nya (toh ga sampe 10 rb), tapi soal deal yang ada di nota bon nya).
- Sempet ada miskomunikasi & bikin kita panik tentang urusan mobil keluarga, walopun akhirnya semua urusan terselesaikan dengan baik.

Tujuan saya share disini cuma untuk sharing pengalaman aja ya ke capeng2 laen, bukan untuk jelek2in suatu vendor. Secara keseluruhan, sebenernya kita puas sama Uniklindo. Apalagi mobil yang dateng jg bersih & masih mulus. Karena saya sempet denger dari vendor liputan yang blg kalo ada client nya yang wed car nya Alphard tapi spion nya Innova. Kita jg pernah lihat di jalan (baru aja lihat minggu kemaren), kalo mobil penganten nya penyok di bagian pintu sopir, tapi cuma diplester putih aja. Atau ada yg cat mobil nya belang2 bahkan parahnya sampe mogok. Jadi saya bener2 bersyukur kalau hal itu sama sekali ga terjadi di kita. 

Untuk case mobil keluarga, cuma agak disayangkan aja kalo ternyata nota bon Uniklindo bisa dengan bebas nya dipakai oleh sopir freelance. Waktu dulu kita deal (Sept 2014), sistem administrasi Uniklindo masih berantakan. Tapi sepertinya sejak tahun 2015, udah ada Admin yang emang khusus untuk handle semua order, jadi administrasi pun jadi jauh lebih rapi.

Tips buat capeng2 laennya:
- Untuk deal apapun, tolong dipastiin kalau kalian memang melakukan pembayaran (transfer) ke rekening yang bisa dipertanggungjawabkan, misalnya ke rekening owner.
- Kalaupun pembayaran dilakukan secara cash (suami nih paling demen bayar cash), pastiin kalo kita dapet kwitansi sebagai bukti bayar (walopun di case kita, ternyata kwitansi nya ga diakuin sama pihak vendor nya).
- Pastiin ulang tentang warna bunga, tol, parkir, atau BBM. Biar ga ada miskomunikasi antara pengantin & vendor car rental.

22 comments:

  1. ga panjang ternyata Chyn, cuma emang harus fokus. ^^
    Bagus juga ya didekor couple bear gitu, jadi catchy, jarang lihat mobil pengantin pake ornamen boneka.

    good for you Chyn, kalian berdua kompak, walau drama, tapi masi manage keep calm dan happy ending.

    aigooo, mobil pengantin penyok, jadi worry.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, iya nulisnya rada susah nih buat ringkas nya ndri. Tp untungnya bs dimengerti ya. :)

      iya, kadang emang ada yg dihias pake boneka di bagian depan ndri. Cm kalo tempel nya ga kenceng, rawan copot boneka nya waktu di jalan tol. Hahaha.

      iya ndri, urusan mobil full diserahin sm suami. Jd dia yg bener2 urus semuanya. Kalo ga, bisa ikutan pusing jadinya.. :D

      Iya ada ndri yg wed car nya alphard, tp penyok, terus cm diplester putih aja di mobil nya.
      moga2 ga kejadian di siapa2 ya buat wed car model begini..

      Delete
  2. Cyn, itu polisi beneran bukan sih ? *salah fokus*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mar, polisi beneran. Tp yg sehari2 nya bertugas buat pengawalan.. hehehe

      Delete
  3. Ngom2 gw masih nggak nangkep kenapa harus sewa mobil pas sangjit yah? Bukannya tinggal nunggu pihak laki2 sama keluarga dateng ke rumah perempuan? Pasti pada punya mobil dong, atau nggak cukup saking nampan yang dibawa banyak hahaahhaah.

    Trus plat yg lupa dicopotin nggak kena tilang kan? Sekarang platnya taro mobil sendiri dong :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ci, sewa mobil buat jemput keluarga dr pihak laki, soalnya rumahnya jauh bgt..suami males setir sendiri buat anter jemput bolak balik.

      Untung nya gak kena tilang ci. Soalnya jarak dr rumah suami ke vihara jg deket. Hehehe.

      Hahaha, sekarang plat nya cm disimpen di gudang ci. Kl pasang di mobil sendiri, bs kena tilang tiap hr. Wkwkwk

      Delete
  4. Cyn, untuk review wedding car nya sih cukup detail loh... klo ak sih ud lupa tu ttg wedding car dan wujudnya wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shal, ini jg pas liat foto2 liputan baru sadar kl bunga nya bener, dst.. wkwkwk.
      pas hh, aku udah blank banget..
      tar kl pas liat foto2 dr vendor liputan, baru bs inget lg shal.. hehehe

      Delete
  5. cyn, setdknya pak N masih bertanggung jawab ya en mau ngurus ttg mobil2 ini sampe kelar :) terus segala printilan ttg mbl dari dekor dllnya pun juga memuaskan

    btw ttg plat ya dulu gue mau buat cyn trs dibilangin sama vendor mobil juga sama kayak Uniklindo kalo platnya cuma blh dipasang doank ga blh dibawa jalan2, huhuhuhu gegara itu Jo ga kasi buat deh (T.T) padahal bagus yaaa, jadi unik gitu wed carnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ping, gw bersyukur banget Pak N masih mau bertanggung jawab, karena Pak D itu masih ade nya.
      katanya boleh aja dipasang buat keliling di jalan, asal siap ditilang. jadi cuma dipasang di komplek aja jadinya. hehehe.

      Delete
  6. syukurlah chyn smua lancar akhirnya walopun ada drama sedikit.. emg greget sih y klo kek gt.. knp bs kuitansi dipegang sopir freelancenya? untung tanggung jawab jg y.. hehehe..
    temenku malah pernah pas d tol hiasan bunga yg di mobil copot semua gara2 kurang kenceng nempelnya.. jadinya bukan kek wed car lg dah kek mobil biasa aja.. wkwkwkwk.. makanya hrs diperhatiin bnr2 ni tar.. ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sil, bersyukur banget akhirnya udah ada solusi nya, walopun pake drama. hehehe.
      ga ngerti jg kenapa sopir freelance bisa pegang nota bon atas nama Uniklindo nya..

      walah, hiasan bunga nya jatoh di tol? >.<
      iya sil, kata WO ku, kalo pake boneka, resiko nya di jalan tol ga bisa ngebut2, karena ngeri boneka nya copot. wkwkwk.

      Delete
    2. ho'oh Chyn bunganya jatoh semua di tol. ga mungkin diambil lagi jadi pasrah ga da bunganya.. hehehe.. iyaa klo boneka itu resiko jatoh jg jd ga bisa ngebut2 yaa.. :D

      Delete
  7. Ebuset juga yaa tuh pak D =__= untungnya semua bisa teratasi sin deg2 ser juga nih bacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya nie.. bener2 bikin dag dig dug deh. tp untungnya semuanya happy ending.

      Delete
  8. hoo sinn.. gw mesti berkali2 bacanya.. kayanya uda mulai kena virus lemot nih gua hahhaha..
    untungnya acara tetep lancar ya sin..
    dan gua baru tau alphard 2015 se-keren itu! hahha *asli gua gagal fokus banget* wkwkwk
    dan gua suka banget plat nya.. uhhuuyy.. kaya di pelem2 kartun disney yaaa ,.. lucuuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk melo, emang ngejelimet dah urusan mobil sewaan ini.
      tapi gw bersyukur bgt akhirnya tetep lancar.. :D

      dimaklumin melo kl gagal fokus. hehehe. kan lagi .... :)

      Delete
  9. Untung semua berjalan lancar ya Cyn, walau bolak balik bikin pusing gara2 Pak D...
    bahaya bgt supir freelance bs pegang nota bon ky gt, apa dipalsuin ya jadi dia bisa dpt fee atas nama perusahaan...
    tp yg penting, Pak N sm Uniklindo mau tanggungjawab ya.
    btw platnya cute bgt pink2 gt :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya na, untung nya semua lancar2 pada akhirnya.. hehehe.
      bener, sebenernya ini masukan buat vendor car rental nya sih. terserah nantinya mereka mau perbaiki sistem nya mereka / engga. :D

      thank youuu ya na.. :)

      Delete
  10. Sin, syukur semua akhirnya boleh lancar aja ya.. Btw, pantes gw bilang ini alphard tinggi bgt apa sampe orangnya kelelep gitu. Taunya krn belum naik ditempat duduknya ya.. Bagus Sin mobilnya, plat juga cantik.. Ga pake kaleng tah diblkg biar kek dipilem2 gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya py, bener2 bersyukur semuanya lancar2 sampe akhir.
      wkwkwk iya py, gw berdiri nya ga sampe naekin tempat duduk nya.. ujung2 nya baru kepikiran buat copot sepatu & naek ke tempat duduk nya. lol.

      wkwkwk, mestinya pake kaleng terus ada tulisan 'JUST MARRIED' di bunting flag ya. :D

      Delete
  11. Hallo Akang dan Teteh Calon Penganten,

    Masih bingung cari gedung pernikahan? Ingin menikah di gedung full carpet dengan fasilitas eksklusif? HIS Balai Sartika Bandung menjawab keinginanmu dengan konsep One Stop Wedding Service dan pilihan vendor-vendor profesional yang akan membuat pernikahanmu semakin berkesan. Dapat bonus-bonus menarik yaitu Logam Mulia 5 Gram dan Honeymoon di Bali!! Semua itu tanpa diundi looohhh…

    Ingin info lebih lanjut bisa langsung hubungi :
    Rosianti,
    WA ( 085624295686 )
    IG ( rosi.hisbalaisartika )
    E-mail ( rosi.hiscorp@gmail.com )

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik