Saturday, September 20, 2014

Hikmah di balik bridal yang tutup

Di postingan sebelomnya kan saya udah cerita tentang V bridal yang tutup. Kalo di postingan ini, saya bakalan banyak ceritain tentang pengalaman saya sama bridal tsb selama 11 bulan jadi client nya mereka. hahaha, Sebenernya dari pengalaman kita disana, kebanyakan BT nya daripada senengnya. :(  Jadi kalo yg ga tertarik buat baca uneg2 saya, mending bacanya cukup sampe disini aja. Hehehe.
1.   Kita dp di V bridal sama marketing Y (anggep aja begitu ya). Karena kita merasa klik waktu ngobrol sama marketing Y ini. Nah, kira – kira 1 bulan setelah dp, saya telp marketing Y buat nanyain tentang voucher kue. Tau2 nya Y bilang kalo dia udah ga kerja di V bridal lagi & untuk urusan saya udah di hand over ke marketing Z. Dia malah nanya balik sama saya, emang marketing Z ga ada telp saya? Lha, saya jawab belom ada lah. Akhirnya saya sendiri yg dateng lagi ke V bridal buat pastiin yg mana marketing pengganti nya. Harusnya secara etika, marketing Y itu kan pamit / say goodbye ya sama customer2 nya. Ckckck. Kalo soal marketing Z yg ga hub saya, itu masih bs dimaklumi sedikiiiiit. Toh wedding saya masih 2 tahun lagi.
2.    Kalo yang ini sih kayanya bs dibilang ‘penyakit’ marketing ya. Saya ga pernah di-inform kapan jadwal gown baru dateng. Huhuhu. Jadi waktu kita dp disana, saya belom ada keep gown apapun, karena kan wed day nya masih lama, nanti tunggu gown baru dateng aja. Saya sih nurut2 aja. Tapi pada kenyataan nya, nentuin 1 gown aja kok susaaaah bener ya bu ibu. Soalnya di V bridal itu hanya bs keep gown 1x aja. Kalo mau ganti gown, kena cas 2,5 jt SAJA. Gimana ga keringet dingin kl udah soal UUD? Wkwkwk. Yang ada, hampir setiap bulan sekali, saya bakalan ‘teror’ marketing Z buat nanya kabar ttg gown. Hahaha, ini masih masuk kategori wajar kan?
3.    Pas akhirnya saya naksir salah 1 gown yg ada disana, marketing Z bilang kl gown itu terlalu berat, ekor nya 3 meter. Sedangkan pesta saya sitting dinner. Jadi ga cocok pake gown itu. Tapi gimana ya yg namanya udah naksir, susah dibendung kan ya. Wkwkwk. Pas dicobain, gown nya jg kepanjangan banget. Nah, ternyata gown nya jg ga bs dipendekin terlalu byk, karena nanti hasilnya bs jelek. Saya blg sm marketing Z, ya udah tolong dicek dulu ya sama yg bagian alter gown nya (bs ga kalo gown nya dipendekin 12 cm) & tolong kabarin hasilnya ke saya. 3 hari ga ada kabar, saya tanya by WA gimana hasilnya & ga ada jawaban. 2 hari kemudian, saya tanya ulang lagi by WA & tetep ga dijawab. Grrrrrr..Otak rasanya udah mendidih. Beberapa hari ditunggu ga ada jawaban lagi, saya langsung nanya ketus di WA yg isinya kurang lebih begini: ‘Mbak, gimana kabar gown nya? Bisa ga dipendekin? Kalo emang ga bs, ya kabarin aja. Jadi saya jg ga usah ganggu2 terus’. Setelah diketusin begitu baru dijawab kl emang ga bs. Done, saya jg ga nanya2 lagi ttg gown itu.
4.     Di bulan Des 2013, saya upgrade paket dr 28+1 jt (1 jt karena upgrade mobil ke vellfire) ke 39 jt (karena lg ada promo disc 10 jt, harusnya harga paket itu 49 jt). Ini murni kemauan saya yg mau upgrade paket, dari marketing ga pernah minta saya utk upgrade. Sebelom saya deal disana, saya ada cek di website nya V bridal. Untuk paket 49 jt, di website tertulis akan dapet 2 photographer & 1 videographer. Tapi pas saya ke showroom mereka, di brosur tertulis 1 photographer & 1 videographer. Saya protes secara halus, kenapa bs beda. Akhirnya marketing Z blg kl dia mau nanya owner nya dl. Beberapa hari setelah saya upgrade paket, saya di-inform kl yg tertulis di website salah (yg bener ada di brosur). Terus yg di website langsung direvisi jadi 1 photographer. Done, saya terima dengan ikhlas untuk case ini.
5.      Dari paketan V bridal kan dapet 1 photographer & 1 videographer utk liputan hh (kualitas HDV). Saya nanya, sebenernya itu cukup ga untuk handle 70 meja & kata marketing Z cukup kok. Tapi setelah saya minta masukan dr forum FD, mereka jawab ga cukup, karena pasti ada moment yg missed. Saya nanya lagi dong ke marketing Z, jadi kena berapa ya kalo misalnya mau nambah photographer, dijawab 2,5 juta. Sekitar 1 bulan kemudian saya tanya, jawaban nya 4 juta. Kenapa jawaban nya bisa beda2 gitu ya? Aneh bin ajaib.
6.     Setelah itu, saya nanya lagi sama marketing Z ttg contoh hasil liputan hh itu seperti apa, karena dari paketan saya jg dapet wedding clip. Terus saya dikasih liat wedding clip. Kalo liat dari hasil wedding clip nya sih oke. Buat yg belom tau, wedding clip itu ringkasan acara dari wed day kita, durasi sekitar 4 – 5 menit aja. Tapi kalo saya minta contoh video liputan yg full duration, selalu dijawab ga ada / belom ada sample customer yg udah jadi. Ini saya sampe nanya 3x, dan jawaban dari marketing selalu begitu.  >.< Dari case ini, saya udah mulai curiga sama hasil liputan nya.
7.    Pernah sengaja saya dateng ke bridal tanpa janjian dl sama marketing Z. Nah, disitu saya disambut sama org laen (yg bagian urus pencetakan album). Nah saya tanya2 sama org itu tentang video liputan dan dijawab kalo pihak bridal kerjasama dengan freelancer. Ga lama kemudian kan marketing Z dateng. Saya pastiin lagi ke marketing, utk video liputan nya dari mana, freelancer / bukan. Terus dijawab sama dia kalo video liputan pake org dr kita. Ketauan lagi kan boongnya. >.<
Karena saya ga mau ambil resiko sama hasil liputan hh yang ga mungkin bs diulang kaya photo prewed (kl jelek bs ulang lg), akhirnya saya ambil lagi vendor liputan khusus dari luar. Buat yg ini, nanti saya ceritain lebih detail di postingan laennya.
8.    Selaen liputan yg diragukan kualitasnya, ternyata hasil prewedding nya jg ada potensi bermasalah. Ceritanya kan saya sering post di blog tentang V bridal ini. Tau2nya ada salah 1 customer mereka yg comment di blog saya kalo hasil foto prewed nya itu bermasalah (intinya sih hasil editing kurang oke). Saya kaget sejadi2nya dong. Akhirnya contact2an sama customer ini by email. Saya sampe minta hasil editing photonya seperti apa karena ngeri sama hasil prewed saya. Karena saya blm prewed & termasuk awam untuk menilai hasil editing photo, jadi saya no comment untuk point ini.
9.      Nah, sekarang saya kembali cerita urusan gown. Karena dari marketing Z itu ga pernah inform ke saya tentang kapan ada gown baru dateng, jadi saya yg aktif nanya. Waktu saya tanya di awal tahun 14, dia bilang gown baru nya dateng di bulan Juni 14. Pas bulan Jun, saya tanya dong, gown udah dateng blom. Jawaban nya belom karena ada masalah di pengiriman. Saya dikasih tau nanti di awal Juli 14. Pas bulan Juli, karena ga ada kabar, saya tanyain lagi tuh. Eh katanya masih blm dateng karena bermasalah di pengiriman. Baru bs masuk abis Lebaran. Terus saya tanya lg dong, emang apa masalahnya *kepo mode on*. Eh chat saya ga dibales sama sekali loh. Ckck.
10.  Pada dasarnya, disana ada 3 grade untuk new gown. Yg harga 12,5 juta, 18 juta & 25 juta. Karena saya udah upgrade paket, saya berhak untuk gown yg seharga 25 juta. Saya pikir kan itu udah paling atas, tau2nya masih ada lagi yg seharga 30 juta & 35 juta. Ckckck. Setelah nunggu selama 6 bulan, akhirnya gown baru masuk jg. Eh tau2nya yang masuk cm ada 5 gown aja. 2 gown di grade 12,5 juta, 1 gown di 18 juta, 1 gown di 25 juta, dan 1 gown seharga 35 juta.  Saya cobain 2 gown terakhir tuh yg baru dateng. Ternyata naksir sama gown yg harga 35 juta. Tapi katanya saya mesti nambah 10 juta. Marketing sy bilang nanti mau dibantuin nego sama owner, siapa tau bs nambah 5 juta. Tau2nya beberapa hari kemudian dikabarin kl untuk gown itu, saya mesti nambah 9 juta nett (katanya dia kasih saya harga 5 juta, dimarah2in sama owner nya). Masuk akal ga sih utk harga upgrade gown aja semahal itu? Huhuhu. Jelas saya tolak mentah2 lah.

Yang saya ceritain di atas ini cuma pengalaman yang saya rasakan sendiri ya. Kalo saya masukin pengalaman temen2 yang saya kenal dari forum & emang customer nya bridal ini, ada beberapa uneg2 laennya. Mulai dari bridesmaid gown yang ga bebas milih (jadi ada grade nya jg utk gown bridesmaid. Tapi rata2 gown yang ada katanya kurang oke), pilihan untuk gown prewed dibatesin & aksesoris yang ga bisa bebas milih 100%. Jadi temen saya nanya ke marketing X, boleh pilih aksesoris ga untuk di hh nya. Terus dijawab sm marketing nya gini: nanti disesuaiin jg ya sama paket apa yg kamu ambil & dibantuin sama MUA nya. Zzzzz, dia kesel dijawabin seperti itu.

Btw, bukan berarti bridal ini ga ada nilai positifnya loh ya. Tapi emang kalo di saya, nilai positif nya kurang banyak. Sebenernya kalo boleh jujur, emang dengan harga 39 jt, saya udah dapet banyak banget ini itu yang didapet di bridal ini. Sampe sekarang rasanya saya ga bs ketemu sm paket yg mirip dengan harga yg sama. Cuma ya dari sisi kualitas nya masih perlu dipertimbangkan. Sebenernya sih buat calon penganten yg ga mau pusing & ribet cari vendor sana sini, paketan disini oke banget dari sisi harga. Tapi buat saya yg orangnya emang ribet & kepo, saya khawatir sama hasil output yang nantinya didapat. Ujung2nya setelah saya nambah liputan dari vendor laen, jatoh2nya harganya malah mahal. >.<

Mudah2an postingan ini bs jadi pembelajaran buat saya & mungkin capeng laennya untuk tanya lebih detail pas mau deal dengan suatu vendor. Terutama untuk vendor bridal yg paketnya udah all in. Jangan malu2 buat nanya di awal sampe sejelas2nya, karena ujung2nya mau ngirit malah jadi mahal *jadi curcol*.

Buat yg concern banget sama wedding gown, amat sangat disarankan untuk tidak deal di bridal sebelom dapet gown yang disuka & cocok. Walopun marketing bridal bilang nanti pasti ada gown baru, kan gown baru jg belom tentu cocok. Yang penting udah keep 1 gown yg emang kita suka & punya kesempatan untuk tuker gown tersebut kl ada gown baru yg dateng.

Soalnya gara2 uneg2 di atas, saya sampe sering banget ngeluh sama cami. Yang ujung2 nya jadi berantem, karena saya suka ‘nyalahin’ dia, kenapa sih mau buru2 dp di bridal ini. Sedangkan ternyata dalem nya itu bermasalah. Terutama saya ga suka sama sikap nya marketing Z yg semena2 sama saya kalo ditanya by WA. Kalo pas ketemuan langsung, dia bs senyum lebar seolah2 ga ada yg terjadi di belakang. Kalopun pertanyaan saya dijawab, ya dijawab nya sesingkat mungkin. Tapi beberapa x malah ga dijawab. >.<

Karena seriiiing banget saya ngoceh2 soal bridal, cami sampe pusing jg. Hahaha. Maafkan ya dut, maklum lah kalo calon istrinya ini bawel. Terutama saya ngoceh waktu kedatengan gown baru diundur2 mulu tanpa ada kejelasan. Sampe akhirnya kita bahas untuk pindah bridal & dp di bridal ini dialihkan untuk paket laennya. Hahaha. Akhirnya cami janjiin ke saya, kalo sampe bulan Sept 14 masih blm dapet gown yg sreg, ya udah pindah bridal. Selaen itu, sejak saya dp di bridal ini, saya masih aja loh muter2in bridal laen (bahkan sebelom ada masalah ini itu yg saya ceritain di atas ya). Mungkin ini yg boleh dibilang namanya firasat x ya. Tau2 nya beneran kejadian di bulan Sept 14 ini kita mesti pindah bridal (karena mau tutup).

Nah, sekarang saya ceritain reaksi saya waktu dapet berita ttg bridal mau tutup ya. Awalnya sih kaget banget, karena ga nyangka bs begitu. Tapi sehabis pulang dari kantor, pas ketemuan sama cami, saya selalu sumringah & hati ini rasanya seneeeeeeng banget. Karena ternyata saya bs lepas dari bridal ini dengan cara laen yang mungkin udah diatur sama yang di atas. Mungkin ini yg bs dibilang rejeki org mau nikah?? Cami sampe ngatain saya gila gara2 saya seneng bukan kepalang. Harusnya kan saya syok, sedih, atau apalah. Eh ini saya malah seneng. Bahkan malem itu jg, saya langsung googling untuk bridal pengganti yg mungkin bs jadi kandidat kita. Hahaha. Aneh bin ajaib kan? Tapi pusing yang baru udah menanti di depan mata, karena harga2 bridal udah naek dari tahun lalu. Terus kita mesti cepet jg untuk nentuin pilihan & setelah dihitung2 harganya ternyata lebih mahal (selisihnya lumayan jauh) dari harga paketan di bridal ini.

Fiuuuuh, lega banget akhirnya bs tuangin semua uneg2 yang terpendam selama 11 bulan. Hahaha, lebay. Tadinya malah saya baru mau posting ttg segala macem uneg2 ini after wedding day loh. Tapi karena bridalnya jg udah mau tutup, saya rasa harusnya ga masalah kl saya posting tentang ini sekarang. Karena niat saya posting disini cm untuk ungkapin uneg2 aja, bukan untuk menjelek2an suatu bridal.

16 comments:

  1. Siss, kamu kan pertama kali tau bridal mu mau tutup dr forum FD ya, koq orang itu bisa tau duluan soal ini daripada customersnya bridal itu sendiri ya? Mgkn bisa cerita sedikit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena kan v bridal pernah jual voucher untuk prewedding di groupon. Nah, yg di FD ini ada beli voucher disana dan udh dijadwalin utk prewed dlm waktu deket.
      cuma ternyata temen FD ini ditelp sm marketing v bridal kl prewed mereka dibatalin, krn v bridal mau tutup.
      habis itu, dia langsung kasih tau ke aku, krn dia inget kl aku salah 1 customer nya v bridal.

      Delete
  2. Panjang yaa chyn, hahhahaha
    Tapi ambil sisi positifnya aja chyn, karna mendingan km bayar bridal baru lbh mahal daripada km makan hati trs di bridal V ini....selain gown yg kudu sreg loe jg kudu cari marketing yg komunikatif yaa karna dari pengalaman gw, gw butuh org yg komunikatif kr gw orgny sungkanan klo tanya2 hahha klo urusan gown di bridal gw dari awal udh dijelasin rak ini untuk harga paket sekian, dan selalu disarankan untuk ambil paketan paling murah kr masih bisa upgrade, kr klo dr awal pilih paketan plng mahal ndk bisa downgrade...
    so far...gw sih puas dengan hasilnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mir, panjang bener. soalnya uneg2 yg menumpuk selama 11 bulan. wkwkwk.
      lega banget sekarang dah lepas dari V bridal ini.:)
      betul, marketing itu harus komunikatif. Yang paling penting kl buat gw, harus kalem & sabar, karena gw orgnya bawel. hahaha.
      puji tuhan sejauh ini u puas ya sama service dari bridal. tapi ada beberapa org yg emang ok2 aja di V bridal. Mungkin emang gw jg yg bawel nya keterlaluan, jd marketing nya males ladenin. hahaha

      Delete
  3. Cyn.. jujur aja.. dengan harga 49 juta itu lu harus more than thattttt.. dan jujur aja paketnya mahalllll bangetttt. hahahahhaha. *serius deh* sumpah yah.. gua total2 sih kayanya gak sampe 28 untuk bridal lengkapnya. itu aja udah upgrade 2 foto dan 2 video kualitas atas loh. mobil juga new alpard. setau gua gaun di bridal mana ada sampe harga 35 juta. kecuali emang bajunya diukur sama badan elo dan diranjang khusus buat elo. hahaha.. *ini sih menurut gua yah*.

    Dan jeleknya gaun2 yang suka dibilang harus upgrade di harga segini, yah menurut gua bisa2an mereka. eniwei elo juga gak tau kan gaun itu udah di bekasin sama berapa orang? dipake 1 trus dibilang tau juga gak ada yang tau kan? hihihihi *seujon gua*.

    hihihi.. perasaan elo sama kok kaya gua dulu. sebenernya emang pengen di gester tapi budget gak ada. trus beralih ke karawaci. walau kayanya disini bagus2 juga tapi kok perasaan biasa aja. hihihi.. eh tapinya bridal yang dikarawaci itu juga tutup dengan sempurna. akhirnya balik lagi di gester *dan ternyata gua mampu2 aja bayar gester*. hahahaha.. mendingan memang cari bridal yang udah ada nama. walau mungkin agak sedikit pricey. eniwei dengan harga segitu banyak bridal paketan juga kok cyn. hehehe.. *duh komen gua panjang banget yaaaa*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh kok diranjang sihhhh.. dirancangggggg.. *kebiasaan di group bawa2 ranjang. lol* ehhhh,, ini epiiii.

      Delete
    2. harga paketan nya 49, tapi lagi promo jadi 39. makanya gw upgrade paket. hahaha.
      iya, kalo untuk harga gown nya, emang ga masuk akal ya. >.<

      kalo disitu sih untungnya masih jujur kalo soal new gown sm second gown. Karena ruangan untuk simpen new gown & second gown nya jg beda. apalagi gown hh biasanya dipake buat photo prewed indoor. Jadi kl mis mau cek gown nya itu new / second sih ga susah.

      wkwkwk, toss bokong dl kita. seb hati ini emang biasa aja waktu dp di V bridal ini. Eh, syukur banget akhirnya dia tutup & DP gw bs balik 100% Giraaaang bener loh waktu sore nya itu.

      iya nih...ditunggu next posting ya buat bridal baru nya. wkwkwk.

      Delete
    3. hayoooo, abis ngapain ni sama Jp? Kok pikiran dan tangan ga singkron. Maksud hati mau ngetik rancang, tapi di pikiran nya malah mikir ttg ranjang? wkwkwk. ngakak gw bacanya.

      Delete
    4. Buset Epoy.. Bisa salahnya malah kesono yahh :p

      Delete
  4. Cyn,,,gileeeeeee crita lu membantu banget nih buat kita2 orang biar lebih aware sama markteing bridal yah..hahaha...49 juta paketnya yah...itu mah bisa bikin 1 gaun di ivan gunawan yang endessssssssss bingiiiiitttttt,,pake bakcless2 gtu pulaaaaa,,,+foto liputan and prewed...hadoohhh..>.<.. gw ga tau nih haus berduka atau ngucapin selamat, tapi yang jelassss,,i'll pray the best for your preparation yah...pasti ada hikmah dibalik semua kejadian ini.. Tuhan kasih kejadian ini biar kita semakin pintar, waspada, atau memang justru km dilindungi sama Tuhan kan, biar ga kena penipuan lebih lanjut....

    bersyukur uang DP bisa balik 100% yah.....

    be happy then yah....yg penting kedepannya lebih cermat..
    ayo semangt cyn.....fightinggggggg yah dear...#kiss#hug

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ceritanya ngebantu ya cath? Syukur deh kl sharing nya bs membantu ya.
      paket nya 49, tp promo jd 39 kok cath. Itu jg udh lengkap dpt semua2 nya.

      iya, mungkin tuhan punya rencana yg lebih baik buat gw ya, jd gw sih bener2 bersyukur banget ada kejadian kaya begini. Yg penting uang dp bs balik 100%. Hehehe.

      thanks cath buat dukungan nya. :)

      Delete
  5. bener banget tuh cyn... kalo belom ketemu wedding gown yg cocok, mending jangan dp dulu di bridal deh... pengalaman gua dulu, ketemu wedding gown yg pas di hati...biarpun ga langsung di keep tapi emang uda jodoh ya, ujung2nya ya balik lagi gown yg gua taksir...

    mengenai marketing... marketing gua yg lama juga kan resign... nah...gantinya ini juga ga sekomunikatif marketing sebelumnya... jadi kalo ada apa2 kudu kita sendiri yang aktif... untungnya itu terjadi pas uda mau beres sih hehehe... tapi emang kitanya sendiri yg kudu bawel2... ya namanya uda keluar duit puluhan juta, pasti mau dapet yg the best kan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mel, skarang fokus gw jd ke wed gown dl. Kl ada yg sreg, baru dp. Tetep mesti yg sesuai di kantong jg sih harganya. Hahaha.

      Senasib ya mel. Tp untungnya marketing u resign nya pas udah mau beres. Lha ini, marketing gw resign waktu baru 1 bln di dp. Grrrrrr..

      Delete
  6. Ujungnya emang krn ga jodoh yah Chyn, dr awal ternyata dah kek gitu ceritanya :(

    Moga pas ketemu bridal yg ok lgsg jodoh yah Chyn :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu, iya py. Emang dr awal ceritanya udh begitu..
      sip2, moga2 ketemu bridal yang jodoh & pas di hati. :)

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik