Monday, January 18, 2016

Wedding Review - Fresh Hand Bouquet (Ayanna Florist)

Ayo mari disimak review selanjutnya, yg gampang2 dulu di review duluan deh. hehehe. Waktu deal contoh HB yang saya suka, udah pernah saya bahas di postingan yg ini ya. Kira2 saya pesen nya yg full rose (lokal), warna nya pink (boleh campur apa aja, asal pink). Tapi saya mau bentuknya cascade (pake bunga tulip) dan lilit pita nya ga perlu full semua. Maunya tetep keliatan tangkai bunga nya. Agak simple kan sebenernya, karena saya jg bukan pecinta bunga. Buat saya, fresh hand bouquet yg penting ada, ga perlu yg bunga impor karena cm dipake setengah hari.
Ini foto bunga yg kira2 saya mau
Foto diambil dari Chloe Florist. Untuk model cascade nya, maunya mirip2 seperti di foto ini
Sebelum wed day, saya ada chat sama Ci Fifi nya kl mau pake pita grosgrain. Karena Ci Fifi cm punya pita satin, jadi saya kirimin pita grosgrain warna pink pake gojek. Emang pita nya ga full 1 roll, udah kepake sedikit buat bungkus vas bunga. Tapi kata Ci Fifi, harusnya sih pita nya cukup untuk lilit tangkai bunga nya nanti. Sisanya saya serahin ke WO untuk infoin jam pengiriman, alamat pengiriman, dll.

Waktu suami belom dtg, WO saya sih udah blg kl model bunga nya agak aneh, jadi suami bawa bagian cascade nya hadap atas (Sedangkan setau saya, harusnya cascade itu dibawa hadap bawah, cmiiw ya). Saya masih belum sadar maksudnya apa. Pas suami dateng buat jemput saya, kaget banget waktu liat HB nya. Kok model cascade, tapi dibikin nya kayak begitu..*nangis di pojokan*. 
yg harusnya cascade, tp suami jadi bawa nya hadap ke atas, karena kl dibawa hadap ke bawah, jadinya aneh. Ini pendapat saya doang / bukan ya, tapi bentuk cascade nya menurut saya nanggung bgt. Aneh dilihatnya, ga natural sama sekali kl saya liat, karena lebih ke arah bulat daripada cascade
Yang bikin kaget, pas saya liat, pita pink yang dililit jg ternyata pita satin, bukan pita grosgrain yang saya kirimin waktu itu. Walopun kaget, tapi ga mungkin dong hari bahagia seumur hidup dirusak cm gara2 hal kecil.
Untuk jenis bunga nya sih bener, rose & tulip

Diameter bunga nya ternyata ga sebesar yang saya bayangin
Detail bunga nya kalau dilihat dari dekat

Yang bikin saya kesel lagi, pas diperhatiin ternyata bagian mote2 nya itu pasang nya ga rapi. Kawat halus buat lilitin mote2 kecil nya kayak keluar gitu..Jadi mesti di solatip biar ga nusuk. Pita nya jg udah longgar, engga rapi lg.. *tarik napas dalem2 pas liat nya*. Untung nya hand bouquet nya cm dipake pas pemberkatan aja. hehehe.
ini waktu suami mau jemput saya. di foto ini, keliatan kalau udah ada solatip nya. mungkin buat nempelin mote2 nya ke kawat halus kali. tapi saya liatnya jd kurang rapi
Sore nya, bunga nya bakalan dibawa sama pihak dr dried flower buat dikeringin.. Sebenernya sih gak rela jg bunga nya dikeringin, karena ternyata hasilnya gak secantik bayangan saya. Tapi ya udahlah, ga akan ada yg perfect untuk semua yg udah disiapin kan? hehehe.

Pas malem2 nya selesai resepsi, saya baru sempet baca WA. Ternyata pas subuh2, Ci Fifi ada WA ke saya & blg kalo tangkai bunga nya dililit full aja biar lebih rapi. Tapi pas subuh itu kan waktunya sesi make up. Saya jg ga sempet buat liat2 HP. Jadilah chat nya baru kebaca waktu malem setelah selesai resepsi. Saya pun akhirnya ga bales isi WA nya dari Ci Fifi.

2 hari setelah resepsi, Ci Fifi ada WA & telp saya lg untuk jelasin semuanya. Walopun sebenernya saya ga ada cari dia sama sekali setelah resepsi. Ci Fifi jelasin kalo pita grosgrain nya udah dipake untuk lilit full bunga nya. Tapi karena saya ga bales WA nya, jadi dibuka lg semua lilitan pita nya. Pas dililit ulang, pita nya ga cukup. Jadi dia ganti pake pita satin. At least, dr pihak vendor ada niat baik utk jelasin semuanya walopun saya ga ada komplen ke owner nya.

Yg saya bingung, jelas2 by chat lewat WA, saya udah pernah blg kalo nanti maunya ga dililit full. Kenapa pas subuh2 itu, tetep dililit full ya, terus akhirnya dibuka ulang yg bikin pita nya ga cukup? *sigh*
Saya jg ada ajuin komplen tentang pita nya yg longgar & mote2 nya yg ga rapi. Dia blg, kenapa dari pihak WO ga ada hubungin ke Ci Fifi, biar nanti orang dr Ci Fifi nya bisa dateng lg ke tempat saya utk perbaiki semuanya.

Jujur, saya pun sama sekali ga kepikiran untuk opsi ini. Jadi, sekedar pembelajaran ya buat para bride to be. Kalo nanti HB nya ga rapi, ternyata bs minta tolong sm WO buat hubungin florist nya & perbaiki lg semuanya.  Saya pun jg ga mau kesel berkepanjangan cm gara2 pita & mote2 yg ga rapi.

Di luar semua hal yg udah saya ceritain di atas, hand bouquet nya jg dtg tepat waktu (setau saya), karena ga ada laporan apa2 dr WO saya ttg keterlambatan..Temen2 blogger yg laen jg ada yg pesen hand bouquet nya sm vendor ini & dr mereka ga ada masalah. Jadi mungkin emang saya nya aja yg bawel. :)

Kesimpulan:
Nilai: 6/10
Saya merasa hasil yg saya dapet kurang memenuhi ekspektasi saya (emang saya aja yg terlalu bawel kali ya). Untuk fresh hand bouquet, saya deal di 1,1 mio dengan rincian sbb:
- Full rose lokal: 850 rb
- Tulip: + 150 rb
- Mote2 kecil: + 100 rb 

Tapi beneran saya salut sm owner nya yg inisiatif utk hubungin saya duluan & kasih penjelasan.. walopun sebenernya setelah wed day, saya sm sekali ga ada hub dia.. :)

Sebenernya di vendor laen, dengan tambah 200 rb udah dpt rose yg import. Tapi waktu dulu, saya ga terlalu concern dengan hand bouquet. Saya ga ngerti sebenernya harga pasaran hand bouquet itu berapa. Tapi emang rata2 di vendor laen harganya sekitar segitu ya?

Tips dari saya:
Sebaiknya pilih vendor yg memang benar2 ada banyak portfolio nya di IG, biar bisa keliatan hasil rangkaian fresh hand bouquet nya seperti apa. Utk vendor ini, tidak ada IG nya. Jadi untuk portfolio nya cm hanya berdasarkan foto2 yg dikirim sm owner nya aja. Dan emang dari portfolio yg dikirim, semuanya bentuk bulat. Dari Ci Fifi nya jg sempet saranin saya untuk ambil yang bentuknya bulat aja. Tapi saya lebih suka yg bentuk cascade, jadi dealing dengan bentuk cascade.

Kalo misalkan dr vendor nya kurang yakin bisa membuat bentuk cascade yg cantik, ada baiknya diobrolin sama bride to be nya, biar bs dicari solusi nya sama2. Saya kurang tau sebenernya dr pihak vendor nya bisa buat yg bentuk cascade / engga. Tapi emang salah saya jg sih, ga minta portfolio dr vendor tersebut untuk bentuk cascade nya. hehehe.

25 comments:

  1. Pertamax..
    Hehe hmm salut sama km yang bisa let it flow aja...and utk km yg mnrtku perfeksionis..km ud ngalah demi hari H tetep menjadi ur big day.
    Bunga tulipnya aku suka cin..
    Menginspirasi kok cyn..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ricka, ada istilah pertamax segala. :)
      iya ricka, kalo ada yg ga sesuai, udah mesti setel mode pasrah..hehehe. biar hati tetep bahagia, karena yg penting bs resmi nikah *sok bijak*. wkwkwk

      Delete
  2. bentuk cascadenya agak nanggung ya cyn tapi tetep cantik cyn perpaduan bunga mawar en tulipnya ;)

    usaha owner buat hubungin lo patut dihargain ya, setidaknya ada rasa "perlu jelasin" karena dia tau hasilnya beda dari yang uda disepakatin

    pas wed day, gue juga sempet kecele sama HB pagi cyn, hahaha jenis bunganya diluar bygan gue sama wo tapi yowis dah, like u said, jangan sampe gegara bunga hari bahagia jadi bete, xixixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ping, cascade nya nanggung bgt, terlalu rapi di bentuk bulat nya.. *nangis dlm hati*.

      yup, seengganya owner nya langsung hub gw ya, walopun gw ga ada hub dia duluan. setelah dia hubungin, baru gw keluarin uneg2 gw deh. wkwkwk. rasanya jadi lebih lega.

      jenis bunga di HB pagi u jg ga sesuai bayangan ya? wkwkwk, bener ping. bunga cm hal kecil, jgn sampe BT di hari bahagia.. hihihi

      Delete
  3. Sbnrnya untuk model cascade yg bagus klo ga terlalu look "organize" kali ya? soalnya klo liat di printerest gt rata2 modelnya agak terkesan "messy, wild but beautiful"
    *apa sih* wkwkwkwk

    tp HB cyn msh lbh bagus dr HB g yg cm bnr2 1 jenis di pagi dan 1 jenis di malam, ga berwarna. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sependapaaaaat shal.. cascade itu harusnya messy ya.. kalo hand bouquet gw, bentuknya terlalu bulat. jadi cascade nya nanggung bgt. wkwkwk.

      loh, emang HB mu kayak gimana shal? emang km yg request 1 jenis bunga aja kah? hehehe. kayaknya belom ada review nya jg buat HB. :)

      Delete
    2. Reviewnya ngasal sekalian sama Fleur De Lis last time. Emang request sih pagi cuma baby's breath. Malamnya apa aja yg penting modelnya posy dikshnya cm white lily n baby's breath. jd pucat wrnnya. tp ya sutralah. wkwkwk

      Delete
    3. HB pagi nya cantik shal *abis ngubek2 postingan Fleur De Lis lg*. wkwkwk.
      iya ya, kalo white lily & baby's breath, emang jadinya pucat. >.<

      the show must go on ya shal pas wed day. mau bunga nya kayak gimana, yg penting resmi nikah dah. hahaha.

      Delete
  4. Mahal juga ya cyn 1,1 untuk HB wkwkk.. *padahal ga tau harga pasaran*

    Tapi bagus pinknya, kayak ada manis-manisnya gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gw jg kurang tau harga pasaran HB reth. tp kayaknya emang sekitar 1 mio kali ya.. :)
      iya nih, milih warna pink karena wedding theme nya ada warna pink. hehehe

      Delete
  5. Kykna klo 1,1 dapet import tp gk pake tulip x yaa sin, kurang tao juga tp hrsnya uda dapet yg bagus klo d vendor lain :)

    Ya, postingan km peringatan jg buat ak yg perfeksionis ini biar hari H gk emosian klo ad ssuatu yg gk ssuai ama mau kt :) okelah ntr saya bunga pagi malem 1 aja dr lux XD skalian irit mode on

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nie, kl mau import, maksudnya tinggal tambah 200 rb. harga pasaran nya 1,3 mio setau aku buat bunga import. tp emang kayanya full rose import aja. hehehe.

      mesti setel mode pasrah nie kl pas wed day. wkwkwk. pasti ada aja hal kecil yg ternyata ga sesuai harapan / keinginan kita. hehehe.

      boleh2 aja nie kl bunga pagi malem 1 aja. tp mungkin better pake yg import, biar ga gampang layu.. hihihi. atau direndem di gelas dl pas selesai pemberkatan kl pake yg lokal *sotoy*

      Delete
    2. Sin bunga di lux kan artifical bukan fresh flower :)

      Delete
    3. Oh iya ya, di lux kan artificial flower ya.. pikun amat ya.. wkwkwk.
      nah, kl artificial flower masih bs direvisi sesuai keinginan kita sebelum dikirim. Jd pasti hasilnya cantik & sesuai selera deh.. hihihi

      Delete
  6. cynnn... uda lama ga mampir, taunya uda married ya... congratz ya! semoga langgeng2 terus ampe tua...

    dulu gua juga ga terlalu musingin hand bouquet, apalagi uda dapet free dari dekor hahahaha... tapi setelah hari H lewat, baru sadar ternyata itu penting juga hehehe... tapi warna HBmu cakep loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mel.. ga berasa bgt ya, tau2nya udh married.
      Thank youuuu ya mel.. :)

      Bener mel, kl udh pake vendor dekor, ga usah pusingin hb lg, biasa udh dpt free.. :D

      Delete
  7. Eh, kalo lu pesen sm tmpt gue pesen HB, pasti bakalan ngamuk2 kali hahaha. Karena bener-bener jauh dari bentuk order, cuma jenis bunganya aja sama. Mana beberapa pesanan ada yg hilang. Padahal tempat gue pesen kan sangat punya nama di kalangan pengantin.

    Tapi gue melihatnya sederhana aja, secara overall, itu gak mengganggu acara pernikahan gue, dan tetep semuanya terlihat bagus dan serasi. At least vendor lu udah kontak lu lagi pas hari H, gak lari, dan lumayan tanggung jawab bisa jelasin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya ci, WO aku udh sempet saranin pesen di atrina aja. Tp ya gitu, bs bikin stress kl orgnya kayak aku.. soalnya yg dipesen sm yg dtg bs beda drastis. Terus orgnya jg slow response bgt. Tp emang hasilnya bagus kl kata WO. Jd nya ga pesen di atrina dah.. wkwkwk.

      yup, bener ci. Hand bouquet cm hal kecil aja. Bahkan aku cm pake nya dr pagi - pemberkatan. Jd pas hh, cm kaget liat di awal2 nya aja. Abis itu gak pikirin apa2 lg deh. Hahaha.

      Bener ci, dr owner nya malah yg inisiatif buat nyari aku duluan buat kasih penjelasan. Padahal dr aku nya sendiri jg ga ada hub dia sm sekali buat nyampein komplen..

      Delete
  8. Hebat ya kamu bs tetep tenang mskpn kecewa sama HB nya.
    O ya cyn klo HB itu ga layu ya pake dari pagi sampe mlm. Masih bingung mau pake 1 apa 2 HB. Soal nya dari bridal cuma dpt 1 HB full rose. cuma kan rose cepet layu ya.
    Owner sh profesional ya. Mau nyari dan tanggung jawab. Skg udh lega ya.. semua udh beres.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. karena buat aku, minimal HB nya dateng tepat waktu, warna nya sesuai request. yg penting punya HB..wkwkwk.
      Aku kurang tau sel kalo layu / engga nya, karena HB aku yg fresh flower ini cuma dipake sampe pemberkatan siang aja.
      Sore hari nya udah diambil sm pihak dried flower utk dikeringin.
      Nanti minta tolong sm bridal buat kasih yg rose import aja sel.. kl ga salah, yg import biasanya lebih tahan lama dibanding yg lokal. Atau bisa jg direndem di dlm air sehabis pemberkatan, biar meminimalisasi bunga nya layu.. :)

      Delete
  9. Chyn,,suka bgt sama warna HB'nya.. Baguss kombinasi warnanya.. walopun bentuknya ga sesuai sama yg kamu minta tp warna masih boleh lah.. hehehe..
    Sempet liat2 Ayanna jg nih pas ke APP.. tp harga 11-12 sama Atrina yaa.. msh galau mau pake brp HB soalnya dr bridal dapet 1.. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sil, utk perpaduan warnanya cakep ya.. hihihi, pinky2 gitu. kesan nya sweet. :)
      iya, dr sisi harga 11 - 12 kok sm atrina (info dr WO aku).
      ayo 'semedi' dl, nantinya mau pake berapa HB. hehehe

      Delete
  10. Sinn, sayang bgt ya ga jadi sesuai yg dipesan. Padahal mahal lhoo ituu 1,1jt. Di tempat gw kmren 500rb bentuk cascadenya beneran cascade. Tapi gpp, yg penting pas malemnya cantik ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya py, cascade nya agak nanggung ya HB pagi nya. wkwkwk.
      kurang nanya2 florist jg waktu kemaren. mestinya nanya sm u ya.. :)
      Untungnya punya artifical HB yg cakep buat malem, jadinya ga terlalu mikirin HB pagi yg kurang kece. hehehe.

      Delete
  11. Ya sudahlah yah yg penting org lain yg liat bilangnya bagus2 aja hihihi. Yg gue kecewa adalah ada pesenan yg gak dtg yaitu headpiece buat flower girl dan flower ball buat flower girl, graduation bouquet

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik