Monday, April 11, 2016

Wedding Review - Gaun Mama & Sister (Calia Gown)

Lanjut lagi wedding review nya.. Karena tiap vendor dibuat 1 postingan, jadinya kaga selesai2 nih.. >.<  Dan masih ada belasan vendor lagi yg mesti di review.. Ini review an udah sengaja dikebut, biar cepet2 move on & bs posting topik laennya. Buat yg baca, jgn bosen2 lah ya baca topik ini. Emang salah 1 tujuan utama buat blog ini ya untuk sharing wedding preparation & performance masing2 vendor pas wed day..

Karena postingan sebelumnya bahas ttg gaun mamer, makanya di postingan ini saya bahas tentang gaun buat mama & ade perempuan saya. Untuk gaun mereka berdua, saya sewa di Calia Gown. Saya tau tempat sewa ini dari pertama kali Calia buka, karena sering bolak balik lewat Calia.. Akhirnya pas lagi cari2 gaun utk prewed, saya mampir kesini. Ternyata lagi ada opening promo, sewa 1 gaun free 1 gaun untuk harga yg sama. Syarat nya cukup lunasin harga 1 gaun nya dulu. Ga ada masa berlaku kapan gaun nya mau dipakai. Asik banget kan? hehehe. Pas banget buat saya yg masih bingung mau sewa gaun yg mana.

Akhirnya saya foto2 dulu gaun mama yg warna merah, karena mamer kan jg buat gaun warna merah. Waktu foto2, ada 1 gaun yg saya suka tp saya ga tag tanggal utk gaun itu, karena saya ga tau nantinya mama suka ga sama gaun itu. Buat saya sih ga perlu model gaun nya sama, yg penting warna gaun nya sama.. Biar lebih keliatan kompak. hahaha. Dari foto2 yg ada, saya unjukin ke mama. Ternyata dia naksir salah 1 gaun yg ada di foto. Saya sempet WA ke Calia buat nanya availability dari gaun nya, ada di showroom ga. Kalo emang gaun nya lg ga disewa sama org lain, saya mau ajak mama buat dtg ke showroom..Eh, tapi slow response. hahaha.

Jadi saya nekad ajak mama kesana utk cobain gaun yg saya & mama suka. Setelah coba beberapa gaun merah, ternyata emang yg saya liat dari awal bagus itulah yg ditaksir sama mama. Cuma bagian belakang nya perlu dibesarin sekitar 4 cm. Akhirnya saya mau tag tanggal utk gaun itu.. Eh cici owner nya Calia bilang kalo sebenernya gaun itu udah di tag duluan sama orang lain, selisih 1 hari doang tanggal wedding nya kita. Bahkan dia baru aja tag & bayar kemarin, selisih 1 hari sama kedatangan saya ke Calia. >.<

Saya kaget banget, kenapa bs pas2an amat ada org laen yg udah tag untuk gaun yg kita mau. Saya unjukin ke cici owner nya, kalau saya udah foto gaun ini dari 2 minggu yg lalu loh. Apalagi posisinya saya udah lunasin sewa 1 gaun, walopun belom ada gaun yg di tag. Akhirnya cici nya blg, nanti coba saya arahin ke bride lainnya utk ambil gaun yg bisa kembaran sm besan nya. Karena bride laen itu jg masih ragu2 mau ambil gaun yg warna merah / pink fuchsia. Jadi gaun nya emang dikasih tag tanggal untuk kita..fiuuuh, lega rasanya.

Kalau ga salah inget, mama saya ada dateng ke Calia 2x lagi utk fitting. Pas proses fitting, jgn lupa ingetin mama untuk bawa sepatu yang nantinya akan dipakai buat wed day nya ya. Karena mau diukur untuk panjang gaun nya, apakah kepanjangan / engga. Pas proses fitting pertama, sebenernya udah diukur kalo bagian belakang mesti dibesarin 4 cm. Pas dateng utk fitting kedua, catetan nya ga ada.. >.< Jadinya mama mesti ukur ulang lagi deh. Terus diminta utk dateng sekitar 1 minggu sebelum wed day buat final fitting, biar badan nya ga berubah jauh katanya.

Utk fitting terakhir, ternyata ada yg masih kurang pas di bagian cup bra nya. Karena gaun nya udah mau dibawa pulang sama mama, jadi akhirnya cup bra nya ditambah jadi double. Mbak nya langsung tambahin cup bra nya, kita cukup nunggu sekitar 30 menit an. Sambil nunggu, mama jg sambil pilih2 aksesoris yg mau dipinjem buat nantinya dipakai pas wed day. Karena emang dr Calia dapet jatah utk pinjem aksesoris (bs hair pieces, bs kalung gelang anting, bs jg simple artificial hand bouquet). Akhirnya mama saya pilih 1 box aksesoris yg isinya kalung sama anting. 

Pas di fitting terakhir, saya liat2 ada 2 gaun lg yg mirip sama gaun yg disewa sama mama saya. Mungkin gaun ini termasuk gaun favorit ya, jadinya dibuat 'duplikat' yg serupa tapi ga sama persis. hehehe.
Ini gaun yg disewa sama mama, ternyata model nya mirip2 sama gaun yg dijahit sama mamer. hehehe.
Buat ade perempuan saya, dia ga mau pakai warna merah. Karena kebetulan wedding theme nya emang merah, pink, peach, gold, jadi ade saya ambil gaun yg warna nya kalem2. Dia jg galau mau pilih gaun yg mana, jadinya saya yg 'pilihin paksa' 1 gaun buat dia. wkwkwk. Untuk gaun ade saya, sebenernya di bagian rok bawah ga mengembang (karena ga ada kerang nya). Saya request buat ditambahin kerang biar ngembang, katanya bisa. 
Ini gaun yg saya pilihin buat dede perempuan saya.. Gaun awal nya, di bagian rok ga ada kerang utk ngembangin rok nya

Ini bagian belakang nya. Nah, yg bermasalah itu di bagian pinggan nya, berlipet2 gitu.
Pas ade saya fitting selanjutnya, bagian rok udah ditambahin kerang, tapi jahit nya gak rapi. Jadi panjang gaun di bagian depan & belakang bisa beda. >.< Bagian pinggang nya jg masih kesempitan, jadi mesti dibesarin lg. Tapi entah kenapa, di bagian pinggang nya selalu keliatan kelipet2, ga bs rapi walopun udah dibesarin.

Kalau menurut saya, mbak2 yg jaga disini masih belom jago untuk liat apa yg kurang dari hasil fitting gaun nya. Jadi ketika kita tanya kenapa gaun nya ga bs rapi, dia sendiri jg ikutan bingung. haiyaaaa..Akhirnya saya tetep ambil gaun itu walopun bagian pinggang nya berlipet2. Seengganya berlipet2 nya itu di bagian pinggang belakang, jd ga keliatan dari depan. Kalau ade saya pilih nya hair accessories yg dipinjem dari Calia. Tapi ujung2 nya gak dipake jg pas wed day saya.. :)
Karena efek lighting, gaun nya jadi keliatan warna salem ya.. Padahal asli nya warna pink. hehehe
Oke deh, urusan booking gaun nya kelar, giliran urusan pembayaran nya. Karena harga 2 gaun yg diambil melebihi saldo deposit saya yg udah dibayar sebelumnya, jadi saya mesti nambah sekian ratus ribu.. Saya juga mesti setor biaya deposit ketika pengambilan gaun nya, tapi saya udah lupa nominal deposit nya berapa % dari harga gaun.

Untuk gaun mama, sebenernya saya diminta oleh pihak Calia balikin di H + 2, karena mau disewa lagi oleh orang lain. Tapi saya udah blg, kalau saya baru bs balikin semua gaun di H+3. Akhirnya di H+3, saya & suami baru pulangin gaun2 nya. Pas dipulangin, ternyata ada 1 hanger Calia yg ilang. Saya sendiri jg ga sadar kalau hanger yg dipakai untuk gantung gaun mama ternyata beda dengan hanger awal milik Calia. Mungkin ketuker waktu nginep di hotel. Jadi dari deposit dipotong 25 ribu untuk bayar hanger yg ilang. Menurut saya sih harga cas nya masih wajar..

Kesimpulan:
Nilai: 7/10

Menurut saya, pengetahuan mbak2 yang bagian ukur nya mesti ditingkatin lagi. Jadi ketika misalnya ada yg kurang OK dari gaun yg sedang di-alter, mereka bs kasih masukan ke customer kira2 di bagian apa yg kurang. Untuk panjang-pendekin gaun jg harusnya bs dikerjakan dengan lebih rapi lg, sehingga tidak ada perbedaan panjang dari gaun yg di-alter.




31 comments:

  1. Cyn, dari postingan gaun mamer sama nyokap ini ya gue jd tau loh istilah kerang, hehehehe tdnya ga tau, taunya tille *ampuni akoh yang kudet* hahahaha

    gue demen deh sama warna gaun ade lo, pinknya tuh lembut bgtttt!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kerang yg biasa nya dipasang di bagian bawah bahan tulle nya, biar ngembang.. ping, gw jg baru tau istilah itu dari cici yg jaga di Calia. wkwkwk. kl ga, gw jg ga tau istilahnya apaan.. :D

      iya, pink nya soft ya.. :D

      Delete
  2. Iya sama Cyn, gue juga baru tau istilah kerang itu hihihi jd tambah bagus gaunnya ditambah kerang itu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nic, gw jg baru tau istilahnya dari cici yg ada di Calia.. hehehe..
      emang jadinya lebih bagus ya kalo ditambah itu, penambahan nya jg gampang.. :D

      Delete
  3. Gown mama mu bagus cyn..
    Iya sh harus nya mba2 nya hrs lebih ngerti lagi ya soal gwon yang cocok buat masin2 customer karena kan badan dan kecocokan masing2 beda.
    Customer kan jadi seneng kl bisa disaranin yang cocok dan sesuai sama badan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you sel.. :D
      iya, seharusnya mbak2 di tempat sewa gaun seperti ini, bs lebih punya pengetahuan waktu customer fitting gaun nya ya, jadi bs kasih masukan kurang / lebih nya dimana. :D

      Delete
  4. iyaa gaun mamamu mirip sama yg punya mamer kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ga sengaja milih nya.. tau2 nya mirip. :D

      Delete
  5. Gown mamer ak juga sewa di Calia dan sama ky mama km sin haha *toss lah* btw ini gown bs d panjangin gk sih? di mamer ak rada gantung tp mnrt dia oke2 aja soalnya dia gk mao ampe nyeret2 or keinjek gown XD

    Menurut ku si bener deh mba2 d calia ini rada kurang bs pas-in gown ke badan kita mungkin masi baru apa gmn yaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, toss bokong dl nie.. :D
      kayaknya ga bs dipanjangin nie. Di mama aku jg ga dipendekin sih.
      kl mis di mamer km rada ngegantung, gimana kl misalnya heels mamer diubah jd yg lebih pendek sedikit?

      iya, mbak nya kurang pengalaman kayanya.. jadi ga bs kasih masukan ke kita nya jg ya.. >.<

      Delete
    2. camamer juga bikinnya pendek kok heelsnya sin, moga2 pas d fitting lg lebih bagus yaa :D

      Delete
    3. Hihihi, kalo begitu aman bie, ga mungkin ngegantung hasilnya.. :)

      Delete
  6. G tau kerang stlh krn kerjaan design mendesign nih. sblmnya sebutnya suka2 g untuk bagian bawah yg buat ngembangin.
    tp stlh calia sering disebut2 jdnya tiap lewat berasa pengen masuk n coba gaun2..g sk yg pink itu. soft bgnt. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. shal, sekarang emang design apa? :D
      nanti kl sempet, cerita2 di postingan nya ya.. hehehe.

      Delete
  7. Chyn, yang penting gaun mama nya bagus. Karena pasti lebih merhatiin para outfit ortu kan, apalagi di panggung. Bagus tuh yang mama kamu pilih, n mama kamu asik juga ya, mau aja sewa gaun aja biar praktis.

    Calia kyanya karena masih baru deh, jadi masih trial and error. Untungnya adek kamu ga komplain ya soal kerut kerut di gaun belakang, kalau aku sih bisa senewen sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, untung nya mama ku jg ga ribet soal gaun, mau2 aja kalo sewa.. hehehe.

      hahaha, iya ndri. untung nya ade ku ga cerewet jg soal gaun nya yg kerut di bagian belakang. soalnya kalo ganti gaun lg pasti makan waktu lebih lama.. :D

      Delete
  8. Gaun mamanya cakep deh cyynn.. Pengen sewa gaun mama disana, tapi mertua bilang 2.5jt mahal. Sayang bgt dulu uda keburu bikin sama penjahit sebelum denger ada promo sewa 1 gratis 1 seharga yg sama.
    Gown dede keliatan mengkerut sepertinya karena gaunnya ga ada tulang di depan & belakang. Karena bahannya ga elastis, jadilah mengkerut gitu.

    Aku dulu sewa gaun di Calia, ada 1 gaun semi mermaid yg jahitan di pinggulnya ga rapi. Kalo diperhatiin dari depan, lengkungan pinggul kanan-kiri ga sama karena pas ngecilin pinggul, cuma sebelah yg dijahit. 4 gaun lainnya OK2 aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah, sayang ya kelewatan promo sewa 1 gratis 1 nya.. emang good deal banget sih ya promo itu.. hehehe.
      nah iya, berarti karena ga ada tulang nya ya, jadi mengkerut melulu biarpun dipermak kayak gimana.

      berarti ada 1 gaun sewaan aja yg jahitan nya krg rapi waktu sewa buat prewed dl ya.. yg 4 laennya semua bagus.. :D

      Delete
  9. Wah, gue gak pernah ada pengalaman sewa gaun. Tp kalo liat dari gaun-gaun yang lu sewa ini, sepertinya dia gak main struktur boning (tulang). Dan buat jahitan yang bagus, seharusnya boning itu standar. Tapi memang banyak yang bilang, bikin baju dengan struktur yang bagus itu gak mudah. Even ada bone-nya pun, kalau nggak jago jahitnya bisa brantakan. Tp syukur deh kalo dari depan mah ngga gitu keliatan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, syukur deh dari depan ga keliatan kerut2 nya.. kl dari depan mengkerut jg, pasti udah minta ganti gaun aja.. berarti emang struktur tulang di gaun emang ngaruh banget ke hasil akhirnya ya.. >.<

      Delete
  10. sin, baru tau namanya kerang. gua sampe bingung kirain kerang itu apa. hehehe. :D bagus hasilnya sin. bener kayanya karena gak ada tulangnya yah jadi bagian belakang rada mengkerut. hehee. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, bener gara2 ga ada tulang nya ya.. :D

      Delete
  11. hola salam kenal...
    baru liat2 isi blog ini... beneran salut buat ngurus pernikahan nya... keren..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal jg ya.
      thank you ya udah sempetin mampir disini.. :D

      Delete
  12. gaunnya yang baby pink itu baguss...*naksir...hahaha

    ReplyDelete
  13. Baru tau loh bisa sewa menyewa gaun gitu untuk mama hehehe...soalnya dulu mama bikin dan kepake paling cuma 2-3 kali aja ahahhaa padahal udah modelnya mininalis banget (jd kalau ada wedding keponakan yg deket dia pake dari pada mubazir itu gaun)

    Orang kl pesta liat depan, nggak liat belakang hihihi...mgkn krn dia sewaan gitu kalau pake tulangan susah dirubah sesuai ukuran penyewa kali yah makanya dia gak pake. Pas mama bikin dulu pertama dtg cuma ukur badan sama gambar desain, kedua dateng nyobain udah jadi tapi masih bentuk tulangan gt, ketiga dtg udah berbentuk gaun tapi blom ada hiasan macem2. Sampe udah pas badan kita baru dia kasih hasil akhir. Memang makan waktu buat dateng bolak balik itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci, jaman sekarang udah makin praktis. jd gaun mama jg bs disewa. :D
      emang sayang & mubazir kalo buat baru, karena mentok2 dipake cuma sekitar 2 - 3 kali aja..

      bener ci, kalo pesta sih pasti org2 liat model depan nya ya.. hehehe. jd biarpun kerut sana sini di belakang gr2 ga ada tulang, kayanya ga ada yg ngeh jg. :D

      iya ci, bolak balik kalo buat gaun baru itu emang makan waktu banget di jakarta yg serba macet kemana2. tapi selama hasilnya bagus & pas di badan, jadinya worth it ya.. hehehe.

      Delete
  14. Lumayan hanger kenanya 25rb cin...

    aku ilangin belakang anting [pentolan kecil buat anting]
    kena 50 ribu 1 biji /.\ ..
    harus hati" nih kalo sewa di calia ..
    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ilangin pentolan anting kena 50 rb ya? >.<
      kadang kita jg ga sadar kalo udah ilangin ya, tau2 nya potong deposit. hihihi. untung harganya masih bs dibilang masuk akal ya.

      Delete
  15. terimakasih informasinya sangat membantu.
    kalau sedang cari Paket pernikahan rumah di Tangerang yang sesuai dengan budget, zanita wedding adalah pilihan yang tepat.

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik