Sunday, December 21, 2014

Cerita di balik operasi katarak

Hari Kamis pagi, saya baru dikasih tau sama dede saya kl besok papi katanya mau operasi katarak. Kaget banget kok tiba2 mendadak keputusan nya? Sebenernya emang dia udah sempet periksa ke JEC Kedoya dari 1 minggu sebelumnya & di-inform kl mata kanan nya udah buram sekitar 40%. Tp kan saya ga ijinin untuk dioperasi secepet itu. Karena resiko nya besar & saya sendiri mau ada acara lamaran di bulan ini jg. Tapi yg namanya orang tua itu banyak yg keras kepala. Dia maen rencanain seenak jidat tanpa ngabarin apa2 ke saya.

Hari Kamis malem, saya bilang kl mau temenin dia buat operasi besok. Akhirnya hari Jumat, saya udah bangun dari jam 6 kurang buat mandi & siap2 anterin papi ke JEC Kedoya. Karena udah tau mesti operasi katarak, jadi dilakukan lagi pemeriksaan ulang & cek hasil laboratorium jg. Karena yg saya tau, kalo punya penyakit diabetes & darah tinggi sebenernya riskan jika melakukan operasi katarak.

Pas diperiksa dokter & hasil pemeriksaan darah bagus (sekitar jam 11), berarti udah siap untuk dioperasi di hari itu jg. Tau2nya lensa untuk ukuran papi saya ternyata kosong. >.< Akhirnya asisten perawat dokter coba telp ke ruang operasi, logistik & JEC Menteng untuk menanyakan stok lensa. Kita diminta untuk tunggu di luar, sambil nunggu konfirmasi ttg ketersediaan lensa nya. Ternyata stok lensa nya ada di JEC Menteng. Jadi baru bs operasi jam 3, bs siap2 dari jam 2. Tau2nya dari jam 1an siang, papi saya jg udah dipanggil buat masuk ke ruang persiapan operasi nya, karena lensa nya udah tersedia.

Di ruang tunggu operasi, ternyata keluarga yg menemani bs nonton proses operasi katarak itu melalu TV yg ada. Tapi balik lagi ke dokter & pasien yg lagi dioperasi. Bisa aja pasien request untuk ditampilin, tapi kalo menurut dokter tidak perlu, maka tidak ditampilin. Kalo menurut saya, ini akan buat mental org yang lagi nunggu giliran operasi jd dag dig dug sih. Karena saya sendiri ngeliat proses nya aja ngeri. Padahal operasi nya sendiri kan sistem bladeless, jd rasa sakit nya jg sedikit.

Untuk pasien yg udah mulai dioperasi, perawat akan inform ke pihak keluarga kl operasi sudah dimulai. Harusnya proses operasi sendiri butuh waktu sekitar 10 - 30 menit. Proses persiapan & pemulihan pasca operasi nya kurang lebih @ 1 jam. Tapi sampai jam 4an sore, ternyata operasi nya belum mulai jg. Ternyata karena dokter yg akan operasi sedang melakukan operasi juling. 

Sesi operasi nya sendiri baru dimulai sekitar jam 5 sore. Dilanjutkan proses pemulihan, penjelasan ttg apa yg haru dilakukan setelah operasi, tebus obat, akhirnya baru bs pulang jam 8 malam. >.< Saya yg udah sampe disana dr jam 7.30 pagi & baru bs pulang jam 8 mlm, langsung meriang & ngilu2 semuanya. Karena di ruang tunggu operasi itu AC nya dingin bangeeeeet. Sekitar jam 5 sore, saya udh mulai merasa ga enak badan.

Jumat malam itu, cuaca jg abis ujan. Ditambah lagi ada peninggian jalan di daerah sekitar JEC Kedoya. Walhasil setelah macet tanpa jalan sekitar 30 menit, akhirnya sopir taksi nya puter balik untuk cari alternatif laen. Berhubung sopir taksi ga tau jalan alternatif, jadi pake google maps dr tablet sebagai patokan. Tp namanya jg udah kecapean, akhirnya malah ketiduran di taksi. Yg ada, saya ga kasih info jg ke sopir taksinya. >.<

Oh iya, beberapa hal yg harus dilakukan setelah operasi katarak:
- Mata ga boleh kena air selama 3 hari, ga boleh dikucek, ga boleh terbentur
- Rutin pakai obat tetes (obatnya ada 2 macam) untuk menghindari infeksi
- Kontrol 2x pasca operasi (1 hari setelah & 1 minggu setelah operasi)
- Mata harus ditutup dengan alat khusus selama tidur (biar ga kegaruk / kucek pas tidur)

Pas masih di perjalanan pulang ke rumah, dede saya blg kalo di rumah hujan deras. Sampe akhirnya minta dede saya buat bawain payung dan pegangin tissue biar ga ada air yg netes (secara tak sengaja). Sampe di rumah (jam 9.30 malem), langsung tuker baju, sikat gigi, minum panadol, terus tidur.

Saya bersyukur sejauh ini operasinya sukses. Mudah2an sampe kontrol di minggu depan & selanjutnya, hasilnya jg sempurna (ga ada infeksi). Amiiin..Tapi tetep dari papi saya yg mesti telaten rawat matanya sendiri (misalnya, tangan harus bersih & rutin pake obat tetes).

10 comments:

  1. Puji Tuhan operasinya lancar yah Chyn, semoga besok2 kontrol hasilnya ttp aman dan papamu segera pulih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mey, bersyukur operasi nya lancar. dan mudah2an pas kontrol di minggu depan jg tetep aman, tanpa infeksi.
      thank you mey.. :D

      Delete
  2. Cyn, semoga hasilnya membaik ya after operasi :) en pemulihan mata bokap juga lancar, amien!
    Jaga kesehatan Cyn biar lamaran nanti seger en cantikkk poll!! :D lancar2 ya lamarannya ^^

    btw Cyn, follow pingiwed.wordpress.com ya, gue pindah ke wp. Yg blogspot diapus aja, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin ping. semoga pemulihan nya jg lancar, ga ada infeksi sama sekali.
      lamaran nya udah ping, di weekend kemaren. hehehe.
      nanti dibuat postingan terpisah ya soal lamaran.

      udah ditambahkan ke list blog yg gw baca ya ping. hehehe

      Delete
  3. speedy recovery buat bokap yah cyn.. :)

    ReplyDelete
  4. Puji Tuhan lancar yah Sin.. Smoga segera pulih dan sehat2 terus yah oom.. *sok akrab*.. Amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya py, operasi nya lancar. tinggal nunggu hasil setelah operasi nya aja, apa ada infeksi / ga.
      hahaha, thank you pypy. :D

      Delete
  5. Semoga cepet pulih ya ci buat papa nya plus acara lamaran lancar jaya.

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik