Tuesday, April 4, 2017

Wedding Review - Wedding Dress (Wedding Boutique)

Mumpung lagi sempet update blog, saya pengen cepet2 kelarin semua postingan tentang wedding yg udah basi banget. Suer, tinggal 2 - 3 review lagi kayanya, bis itu kelar semuanya deh. Mau move on bahas yang laen. Kalo ga dikelarin, rasanya ada yang ngegantung.. 

Saya udah sempet bahas di postingan ini tentang pengalaman waktu prewed sama Wedding Boutique (WB), ga ada yang ngecewain. Paling kurang dikit2, masih bs tutup mata.. Sekarang mau review khusus tentang wedding dress nya ya..

Short story, saya akhirnya booking 1 wedding gown dari Pronovias & diminta tanda tangan sm marketing (Nadine) kalau udah confirm, karena ga bs ganti2 lagi.
begini lah kira2 kalau di website nya Pronovias
Kurang lebih begini gaun awal nya waktu saya cobain..
Suami suruh confirm wed dress yang ini aja, karena udah cocok
Dari WB bilang kalau wed dress nya bisa dirombak by request. Kira2 begini deh comment saya kalau minta rombak. Print comment nya berikut contoh yang saya mau, kasih ke mereka (terpaksa begini, soalnya apa yg dipesen suka ga dikerjain) biar ga lupa dikerjain. Tapi ujung2 nya tetep aja ada yang kelupaan dikerjain. >.<

Cerewet ya minta rombak ini itu.. hahaha.

Minus point nya, tiap kali request beberapa point (misalnya 10 point), yang dikerjain paling cuma 5 - 6 point aja. Ga dituntasin semua sama pihak WB nya. Bikin suami jadi gemes banget gara2 mesti bikin kita bolak balik melulu ke Kelapa Gading. sedangkan disana kan daerah macet. Dan masih terus begitu, sampe kita baru final fitting sekitar 2 atau 3 hari sebelum wed day, udah lupa. Bahkan pas final fitting, masih ada yang belum dikerjain, jadi kita mesti nunggu sekitar 1,5 jam buat dikerjain. Fiuuuh.

Nah, kurang lebih begini wed dress nya pas difoto sama tim liputan pas wed day.
Mannequin nya dipinjemin sama WB
Plus point nya: ada 1 orang asisten dari WB yang dateng ke hotel & bantuin saya buat pake wed dress, sekaligus dirapiin & di steam biar ga lecek. Aksesoris seperti kalung, anting & crown juga dipinjemin & bebas pilih tergantung ketersediaan yang ada & saya bs bawa pulang pas final fitting.





Masih pagi, senyuuuum terus



sebel deh, resleting nya masih keliatan di foto ini


slayer & hair piece nya dibuatin sama WB
Untuk dipake resepsi, ada asisten dari WB lagi yang dateng ke hotel untuk bantu 'gunting' tulle di lengan & tutup resleting pake lace.
Night look wed dress nya dari belakang

Udah ga pake tulle di lengan nya lagi.. hehehe
Kalau diliat dari foto - foto di atas, keliatan nya semuanya oke2 aja kan? hehehe. Sekarang saya mau cerita tentang 'behind the scene' nya nih.. Sebenernya saya sengaja cerita nya udah jauuuuh dari wed day, biar ga kesel lagi kalo pas diinget2..wkwkwk



Asisten yang di-assign untuk handle bantu pake wed dress pas pagi & sore hari namanya Raisa. Mbak Raisa ini dateng ke hotel sekitar jam 6.30 pagi kalau ga salah inget. Dia langsung steam wedding gown nya & dipasang di mannequin. Waktu dia dateng, saya hampir selesai make up. Saya tanya sama mbak R, jam berapa waktu selanjutnya untuk bantu fitting penganten laen, terus dijawab pukul 13.30 (tenang aja, masih lama). Karena dijawab seperti itu, akhirnya saya sarapan dulu begitu selesai make up.

Pas lagi sarapan, tiba2 mbak R udah buru2 mau copotin wedding gown dari mannequin & mau pasangin wed dress nya ke saya. Kenapa buru2? Karena ternyata jadwal dia selanjutnya untuk fitting penganten laen ternyata 7.30 pagi, bukan 13.30. Sedangkan waktu itu udah jam 7 pagi.. 

Gara2 dia yang salah jadwal & buru2 lepas wed dress dari mannequin, saya jadi ga bisa foto2 sama tim liputan (ceritanya peluk wed dress nya di mannequin waktu saya pake kimono). Saya request supaya wed dress nya dipasang di mannequin lagi, terus dia alesan kalau nanti rentan karena bahan nya tulle. Oke lah, saya yang ngalah.

Waktu dibantu pakein wed dress, saya sempet tanya juga sama mbak R, kenapa ga bawa lace untuk tutupin resleting saya? Karena marketing saya janjiin kalo nanti lace nya dibawain & dipasangin langsung waktu wed day. Dan mbak R jawab kalo sore baru dibawain ya lace nya..Saya terpaksa ngalah lagi.. Akhirnya mbak R jahitin bagian ketiak nya, terus dia buru2 pergi ke tempat laen tanpa ada informasi apa2 ke saya..

Nah, saya kaget waktu liat foto2 wed day diterima dari vendor liputan, soalnya keliatan jelas banget kalo bagian ketiak sebelah kiri nya robek.
nih bagian ketiak nya yang robek

keliatan jelas banget kan robek nya.. huhuhu


di foto ini keliatan jelas banget robek nya
Saya komplain ke WB by phone untuk cari Nadine, marketing saya. Tapi Nadine nya lagi ga ada. Receptionist tanya apa masalahnya & saya ceritain apa adanya. Saya sengaja email foto2 liputan wed day saya utk sampein keluhan secara resmi. Ga lama kemudian Nadine ada contact saya by phone & WA, terus minta maaf sambil blg kalau sebelumnya hal ini ga pernah terjadi sama client mereka. 

Mereka alesan kalau saya sendiri yang mau pilih tulle untuk nutupin lengan, sedangkan bahan tulle itu fragile. Dari mbak R yang jadi asisten pada wed day, dia ga ada info apa2 tentang ini. Gimana mungkin saya yang belum pernah pake wed day sebelomnya bs kepikiran tentang hal ini? Bikin emosiiii jadinya. hahaha.

Solusi dari WB cuma minta mbak R nya telp langsung & minta maaf ke saya, selain minta maaf di email. Tapi ya cuma sekedar itu aja.. Karena kesel, saya sempet bilang sama mereka, saya bayar wed dress di tempat ini ga pake nawar (almost 35 mio), sedangkan saya tau dari temen kalo harganya bisa 30 mio kalo ditawar. Tapi kenapa service mereka ke saya begitu jelek? Saya sempet kesel & bilang kalau mau minta balik sekian persen dari biaya yang saya bayar utk ganti rugi, tapi mereka blg ga ada pengembalian uang & malah coba lempar kesalahan ke WO on the day. Katanya, kalo WO nya hubungin mereka lagi tentang wed dress nya robek, mereka pasti kirim asisten lagi untuk jahit bagian yang robek.

Tentang lace untuk nutup resleting, mereka alesan kalo wed dress saya dari Pronovias, jadi susah cari lace yang menyerupai lace yang udah ada. Mereka blg kalo pagi hari sebenernya lace nya udah dibawa, tapi karena ga cocok, jadi ga dipake & korbanin lace dari wed dress pronovias laennya untuk dipakai sama saya.. Menurut saya, ga masuk akal kalau ga ada lace yang cocok, karena saya udah confirm pakai wed dress ini dari bulan Maret 2015, sedangkan wed day di bulan Oct 2015. Masa iya 7 bulan ga cukup buat cari lace yang sama? Lagian bukan saya yang minta tentang ini, marketing nya sendiri yang janjiin ke saya. Kalo marketing nya ga janjiin, saya ga mungkin kepikiran tentang hal ini kok.

Akhirnya saya bilang, kalau ga ada penyelesaian yang baik dari WB, saya mau beberin semuanya di blog & mereka setuju.. Jadi supaya fair, saya cantumin semua isi email2an antara saya & WB tentang komplain yang saya sampaikan.

email pertama


balasan email ke 1

email ke 2


balasan email ke 2


email ke 3

balasan email ke 3


email ke 4


balasan email ke 4



email ke 5


balasan email ke 5


email ke 6 & ga pernah dibales lagi

Fyi, saya cuma share pengalaman pribadi aja disini, bukan mau menjelek2an suatu vendor tertentu ya. Karena pasti banyak jg client lainnya yang smooth2 aja sama WB. Mungkin emang saya yang lagi apes aja. 
Dan ini kan kejadian nya waktu Oct 2015, sedangkan sekarang udah April 2017, siapa tau udah ada perbaikan dari sisi service nya mereka..

Saya sih udah ga kesel2 lagi.. Anggep aja ada 'kenang2an' unik yang bs terjadi waktu wed day, sebaik apapun preparation nya. hehehe..Saya share buat penganten laen yang lg preparation, supaya lebih hati2 kalau gerak2 pas wed day (terutama yang bahan nya tulle). Biar ga ada lagi kejadian kayak yang saya alami. hehehe.

23 comments:

  1. terlepas dari masalah di atas, u look so gorgeous chyn :)

    ReplyDelete
  2. gaun dan veilnya bagus cantik dipake kamu, cuma sayang bagian robeknya aja ya. Gak usah dipikirin lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you bumil cantik.. sehat2 terus ya sampe lahiran nanti. :D

      Delete
  3. Sin, sebel yaa kalo kita udah bayar dan mikirin hal kaya detail2 akhirnya malah kurang puas yaa. tapi bener kata yang lain, selain sama hal2 yang udah lu sebelin, overall oke banget sin. jadi gak usah kawatir. yang terpenting pernikahan lu sama R,baik2 aja. bisa membina keluarga yang baik sampai maut memisahkan. itu cuma ceremony aja.. :) hehehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, udah ikhlas mamak epoi. :D
      Betul bgt, yang penting itu kehidupan sesudah resepsi nya.. hehehe

      Delete
  4. yaowoo drama bener ini pihak WB :( pdhl uda punya nama loh, haiyaaa..
    walo nyebelin (pihak WB), tapi gaunnya di lo cakeps Cyn, gue demen deh!! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk, drama sedikit di akhir.. :D
      makasih mommy B buat pujian nya. hehehe

      Delete
  5. cantik bener sih hehehehehe, seharusnya pihak wb nyediain asisten untuk stanby di situ khusus kamu seharian, ga ke tempat lain lain lagih. gue dulu di kasih 2 orang asisten, stanby, ga kemana mana. kalo ada apa apa mreka bisa jahitin dll. dan gue sempet nanya apakah ada pengantin lain? mereka bilang ada tapi dengan asisten lain. jadi 1 pengantin stanby 2 orang. yah tapisudah lewat, dan kamu tetep kliatan stunning kok hihihihi

    ReplyDelete
  6. Sayang banget ya Cyn ada hal yang bikin kurang puas, tapi diluar itu beneran cantik banget dirimu...

    ReplyDelete
  7. Sayang banget y Ci Cyn untuk gaun dipagi harinya :(
    Untung untuk malamnya ga ada masalah y Ci, untuk gaunnya bagus Ci :D
    Salam kenal Ci, udah sering baca tapi baru kali ini comment he..he..he..
    Btw yg witch3z sakura itu aku juga Ci, maaf ke delete jadi ngulang lagi nulisnya..

    ReplyDelete
  8. haii rochan ..
    aku Lisa .. mau tanya" soal wedding day km personal bolehh ?
    bolee add aku di Line lisaryouseii ?
    thankyou lohh sebelumnya ..

    ReplyDelete
  9. Halo ci! aku rencana mau nikah di sense jg buat tahun depan! boleh gak nanya2 lebih personal gt? soalnya ada beberapa hal yg aku emang perlu tanya banget nih! anyway aku baca blog cici bs sampe berhari2 loh hahaha hampir semuanya aku baca secara detail karena emang berguna banget!!!

    ReplyDelete
  10. TRADING ONLINE
    BROKER AMAN TERPERCAYA
    PENARIKAN PALING TERCEPAT
    - Min Deposit 50K
    - Bonus Deposit 10%** T&C Applied
    - Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

    Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete
  11. Kuota semakin menipis untuk mendapatkan special price dari HIS SST . Yuhu kesempatan emas untuk menyelenggarakan pernikahan di daerah Kuningan Jakarta Selatan dengan harga yang sangat fantastis! Booking tanggalmu segera melalui Cecelia 089673793777 (WA) mumpung masih ada sisa kuota pre launching!

    Fasilitas: Gedung full ac dan full karpet, ceiling tinggi dan voyage luas
    Dekorasi, Catering, Rias busana / bridal, photography, Entertainment
    Bermacam-macam bonus / cashback dan undian grand prize akhir tahun.

    Yuk jangan sungkan untuk tanya-tanya tentang wedding package di gedung mewah kawasan Elite :)
    WA 089673793777 / instagram @ceceliahiscorp

    ReplyDelete
  12. HIS Social Security Tower adalah Wedding Venue & Organizer yang masih Fresh Building dan menyediakan paket pernikahan yang sudah satu paket. Lokasi yang strategis terletak di Jakarta Selatan, Jalan HR Rasuna Said No. 112 B Kuningan ini memiliki kualitas gedung yang grade A premium. Untuk 800 pax dan sudah include : -Venue -Catering -Dekorasi -Rias busana / bridal -Photography -Entertainment -WO -MC -Wedding Car Jadi tinggal sediakan souvenir & undangan saja yaaa. More info : Cece 089673793777.

    ReplyDelete
  13. dari masalah diatas, kakak tetap cantik ko kak u look so beautiful.

    ReplyDelete
  14. Selain Dress jangan lupa dekorasi pelaminan juga penting, kalau mau tau inspirasi desain dekorasi wedding jangan lupa kepo2in produk furniture nya di Toko ACE Indonesia

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik