Sunday, April 27, 2014

Tips memilih vendor liputan HH

Saya mau share pengalaman pribadi buat milih vendor liputan nih. Kan sekarang vendor liputan HH itu udah menjamur, jumlahnya ratusan x yah. Jadi, langsung aja disimak sharingan nya. hehehe.

1.      Tentuin dulu budget nya ada di range berapa.
Ini penting bgt sebagai filter utama. Karena sekarang byk bgt vendor yg harganya gila2an & bikin kita sakit kepala. Jadi, kl udah tau budget, mulai cari tau vendor2 yg masuk dengan budget kita.

2.      Kualitas video nya (Full HD, Semi HD, HDV, atau Mini DV)
Ini menentukan output dr video nya kita. Kalo mini DV itu yg kameranya masih sistem pakai kaset. Sedangkan yg laennya udah pakai memory card. Saya sering bgt ketemu vendor di pameran yg ga sebutin kualitas video yg akan didapet sama customer. Biasa mereka cm sebutin item apa aja yg didapet dr paketan nya. Cari vendor yg mau kasih liat hasil liputan hh full duration, bukan cm sekedar wedding clip / teaser. Karena saya pernah ketemu beberapa vendor yg banyak kasih alesan ini itu waktu diminta untuk show hasil liputann hh yg long / full duration.

3.      Jumlah crew yang didapat & diperlukan
Rata – rata, semua paketan yg disiapin sm vendor liputan itu 2 photo, 2 video karena memang ini standar ideal nya. Tapi menurut saran saya, coba kamu diskusiin sm vendor liputan ttg jumlah tamu yg akan hadir, konsep acara (sitting / standing) & seberapa besar luas venue nya. Kalo ternyata emang konsep wedding nya lebih private, kita bs kurangin jumlah crew nya. Bisa jg kl emang konsep nya megah (yg tamunya bs sampe ribuan), berarti butuh tambahan crew lagi biar semua moment bs ter-capture dengan baik.

4.      Status crew nya (Freelance atau tetap)
Penting jg ditanyain soal yg 1 ini. Karena pastinya kita mau hasil liputan kita sempurna. Saya agak ngeri kl freelancer. Bukan berarti saya anggep remeh pekerjaan nya freelancer. Tapi sekarang byk bgt kejadian yg asal org udah mampu beli kamera SLR, terus langsung anggep dirinya bs foto. Padahal utk ambil suatu foto, mesti diperhatiin angle nya, konsep foto nya, dll. Tapi kita mau nanya seperti ini, pasti dijawab tetap lah sm vendor nya (jarang ada yg mau ngaku, tp emang ada yg jujur).

5.      Camera dan perlengkapan laennya (Sewa atau milik sendiri atau milik freelancer)
Biasanya, ada yg pakai freelancer, tapi alat disediaiin dr vendor nya untuk jaga kualitas output mereka. Tapi ada jg yg pakai freelancer dan alat nya pun sebenernya milik freelancer. Nah, case kedua itu yg lumayan ngeri. Kalo vendor2 yg udah lumayan punya nama sih saya yakin kl peralatan nya pasti milik mereka sendiri.

6.      Lighting
Ini salah 1 unsur yg penting, tapi jarang bgt kita kepikiran buat nanya. Jadi mesti ditanya dl, lighting ini udah termasuk dalem paket kita / blm. Ngeri kl ternyata kita mesti nambah biaya lg cm buat lighting (kl sampe ada case begini, berarti tuh vendor keterlaluan abis). Karena lighting itu sebenernya mesti disesuaiin sama kondisi di venue nya kita supaya hasil liputan nya maksimal. Lighting pun ada beberapa jenis, ada yg standing lighting, jadi emang udah dipasang di suatu tempat (biasanya sih mengarah ke pelaminan). Ada jg yg mobile lighting (ini yg harusnya dipake buat mingle).

7.      Editing foto nya
Sampe sejauh mana vendor itu mau editing foto HH. Contoh, kalo di bridal saya ga bakal ada editing apapun. Hasil yang dicetak di album & semua foto nya itu raw files. Ada jg yg mau edit, tapi cm sekedar kontras warna sama muka yg berminyak. Soalnya kan biasanya kita yg perempuan mau minta lengan dikecilin. Hehehe. Terus kl ada mata yg merem, itu bs ga diambil mata nya dari foto laennya. Bahkan ada yg edit untuk ngebuang saklar lampu, AC, kabel listrik, dll. Jadi kita mesti tanya jelas sejauh mana editing yg di provide sama vendor itu.

8.      Berapa lama pengerjaan album & liputan nya
Ada yg 3 bulan setelah HH udah kelar, ada yg berbulan2 jg masih belom kelar. Kemungkinan nya ada 2: kita yg males buat pilih foto (karena pasti ada ratusan foto yg mesti dipilih) atau emang vendor nya lelet buat ngerjain nya (bisa karena emang lg peak season karena byk wedding). Jadi untuk point ini sebaiknya ditanya jg sama pihak vendor nya.

9.      Design & cover album nya
Ada beberapa vendor yg menurut saya design nya biasa aja, ada jg yg design nya oke. Terus coba dipastiin jg soal maksimum revisi soal design album. Karena biasanya dikasih batas revisi, misalnya: cuma boleh 1x revisi. Untuk cover album nya, ada yg jg custom (mau dr bahan kulit, beludru, kain, kayu, dll), tapi ada jg yg udah default (jadi kita cuma bs pilih warna).

10.  Last, but the most important: Suka ga sama style pengambilan foto nya, design album nya, dll
Biasanya kl nanya di suatu vendor pasti kita dikasih liat dl contoh2 hasil foto & wedding clip dr vendor tsb. Dulu saya mikir, apa iya ya ada perbedaan antara 1 vendor dengan vendor lainnya tentang point ini (soalnya saya bener2 awam ttg hal ini). Ternyata kl disimak baik2, ada perbedaan nya.

Hopefully this post can guide / help the others who are seeking photo & video for their wedding.

2 comments:

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik