Sunday, May 10, 2015

Artificial Brooch Bouquet

Di postingan sebelumnya, saya sempet cerita kalo udah deal sama salah 1 vendor untuk buat artificial brooch bouquet. Rencananya, HB ini mau dipake untuk foto prewed indoor pas pake wed gown & buat hh pas resepsi. Karena kita prewed di awal Mei, jadi pas deal, di nota udah ditulis bahwa mulai pembuatan di awal April (saya deal di tgl 28 Feb 2015). Karena katanya butuh waktu kurang lebih 1 bulan untuk buat HB *long story alert, kalo bosen, jangan baca ya*
inilah kurang lebih isi nota nya

2 April - 4 April:
Saya mulai hubungin vendor nya untuk infoin contoh HB yg saya suka, kombinasi warna nya, dan model HB nya (di nota ditulis bulet, tapi saya mau ganti jadi cascade). Saya ditanya untuk kapan pake nya, saya jawab 1 Mei (boong dikit, harusnya utk 8 Mei). Terus dia bilang, kalo dikirim nya setelah tgl 20 April, gpp ya? Saya jawab iya..

20 April - 21 April:
Saya tanya, udah mulai dirangkai blm untuk HB nya.. Dijawab tgl 21 April: Udah dirangkai, nanti dikasih liat fotonya sm dia.

27 April - 28 April:
Karena dari tanggal 21 April ga ada kabar, saya mintain lagi untuk foto HB nya. Selama tgl 27 - 28 April, no response sama sekali. Padahal kalo di WA, bisa diliat dari last seen nya. >.<

29 April:
Saya tanyain lg untuk HB nya & bilang sama dia mau dipake tgl 3 Mei.. Saya jg udah mulai ngoceh, kok ditanyain ga ada kabar, padahal udah tinggal beberapa hari lagi saya butuh HB nya utk dipake. Akhirnya dijawab jg, dia bilang kalo:
- WA nya sempet rusak, cm bisa line
- 2 minggu terakhir pegawai nya semua keluar, jadi dikerjain sendiri semuanya
- dijanjiin kalo besok mau dikirim foto nya
- pesenan saya udah pernah dibuat, tapi karena pegawai keluar, jadi ga tau kemana HB nya

30 April:
Saya ingetin untuk kirimin foto bunga nya, tapi katanya tar malem akan dikirim fotonya. Kenyataan nya tetep ga dikirimin. T.T

1 May:
Saya tanyain lagi untuk rangkaian foto bunga nya. Sekalian saya tanya, sebenernya bisa selesai hari ini / ga. Dijawab kalo bs selesai hari itu. Sore nya, baru deh pertama x nya dikirim foto rangkaian bunga nya secara garis besar *akhirnya dikirim jg setelah nunggu dr 20 April*. Tapi setelah saya liat, kenapa ada bunga warna putih nya..Padahal di nota bon kan udah jelas kalo saya maunya tema warna apa. >.< Terus pas tgl 2 April, saya udah bilang maunya yg cascade (menjulur ke bawah). Tapi dari foto yg dikirim, bentuk bunga nya bulet. T.T
Setelah saya comment ttg bunga putih & seharusnya model cascade, dia bilang nanti bunga putih nya diganti & dia mau cek stok bunga dl (karena saya ada suka salah 1 bunga pink, jadi saya minta bunga itu lebihan).

2 May:
Dikabarin kl stok bunga pink yg saya mau ga ada. Saya jadi tanya, terus kalo gitu bunga nya diganti jadi seperti apa, tapi no response.

3 May - sekitar jam 12 siang:
Saya tanya lagi gimana nasib HB saya. Karena waktunya beneran udah mepet. Saya tanya, bisa selesai hari ini / ga. Kalo misalnya emang ga bs, saya kan bs batalin utk buat di vendor ini. Saya ada coba telp jg ga diangkat. >.<

3 May - sekitar jam 17.30:
Baru ada kabar dari vendor nya kalo dia abis pulang dr gereja. Dan dia blg kalo hari sabtu minggu full ga pegang HP. Terus dia telp saya, bilang kalo HB nya udah jadi & udah bs diambil sore itu. Tapi kan saya tanya, untuk boutonniere nya udah dibuat blm. Dia bilang baru mau dibuat. T.T

Padahal posisi nya dari siang - sore, kita sengaja ke TA buat stand by ambil HB nya langsung. Karena letak vendor nya deket sama TA. Tapi baru ada kabar sore2, pas kita mau jalan pulang dr TA (karena ada janji untuk dinner sama camer, jadi kita mesti pulang secepetnya dari TA).

Si cami udah kesel banget sm vendor ini, sampe akhirnya dia bilang untuk batalin aja deh sama vendor ini, ga masalah jg kalo DP nya angus. Cami jg ada ningalin comment di IG vendor nya, tapi ternyata comment nya diapus.

Akhirnya saya telp ke vendor nya & diangkat. Saya sampein niat kita untuk batalin buat HB nya. Dia bilang sayang kl dibatalin, karena sebenernya HB nya udah jadi. Tapi kl mau dibatalin pun, nanti dia akan proses untuk refund DP nya full..

Akhirnya setelah pikir panjang, saya putusin untuk tetep lanjutin buat HB nya sm vendor ini. Kalo HB nya udah jadi, nanti akan dikirim sm vendor nya pake kurir. Baru mulai sore - malem, saya bisa tek tok lancar untuk HB nya.. Ada beberapa bunga yg saya ga suka, saya minta ganti. Ada jenis bunga yg kurang (ga sesuai contoh), saya minta ditambahin. 

4 May:
Saya chat dia yg isinya:
- Minta dikirimin foto boutonniere nya, karena blm pernah dikirim sama sekali.
- Minta ditambahin brooch nya lagi, boleh ga? Katanya ga boleh, saya bilang ok, gpp.
- Minta HB nya dikirim besok, bs / ga?

Akhirnya foto boutonniere nya dikirim & saya kasih tau ada sedikit revisi, karena saya ga suka salah 1 bunga yg dipake.
Untuk HB saya udah ok, dari foto terakhir yg dikirimin sama dia, saya udah suka sm hasilnya.

5 May:
Saya chat lagi yg isinya:
- Minta HB & boutonniere nya dikirim hari ini, sekaligus kasih alamat.
- Nanya nomor rekening buat lunasin pembayaran nya.

Malam nya, saya transfer ke dia. Dapet telp jg dr orang rumah kalo HB nya dah dikirim (alamat bener, tapi nama penerima salah). Makanya orang rumah sempet bingung, apa bener ada pesenan HB.
Saya cek HB, ternyata cm ada 2 brooch. Saya cek ulang nota bon, karena harusnya ada 3 brooch. Jadi saya tanya lagi ke vendor nya. Kurang lebih jawaban nya begini:
- Karena saya udah pake boneka, jadi brooch nya dikasih 2.
- Karena dia udah ngasih saya bonus ukuran, dr medium jd large.
- Karena udah include boutonniere.
- Karena bunga nya saya milih nya yg impor semua, bahan nya mahal.

Kesimpulan nya:
Jujur, saya ga ngerti mana yg bunga impor sm lokal. Saya bener2 milih sesuai selera pribadi, mana bunga yg saya suka & ga suka. IMHO, at least, saya diinfoin tentang jumlah brooch yg dikasih berikut alasan nya (waktu HB nya blm dikirim, jd saya jg ga bingung knp cm ada 2 brooch). Saya jg ga tau kalo saya dikasih bonus upgrade ukuran kalo emang ga dikasih tau.

Menurut saya, hasil akhirnya baguuuuus (setelah dikirimin foto dari kamera SLR), bener2 sesuai ekspektasi saya jg (setelah selesai direvisi). Dari pihak vendor nya jg cukup bertanggung jawab untuk selesaiin pesenan nya sesuai request yg diminta. Cuma kekurangan nya 1: slow response banget. Walopun dari pihak vendor nya sedang ada masalah internal, at least saya sebagai customer dikasih tau kira2 estimasi selesai nya kapan, tapi tepat waktu. Jadi saya sebagai customer jg ga perlu hubungin / uber2 terus vendor nya. Urusan waktu mau prewed kan jg bukan soal HB, tapi ada soal gaun, sepatu, dll.

Mungkin pas kebetulan saya pesen, pas emang vendor nya lagi ada masalah pegawai nya keluar. Jadi owner nya jadi keteteran untuk selesaiin order2 yg udah mendekati deadline. Mungkin pas giliran ada pesenan dr org laen, pas lagi ga ada masalah, jd orderan pun bisa selesai tepat waktu. Jadi saya anggep ini adalah faktor kebetulan, dimana mungkin saya yg lagi apes..

Postingan ini saya buat bukan untuk jelek2in suatu vendor. Tapi saya cm mau share pengalaman pribadi aja. Udah cerita panjang lebar begini, langsung aja saya kasih liat artificial HB nya setelah jadi ya..
Cakep banget kan jadinya? bener2 sesuai keinginan saya
saya suka banget sama HB nya.. Pas dipegang pun ga berat (karena ada dari vendor laen yg pas dipegang HB nya malah berat)

30 comments:

  1. Halooo chyn...Bagus HB nya chyn..setuju ama km chyn..ketika vendor menambahkan or mengurangi yang ada di pesanan harusnya konfirmasi dulu..jd biar jelas.well setidaknya ud jd HB nya n bagus..prewednya bs komplit deh..spt ekspektasi km. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup ricka.. seengganya kita dikasih tau dulu ya, kalo misalnya ada yg mau ditambah / dikurang dr persetujuan awal. jadinya kan ga bingung. :D

      yup, untungnya setelah jadi, HB nya bagus & bener2 sesuai selera aku. hehehe

      Delete
  2. Chyn.. HBnya baguus.. gw jadi kepikiran mw HB artificial aja untuk hari H.. tapi pas baca postingnya lu kayaknya ga nyempet lagi ya..

    Tapi lu sabar banget Chyn sama vendor ini.. salut.. jawaban si vendor bener-bener ya.. kalo gw pasti uda berasap hehe.. Semoga vendornya baca postingan lu dan berubah lebih baik lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya vin, kayanya kl u mau artificial HB, waktunya udh mepet bgt.. >.<
      Drpada dikerjain super express, tp hasil krg maksimal / krg sreg, mending jgn. Hehehehe.

      hahaha, sebenernya gw jg udh di ambang batas sabar vin. Tapi untungnya terobati sm hasil HB nya yg cakep. :D dan vendor nya jg bertanggung jawab utk selesaiin pesenan gw, walopun mesti gw yg aktif nanya progress nya. >.<

      Delete
  3. Chyn untung hasilnya bagus yaa..hehehe..jadi biarpun kesel tp ujung2nya ttp happy...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya rib, hasilnya sesuai selera gw..jadinya gw ga BT. hehehe

      Delete
  4. Iya setuju sama ribkaaa.. Untung hasilnya bagus.. Jadi ga nyesel deh ga batalin.. Kayaknya itu bener2 lg keteteran ya ownernya.. Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup fan, untung hasilnya bagus.. :)
      kayanya owner nya lagi keteteran karena byk order..terus pas gw jg lg pesen. jadinya slow response deh.. >.<

      Delete
  5. selain kurang respon, ownernya kurang informatif ya cyn. ga info2 dlu kalo ternyata ukuran diupgrade tow info yang lain. tapiiiiii hasil HBnya bagus cyn!! :D
    nanti HB ini dipake pas hari H tow ada buat baru lagi cyn sama ini vendor? kalo buat baru, kudu lebih jau2 hari en dipantau terus cyn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ho oh ping, slow response & krg informatif ya.. >.<
      hehehe, makasih ping..

      HB ini sekaligus dipake buat HH kok fan, utk resepsi.. :)

      Delete
  6. gua kadang gemes sin vendor yang terlalu kebanyakan alesan.. tapi dia sendiri gak confirm dulu ke kita. at least yang kenapa pake 2 brooch doank. trus upgrade. untung hasil akhirnya bagus yah sin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi, gw jg gemes gegara alesan nya WA rusak, tapi kan gw bs liat dr last seen nya.. >.<
      hohoho, untung hasil nya sesuai selera gw.. :D

      Delete
  7. Bagusss sin, ahh ni vendor inceran juga cm bikin galau banget yaa T___T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasilnya bagus nie, cm emang pas gw pesen, kayanya pas lagi ada problem internal. jadi agak susah dihubungin..

      Delete
  8. bagusss bangeeet HB nya ..ini cuma buat prewed doang yahh ?dirimu detail sekalii yahhh siapin segala sesuatunya ..hahaha ..beda bgt sm aq, HB cm alakadarnya aja x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. dipake buat prewed & resepsi pas HH der.. :D
      gw jg blm pesen HB yg fresh flower untuk resepsi nanti kok der.. hehehe.
      ini karena kebetulan mau dipake buat prewed, jadinya pesen lebih awal.

      Delete
  9. Bagus ya cyn..
    klo ak si bakal esmosi tingkat tinggi kayana..
    tgl 1 ga ada kabar.. lgsg bakal ak mnt refund..
    Ckckckc kamu si sabar bngt..
    prep wed mu si bikin envyy...smua bagus2.. ngencess .. hahaha
    klo nanti abis wedding tuh hb nganggur.. ak trima sewa dengan harga menarik cyn. :p
    Abis ini masi nyiapin apalagi cyn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar demi hasil maksimal nih.. hehehe.
      nyiapin nya tinggal cari HB yg fresh flower aja wulan..
      postingan selanjutnya paling cerita soal sesi prewed kemaren. :D

      Delete
  10. Baguuusss lhooo sis HB-nya hihihi...aku sendiri mau bunga apa ajah aku serahin ke vendorku. Hahaha... habis bingung dann gak ada bayangan HB aku harus gimana hahahaha... cakeppp deh... apalagi pas sama theme cinderella km... gak sabar jadinya lihat hasil foto PW km 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank youuuuu ya.. emang HB nya bagus yah.. gw jg naksir sm HB nya. :D
      coba aja browsing di IG, cari referensi kira2 jenis bunga apa yg km suka.
      HB nya dipake buat foto prewed pas pake wedding gown. bukan buat tema cinderella nya.. :)

      Delete
  11. waw.. gilee..bagus banget HB nya sindii.. hahhaa
    sayang, gua bener2 pasrah soal bunga2an hahhaa.. dulu sempet dibawelin sama nyokab BM gw kalo milih bunga ga bole asal, mesti pastiin bunga lokal/impor (yg mana gua ga ngerti sama sekali) nyahaha..
    yauda pasrah deh dpt dr bridal apa. cuma bonus dr dekor aja minta campur david austin hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you melo.. :)
      gw jg naksir berat sama HB nya gw. hehehe.

      eh, gw jg ga ngerti kok soal jenis bunga yg dipake di artificial HB nya. yg penting keliatan cakep. wkwkwk.
      buat fresh flower HB nya, gw jg blm cari2 melo.
      dl waktu gw di bridal pertama, gw jg mesti pasrah cm bisa dapet rose..
      kayanya buat fresh flower HB nanti, gw jg cm pilih rose, mix warna aja.. :D

      Delete
  12. Baca postingan HB elu ini kok lumayan ribet banget ya. Sementara dulu gue pas mesen kembang2an (gue pesen lbh dr 10 items sm dia), isinya cuma ngobrol sama Tante Atrina sambil ngopi sampe cafe tutup, 20% ngomongin bunga, 80% gossip huahahahah. Yah kalo sama Tante Atrina mah, mungkin elu bisa kesel2 kali Cyn, padahal dia kan udah punya nama and I think quite on the steep side kalau untuk HB, karena seringkali yang datang itu detailnya gak sesuai pesanan, walaupun tetep hasilnya bagus juga. Cuma buat orang yang sangat detail seperti elu, bisa2 nanti elunya gak terlalu happy. IMHO, as long as bunganya masih make sense, segar, gak usah sampai gimana2 banget untuk fresh flowernya, gak ada hal yg perfect di dunia kok, even if we have all the money in the world hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ci leony, ini yg dipesen bunga palsu.. jadi bs diliat dulu hasilnya, kira2 udah cocok blm sama calon empunya HB nya.
      kalo bunga asli, aku jg blm pesen kok. Paling nanti cm pesen rose flower, mix warna..
      justru karena dana yg aku punya itu terbatas ci..jd butuh hasil semaksimal mungkin dengan dana yg aku punya..
      kl dana aku unlimited, aku ga ambil pusing ci. Hehehe.
      lagian isi postingan ini ttg susahnya ngehubungin vendor HB nya, karena aku butuh utk dipake foto prewed..

      kl misalkan sampe di hh nanti, utk fresh flower yg dtg ga sesuai sm pesenan, aku jg pasrah aja ci. Karena emang ga mungkin semua vendor yg kita pilih bs kasih perfect performance as we want..
      karena aku sama sekali ga neko2 kalo soal jenis bunga.
      Yg buat artificial ini, aku cm minta diganti utk 1 jenis bunga yg aku ga sreg & ditambah bunga kecil2..

      Delete
  13. gw baru tau ada gini2an loh, kayanya jaman gw dulu nggak ada (atau mungkin gw yg kuper hahahaa) untung hasilnya sesuai keinginan trus cakep yah Chyn...jadinya itu bunganya tuh bukan beneran yah, bisa disimpen dong yah?

    kl gw dulu simple banget cuman bilang mau warna fuschia sama ada daun menjulur model ivy atau daun anggur gitu, bunganya terserah florist yg penting gw bilang gak mau chrysant sama gerbera hehehe akhirnya dikasih rose import sama baby breath plus daun2 menjulur jadi HB nya memanjang ke bawah krn gw gak suka yg bunder :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ci feli, kayanya bunga palsu gini baru ada beberapa thn terakhir.. :)
      Iya ci, untung hasilnya sesuai selera aku..jd ga sia2 aku tetep nungguin sampe HB nya selesai dirangkai. :D

      Yup ci, ini bunga palsu, terus dikasih bros yg dicantol ke bunga nya..jadi sehabis married, masih bs disimpen buat jd kenang2an..biasa nya sih dibingkai sama undangan & souvenir di frame 3D yg besar..
      Toss dl ci, aku jg ga suka model bulet. Keliatan nya kayak bantet gitu. Hehehe. Jadinya minta dirangkai memanjang ke bawah sm vendor HB nya, utk bunga palsu nya..

      Soal jenis bunga, aku jg krg ngerti..jd utk hh nanti, yg fresh flower paling cm mau pesen rose aja, dimanisin sm baby breath.. hehehe..

      Delete
  14. Gw kok ikut cape ya bacanya hahaha. Lo sih termasuk sabar banget loh cyn, kalo gw kayaknya bakalan udah batalin tuh. Paling sebel sama vendor yg susah dihubungi. Walopun hasilnya bgs, tp gak sepadan sama makan atinya (kok gw jd serasa ngomporin yah hahahaha)

    Eh, boleh tau gak, harga bunga artificial sama asli emang mahalan mana sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk, iya nih, gw sabar2 karena berharap hasilnya bagus.. dan emang hasilnya bagus, walopun mesti nguber2in vendor nya. >.<

      Tergantung mel... rata2 & biasanya lebih mahal bunga artificial. Apalagi kl makin banyak bros yg dipake, harga makin mahal.
      Tp kl bunga asli, milih bunga nya yg impor & jenis bunga nya yg jarang ada, jatuhnya mahalan bunga asli.. :)

      Delete
  15. waaaaa.. coba aku baca postingan kamu ini, mungkin mikir2 lagi untuk ngedeal sm vendor ini.. hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baru tau ttg postingan ini ya setelah aku comment di blog mu.. >.<
      at least sekarang HB mu udah jadi ya, walopun proses nya butuh nguber2 vendor nya jg.

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik