Saturday, June 14, 2014

Sense Ballroom - Harga & menu untuk 2015 (part 4)

Pertama2, mau ucapin congratz dl buat epi yg statusnya bukan single lagi. Hehehe, happy wedding ya pi. Buat yg mau baca ttg postingan sebelomnya ttg Sense, bs liat di postingan yg ini, ini, dan ini.*PD amat yah, kaya ada yg mau liat aja, hahaha*. Jadi waktu kita DP di Sense bln Feb kemaren, kita cm tau minimum charge nya aja utk tahun 2015. Tapi utk harga nya kira2 ada kenaekan sekitar 10% dr harga menu tahun ini. Kata marketing, harga & menu utk 2015 bakal keluar di bulan Juni.

Begitu bulan Juni, coba iseng2 liat website nya Sense. Eh, beneran aja harga nya udah diupload untuk thn depan. hahaha. Btw, yg di posting disini adalah menu yg paling murah di mereka. Seb masih ada 3 paketan lagi di atas nya *lebih mahal lagi*. Berhubung budget jg mepet, kita pilih nya paketan yg paling murah tp tetep memenuhi minimum charge *mudah2an tetep enak ya*.
Harga tahun 2015
Buat perbandingan, saya attach jg harga utk tahun 2014, paketan yg sama. Kalo dibandingin, ada kenaekan harga 6 juta buat paketan per 25 meja. Kalo untuk penambahan per meja nya, ada kenaekan 150 rb. masih masuk akal sih kenaekan nya.
Harga tahun 2014

Jadi sistem di Sense kaya gini, kita mesti ambil dl paketan wedding yg minimum buat 25 meja ini. Tapi utk setiap ballroom nya pun ada minimum charge nya. Kalo mis harga paketan masih lebih kecil dr min charge, ya berarti mesti ada penambahan meja.

Berhubung min charge di Grand Ballroom thn depan itu 190 jt, begini hitung2an nya buat penuhin minimum charge nya:
1. Min charge - 98,888,000 (harga paket purple ruby).
2. Hasil dr step no 1 : 2,338,000 (harga penambahan per meja, udah nett).

Dari hasil step 2, kita mesti nambah 39 meja. Total meja yang dibayar jadi 25 + 39 = 64 meja. Berhubung deal di pameran, tiap 10 meja, free 1 meja. Jadi dapet free 6 meja, yg nantinya dipake buat meja cadangan. Yang pasti, nanti kita request 1 meja utk menu vegetarian. Kalo kata marketing sih harganya sm antara menu biasa sm vegetarian. Ini sih baru hitung2an ala kita ya, tapi belom dipastiin lagi ke marketing nya. Nanti akhir bulan ini, mau mampir kesana buat nanya cara hitung2an nya ke marketing deh, biar lebih jelas. hehehe.

Kalo untuk menu makanan nya sendiri, cara masak nya masih bs diganti. Jadi ga harus ikutin 100% menu yg dah ada di paketan nya. Misalya: di paketan dapetnya ikan gurame goreng cah jahe saos hongkong. Tapi kita mau diganti aja jd ikan gurame goreng asem manis. Nah, itu ga bakal kena charge lagi. Tapi kalo mau ganti nasi goreng jd mie goreng, kita bakal kena charge lagi untuk per meja nya (mesti tanya marketing buat itung2an charge nya kaya gimana). Rencana sih ga mau kena charge lagi buat makanan nya. Maklum, budget dah mepet bgt. wkwkwk.

OOT lumayan byk ya. Dari sekian vendor yg saya udah deal, paling bae & ramah ini marketing nya Sense. Aduuuh, service nya oke bgt kalo dibanding marketing laen. Ada beberapa vendor yg deal nya langsung sama owner jadi lebih enak jg buat ngobrol. Tapi kalo yg deal nya emang mesti kudu melalui marketing, saran saya:
1. Cari marketing yg kerja nya udah lama disana.
Kalo menurut saya sih ini penting, biar meminimalisasi yg namanya resign di tengah2 jalan. Selaen itu, info yg kita dapet jg bs lebih jelas dibandingin marketing baru. Males jg kan kalo nanya2, eh ketemu nya sm marketing yg ga bs jawab pertanyaan kita, terus mesti tanya ke marketing laennya.
2. Harus cari marketing yg RAMAH, informatif & aktif.
Banyak bgt marketing yg cm ramah di awal2 sebelom kita deal. Tau2nya setelah deal, dikacangin abis2an kaya duit kita ga laku. Ibarat peribahasa: serigala berbulu domba. Ada jg yg ngejelasin ogah2an, dikira kaga mampu buat deal cm gara2 liat penampilan. Ada lagi marketing yg pasif, kalo ditanya baru mau jelasin. Ga ditanya, dia nya jg cuek2 aja. Paling parah, marketing yg maksa2 buat deal langsung.

No offense buat org2 yg profesi nya marketing ya. Tapi sebagai customer kan biasa kita emang ga ngerti, makanya butuh informasi yg detail. Walopun emang dari sekian customer yg punya berbagai macem sifat, pasti ada yg keterlaluan sih. Tapi keki bgt sama marketing yg bermuka dua. Lebih hati2 aja kalo mau deal. Mending cari marketing yg bener2 klik di hati. Soalnya kalo dah keki, pasti mempengaruhi bgt mood kita sampe di hh.


4 comments:

  1. Thank you yah chynnn.. :)

    Bener dari semua vendor.. memang paling penting marketingnya itu enak, ramah dan co-operative. biar enak pas kita tanya2 atau lagi butuh bantuan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, penganten baru dah blog walking aja nih..wkwkwk.

      iya betul, marketing bener2 pegang peranan penting bgt. makanya mesti milih2 marketing yg enak & sreg di hati. :)

      Delete
  2. Nah aku setuju banget iniiiihhhh......
    2. Harus cari marketing yg RAMAH, informatif & aktif.
    Banyak bgt marketing yg cm ramah di awal2 sebelom kita deal. Tau2nya setelah deal, dikacangin abis2an kaya duit kita ga laku. Ibarat peribahasa: serigala berbulu domba. Ada jg yg ngejelasin ogah2an, dikira kaga mampu buat deal cm gara2 liat penampilan. Ada lagi marketing yg pasif, kalo ditanya baru mau jelasin. Ga ditanya, dia nya jg cuek2 aja. Paling parah, marketing yg maksa2 buat deal langsung.

    Gw rata" deal salah satu alesannya karena marketingnya enak juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, betul banget jur. Marketing itu ternyata punya peranan penting..makanya mesti pinter2 pilih marketing yg sesuai kriteria di atas. Wkwkwk.

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik