Thursday, April 9, 2015

Sembahyang Ceng Beng minggu kemaren..

Pas tanggal 29 Maret, sekeluarga besar sembahyang ceng beng ke kuburan engkong & ama saya. Kuburan mereke bersebelahan.. Karena pas engkong saya meninggal jaman dulu banget, udah langsung sekalian beli kuburan sebelahnya buat nanti jadi kuburan ama saya. Tiap tahun, dari saya masih kecil, ga pernah absen buat ke kuburan engkong dari papi saya. Begitu jg di tahun ini. Apalagi mulai ceng beng tahun ini, ada ama saya jg yg dikubur disana.

Kadang saya masih suka sedih karena ama saya udah meninggal. Suasana sincia udah ga serame waktu ama saya masih hidup. Emang biasanya seluruh keluarga besar baru bisa ngumpul kalo orang tua nya masih ada ya. Begitu yg di 'tua' kan udah meninggal, tradisi ngumpul2 makin lama makin hilang. Menurut saya, tradisi sembahyang ceng beng ini jadi salah 1 moment buat kumpul2 lagi antar keluarga besar, walaupun ga semuanya lengkap seperti sincia.

Mulai tahun ini jg, saya pertama kali nya ikut sembahyang ceng beng dari keluarga nya cami. Mungkin karena di akhir tahun ini udah resmi jadi suami istri, saya mau 'dikenalin' secara ga langsung ke keluarga nya cami yg di Cirebon (Papa nya cami berasal dari Cirebon). Jadi saya ikut 'pulang' ke Cirebon deh sm camer.

Kita berangkat nya hari Sabtu siang, tgl 3 April & bersyukur banget perjalanan nya sama sekali ga macet. 4 jam an naek mobil udah bs sampe di Cirebon..Karena kalo berangkat hari Jumat, baca berita di tol Cikampek itu macet.

Begitu sampe di Cirebon, langsung check in di hotel. Btw, hotel nya ini udah termasuk hotel tua. Jadinya kita (saya, cami, camamer) denger suara2 kayak anak kecil nangis. Tapi cm sebentar2 aja. Pertama yg denger 'suara2 aneh' itu sih saya, pas baru check in di hotel, sekitar jam 19.00. Tapi saya kan ga ngeh apa2. Nah, malem sekitar jam 21.00, camamer jg denger 'suara2 aneh', tapi dikira sm capamer itu suara kucing *sigh*.

terus berlanjut ke cami yg denger waktu dia mandi. Terakhir, saya denger lagi 'suara2' nya pas belum bs tidur. Padahal udah sengaja nyalain TV biar ga kedengeran suara2 yg aneh. Tau2nya tetep aja masih kedengeran. Bahkan dr jendela, saya bisa sekelebatan liat ada anak kecil yg lari di depan kamar. Soalnya kan hordeng nya ga tebel & warna nya cerah, jadi masih bs keliatan kalo ada yg lewat dr luar. Hiyyy, serem..Kalo dipikir2, kok bisa2 nya ya saya tidur jg malem itu *mengingat diri sendiri ini penakut luar biasa*.

Nah, skip aja deh cerita mistis nya. Langsung lanjut aja ke wiskul nya..Lebih seru daripada cerita mistis. hehehe. Salah 1 makanan khas di Cirebon adalah nasi jamblang. Katanya sih yg terkenal disana ada 2, Mang Dul & Bu Nur. Tapi saya diajak nya ke nasi jamblang Mang Dul. Saya sempet kaget, kok mau makan aja sampe antri baris 1 per 1. hahaha. Rame nya pun bukan maen.. Bahkan sampe ada yg rela makan sambil berdiri. Jadi sistem nya tau diri aja deh, kalo misalnya udah selesai makan, langsung buru2 bangun. Bayar nya baru belakangan. Kita sebut sendiri, tadi makan nya apa aja.
nasi jamblang Mang Dul. Kalo buat saya sih rasanya lumayan ya. Pilihan lauk pauk nya ada macem2

Abis dari Mang Dul, sempet2in beli es duren di depan Mang Dul. Murah, harganya cm 10 rb. Isinya udah ada 2 potong duren. hehehe. Terus lanjut lagi di deretan Mang Dul buat cari empal gentong. Si camamer pengen makan empal gentong, tapi yg pake lontong. Sempet masuk 2 restoran, tapi lontong nya abis. Baru di tempat ke3 yg ada lontong nya. Namanya Empal Gentong Mimi Sulamah.
empal gentong..kalo saya sih ga begitu doyan. rasanya mirip2 seperti soto biasa..isinya jg sama2 daging sapi. bedanya empal gentong pake daun2an *ga tau daun apa*
Selesai makan malem, baru balik lagi ke hotel. Tapi saya kelupaan bawa sikat gigi & tissue, jadi sekalian belanja dl sebentar di Yogya. Disini ternyata masih ada Yogya ya.. Kalo di Jakarta masih ada ga sih? Dan tadaaaa, disini saya ngeliat kaleng minuman raksasa. hahaha. Rasa2nya ga pernah liat kaleng segede gini kalo di Jakarta. Apa saya aja yg ga pernah ketemu ya?
Liat deh perbandingan antara kaleng biasa sm kaleng raksasa ini. hehehe. Kayanya sih di dlm kaleng raksasa ini, isinya ada beberapa kaleng normal.

Besok pagi nya, jam 6 pagi, udah berangkat ke kuburan nya naek angkot. Iya, naek angkot soalnya rada ngeri sm rakyat sekitar. Jadi segala perhiasan jg dilepas dulu.. Kalo denger cerita nya cami, pas di kuburan, ilalang yg tinggi2 baru dibabat pake celurit. Jadi nego harga disana. Belom lagi bs nyasar buat jalan masuk ke kuburan nya. Makanya saya diminta pake sepatu, kaos tangan panjang & celana jeans. Seumur2 kan saya dateng nya ke kuburan engkong aja. Jadi kurang tau kalo di kuburan laen seperti apa.

Tapi ternyata pas kita sampe disana, ilalang nya udah ditebas. Jadi ga ada yg namanya org bawa2 celurit buat tebas ilalang nya. Sistem sembahyang nya jg beda sama sistem di keluarga saya. Kalo di keluarga saya, masih bawa buah2an & segala macem sayuran.. Kalo di keluarga cami, cm bawa hio buat sembahyang, tabur bunga terus sujud / kui 9x. Dan ternyataaaaa saya baru tau ada 5 kuburan yg mesti dikunjungin. Letak kuburan nya beda2.. Salut sama kakek penjaga kuburan disana yg bisa inget letak kuburan nya dimana aja. Jadi literally kita semua jalan nya ngikutin kakek itu aja.

Selesai sembahyang, pas mau keluar area kuburan nya, angkot nya bener2 dikerubutin sama orang2 di sana yg minta duit. Agak2 kaget jg sih liat nya. Karena kalo di kuburan engkong saya, kalopun ga dikasih duit, mereka ga sampe halangin jalan yg gimana2. Kalo yg di Cirebon, minta duit nya niat banget. Berhubung emang udah kekeh ga mau ngasih duit, akhirnya angkot nya bs keluar jg. Di belokan luar kuburan, baru ngasih duit ke kakek yg bener2 nganterin kita keliling di area kuburan nya tadi. Kalo ngasih nya di area dalam, bs2 kita ga bs keluar dr area kuburan. >.<

Perut udah laper, jadi setelah balik ke hotel, kita cari makan. Sasaran kali ini nasi lengko H. Barno. Terus dipesenin jg sate kambing sama capamer. Saya sih kurang suka ya sama nasi lengko. Karena isinya itu nasi putih, taoge, tahu goreng, sm tempe, dilengkapin sm bawang goreng. Yg bikin rasanya beda itu kecap manis ala Cirebon yg emang ga dijual di Jakarta *setau saya sih begitu*. Yg unik di Cirebon, ukuran kerupuk putih itu kecil2. Ga kayak di Jakarta yg diameter kerupuk putih nya itu besar. hehehe
nasi lengko sm sate kambing
Kelar makan nasi lengko, mau lengkapin oleh2. Akhirnya diajak ke toko Sinta..Di sekitar toko Shinta ada yg jualan kue apem sm kue tapel. Karena penasaran sm rasanya, akhirnya saya minta beli kue itu. Rasa kue tapel enak deh, 1 nya cm 4 rb. Rasanya mirip kue leker di Jakarta, tapi isinya pisang yang udah diaduk2 jadi lembek. Kalo kue apem, ada yg dikukus & dipanggang. Saya sih ga doyan dua2nya ya. Rasa kue nya asem2 tawar, terus dipakein kuah dari gula jawa cair *kayanya sih begitu ya*.
nunggu beli kue tapel mesti antri segala. Akhirnya nyelak pesenan orang laen deh..abis pesenan org laen nya sampe 20 biji, 10 biji. tungku kue nya cm ada 2. Kapan jadinya kalo nungguin semuanya? nyelak nya cm 2 kue aja kok. Setelah dimakan ternyata rasanya enak. Jadi nyesel kenapa cm beli 2 doang. >.<

Ini toko oleh2 Sinta.. Isinya sih manisan, berbagai macam sirop, sambel sampe ikan jambal roti. Kalo saya bilang sih yg dijual di toko ini isinya kurang bervariasi ya. Karena sebagian besar ada dijual jg di Jakarta / snack zone. hehehe.
toko oleh2 Sinta
Untung malem sebelumnya udah sempet cari oleh2 dulu di toko sederetan Yogya. Disana, oleh2 nya lebih bervariasi. Ini yang akhirnya dibawa pulang setelah dari Sinta sm toko oleh2 sekitaran Yogya..
Yg ga pernah saya liat itu yg di pojok kanan. Ring Donut warna warni sama kue gapit / jepit / gepit (mirip waffle kering). Kata penjual nya, ring donut rasanya mirip seperti telor gabus. Ternyata setelah dicicip, rasanya beda jauh *disitusayamerasasedih*. Abis makan kerupuk tahu, langsung minum obat batuk.
Selesai dari toko Sinta, langsung balik lagi ke hotel buat mandi & siap2 buat check out. Berangkat dari Cirebon jam 11. Soalnya kita udah tau, jalanan balik ke Jakarta pasti macet gr2 abis long weekend. Jam 1 siang, makan siang dulu di resto Pringsewu, abis itu lanjutin perjalanan pulang deh. Bener aja macet.. huhuhu. Akhirnya baru sampe di Jakarta jam 7 malem (total 7 jam, setelah dipotong makan 1 jam). Saya yg duduk doang di mobil aja, pinggang pegel2. Udah ketiduran, bangun, ketiduran lagi, kok masih blm sampe jg. Udah gitu, nahan pipis jg. Selama 8 jem perjalanan, pipis nya cm pas makan siang aja. >.<
Apalagi cami yg nyetir & macet2an ya. Kasian jg cami.. Apalagi minggu sebelumnya, dia baru sakit campak jerman, untung udah ketauan dari awal. Cuma diminta istirahat aja selama 3 hari.

Mudah2an di tahun depan, tol Cikapali udah rampung. Jadi Jakarta - Cirebon bs lewatin tol yang lebih panjang, bukan cm mentok sampe tol Cikampek. Tol rampung, pengguna tol pun senang. hehehe. Oh iya, selama di Cirebon kemaren, boro2 sempet maen ke CSB mall. Padahal mah udah mupeng bener kesana. Kapan2 deh baru maen ke CSB. hahaha.

16 comments:

  1. Seruu ya sin ceng beng an nya..banyak pengalaman pertama... gw klao jd lu kayanya uda ga bisa tidur tuh sin di hotelnya..ngeriii bener...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya rib, banyak pengalaman pertama nya. :)
      Gw jg susah tidur ribka. Sampe bangun beberapa x. Padahal biasa kl udh tidur, gw jarang kebangun sampe pagi..hahaha

      Delete
  2. sinn seru ihh gw demen ke daerah2 gtu.. *kecuali cerita mistisnya* haha.. Kalo ngalamin sendiri ga seserem itu sin emangnya? Bisa2nya tdr.. Bgs deh.. Lebih bgs lg cuma semalem.. hehe..
    Itu kaleng gede bgt! blm pernah liat loh.. Buat dituang ke gelas apa? kalo lgsng diminum gmn caranya.. Haha..
    Mgkn di sana pada lebih kekeuh minta duitnya krn lebih jarang kali ya orgnya.. Jadi peluangnya lebih dikit drpd yg deket2 jakarta hehe.. *sotoy* :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya fan, kalo dipikir2 lagi ngeri jg soal cerita mistis nya. >.<
      gw bs tidur soalnya kan tidur nya sama camamer jg fan. kalo tidur nya sendirian, gw kayanya bakal ngibrit. hahaha.

      sama fan. gw jg baru pertama x nya liat kaleng minuman segede gitu. makanya sampe difoto, hehehe. di dalem kaleng nya, isinya ada kaleng2 minuman lagi yg ukuran nya normal fan..kaleng gede nya cm jadi kemasan aja.

      yg dateng ceng beng sih ada yg laennya jg fan. tapi emang ga begitu byk yg dateng dibanding di area pemakaman nya engkong & ama gw.

      Delete
  3. seru sin bisa kulineran di Cirebon. hehehe.. :D

    kalo kaya cengbeng gitu, memang mereka kadang suka aji mumpung sin. yang lebih parah, tempat sepupu gua punya mama.. bunga yang kita beli dan ditabur di atas tanah, eh malah diambilin trus dijual lagi loh. hahaha..

    ini ketauan karena pas kita keluar dari sembayang, ceritanya sodara nyokap dateng telat, jadi kita anterin lagi ke tempatnya, eh kaget pas diliat bunganya lagi diambilin trus dibungkus kertas, trus ngakunya bunga2nya dimakan kambing. padahal udah jelas2 lagi diambilin. wkkwkwkwkw.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, sekaligus kulineran, cobain makanan baru.. :D

      buset pi, sampe bunga yg udah ditabur aja sampe dipungutin lagi ya??
      pake alesan nya dimakan kambing pula. >.<
      kalo mis ada makanan yg ditinggalin seperti kue / buah2an, pasti langsung jadi rebutan jg pi.
      kayak waktu di kuburan ama gw, baru kita nya jalan, eh pas gw nengok ke belakang, tau2 nya kue & buah2an nya udah langsung diserbu buat dibagi2..hahaha

      Delete
  4. baca bagian cerita mistisnya, gue merinding cyn *penakut juga* (>.<)
    seru ya cyn :D cengbeng skalian wiskul di cirebon. gue pernah skali ke cirebon pas ada hajatan temen tapi pulang hari cyn en ke sinta juga trs makan nasi jamblang cuma lupa nasi jamblang yang mana, hehehehe..
    hari minggu tgl 5 gue sama Jo mau pulkam buat cengbeng cyn tp ga jadi gara2 liat info tol arah jkt macet, takut ga iso pulang, huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss ping, sama2 penakut kita..hehehe.

      nasi jamblang masih lebih enak daripada nasi lengko ping.. ke cirebon pulang hari, lumayan jg capek nya ya ping. perjalanan pp nya lebih lama daripada hajatan nya. tapi kl buat temen deket sih ga berasa jauh nya. hehehe.

      iya, di hari minggu nya itu beneran arah jakarta itu macet ping. pinggang gw sampe pegel, gr2 duduk doang sampe ampir 8 jam. hahaha

      Delete
  5. itu cap badaknya gede bgt :)) kirain isinya air semua hahaha. g taon ini jg pertama kali ceng beng sejak pacaran+merit loh :D Baru kali ini ngerasain pegang hio :D awalnya was2 jg di kuburan karena ga biasa, tapi ternyata udahannya biasa aja soalnya perginya pagi2 :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngel, versi kaleng raksasa ya..hehehe.
      oh, baru tahun ini u sembahyang ceng beng ya.. jadi pengalaman berkesan ya ngel. hohoho.
      tapi emang kalo mau ke kuburan, lebih nyaman kalo udah berangkat dr pagi2. jadi ga kesiangan, matahari nya udah terik pula..

      Delete
  6. Itu gede bangett Kalengnya, gw jg baruu liattt sin....

    Emang bener yah, semenjak pho" gw ga ad juga udah ga pernah kumpul" lagi, biasa pas dia ultah rame pd ngumpul.. Skrg sincia aja ud ga lengkap :(

    Wiskul di cirebon asik tuh, andaiii gw ksana gw minta contekan dhe itu hotel mana, hororr -.- hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jur, kaleng nya gede banget ya. unik kemasan nya. kenapa di jakarta ga ada ya? hehehe.

      betul jur. kalo orang yg udah tua ga ada, keluarga besar jadi jarang bgt bs kumpul2 lagi. samaaaa jur, sekarang sincia an gw jg ga lengkap semuanya dateng. >.<

      harus minta contekan jur, hotel nya apa..hehehe. biar ga salah pilih.

      Delete
  7. cerita hotel serem ah.. duh >.<

    selain itu asik yaa bisa sekalian jalan2 dan wisata kuliner :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nie..makanya cerita serem nya di pembuka aja. sisanya cerita yg asik2, wiskul nya. hahaha.

      Delete
  8. Wahhh klo cerita tentang cengbengan sama aja ya chyn....dibali ma dipekalongan ya gt tiap tahun pasti nego harga kr udh bersihin ilalang sekitar malah kadang agak ganggu banget deh org2 yang ndk sembahyang karna pada nunggu kita2 hbs sembahyang buat ngasih sesuatu kek duit...dsn gt jg ndk chyn?

    tp iya seru abis bagian kulinernya ya hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mir.. cengbeng di cirebon / di bogor jg gitu.
      kita udah ditungguin sm mereka waktu sembahyang. karena habis sembahyang, mesti ngasih duit ke mereka (ada anak2 jg).
      dan yg 'malak' duit itu bukan cm waktu habis sembahyang aja.
      dimintain duit pas baru masuk area kuburan nya & mau keluar nya, di luar duit parkir.. >.<

      seruuu di kuliner nya aja mir.. hehehe

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik