Monday, March 9, 2015

Learn more for perfect groom suit

Di postingan sebelumnya kan saya sempet bingung apa aja sih yg harus diperhatiin pas mau ukur & tentuin model jas. Akhirnya setelah googling sana sini, ternyata ada banyak banget yang mesti diperhatiin pas bikin suatu jas. Saya sendiri termasuk orang awam yg bener2 buta tentang urusan jas. Jadi isi postingan ini cm basic nya aja ya..Intinya cm mau share tentang pengalaman waktu bikin jas. Siapa tau nantinya ada yg dapet 'ilmu' dari postingan ini. :D

Untuk info secara umum tentang jas, bisa klik disini, disini, disini, disini dan disini buat referensi nya. Intinya tetep mesti disesuaiin sama bentuk tubuh jg, seperti bisa dilihat di artikel ini. Untuk jenis kerah aja ada banyak macem nya. Bahkan ada beberapa referensi artikel tentang kerah. Buat yg mau baca, bisa klik disini, disini, dan disini.

Kurang lebih bisa dapet beberapa gambaran untuk bikin jas yg seperti apa setelah saya baca2 artikel di atas. Kebetulan cami udah ukur untuk buat jas yang mau dipake buat wed day nanti. Dijadwalin untuk fitting lg di pertengahan bulan depan. Mudah2an hasilnya sesuai yg diharapkan. Dari pertama kali kita deal di Creativo, cami udah keep salah 1 bahan & warna jas yang dia suka. Bahkan kita baru DP begitu bahan nya ready stock, karena itu termasuk bahan yg favorit & harus repeat order lagi ke supplier. Sampe waktu kita ambil jas yg dibuat untuk prewed, pilihan dia jg ga berubah. Tetep naksir sm bahan itu. 

Pas kita mau ukur jas, saya liat di manekin ada salah 1 jas yg warnanya bagus. Akhirnya saya tanya itu bahan nya apa. Ternyata bahan nya pas & sesuai dengan paket yg kita ambil. Jadi kalopun mau tuker, kita jg ga perlu nambah apa2 lagi. Yg bikin saya kaget, akhirnya cami mau ganti bahan jas nya di detik2 terakhir, setelah sekian lama selalu naksir sama bahan yg pertama x dia pilih. wkwkwk.

Kita jg udah tau mau bikin jas yg kaya gimana, setelah calis tercinta nya ini sibuk googling buat cami. Heran, cami yg mau pake jas, tapi dia nya cuek bebek tanpa mau cari tau hal apa aja yg mesti diperhatiin buat bikin jas. Akhirnya saya yg cari tau, terus kasih masukan ke cami pas lagi ukur & tentuin model jas.

Ini dia kurang lebih detail jas yg dibuat sama cami:
·         Jas
Dari jas nya aja ternyata ada beberapa pilihan model. Saya sendiri sampe bingung buat nentuin mana yg bagus. Cami pilih yg single breasted, 2 kancing. Saku jas nya bisa rata, bisa agak miring. Model bagian bawah jas nya bisa oval, bisa agak terbuka. Cami pilih yg standard international aja. Untuk kancing di bagian lengan jas jg bisa request jumlahnya. Biasanya antara 3 – 4 kancing di tiap lengan jas. Untuk kancing nya jg bisa pilih. Tapi kita pilih nya kancing bungkus aja. Ga mau pilih yg norak2 kaya warna gold / silver, karena di jas prewed udah pake kancing warna gold.
image source is taken from here

·         Kerah jas
Setelah perhatiin 1 per 1 foto2 yg ada di album Creativo, ternyata ada banyak banget ya model kerah. Sempet bingung jg mau pilih model kerah yg seperti apa. Akhirnya kita pilih model kerah yg ada kombinasi antara warna jas & warna hitam. Yang pasti, bukan sistem knock down, soalnya cami ga suka karena takut keliatan kurang rapi.
·         Rompi
Setelah sempet bingung mau pakai yg motif / polos untuk rompi, akhirnya kita pilih pakai bahan rompi yg sama dengan bahan jas nya. Soalnya kita ga ketemu bahan yg sreg & warnanya lebih muda dari warna jas nya (karena warna jas udah gelap). Kancing untuk rompi ternyata bisa tentuin mau pilih 4 kancing / 5 kancing. Cami yg standar aja, pilih 4 kancing. Karena kalo 5 kancing, jadinya terlalu tinggi, nanti dasi fancy nya ketutupan sm kancing rompi. Nantinya di rompi jg ditambahin pinggiran hitam nya biar ga terlalu polos.
·         Vent pada jas
Cami harusnya lebih cocok pake yg model double vent dibanding model laen. Kalo single vent / no vent, keliatan nya ga cocok. Lucunya, ternyata di bagian bawah nya jas yg double vent, ternyata ada semacam ‘pengikat’ nya, biar jas nya tetep rapi walopun model nya double vent.
image source is taken from here

·         Kemeja
Kemeja pakai kerah yg mirip2 wing collar kayanya. Pilih warna putih & ukur badan. Karena mau pakai cufflink, kita jg request supaya panjang kemeja lebih panjang sekitar 1 cm an daripada panjang jas. Perlu diperhatiin jg buat yg cowo nya mau pake jam tangan, jangan lupa bagian pergelangan tangan nya dilebarin sedikit. Karena waktu di case nya cami yg buat jas prewedding, dia sempet ga bisa pasang jam tangan karena letak kancing nya sempit.
·         Pakai manset / cufflink untuk kemeja
Untuk kancing pada kemeja, nantinya bakal diganti sm cufflink. Kita udah beli cufflink di cufflink store yang ada di Plaza Senayan. Bisa klik disini untuk koleksi cufflink wedding nya. Awalnya cami suka yg alphabet, tapi saya ga suka. Akhirnya kita pilih model double happiness warna silver. Cami ga mau bikin personalized cufflink, padahal udah sempet nanya2 sm Roll buat IG yg terima pembuatan cufflink by request.
Ini model cufflink yg kita berdua suka

·         Celana
Bs pilih jumlah kantong celana di bagian belakang, mau 1 atau 2 kantong, pake kancing / ga. Untuk kantong depan, bisa pilih jg antara lurus / miring. Lebih enak miring katanya, jadi biar lebih gampang kalo mau ambil barang dari kantong celana. Untuk lingkar celana di bagian lutut & lingkar kaki dikecilin 1 cm.
·         Dasi & sapu tangan
Untuk 2 item ini, kita pilih warna merah maroon yg agak gelap. Nantinya akan dibuatin beberapa model dasi dari Creativo, buat kita tentuin kira2 cocok sm model dasi yg seperti apa. Untuk bros pada dasi nya, dipilih nanti aja pas waktu fitting.

Yang paling penting, jgn lupa bawa sepatu yg mau dipakai utk resepsi, kaos kaki, ikat pinggang & cufflink serta jam tangan (optional) pas proses fitting. Nanti kalo cami udah kelar fitting, baru diupdate lagi disini, berikut hal apa yg mesti diperhatiin waktu fitting. :D

18 comments:

  1. Sindi.. Good job! lengkap bangett.. Hehe.. Ini helpful banget de pasti.. Gw aja yang udah buat dan dipake jas nya ga ngeh ada gini2an, cuma ngeh kancingnya aja ada brp.. Lol.. Goodluck ya! hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you fan.. :)
      gw jg baru tau sampe sedetail ini pas temenin cowo gw buat jas wedding. pas dia buat jas prewed, gw jg ga temenin.. baru tau kalo ternyata jas itu byk unsur yg mesti diperhatiin.

      Delete
  2. emang mantap deh sin info2 dari elo. hehehee.. :D

    Jp aja juga gak perhatiin apa2. gua pun juga begitu. wkwkwkw.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe mak epi. waktu buat jas prewed, gw jg ga perhatiin sm sekali. terus pas fitting, gw bingung apa yg mesti diperhatiin. baru deh googling sana sini buat cari tau ttg jas. mumpung blm buat jas wedding.

      Delete
  3. astaga... gw aja kemaren ga sampe segitunya pas bikin jas... hihihi... good job sin... gw mah kemaren cuma merhatiin cufflink nya... :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. u cm perhatiin cufflink nya ya roll? :D
      kebetulan gw ddi handle sm org yg ramah bgt pas di creativo, dia bisa jelasin 1 per 1 secara detail.
      jadi gw dapet banyak info..jd di-share di blog, biar gw ga lupa pas fitting nanti, apa aja yg mesti diperhatiin.

      Delete
  4. astaga chyn~ detail banget ampe pucing2 sndiri pala ane bacanya haha.. duh ak gk perhatiin sampe segitunya,, terima beres aja >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya lebih baik kalo diperhatiin nie..jadi puas jg sama hasilnya nanti, kalo jas nya udah jadi. :D

      Delete
  5. astaga Chyn, pdhl cuma ngebahas jas wakakaakak bisa jadi 1 cerpen gitu... memang mantap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ci fel, ternyata ada byk hal dari jas.. ini jg baru tau setelah googling & dijelasin sm vendor jas nya ci.

      Delete
  6. ikutan bilang astagaaaa juga cyn, hehehehe, detil bgt tapi good info nii karena gue juga baru tau jadinya :)
    Jo cuek tentang model jasnya mau kayak gimana, gue care tapi ga sampe browsing2 cyn *istri males* hahahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw jg baru tau pas temenin cowo gw buat ukur jas wedding.
      kalo waktu dia buat jas prewed, gw jg cuek kok.
      makanya pas giliran fitting, clueless soal apa yg mesti diperhatiin. >.<

      Delete
  7. gile sindii.. hahah bener2 detil banget sih lu hahaha
    good..good

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini terlalu detail ya mello? hahaha, baru sadar setelah postingan nya di-publish. kirain emang pada dijelasin / perhatiin hal2 begini waktu buat jas.

      Delete
  8. Tengkiuu yah Sin infonya, mata gw jadi melek nih. Mungkin si Ai sabtu ini ngukur jas, dan emang paling penting sih nyesuain sma body yah :D Penasaran deh mo liat ur cami dalam jas nya. Ihiyy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. you are welcome py. :)
      emang yg paling penting, cari tau dulu bentuk tubuh nya. baru dicari kira2 yg cocok sm bentuk tubuh yg seperti apa. :D

      nanti di-share ya py kalo udah jadi. minggu ke 3 april baru fitting jas nya.

      Delete
  9. Luarrr biasa sindiii lengkapp bangett!! Coba klo u merit duluan.. pastii cerahh dhe gw, ga usah bingung" n pusing" ngeraba" milih vendor dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vendor2 yg u pilih jg udah bagus jur.. :)
      mungkin cm butuh detail apa aja yg mesti diperhatiin dr masing2 vendor ya jur. Hehehe

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik