Thursday, March 27, 2014

Tips membeli & merawat sepatu Donamici

Saya mau share pengalaman pribadi yg udah beberapa x buat sendal maupun sepatu pesta di donamici. Dari sekian pasang buat disana, sekarang yg ada di rumah & bisa dipake tinggal 1 pasang doang. wkwkwk.

Berikut ini tips - tips nya:
1. Jangan simpan sendal / sepatu nya di dalam dus tertutup
Sebaiknya sepatu nya disimpan di dalam dus yg ada lubang nya. Jadi angin bisa keluar masuk. Kalaupun mau disimpan dalam dus, sebaiknya biarkan tutup nya agak terbuka. Soalnya dulu pernah simpen sepatu di dalem dus tertutup selama ampir 1 taon. Pas mau dipake buat kondangan, baru dikeluarin lagi. Ternyata kulit nya pada rontok semuanya..Gila, padahal sepatu nya baru dipake 2x.

2. Diusahain jangan kena air
Jadi dl pernah waktu pake sendal donamici, tiba2 ujan deres. Otomatis sendalnya juga nginjek genangan air yg ada di jalan.  2x kena genangan air, langsung rusak tuh sendal. Lem2 nya pada copot. Kalo emang terlanjur kena genangan air, begitu sampe di rumah, buru2 dilap pake kaen kering. Jangan dibiarin kering sendiri.

3. Jangan beli yang 'mata' di sendal nya full sampe samping (yang di bagian depan)
Saya pernah beli sepatu yg 'mata' nya lumayan rame. Full sampe ke bagian samping depan kaki. Nah, tiap x jalan kan kaki pasti ada saling beradu dong..Makin lama, lem di bagian 'mata' yg di samping depan itu copot. Jadi beberapa x saya bolak balik kesana buat dilem ulang lagi. Setelah dilem tentunya ga bisa sebagus awalnya. Karena kl 'mata' nya kena lem, lama2 akan berubah warna jadi lebih hitam.

Asal ikutin 3 tips di atas, dijamin sepatu yg dibuat di donamici bakalan awet & tahan lama. Soalnya saya udah buktiin sendiri. Ini satu2 nya sepatu yg tersisa di rumah (udah lebih dari 1 taon nih):

Tambahan tips untuk yang mau buat sepatu / sendal disini:
1. Kalo untuk wedding, sebaiknya pesan dari jauh2 hari.
Sebaiknya pesan dari 1,5 - 2 bulan sebelum HH. Karena kita mesti spare waktu jg untuk proses pembuatan nya (biar ga buru2, hasilnya jg bs maksimal). Normalnya sih sepatu pesenan bisa jadi dalam 2 - 3 minggu. Selain itu, akan lebih nyaman kl kita bikin baru daripada beli yang udah ready stock. Karena kan kita bisa pilih tinggi & model hak, warna dan model. Kalo waktunya bener2 udah mepet sama HH, kita bisa request supaya 'pesenan nya' didahuluin. Atau bs juga boong waktu ditanya kapan mau dipake sepatunya. Misalnya mau dipakai di tanggal 15, saya blg kl mau dipake di tanggal 1. Jadi kalo pun ada problem, saya masih punya rentang waktu..hehehe.

2. Pastiin kalo ukuran kaki udah benar
Biasanya kalo ke toko nya, kita dibantu untuk cobain sendal / sepatu yg ready stock. Nah, untuk ukuran (diliat dari panjang kaki) sama lebar kaki di bagian depan ternyata bisa beda loh. Jadi, ukuran panjang kaki saya 39, tapi lebar kaki saya di bagian depan itu utk ukuran 40.

3. Pilih model yg simple, yang 'mata' nya cm ada di bagian tengah / samping aja.
Tujuan nya jelas, biar ga cepet copot kl kena gesek antar sepatu waktu jalan. Karena kl terlalu sering kena gesek, 'mata' nya bisa copot.

4. Untuk yang model sendal, bisa minta tambahan tali di bagian belakang
Kalo yang beli model selop, biasanya juga dikasih tambahan tali lagi di bagian belakang nya. Yang kl mau dipake, tinggal diselip aja.

5. Pastiin lubang di bagian sepatu nya udah pas
Begitu sendal / sepatu nya jadi, pastiin kalo lubang / bolongan di bagian sepatu nya emang udah sesuai dengan ukuran pergelangan kaki kita. Jadi kalo lubang nya kurang, bisa langsung minta ditambahin lubang di toko nya.

6. Bisa dikirim gratis sampe rumah
Saya kurang tau sih kalo kebijakan sekarang gimana.Soalnya udah lama gak beli disana. Tapi terakhir x saya beli, saya cukup dateng ke toko nya, ukur kaki, pesen model & warna, bayar lunas, tinggal tunggu sepatunya dateng. hehehe. Enaknya sih ga usah repot2 lagi ke toko buat yg rumahnya jauh. Tapi saya saranin, pake jasa kirim gratis ini cm buat pemakaian biasa/kondangan ya. Kalo untuk wedding, mending dicoba langsung, biar bisa pastiin kl sepatu nya bener2 nyaman dipakai di kaki kita.

7. Bisa cek pesenan udah selesai / belum ke nomor yang dicantumin di kartu nama.
Jadi biasa kalo mau ambil sepatu, cek dulu ke toko, barang nya udah ada/belum. Kl emang belum ada, berarti masih ada di tempat pembuatan nya. Biar kita ga dateng sia2 ke toko, tapi pesenan nya belum jadi.

Terakhir x kesana, toko nya udah diperluas ke toko samping nya. Soalnya dulu ukuran toko nya beneran kecil, trus selalu rame kalo dateng pas weekend. Mau cobain sepatu buat duduk pun susah. Sekarang toko nya udah lebih besar dibanding jaman dl. Mudah2an tips nya bermanfaat buat yang laennya yah. Biar sepatu nya bisa dipakai berkali2 alias awet.

Donamici Shoes
ITC Mangga Dua lantai 3 blok A no 25


3 comments:

  1. sis, aku bikin sepatu di alea shoes bandung. awet banget sampai 3 tahun gak rusak2.. memang sih sepatu pesta.. jadi gak setiap hari di pake.. tapi bener2 quality nya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sis, custom made shoes jg kah di alea shoes?

      Delete
  2. custom kok :)
    heels bisa di atur, size bisa gede sebelah (misal 38 and 38.5), bantalan bisa di tambahin, mote bisa piih warna, bahan bisa pilih, etc
    harga sekitar 1-2 juta buat sepatu pesta

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik