Thursday, February 5, 2015

Liburan ke Lembang

Udah lama bgt ga update blog gara2 belakangan ini selalu banyak kerjaan di kantor. Rasanya banyak yg mau diceritain, tapi lewat begitu aja. Mumpung lg sempet, sekarang mau update ttg jalan2 ke Bandung 1 hari. Kita ke Lembang gara2 cami saya ngajakin dari beberapa minggu yg lalu, tapi baru kesampean kesana pas minggu lalu. Cami ngajak saya ke Lembang buat berdoa ke Vihara Vipassana Graha. Terus pas diajak kesana, saya baru inget kalo saya emang harus penuhin janji saya untuk dateng ke sana.

Sekitar 7 tahun yg lalu, ga lama setelah pacaran, saya ada pergi jalan2 bareng cami ke Vihara Vipassana Graha yg ada di Lembang. Waktu itu kita pergi bareng keluarga saya. Pas berdoa disana, saya sempet ngomong di dalam hati, "Kalau emang nantinya saya berjodoh sm cami & akhirnya nanti mau menikah, saya pasti akan dateng kesini lg untuk berdoa". Waktu bener2 cepet banget berlalu. Tau2nya di tahun ini kita bakal married. Kebetulan pas cami emang ngajak kesana jg. 

Jadi begitu diajakin, saya langsung mau. Terus saya baru cerita ke dia, kalo saya emang mesti balik lagi kesana buat berdoa. Dia sendiri jg baru tau, kalo ternyata saya sempet berdoa seperti itu 7 tahun yg lalu. Karena emang selama ini, saya ga pernah cerita sama dia ttg hal ini.

Jadilah kita berangkat dari Jakarta jam 8 pagi. Karena sekitar jam setengah 11 baru sampe di Lembang, jadinya kita mampir makan dulu di Kampung Daun. Inipun mampir kesini jg tanpa rencana. Jadi baru cari2 restoran pas udah sampe di sekitar Lembang. Saya pesen nasi campur kendurenan, kalo cami pesen empal gentong (makanan khas Cirebon). Ternyata porsi nasi nya beneran banyak banget ya. Rasa makanan nya jg lumayan enak. Suasana saung nya jg lumayan nyaman. Rasa nya sebanding dengan rasa makanan dan suasana nya.

Foto saung dari luar

Interior di dalam saung

Cuma pesen teh hangat, tau2 nya penampilan teh nya seperti ini

Empal gentong, disajiin di atas kuali kecil. Isinya bener2 daging & banyak banget daging nya (50,000 sebelum pajak)

Nasi campur kendurenan. Kirain dapet nya nasi uduk, tau2nya nasi putih biasa. Cm ga doyan sm urap sayur nya aja (80,000 sebelum pajak)

Selesai makan, kita langsung ke vihara nya. Sempet nanya sama sepupu, kalo mau ke Vihara ini, bisa masuk dari area Sapu Lidi restoran. Ternyata bener, pintu gerbang nya bener2 ada di samping area nya Sapu Lidi. Pas sampe di Vihara, kita sempet celingak celinguk dulu. Soalnya udah lama banget ga dateng kesini. Waktu dulu kesini pun ditemenin sm saudara jauh yg emang orang Bandung. Akhirnya tanya2 sama pengunjung vihara jg tentang tata cara berdoa nya. Ternyata ada urutan nya jg untuk berdoa di tiap2 area.

Selesai berdoa, ternyata masih sekitar jam 3 sore. Jadinya kita mampir lagi ke Kampung Gajah. Penasaran banget sama salah 1 destinasi di daerah Lembang. Akhirnya kita mampir deh. Tiket masuk nya 20,000 per orang (utk weekend) & mobil Rp 10,000. Waktu masuk, udah dikasih tau sm petugasnya kalo area permainan tutup jam 5 sore (kl ga salah inget). Berhubung kita emang ga ada niat maen2 di dalam, jadi ga masalah jg buat kita (waktu kita sampe sana sekitar jam setengah 4). Disana ada dijual tiket terusan nya (per orang 250,000, tapi ternyata jg ga berlaku untuk semua permainan). Jadi males beli tiket terusan nya.
Satu2nya permainan yg buat saya tertarik, tapi akhirnya ga masuk. Per orang kena 50,000. Durasi per film nya sekitar 5 - 7 menit. Kita bisa pilih mau nonton film yg mana



Area anak2, naek kereta ini kena 15,000 per putaran

Disini jg ada wahana laennya, seperti maen ATV (150,000 untuk ATV yg besar), waterboom, segway, naek horse carriage, dll. Tapi kita emang beneran pelit, berasa mending duit nya dipake buat wisata kuliner daripada buat permaenan disini (pelit apa rakus coba). Jadinya saya cm naek kuda deh disini (20,000 aja buat 1 puteran). Itung2 buat tebus yg waktu ke De Ranch, tapi ga sempet naek kuda disana. Jadi naek kuda nya disini aja deh (ga pake antri). Pas muter2, saya tanya sm abang nya. Untuk tiap putaran, dia dibayar berapa. Ternyata dibayar 8 rb dari pihak Kampung Gajah nya, sedangkan harga tiket nya 20 rb. 

Kesan nya selama kesini? Ga ada apa2 nya..Buat kita sih ga seru ya maen kesini. Tapi mungkin buat yg bawa anak2, masih termasuk oke lah tempatnya, karena ada beberapa permainan jg disini. Jadinya cm sekitar 1 jam doang di Kampung Gajah, terus langsung mau mampir ke Paskal Food Market di daerah Pasar Kaliki (sempet tanya sama pypy dulu sebelumnya, tempatnya ok ga). Ternyata jauuuuh dari Kampung Gajah ke Pasir Kaliki. Mana pergi kesana cm berbekal Google Map, ujung2 nya sempet salah jalan. Harusnya antri potong jalan keluar jalur kiri, tapi saya malah suruh cami lurus terus. Ujung2 nya masuk tol, ga bs puter balik lg *tepok jidat*. Akhirnya terpaksa naek tol, langsung keluat di pintu tol pertama (Buah Batu) terus langsung puter balik buat naek tol lagi (keluar di Pasir Koja). Ini pun kita tanya manual sama petugas tol, kaga andelin info dr google map. Bener2 pengalaman tak terlupakan.

Sampe di Paskal Food Market sekitar jam 6 sore. Model nya seperti food court terbuka, terdiri dari berpuluh macam stand. Kalo dari iklan yg digembor2 in kan ada 1100 menu makanan disini. hahaha. Pas jalan masuk, ngeliat batagor Riri. Terus jadi inget kalo Renie blg batagor nya enak. Sengaja parkir dulu di daerah ruko nya buat makan batagor Riri. Eh, tau2nya udah tutup (tinggal tutup pintu nya doang).

Area parkir mobil nya emang bener2 luas ya, asal jangan hujan aja. Terus kelilingin semua stand makanan yg ada disana. Ujung2 nya jadi cobain batagor (ga enak), lumpia basah (ga enak & terlalu banyak micin). Cami pesen nasi beef teriyaki (rasanya ga enak jg).
Semua yg ada di foto ini rasanya ga enak. Lumpia basah (cuma makan sedikit, ga abis), batagor, sama nasih beef teriyaki
Sempet nanya2 sm penjual lumpia basah, yg paling favorit disini apa sih. Katanya soto madura nya. Terus kita sengaja duduk di deket stand soto madura & emang ternyata banyak banget yg beli, Harga seporsi nya 30 rb (+ 3 rb buat PPN 10%, jadi 33 rb). Udah dapet nasi, kerupuk udang, sm soto. Berhubung kita ga pake nasi, jd daging nya dibanyakin (+ pake telor). Rasanya emang enak kok. Kata penjual nya, sehari bs laku 100 - 130 mangkok. 
Soto Madura
Abis makan soto, masih mupeng pengen cobain kue putu sama serabi kinca nya. wkwkwk. Cami sampe katain, "Gila, itu perut ga ada kenyang nya apa". Tapi mau gimana lagi, namanya jg mupeng. Apalagi kan kesini nya bener2 jarang bgt. Jadi bablas aja deh beli 2 menu lagi. Kirain kue putu nya cm 1 potong, tau2 nya ada 6 potong untuk 1 porsi (langsung syok). Terus serabi kinca nya jg ada 3 potong untuk 1 porsi. Makan 2 porsi itu sampe perut kekenyangan. Tukang soto madura nya jg kaget kayanya, gara2 kita makan berdua doang, tapi makan nya sampe 6 porsi makanan *jadi malu*. Maklum aja ya, orang Jakarta yg baru pernah mampir kesana, jd laper mata pengen cobain ini itu.
Putu pisang coklat keju (18,000) sama serabi kinca (12,000). Rasanya standard lah
Dari Paskal Food Market, sekitar jam 8 malem udah jalan balik lagi ke Jakarta. Sampe di rumah sekitar jam 11 malem, udah cape seharian. Tidur langsung nyenyak. hehehe.

Bikin postingan ini, jadi pengen jalan2 seharian lagi ke Bandung. Tapi bingung mau cobain jalan2 kemana lagi ya? Ada masukan ga? Untuk tempat makan dan tempat wisata yang bagus? Sejauh ini udah pernah mampir ke Dusun Bambu, Floating Market, De Ranch, Tangkuban Perahu, Air panas Ciater & wisata stroberi yang petik sendiri. 

20 comments:

  1. Kawah putih lom an Chyn? enak juga disana :) seruuu banget yaa liburannya aku juga maukkk~

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm pernah ke kawah putih nie. tapi emang kalo liat di foto, bagus ya disana. nanti kalo ke bandung lg, mau coba ke kawah putih deh. cm mesti berangkat lebih pagi, soalnya ke kawah putih masih lumayan jauh dr bandung nya kan nie?

      Delete
  2. Wisata Stoberii petik sndirii dmn cyn??

    Gw juga suka di PHP, kirain nasi yg di bungkus daun pisang di ksh bawang goreng tuh nasi uduk, ternyata nasi putih biasa... blehh... -,- itu resto" gt makanan sundanya gak enakkk.... graukkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada di beberapa tempat jur kl petik stroberi sendiri. Tapi kebetulan waktu itu diajakin sodara, jadi tinggal ngikut doang. ga ngebantu amat ya jawaban nya. >.<

      iya jur..gw jg lagi pengen banget makan nasi uduk, eh tau2 nya nasi putih. PHP doang jur. wkwkwk.
      ho oh, rasanya standard, tp porsi buat sendiri nya byk banget. kenyang jadinya.. :D

      Delete
  3. asik yah sin.. walau cuma 1 hari tapi maksimal banget.. kalo jp alamat gak mau deh kalo pulang hari gini.. tapi gua pengen banget wiskul gitu kalo ke bandung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, kayanya seru kalo wiskul di daerah sana. sengaja cari resto yg view nya bagus. hehehe.
      kalo jp maunya nginep ya pi?
      gw blm sah suami istri, jadi pulang hari aja jalan2 nya..wkwkwk.

      Delete
  4. setuju Cyn ttg kampung gajah, biasa aja tempatnya tapi lain hal kalo datengnya sama anak2 ya, anak2 pasti suka bgt main2 disitu :)

    kalo tempat wisatanya, gue ga terlalu banyak dtgin cyn, dusun bambu blm pernah malah, hahahaha.. tapi kalo kuliner, cobain makanan : ayam brebes di lembang, warung nasi ibu Imas di balong gede, mang engking, bubur otong di jl.andir, pandan wangi, mie 123, bubur ayam pagarsih, laksana, apa lagiii yaa *mikir keras* tar kalo gue inget, gue wa lo ya Cyn :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul ping, gw sampe 'mati gaya' di kampung gajah. Mau ngapain lagi ya? hahaha, langsung berasa sia2 bayar tiket masuk kesini, ga ada 1 jam udah cabut.

      wih banyak rekomendasi wiskul nya..kalo mang engking, gw baru cobain yg di the breeze ping. boleh banget ping, tar kalo ada yg u inget lagi, langsung wa gw ya. hehehe

      Delete
  5. liat post lu, gw langsung nyari poto lu sin.. daann seperti biasa.. ga adaaaa
    hahhahahaa,,
    pengen juga deh jalan2.. soto madura nya keliatannya enak deh sinn.. sluurrpp

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, pembaca kecewa. pasti ga ada foto nya melo. :D
      iya melo, soto madura nya emang enak.. kapan2 kalo pas maen daerah sana, mampir melo. hihihi

      Delete
  6. wih enaknya... kerasa adem gitu di mata... pingin2... :p

    ReplyDelete
  7. gue belom berani kalo ke lembang pulang hari cuma wisata kuliner Chyn, tkt pegel di jalannya. padahal byk yg menarik juga yah makanan disana hahah

    ReplyDelete
  8. wihhh seru chynnn, gue selalu suka deh jalan2 ke bandung kulinernya juga enak2. tp gak pernah pulang hari sih pasti nginep kalau ke bandung hahaha

    ReplyDelete
  9. Wah Chyn.. asyik bgt ke bdgnyaa.. gw jd kangen bandung.. trakhir ke bandung gw ke Tuku Lawang.. Semacam Gallery gt. Ada pertunjukan lukisannya juga. Jd sbnrnya ada lukisan lain yg ditimpa dibwh lukisan yg dipajang dan cuma bs dilihat pakai lampu khusus.
    Selain pertunjukan lukisan, yang spesial adalah cafe nya. Enak banget bwt seru2an brg temen2.. Viewnya jg bagus bwt poto2.. bisa coba dibrowsing kl lu ada plan ke bdg lagi.. :D

    ReplyDelete
  10. Tebing Keraton pemandangannya kece banget ci. Tapi aku blom pernah pergi sih. Sama Lawang Wangi Creative Space Cafe.

    ReplyDelete
  11. Wahh.. pengen deh ke viharanya chyn.. Kok ga ada foto viharanya? hehe.. Pengen ke lembang adem2 dan wiskul.. Tapi kalo gw pengennya wiskul yang ga resto,, alias pinggiran jalan gt hehe.. Batagor enakkk.. yg enak kingsley tapi.. hehe

    ReplyDelete
  12. Gw ke Bandung kagak ada bosennya dah :D Asli pengen kesana lagi deh :D

    ReplyDelete
  13. kalo sehari doang paling wisata kuliner aja tuh Chyn :D

    ReplyDelete
  14. ke bandung mah harus wisata kulineran cyn, belakangan ini menjamur cafe2 dan tempat makan baru....

    ReplyDelete
  15. Yang lagi happening itu tebing keraton. wisatanya jangan ke bandung kota mulu chyn,agak melipir ke tangkuban perahu, kawah putih.
    Kalo makanan cobain kue cubit green tea,cuanki,lo mie astana anyar, wiskul malem ke cibadak juga chyn
    Kalo malem makan bubur di depan hotel savoy homan. Trus makan jagung + bandrek di depan kawah putih enak tuh
    pandan wangi yang dibilang dewi juga enak. Tp laksana kurang menurut gw

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik