Friday, April 8, 2016

Wedding Review - Gaun Mertua (Ri*** Wear**)

Lanjut lagi review nya ya.. Kali ini mau review untuk gaun mertua yg buat baru di Ri*** We****. Selanjutnya disingkat aja jadi RW ya biar lebih gampang ceritanya. hehehe. Jgn eneg ya bacanya, long story banget nih. hehehe. Jadi kl yg ga tertarik baca, langsung di closed lagi ya. :)

Awalnya saya tau ttg RW dari salah 1 blogger yg udah pernah jahit gaun disini, hasilnya bagus, harga murah, tp emang jadinya agak mepet. Saya kenalin ke suami & mertua ttg RW ini, ternyata mertua mau jahit disini. Pertengahan Maret 2015, saya hubungin RW buat janji ketemuan di tempat nya dia. Gaun nya sendiri akan dipakai di bulan October 2015. Berarti sekitar 6.5 bln sebelum wed day ya..

Awal2 janjian, sebenernya udah mulai keliatan orang nya agak slow response sih, tp masih acceptable buat saya..
Ini chat pertama x nya
Dari chat pertama, kita mau janjian ketemuan di showroom nya tanggal 21 maret. Pas tgl 21 maret, kita (saya, suami, mertua) udah sampe di showroom sekitar jam 9.20 pagi kayanya. Pas dateng, tempat nya masih dikunci. Saya sempet agak panik, kok masih tutup. Tapi ga lama kemudian, mbak yg jaga di showroom nya dateng, tapi ga pegang kunci. Mbak nya telp ke rumah dulu, minta tolong orang yg ada di rumah untuk anterin kunci ke showroom (fyi, rumah designer & showroom nya masih 1 area, jadi ga terlalu jauh2 banget). Nunggu sekitar 15 - 20 menit, baru ada orang yg anterin kunci showroom naek sepeda.

Showroom nya ini ada di sebuah ruko 3 lantai. Untuk ruko lantai 1 & 2, ada perkantoran. Utk showroom nya sendiri ada di lantai 3. Mbak yg jagain showroom, orang nya ramah bgt. Ijinin kita untuk coba2 beberapa gaun yg ada di showroom (untuk liat kira2 model gaun seperti apa yg cocok di mamer). Setelah coba beberapa gaun, RW nya masih blm dateng jg ke showroom. Mbak nya ngasih tau kalau saya disuruh ke rumah nya aja.. Pas saya cek di WA, oh ternyata emang RW ada chat ke saya jg.

Setelah nanya2 patokan rumah nya RW ke mbak, kita langsung capcus ke rumah RW. Pas ketemu, ternyata RW ini masih muda, bahkan lebih muda dr saya. hehehe. Di rumahnya, mamer mulai ditanya butuh dipakai gaun nya tgl berapa. Saya jawabin sejujur nya. Katanya tenang aja, nanti tgl 1 pasti udah kelar. Well, sesi selanjutnya mamer mulai diukur pakai meteran. Dan RW mulai ngegambar di kertas utk desain gaun nya (kita ada unjukkin contoh gaun yg sebelumnya dicoba sama mamer buat jadi referensi).

Dari pertemuan pertama ini, mamer udah tau mau pakai warna merah untuk gaun nya. RW janji untuk kirimin 2 jenis bahan brukat ke rumah, nantinya mamer diminta utk pilih mau bahan yg mana. Kita jg ada sempet omongin harga, kira2 berapa sih budget jahit di designer ini. Katanya tergantung bahan yg dipilih, tapi dia udah kasih gambaran ke kita untuk range harganya. Hmmm, kl menurut saya sih harganya so so ya. Yang pasti lebih rendah dari harga desainer kondang. hehehe.

Seminggu setelah pertemuan pertama, saya follow up duluan untuk tanya bahan nya udah dikirim / belum. Ternyata masih blm dikirim & dia sempet lupa kl saya pesen atas nama tante siapa. Saya sih maklum aja, karena pasti banyak orang lain jg yg jahit di dia.. :D

Tgl 2 April, saya udah terima bahan yg dikirimin sama RW.  Karena dikirimin 2 bahan, saya tanya apa beda dari 2 bahan ini, harganya sama ga. Kata RW sih sama. Jadi saya tanyain mamer lg, mau pilih bahan yg mana. Ternyata mamer mau bahan ke 1. Saya sampein lg ke RW kl pilihan nya bahan no 1.

Tapi saya kaget, harga utk bahan no 1 & 2 melebihi harga yg sempet diomongin di pertemuan pertama. Jadi saya ingetin RW lg, bukan nya range harga maksimum nya sekian. Terus dia baru inget kl saya kenalan nya salah 1 client yg pernah buat di dia. 

Ternyata ada selisih harga kalo jahit baju yg ada kenalan, harganya lebih murah (middle price). Analogi harga nya begini. Temen blogger buat gaun, harganya misalnya x juta. Kalau buat dengan bahan no 1, harganya lebih dari 2,3 kali lipet lebih mahal dari x juta. Dengan bahan no 2, harganya 2,1 x lipet lebih mahal dari x juta. Nah, karena saya kenalan temen blogger & saya tawar sedikit (yg harusnya nambah 750 rb dr range harga maksimum, akhirnya deal dengan nambah 500 rb), jadi harganya 1,9 x lipet lebih mahal dari x juta. Lumayan lah.

Cuma yg saya bingung, sebenernya kan waktu pertama kali bahan dikirim, saya udah sempet nanya sama RW, apa harga dari kedua bahan ini sama & dia jawab sama. Tapi begitu saya pilih bahan no 1, dia blg kalo harganya lebih mahal.

Setelah urusan harga & bahan cocok, saya diminta utk DP 50%. Jadi saya transfer & konfirmasi begitu selesai transfer di tanggal 12 April 2015. Saya jg nanya, kira2 kapan bs fitting pertama setelah selesai DP. Katanya nanti dikabarin lagi. Begitu sebulan lebih ga dikabarin apa2, saya hubungin lg designer nya di tanggal 19 Mei 2015. Dijawab nya udah bs fitting, tapi begitu ditanya bs fitting di bln Mei, ga dijawab lg. >.< Akhirnya saya hubungin lg di tanggal 23 Mei 2015, baru ada response lg. Setelah chit chat, akhirnya fitting pertama di tanggal 6 Juni 2015. 

Dari fitting pertama, RW janjiin kalau 1 bln lg udah bs untuk fitting yg ke 2. Di tanggal 27 Juni 2015, jadinya saya inisiatif utk tanyain lagi. Karena kan nantinya ada kepotong libur lebaran jg kan.. Tapi jawaban nya klasik, nanti dikabarin lg (dijawab tgl 29 Juni 2015) --> slow response nya udah makin keliatan nih.

Setelah ga ada kabar sama sekali, akhirnya tanggal 21 Juli 2015, saya tanyain lagi buat jadwal fitting ke 2 nya. Dan ternyata jawaban nya masih belom bs, nanti dikabarin lg --> udah mulai capek uberin jadwal fitting, tapi masih mencoba bersabar. Saya mulai bawel, karena dia sendiri yg janji kl 1 bln setelah fitting pertama, udah bs fitting kedua. Kalau fitting pertama di tgl 6 Juni, tapi sampai tgl 21 Juli masih blm bs fitting ke 2, wajar kan ya kl saya follow up lagi (soalnya saya suka ditanyain sama mamer kl ketemu, kapan bs fitting kedua). 

Tanggal 29 Juli 2015, saya follow up lg, inisiatif utk propose fitting date di tanggal 8 Agustus 2015, karena mamer saya cuma sempet utk fitting di hari Sabtu & Minggu. Sedangkan RW nya libur di hari Minggu, berarti cuma bs fitting di hari Sabtu. Dan akhirnya di bilang oke untuk fitting di tgl 8 Agustus 2015, janjian pagi hari (dijawab sama RW di tgl 30 Juli 2015).

Tanggal 7 Agustus 2015, saya chat lagi ke RW untuk ingetin dia kalau besok ada jadwal fitting. Sebenernya suami udah suruh saya chat ke dia dari tanggal 4 - 5 Agustus, tapi saya pikir buat apa ingetin dr jauh2 hari. Toh dr chat emang udah janjian fitting di tanggal 8 Agustus kan. Ternyata chat saya di tgl 7 Agustus itu ga masuk2 (cuma centang 1). Saya coba telp jg ga bisa. Bahkan chat & telp tetep ga bs masuk sampe tgl 8 Agustus pagi.


Karena suami & saya udah keburu ngomong sama mamer ada jadwal fitting di tgl 8 Agustus, otomatis kita tetep berangkat ke rumahnya RW, walopun saya coba chat & telp ga bisa masuk. Pas udah sampai di rumah nya, pintu dibukain sm ART & blg kalau RW nya masih tidur. Kita nunggu sekitar 15 menit di ruang tamu rumah, sampe akhirnya RW turun. Dia blg kalau dia lg sakit flu, HP ga dicas, jadi ga tau kalau ada chat yang masuk. Yg paling ngeselin, gaun nya ga ada di rumah nya (katanya masih ada di penjahit). Jadi mamer saya ga bs fitting ke 2 di hari itu. Haiiish. Dia blg maaf karena ga bs fitting & nawarin gimana kalau dia yg nyamperin ke rumah kita. Tapi akhirnya mamer saya mau dateng lagi besok (tgl 9 Agustus 2015, hari Minggu sore) buat fitting. Harusnya hari Minggu kan libur, tapi akhirnya bs janjian utk fitting --> untungnya waktu di jalan plg, mamer ga ngoceh2 sedikitpun soal ini, padahal saya udah takut setengah mati. Ga enak banget sm mamer. Dr rumah suami ke rumah RW itu lumayan jauh, makan waktu sekitar 1 jam nyetir kalo ga macet.

Saya ingetin lagi lewat chat setelah pulang dari rumahnya RW untuk jadwal fitting tgl 9 Agustus 2015, biar dia ga kelupaan lagi. Saya ga ikut ke rumah RW pas fitting tgl 9 Agustus. Tapi suami bilang, kalo fitting nya cuma ditemenin sama mbak2, bukan sama RW nya. Mamer sempet tanya sm mbak nya, kapan ya bisa fitting ke 3. Tapi mbak nya blg, utk jadwal fitting mesti ditanya langsung sm RW.

Oh iya, saya langsung inisiatif buat minta nomor telp rumah nya RW, untuk jaga2 kalau misalnya nomor HP nya dia ga bs dihubungin lg kayak sebelomnya. Akhirnya nomor telp rumah RW udah dicatet. Mulai dari kejadian yg batal fitting ini, saya jadi sempet berantem sm suami. Dia blg, kenapa ga diingetin dari tanggal 4 - 5 Agustus aja, jadi kan ga sampe ada kejadian batal fitting. Saya blg, kalau begitu untuk urusan RW, saya kasih deh nomor WA nya, biar suami sendiri yg follow up ke RW untuk jadwal fitting. 

Suami sempet follow up langsung ke RW, tapi ya case nya sama persis kayak saya. Dijawab nya nanti dikabarin, tapi ditunggu2 kabar nya, ga ada kabar sm sekali. Karena saya kesel nya udah ke ubun2 sama RW, di tanggal 15 September 2015, saya terpaksa chat dia dengan marah2. Karena udah kurang dr 1 bln sebelum wed day saya, tapi kita masih ga dapet kejelasan ttg kapan bs fitting ke 3 untuk gaun mamer. Mulai bridezilla mode on nih gara2 urusan gaun mamer. 

Di hubungin lewat wa / line, ga dijawab2. Ditelp ke rumah juga ART nya selalu bilang RW nya ga ada di rumah. Pernah sekali ART nya blg tunggu sebentar ya & nanya saya siapa, eh tapi dijawab lg kalau baru aja RW nya pergi keluar sama mama nya. *mau cakar tembok rasanya*. hahaha.

Tanggal 18 Sept 2015, saya chat lagi ke RW untuk tanya kepastian jadwal fitting ke 3. Mamer cuma bs fitting di weekend, sedangkan tgl 26 Sept 2015 itu jadwal saya sangjitan. Akhirnya saya & suami terpaksa boong kalau gaun nya mau dipakai utk pemberkatan nikah di tanggal 3 October 2015. 

Temen blogger emang udah kasih tau kalau harusnya saya bohong untuk tanggal kapan mau dipakai gaun nya. Tapi menurut saya, buat apa boong. Eh ternyata kalau urusan gaun ini, emang kudu boong biar bisa jadi secepetnya ya.. >.<

Setelah chat marah2, akhirnya dibales jg deh sama RW & minta saya buat sabar. Hmmm, gimana bisa sabar ya kalau dihubungin ga pernah ada kabar pasti kapan bs fitting nya. Sedangkan mamer saya nanyain juga kapan bs fitting, biar bs diatur jadwalnya. Saya yg bingung mesti jawab apa.

Di tanggal 19 Sept baru mulai ada titik terang kapan bs fitting ke 3.

Tanggal 20 Sept 2015, tumben2an saya yg dihubungin duluan sama dia. Akhirnya dari hasil chit chat, kita janjian di tanggal 26 Sept sore untuk fitting ke 3.

Disini ada itikad baik dr RW untuk minta maaf karena jadwal fitting yg mundur2 terus. Saya sih sebenernya ga mungkin marah2 kalau ada kepastian tanggal fitting. Bukan nya dicuekin gitu aja, Kan kita nya yg panik kenapa ga bisa dihubungin & ga ada kabar sama sekali.

Akhirnya setelah fitting ke 3 di tanggal 26 Sept sore, ada sedikit perbaikan lagi. RW janjiin nanti gaun nya dikirim ke rumah setelah di-alter sedikit. Karena kita bohong kalau mau dipakai pemberkatan di tanggal 3 Oct 2015, gaun nya berhasil dikirim ke rumah di tanggal 1 Oct 2015. 

Yang saya agak salut, dia berani minta kurir untuk kirimin gaun nya ke rumah, padahal kita belum lunasin sisa pembayaran nya & RW jg sama sekali ga ada singgung2 untuk ingetin pelunasan. Setelah gaun dikirim, ga lama kemudian suami langsung transfer utk pelunasan nya.

Udah cerita panjang lebar begini, ga afdol kalo ga ada foto gaun nya. Dari mamer sih sama sekali ga ada komplain apa2 untuk gaun nya.. Jadi harusnya bisa diartiin kalau sebenernya hasil akhirnya OK ya.
waktu fitting pertama, jadinya seperti ini
waktu fitting pertama, gaun nya seperti ini
tampak belakang gaun nya. Di bagian tulle atas dada minta ditempelin batu2 kecil biar lebih mengkilap
tampak depan gaun nya, ga pake buntut segala. Cuma dipakein kerang aja di bagian bawah rok, biar agak sedikit ngembang
Kesimpulan:
Nilai: 5/10 --> karena service nya yg udah bener2 parah.

Capek banget kalau ketemu vendor yg begini pas wedding preparation. Customer yg mesti aktif follow up, tapi ga langsung dapet kepastian jg untuk jadwal nya. Kalau menurut saya, sayang banget sih kalau service dari RW seperti ini. Padahal dia masih muda & talented, hasil jahitan nya juga OK. Saya pasti akan rekomendasiin dia ke orang lain andaikan service nya ga seperti di atas. At least, di akhir2nya dia minta maaf juga sama saya karena slow response. :)

Fiuh, akhirnya kelar jg long posting nya.. capek juga kan baca nya. Ngetik nya jg capek. :D

18 comments:

  1. tarik napas dalem2 banget ya cii kalo ketemu vendor begini ..
    baca disini aja berasa capek atinya, apalagi ngerasain langsung yaa ..ckckck
    semoga jadi masukan yg baik buat pihak RW.
    tapi overall gaunnya keren cii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya der, uji kesabaran bgt kl ketemu vendor yg kayak gini. Tp at least, hasil akhirnya bagus. Dan kita sama2 enak di 2 belah pihak, ga ada kesel yg masih ditahan2.. hehehe.
      hasil jahitan nya sebenernya oke der, cm mungkin dia kewalahan terima order, jd slow response ke client..

      Delete
  2. Hai Cyn, gue ikut kesel sama si RW ini juga loh soalnya gue jg gak suka cara bisnisnya yg gak komit (main mundur2in jadwal fitting dll seenaknya aja) *eh sori ya jd ikutan emosi hihi*
    Syukurnya si mamer gak marah2 jg ke kamu ya gara2 RW ini, dan terbayarkan jg sama gaunnya yg bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener, susah dihubungin sm susah commit buat jadwal fitting yg bikin kesel..
      iya, syukur nya mamer ga pake ngoceh2 segala, bs tambah pusing gw kl dia ngoceh. hahaha.

      Delete
  3. Wkwkwkskskks bacanya sih ga capek, gregetan dan deg2an aja klo ampe telat2.
    Untunglah semua badai ud berlalu hahahahah.
    Kadang kangen klo inget wedding prep tapi kdg lega ud lewat hahahahaha.
    Bagus bajunya loh pdahal yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, untungnya gak telat ya.. itu jg pake boong dulu mau dipake buat pemberkatan.. :D
      wkwkwk, udah lewat wed day mah udah lega ya pri.. vendor2 yg bikin sewot, biar jd bumbu wed prep deh, biar ada kenangan nya. hahaha

      Delete
  4. Cyn, walo hasilnya memuaskan tp kl prosesnya ribet plus makan ati tetep aja ya qta tuh sebel en mau rekomen ke org lain juga ragu kan :(

    untungnya dia masih kelarin gaun mamer ya cyn, kalo ga aduh amsiong, errr!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ping, prosesnya ribet + makan ati banget. jd gw jg ga berani recommend vendor ini ke orang laen.. :(

      betul ping, untungnya masih dikelarin jg, walopun orang nya susah dicari.. hahaha.

      Delete
  5. hai cyn, salam kenal
    slow respon banget ya si RW ini, tapi untung kelar ya cyn.

    www.mamajemima.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mama mima, salam kenal jg ya.. :D
      yup, untungnya kelar walopun slow response banget. hahaha

      Delete
  6. Gown mama nya bagus sin cuma klo servicenya gitu sih malesin juga, emang hoki2an klo sama vendor, ada yg baik ada yg ngeselin >.< untungnya ud lewat semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nie, dr semua vendor yg dipilih, kayanya tergantung hoki jg ya. walopun udah cari review sana sini, tetep ujung2 nya tergantung hoki kita jg. hehehe.

      Delete
  7. Cyn, gaunnya bagus cuma ya ampunnnn tarik ulur ya. Jadi bete jg klo ketemu vendor yg ky gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, iya na, tarik ulur kayak layangan.. wkwkwk.

      Delete
  8. ci,, aku uda pernah denger yang ini..
    harusnya di daera kelapa gading punya kan ci ?
    temen ku juga pernah jait buat nikahan cici nya
    baju mama nya baru jadi hari h,,
    mau matee ga tuh rasanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya na, ini di daerah kelapa gading..
      walah, temen mu ada yg jg kena ya? malah lebih parah ya, gaun nya baru jadi pas hh. >.<
      ketar ketir banget itu pasti gara2 gaun..

      Delete
  9. Both Mama dan Mami gue buat malem bikin di designer yang sama dengan wedding gown gue. Gue gak pake bohong2an soal tanggal, dan semuanya jadi tepat waktu, fitting selalu tepat waktu dan didampingin langsung sama designernya. Bahkan asisten dari designernya dateng pas hari H juga untuk bantu pakein gue dan parents gue bajunya pagi maupun malem. Padahal if you think about it, dia udah punya nama gede. Makanya gue heran sama yang namanya masih biasa-biasa, tapi kok servisnya brantakan hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih emang ada harga, pasti ada kualitas ci.. hehehe.
      kalo cici kan emang wed day nya sama designer kondang, kl service nya berantakan, pasti dia malu & efek nya ke dia jg nantinya. Sekali nama nya jelek, biasa bakal ter-share dr mulut ke mulut. bisa gawat deh bisnis nya gara2 keilangan calon client baru. hihihi.

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik