Friday, May 20, 2016

Wedding Review - Supporting Printable (Red Card)

Lanjuuuut lagi review nya, biar cepet kelar & cepet move on ke postingan laen. hehehe. Jadi ceritanya, IG itu emang racun banget buat perempuan ya. Saya liat IG, jadi mupeng banget bikin printable utk table, karena kebetulan acara resepsi nya kan seating dinner. Sebenernya saya tau sih, emang buang2 duit buat printable kayak gini. Suami jg awalnya ga setuju. Tapi akhirnya dia ijinin saya buat mulai cetak ini setelah undangan kelar dicetak. Jadi prioritas nya adalah: undangan udah diterima di tangan, baru boleh cetak printable (karena saya mau pakai vendor yg sama utk cetak printable).

Saya minta tolong lagi sama temen kantor yg emang bagian design untuk buat printable dengan  lanjutin konsep yg udah ada (dikasih harga temen)..Nah, printable yg saya buat di fase 2 ini ada:
1. Tatakan piring & mangkok (700 pcs)
2. Tatakan gelas (700 pcs)
3. Selipan sumpit (700 pcs)
4. Table menu (70 pcs)
5. Table number (sesuai dengan pengaturan warna stiker di undangan, ada beberapa warna yg dicetak)
6. Buat posting di instagram & buat dipajang di tripod yg diletakkin di depan pintu ballroom
7. Buat info untuk dipajang di pintu utama Sense & diletakkin di atas ranjang

Ternyata buat hal2 di atas itu rempong & makan waktu jg ya. wkwkwk. Tapi terbayarkan sama hasil akhirnya yang enak dipandang mata. Jadi proses awalnya, saya nanya2 sama Ko Michael (Red Card) untuk harga dari point nomor 1 - 5 (nomor 6 & 7, saya cetak sendiri karena jumlahnya cuma sedikit). Cuma karena saya belom tau ukuran piring & gelas di Sense, jadi saya cuma bisa kira2 doang untuk diameter nya berapa. Untuk bentuk table menu, saya jg masih blank mau buat kayak gimana, tapi saya ngomong ke Ko Michael mungkin model nya cuma lipat 3 kayak model yg ada di Burger King. Akhirnya dikasih estimasi harga awal.

Setelah saya survei langsung ke Sense utk ukuran nya, ternyata diameter awal yg saya kasih ke Ko Michael meleset. Untuk bentuk table menu nya ternyata jg lebih rumit dari yg saya infoin di awal. Lalu saya udah kirim softcopy dari design nya untuk diproses. Akhirnya dihitung ulang lagi sama Ko Michael untuk harganya, karena dia ga sanggup ngerjain kalo pake estimasi harga awal. Ko Michael jg ga sanggup utk lipet2 table menu nya, karena terlalu ribet bentuknya. Solusinya, saya bilang nanti saya yg lipet sendiri, Ko Michael cukup bantu dari sisi print nya aja.

Setelah dihitung2, saya merasa selisih harganya terlalu jauh, tapi harga dari Ko Michael gak bs ditawar lagi. Dia blg, mending cici cari vendor laen aja karena saya gak sanggup.. kurang lebih gitu deh isi pembicaraan nya. Saya jadinya sempet emosi jg, kok malah saranin saya pake vendor laen sedangkan waktu nya udah mepet. Ko Michael jg baru mau ngerjain kalau saya udah transfer lunas untuk biaya nya. Saya sampe emosi, sore itu juga langsung saya transfer ke dia & kirimin bukti transfer nya. Dia janjiin ke saya kalau bs selesai 2 minggu sebelum wed day.

Setelah udah mau mendekati waktu yg dijanjiin, saya follow up lagi apakah pengerjaan nya udah selesai / blm. Ternyata softcopy file yg udah saya kirim dari beberapa minggu sebelumnya belum disentuh sama dia gegara banyak orderan lain *sigh*. Saya suruh dia cek file yg dikirimin, karena yg design kan bukan dari Ko Michael, biasa suka ada missing font, missing image, dll. Jadi kalau ada case begini, temen kantor saya mesti kirim tambahan file nya lagi di email terpisah.

Ko Michael gak yakin bs selesai 2 minggu sebelom wed day. Saya yg ujung2nya sewot, karena sebenernya printable nya mau dibawa duluan sama WO. Sedangkan WO mau ambil barang dari kita itu sekitar 1 minggu sebelom wed day. Jadinya kan ga bs telat. Akhirnya setelah ditegesin lagi, bs selesai juga walopun telat sedikit dari waktu yg dijanjiin *fiuh*.

Langsung aja ke bagian softcopy nya ya:
tatakan piring (point no 1)
tatakan gelas (point no 2)

selipan sumpit (point no 3), bolak balik

table menu (point no 4)

table number (point no 5). Saya pakai 6 warna untuk pengelompokkan tempat duduk. Ukuran nya sama persis kayak selipan kereta kuda yg ada di dalam undangan

design untuk point no 6 (saya print sendiri, ga lewat Red Card)

design untuk point nomor 7 (saya print sendiri, ga lewat Red Card)
Untuk table menu, perjanjian nya dibantu print sama Ko Michael, nanti hasilnya dikirim pake kurir. Saya yg bakalan gunting & lipet sendiri supaya jadi berbentuk kayak di bawah ini nih:
Dummy untuk bentuk table menu nya
Dummy untuk bentuk table menu nya (bolak balik isinya sama)
Untungnya cuma ngerjain 70 pcs aja (1 meja 1 pcs). Itupun saya kerahin bantuan orang rumah (minta papi & dede saya) buat bantuin potong pake cutter, lipet & lem. hehehe. Dikerjain tiap pulang kerja selama beberapa hari, akhirnya kelar jg.. hahaha. Ada beberapa jg yg gagal, misalnya putus kepotong cutter gara2 terlalu dalem, tapi emang saya udah minta sama Ko Michael untuk lebihin cetak 10 pcs buat jaga2 kalo ada yg gagal.. :D

Ini foto waktu tatakan piring, tatakan gelas & selipan sumpit nya dikirim dari Red Card. Saya udah minta sengaja dicetak lebihan jg, buat jaga2 takutnya kurang.
Hasil dari Red Card pas dikirim ke rumah (table menu nya, saya lipet sendiri). Table number nya ga kefoto
Hasil akhirnya, foto dari vendor liputan:
Warna yang dipakai buat table number ikutin pemakaian warna yg dipakai di label undangan untuk pembagian tempat duduk. Misalnya di label undangan warna nya hijau, maka dia pasti duduknya di meja yg table number nya dicetak warna hijau jg.
Contoh table number nya pas dipakai di resepsi (point no 5)
contoh table number nya pas di resepsi (point no 5)
selipan sumpit nya (point no 3)
set lengkap untuk printable nya (point no 1 - 3). Tiap tamu dapat printable set seperti ini.

Bu blogger kondang waktu di resepsi saya.. hehehe. ini contoh dekor 'minimalis' tiap meja nya. Di tiap meja ada 1 table menu & 1 table number.
Ada yg pernah perhatiin ga, kalau di mall2 suka ada promosi yang dipajang di depan toko tersebut? Biasanya mereka pakai pajangan yg bentuknya tripod & ada 1 lembar papan tipis untuk jelasin promo nya. Nah, design di point 6 sebenernya saya pakai untuk kayak gini nih.. Jadi ada tripod yang dipasang persis di depan ballroom. Waktu saya buat, harganya 250 rb, cetaknya di percetakan deket rumah suami. Saya cukup kasih file yg mau dicetak nya aja, proses nya sekitar 1 - 3 hari kerja.
dipajang persis di depan pintu ballroom, setelah penerima tamu

Kesimpulan:
Dari Red Card, untuk pengerjaan printable ini, sepertinya lagi kebanjiran order. Jadinya order saya  agak keteteran. Untungnya masih bs selesai sebelum jadwal WO dateng utk pick up barang. Ada miss communication jg antara saya sama pihak Red Card soal estimasi harga & detail spesifikasi ttg apa yg dikerjakan. Emang salah saya jg sih yg masih belom pasti ttg diameter barang yg mau dicetak & bentuk table menu & akhirnya ada perubahan di 2 hal itu yg menyebabkan perubahan harga & table menu nya mesti saya lipet & lem sendiri. Dari saya udah sampein langsung ke Ko Michael ttg apa yg saya gak suka, begitu jg sebaliknya. Akhirnya bisa diselesaiin baik2 & kami sama2 saling minta maaf.

Tapi secara keseluruhan, saya tetep puas sama hasil akhir cetaknya..Karena buat saya, printable ini jg sifatnya tambahan, ga sampai harus perfect seperti waktu buat undangan. Jadi untuk bahan kertas yg dipakai oleh Red Card, saya jg gak begitu rese. 

16 comments:

  1. Aaaakh, skrg bukan IG aja yg jadi racun gue, tapi blog ini terutama cerita ini sangat meracuni.. Hahahahaha.. Berarti pembagian meja hanya berdasarkan warna ya? Bukan berdasarkan hrs duduk di meja no brp? lebih mempermudah sih...

    Itu percetakan 250rb hanya cetak saja atau plus tripod2nya juga? Rencana pgn bikin itu juga biar sekalian berfungsi pemberitahuan klo yg wedding di situ kita jadi mereka ngk keder dan harus nanya2 lagi.. hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, tebar racun kemana2.. wkwkwk.
      iya, kemaren sih kita pake caranya berdasarkan pembagian warna, biar ga ribet. karena kl bagi per meja, agak repot kl misalnya ada org yg engga dateng. tapi tiap cara pengaturan pasti ada plus minus nya sih. hehehe.

      udah termasuk tripod nya.. hehehe. lumayan murah kan? jadinya langsung nafsu buat bikin deh. :D

      Boleh jg dibuat buat infoin siapa pengantin nya di ruangan itu.. hehehe. dulu gw jg bikin info seperti itu sendiri.. :D

      Delete
  2. Huwow, baru ngeh kalo buat makan meja itu printilan-printilan personalized gitu makin banyak ya. Sampe tempat sumpit aja personalized. Tapi jadinya manis dan cakep, gue sukaakkk hahaha. Keren abis deh Cyn, bisa sampe sedetail itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini emang gw nya aja yg centil sm perintilan2 liv.. hehehe.
      yg ga perlu juga diada2in kalo kata suami. :D

      bener liv, gw jg mikirnya 'manis' kayaknya kalo ada beginian..jadinya dibuat deh. hihihi

      Delete
  3. Chyn, ini si niaaat dan gw kasi 4 jempool buat dirimu. sangat detil and so pretty, keren juga temen kamu bisa bikin bagus dan akhirnya pihak vendor undangan bisa membantu, woow abis.
    Jari jari kalian sudah makin lentik belum siapin ini semua? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 jempol termasuk jempol kaki ya ndri? wkwkwk..

      iya, design temen kantor gw baguuus deh, soalnya emang dia designer.. :D
      enaknya, tek tok an soal revisi jd lebih cepet, kan tiap har ketemu di kantor. hahaha.

      hahaha, jari sih ga lentik, pinggang yg pegel gara2 kebanyakan duduk.. :D
      tapi lama kelamaan jadi lebih mahir sih ngerjain lipet2 table menu nya. hihihi

      Delete
  4. bener banget cii..
    ig itu sumber racun terberat dalam dunia.,. hahah
    yang tadinya ga mau beli.,. akhirna jadi belii..

    tapi bagus kok ci,.,
    yaa seumur idup 1x..
    kapan lagi kan bisa begini,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul kan IG itu racun banget, apalagi kl kurang teguh pendirian kayak gw. hahaha.

      itung2 ngerjain 'prakarya' sekali seumur hidup ya na.. :D

      Delete
  5. Bagusss cynnnnn. ini kamu kena berapa per set nya, buat acuan harga di vendorku jg cyn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. per set nya (udah include 1 table menu & 1 table number utk tiap meja), harganya sekitar 5800..agak di atas rata2 karena dr vendor ku mesti bikin pisau pond baru untuk cut tatakan piring & tatakan gelas nya sesuai bentuk & ukuran yg aku mau.. :D
      kalo dulu sempet survei sama vendor laen yg udah punya template per set (tanpa table number & table menu), udah fix ukuran nya ga bisa diganti2, harganya sekitar 4500 - 5000.. hth ya.

      Delete
  6. Cyn.. keren bgd bgd lho
    Niat bgd juga. Hebat lha pokonya..
    Biasa kl menu sh cuma standar tulisan biasa versi hotel apalagi sumpit biasa mah cm kertas putih bahkan ada yg cuma ditutup sm kain aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank youuu ya.. :D
      iya sel, diniatin banget buat ini.. mesti dateng ke resto nya buat ukur peralatan makan nya biar tatakan / selipan yg dibuat bs pas ukuran nya sama design nya setelah di print. hehehe. tinggal suami yg ngoceh, katanya ngurusin yg ga penting. wkwkwk

      Delete
    2. Cynn, kl boleh tau berapa size masing" perintilan ini?

      Delete
    3. aku udah agak2 lupa sama ukuran pasti nya.. :D
      cuma kira2 begini ukuran nya:
      - tatakan gelas: 6-7 cm
      - selipan sumpit: 24-25 cm
      - tatakan piring: ini yg susah, karena aku maunya mangkok, piring, tissue basah, tempat cabe & tempat taruh sumpit bs diletakkin di atas nya. jadi ini aku ga inget diameter brp, soalnya biar muat semuanya, ukuran nya terpaksa dibuat memanjang ke samping (ga bisa bulet). yg pasti ukuran nya lebih besar dr 25 cm secara vertical & horizontal.
      kalo di print, bener2 pas2an banget sama ukuran kertas A3.

      Delete
    4. Noted. makasih banyak ya Cynnnnnnnnn. *hugs

      Delete
    5. masama dear.. hihihihi.. pasti nanti jadinya cakep.. :D
      buat tatakan piring nya, maksimalin banget design nya di ukuran kertas A3. 1 lembar A3 buat print 1 tatakan piring, pasti muat semuanya. hehehe.

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik