Saturday, April 5, 2014

Pemilihan Vendor - Liputan Wedding HH

Postingan ini bakal bahas secara sekilas tentang hasil survey ke beberapa vendor wedding. Saya kasih penjelasan singkat ttg pendapat saya untuk setiap vendor sama kasih sedikit informasi secara garis besar yg saya tau yah. Kalo dijelasin semuanya, ga sanggup deh. Tapi bisa aja penjelasan saya salah. Karena sy jg cm orang awam yg gali2 info tiap x ngobrol sm vendor liputan.

Note:
Mungkin buat yg belom tau, sebagai informasi tambahan aja ya.
Wedding clip itu video summary di hari h kita. Biasanya durasi nya itu 1 lagu, sekitar 4 - 5 menit.
Sedangkan kalo untuk yg full duration, itulah video kita di hari H. Biasanya durasi nya sekitar 1 jam.

Kamera DSLR itu sebenernya kegunaan utama nya itu untuk foto. Tapi kamera itu punya fungsi untuk rekam video. Cuma kelemahan nya: harus dimatiin setiap 10 menit. Kalo yg mini DV atau HDV itu, emang alat nya itu khusus untuk liputan video, tapi hasilnya ga bs sejernih kamera DSLR. Selain itu, kamera DSLR itu bisa dipake untuk fokus di 1 objek, sedangkan yang laennya dibuat blur. Dan hasil blur & fokus nya itu bener2 keliatan jelas. Kl yg kualitas HDV jg bisa blur fokus, tapi ga sejelas hasil nya DSLR.

Kenapa penting banget untuk liat hasil liputan video yang full duration?
Karena kemungkinan besar, hasil wedding clip sama yg full duration bisa berbeda. Umum nya, hasil wedding clip pasti jernih karena dibuatnya pake kamera DSLR. Kalo hasil liputan yg full, belom tentu hasilnya bisa sejernih wedding clip.

Kalo soal album, baru2 ini (atau udah lama jg ya) lagi trend album magazine. Jadi biasanya kan album itu berat2 semua, karena tebel2 bahan nya. Kalo album magazine, jumlah halaman nya banyak, tapi ringan. Mirip2 kaya majalah, tapi kualitas kertas nya bukan kaya kertas majalah ya. Cuma menurut saya, kekurangan nya itu: mudah lecek kalo yang buka album nya kurang hati2. Jadi saya lebih prefer album foto yg biasa dibanding yg magazine. Karena album nya pasti nanti diliat sama keluarga jg. Kalo mereka kurang hati2, gawat banget..

Untuk album pun masih dibeda2in lagi loh. Pusing bener dah soal album. Ada sambung, ada putus. Ada yg ditempel doang, ada yg di laminating press. Ada yg bahan kertas nya liquid, ada yg bukan. Cover album pun ada macem2, yang kulit, yang kaen, dst. Untuk simpen album nya pun ada yg di box biasa, ada yg dikasih koper / suitcase segala.

Untuk lighting, ternyata ada macem2 jg. ada yg standing lighting, ada yg mobile lighting, ada yg lighting nya udah include sama kamera nya. Udah makin pusing belom sampe disini? hehehe.

Nah, sekarang langsung bahas aja review dari masing2 vendor liputan nya yah:

1. Surya Photography
Langsung ngobrol sm owner nya jg, namanya Ci Ling2. Penjelasan nya enak, detail. Saya jg dikasih liat contoh liputan yg real *full duration, bukan yg cuma teaser*. Tapi saya kurang suka sama hasil design album foto nya, karena oldish gitu. Tapi kalo soal pengalaman sih ga usah diragukan lagi ya..Untuk 1 photo, 1 video, harganya 12 juta. Kalo untuk 2 photo, 2 video, harganya 18 juta.

http://www.suryaphotography-video.com/photo-album/

2. Maxine Photography & Video Art
Saya langsung dijelasin sama owner nya, namanya Astria. Sumpah, org nya gaul abissss. Enak banget diajak ngobrol nya. Ngeliat hasil video & photo nya jg lumayan. Contoh design album & model album nya jg oke *lumayan up to date lah*. Paketan disini itu adanya untuk 2 video, 2 photo. Jadi kl sesuai kebutuhan saya, Astria nya kalkulasi ulang lagi untuk price list nya. So far, harganya agak lumayan mahal jg ya. Untuk 2 photo & 2 video, kena 18 jutaan *kalo ga salah inget*. Sedangkan untuk 1 photo, 1 video harganya 10 juta.

3. Hans Production Photography
Liat di forum banyak yang pake vendor ini. Minta dikirimin price list nya jg, harganya murah, alias masuk budget saya. Harganya start dari 5,5 juta - 10 juta. Tergantung dari berapa jumlah photographer & videographer nya sama model album nya. Jadilah saya ajak owner nya buat ketemuan. Owner nya ko Yohanes, penjelasan nya oke. IMHO, orang nya agak teges & saklek. Ternyata kualitas liputan nya masih mini DV *yang masih pake kaset, bukan memory card*. Trus saya kurang suka sama design album nya, karena oldish. Tapi ko Yohanes nya berani unjukkin ke saya loh, contoh hasil liputan HH itu seperti apa *full duration*.

http://hansproductionphotography.blogspot.com/

4. Aries Pangestu Photography
Dateng kesini soalnya dikenalin sama Ribka. hihihi. Ternyata  harga paket nya terjangkau loh. Untuk 2 photo, 2 video, harganya 10 juta, kualitas HDV. Bahkan disini berani sebutin tipe kameranya yang bakal dipake. Saya jg bisa liat contoh hasil liputan nya yg full duration di layar 42 inch. Ternyata untuk yg kualitas video nya HDV, masih ada 'semut' nya. Belom terlalu jernih kaya pake kamera DSLR. Untuk albumnya ada 2 pilihan, mau yg magazine atau bukan. Saya minta tolong dikalkulasi paket untuk 1 video & 1 photo aja, tinggalin email disana, tapi sampe sekarang belom ada follow up nya lagi.

5. Picture House Photography
Minta dikirimin price list nya. Untuk 2 photo, harganya 8,8 juta. Untuk 2 video, harganya 8 juta. Jadi ditotal aja harganya kalo mau 2 photo, 2 video. Lucunya, saya dateng ke showroom nya, minta diunjukkin hasil liputan hh yg full duration. Tapi malah dikasih liat wedding clip nya doang. Katanya ga punya contoh yg full duration. SWT deh..Trus kurang suka jg sama album yg didapet dari paketan nya, album magazine. Tapi kalo hasil foto nya lumayan bagus loh. Trus album magazine nya itu up to date bgt. Baru pertama x liat album yg design nya bisa seperti itu. Keren bgt design album nya..

http://www.picturehouseblog.com/

6. Maximus Photography
Saya dijelasin sama Suprapto, nama panggilan nya Toto. Wah, saya bener2 dapet banyak info dari dia. Penjelasan nya bener2 detail. Bahkan dia bisa kasih masukan yg terbaik buat case nya saya *yg udah dapet paketan dari bridal*. Saya bener2 dikasih liat perbedaan dari video yg diliput pake Z1, Z5, Z7, DSLR. Harganya jg ga mahal2 amat dibanding vendor laen. Semua paketan disini 2 photo, 2 video. Yang bedain cm alat nya (Z1, Z5, Z7 dikombinasi sama DSLR) & grade dr photographer nya (A atau B). Kalo grade A itu untuk photographer yg udah sampe overseas.

Ada beberapa vendor laennya lagi yg pernah saya tanya2, tapi cm sekilas2 aja. Jadi ga dibahas di postingan ini ya. Sampe sekarang sih, saya merasa masih belom ketemu sama yg sesuai sm keinginan & dompet. wkwkwk, susah2 gampang cari vendor liputan. Cocok di design album, model album, hasil photo, tp ga cocok harganya. Cocok sama harganya, ga cocok sama album & style foto nya. 

Mungkin ada yg bisa recommend vendor liputan yang hasil foto nya bagus *harus bisa candid*, tapi
 harganyamasih terjangkau?? Abisnya vendor liputan tuh ternyata banyak banget sekarang. Ratusan vendor jg ada. Ga pake nipu, itu yang paling penting!! Jd parno sendiri gara2 ada kejadian yg vendor liputan sama vendor prewed ada yg kabur, menghilang tanpa jejak gitu. Makanya bener2 selektif banget milihnya. Bahkan lebih selektif dibanding pilih venue. T_T

8 comments:

  1. rochan... gue pake maxine hahahaha.. harganya emang sgituan.. dan bener, ownernya gaul abis..hahaha..
    dulu deal sama marketing manager dia, tapi uda resign..pdhal dia juga asik banget..tadinya dia juga yg bakal jd fotografernya..jd nti bkl gnti dh..
    tp kmrn ktmu fotografer2 dia yg lain smua asik2 kok..
    hihihi..

    kalo surya sih yaa...gue agak krg suka.. wktu itu gw blg budget gw dikit.. (awalnya..sblm budget bengkak) jadi dia agak gimana gituu.. malah akhirnya deal sm maxine yg harganya di atas dia. smpe Eric uda blacklist surya krn wktu itu dy krg ramah..hahaha

    *buset komen gue panjang bener..wkwkwk*

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia..btw..tmen kantor gue juga pake maximus..dia bagus sih..cuma dia upgrade2 trs jd mehong harganya :))

      Delete
    2. mei, oh ternyata u pake maxine ya? berarti bisa nanya2 sama u nih ttg maxine. hehehe. iya, owner nya beneran gaul. salut deh sama dia. wkwkwk. u ga request photographer nya sama suami nya astria aja? setau g, suaminya photographer jg. hihihi.

      iya, owner nya surya agak gimana gitu, walopun ngejelasin nya detail. Design album nya jg oldish, imho.

      maximus jg marketing nya gaul abis. cuma agak2 ngeri gitu sama showroom nya. apa mungkin krn g dateng nya malem2, jadi toko2 laennya udah pada tutup x.

      btw, harganya maximus masih lebih murah daripada maxine kan? soalnya dari hasil survey g sih begitu. hihi.

      Delete
    3. hahhaa..ko ronal ya? bisa kok sm ko ronal jg..dy asik jg sih.. skrg blm milih potografernya..lupa mulu hahhaa..

      betul, designnya jg kurang mnrt gue ckck

      maximus kayanya lebih mahal dh jhahaha..
      km dpt apa aja dr maximus vs maxine?

      Delete
    4. Maximus dikasih discount 20% dr harga normal. Sama2 dapet 2 foto, 2 video. Beda di jumlah album mei..
      kl maximus cm dpt 1 album, tp page nya lebih byk.
      kl maxine kayanya dapet 2 album, page nya lebih sedikit, 22 halaman doang, 11 sheet.

      Oh, di maxine bs pilih fotografer nya ya? Baru tau..wkwkwk.
      pilih yg cocok diajak ngobrol nya. Hehe

      Delete
  2. Kudengar namaku disebuut,..iya chyn app marketing yg tau hrganya emg sibuuk bgt...mending lu telp lgs aja klo emg berminat..hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ribka..gw masih maju mundur buat pake app. Tapi emang di mereka itu udh termasuk best price kl 2 foto, 2 video. Wkwkwk.
      masih lanjut survei vendor liputan sana sini. Kenapa sekarang harga liputan mahal bener ya?

      Delete
  3. setuju sama app! hehe.. harganya ok, ownernya baik si ko aries..

    ReplyDelete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik