Sunday, September 21, 2014

Pemilihan vendor - bridal (part 4)

Siapa tau ada yang mau tau hasil survei saya belakangan ini kemana aja. Hahaha. Itung2 saya sharing juga pendapat saya pribadi tentang masing2 bridal berikut detail paket nya.
1.      The Silk PIK
Yang 1 ini terkenal banget karena gown nya yang bagus. Saya kan jadi penasaran banget seperti apa gown nya. Sebelom dateng, saya telp dulu untuk confirm kalo mereka buka. Pas sampe disana, saya dikasih liat 1 buku yang isinya adalah foto dari semua koleksi gown nya Silk (yang handle namanya Ci Yenni). Setelah bolak balik, saya tertarik sama 2 gown. Jadi langsung diambilin gown itu untuk dicoba. Ternyata dua2 nya baguuuus banget. Setelah selesai coba gown, saya baru dijelasin kalo gown yang saya coba itu harganya 29 juta & 30 juta. Nah, apa aja yang didapat? Dari hasil tanya jawab sama Ci Yenni nya:
a.       New wedding gown
b.      Custom bolero, veil, hair pieces, gloves
c.       Penambahan payet & lace
Intinya, disini sama sekali ga ada istilah second. Karena semuanya bener2 dibuat baru sesuai keinginan kita. Mantep banget kan penawaran nya? *mupeng abis*. Untuk gown yang udah di keep, kita masih bisa ubah lagi, selama belum dipake untuk prewedding indoor. Untuk alter nya sendiri butuh waktu sekitar 3 bulan. Buat yang tertarik, bisa telp ke Ci Yennie: 0818-68-8502 atau 588 2218 – 19. Cami ngoceh2 karena disini over budget. Dia bilang sayang kalo seharga 29 – 30 juta cuma untuk gown aja. Tapi disini cocok banget buat capeng yang mau semuanya serba ‘custom by request’.

2.       Aurelle House of Brides
Ternyata sekarang Aurelle udah pindah ke seberang Gading Walk yang ada di MKG. Pantesan nyari ke alamat yang lama (yang di-publish di Weddingku itu kanyang di Jalan Kelapa Hibrida Raya), tapi ga ketemu. Ditelp juga ga ada yang angkat. Setelah telp ke no HP cici nya, baru dapet info kalo Aurelle nya udah pindah. Hehehe. Aurelle nya buka sampe jam 8 malam. Cici Ivana nya helpful banget..Dia nanya saya sukanya gown seperti apa, terus dia cariin saya gown yang kira2 sesuai gambaran saya.

Dicariin terus bahkan waktu lagi sesi coba gown. Saya sampe udah merasa cukup untuk coba gown, tapi masih ditawarin terus. Kan jadinya ga enak jg ya udah ngerepotin orang laen. >.<
Setelah itu, langsung ditulis di kertas untuk harga gown (tunjuk gown mana yang disuka) berikut item apa aja yang didapat. Gown nya Aurelle ini setau saya dari Spain (Atelier Diagonal) yang emang bahan nya jauh lebih bagus. Tiap gown nya pun emang ada namanya. Untuk harganya dikasih 28 juta, udah termasuk:
a.       New wedding gown (Indalina)
b.      Peminjaman 3 prewedding gown
c.       Peminjaman 2 bridesmaid gown
d.      Alter gown, + payet, + crystal
e.      Accessories & hair accessories
f.        Bolero, veil, gloves, petticoat
g.    Fitting on the wedding day (ada perwakilan dari Aurelle yang akan bantu untuk pakai gown)

Cuma karena saya emang kurang sreg sama gown nya, jadi saya ga nanya lebih lanjut lagi tentang detail yang didapat. Untuk lebih jelasnya, langsung aja telp ke Ci Ivanna nya: 0812-1014-20006. Intinya, Aurelle ini mirip2 sama The Silk, yaitu service nya fokus hanya ke gown aja.

3.     Yumi Katsura
Baru beberapa bulan ini, Yumi pindah ke Elang Laut yang ada di PIK. Paket yang ada disini hanya ada 3. Utk second wed gown, harga nya 17 juta. Utk new wedding gown, harga nya 25 juta. Utk new wedding gown, prewedding & wedding journalism, harganya 46,5 juta. Kalo ga mau ada liputan hari h, tinggal potong aja 16 juta dari 46,5 juta (jadi 30,5 juta). Rekanan nya yumi cm ada APP (Aries Pangestu Photography) untuk prewedding & liputan hh nya.
Berhubung saya cari new gown & udah punya vendor untuk wedding journalism, saya lebih fokus untuk nanya2 tentang paket yg 25 juta. Yang didapat untuk paket 25 juta:
a.       New wedding gown seharga 22 juta (karena range wed gown nya mulai dari 22 – 27 juta)
b.      1x test make up (kalo ambil prewed, berarti test make up nya waktu prewed)
c.       Make up untuk Bride & Groom (+ retouch)
d.      Make up & hair do untuk 2 mama
e.      Make up, hair do & 1 dress untuk bridesmaid
f.        Peminjaman 1 wedding gown second untuk pemberkatan / outdoor photo (pilih salah 1)

Saya naksir nya sama new wedding gown yang seharga 27 juta. Nah ini dia yang bingung. Berarti kan saya mesti nambah 5 juta lagi dong buat keep gown yang saya taksir itu. Huhuhu. Lagian harganya juga bs dibilang di atas bridal laennya dengan harga yang sama (di bridal laen bisa dapet item yang lebih banyak). Di yumi ga ada gown yang bisa dipinjemin untuk prewed ya, karena 95% koleksi gown nya ya warna putih. Kalo gown warna sih ada, tapi itu cm untuk bridesmaid.

4.       Divine Bridal
Paket disini jg ada banyak jenis. Semuanya mesti disesuaiin lagi sama kebutuhan dari masing – masing pengantin. Ada yang sama liputan, ada yg ga. Ada yg sama voucher ini itu, ada yg ga. Hehehe. Untuk level gown nya ada 3: mulai dari Opera, Lavish, Millies. Upgrade per level gown kena 3,5 juta. Untuk pembuatan bolero baru (custom) kena 1,5 juta. Untuk photo prewed beda hari, kena charge lagi.
Dari studio indoor nya emang bagus loh. Ada banyak background & properti foto, tapi setau saya dibatesin juga untuk jumlah gown yang bisa dipake pas prewedding session.

5.       In Joy Bridal
Setau saya ini bridal lokal, tapi gown nya dari Taiwan. Anak gown nya baik banget. Dari hasil liat2 gown nya, sebenernya saya cm agak tertarik sama 2 gown aja, itupun katanya udah di-keep sama orang laen. Emang disana aturan nya masih bs coba gown yang udah di-keep sama orang laen. Setelah coba 2 gown itu, mbak nya ga ngasih saya selesai loh. Dia masih nyariin saya 2 gown yang udah di-keep sama orang laen dr ruangan laennya lagi. Ckckck. Luar biasa banget ya baiknya. Katanya sih biar puas setelah keluar dari bridal nya. Dari sisi model gown, terus terang sih kurang bervariasi, bahan nya jg kurang bagus. Kalo mau yang model nya oke, sepertinya harganya di atas harga paket yang mereka punya alias mesti upgrade lagi.
Untuk album yang didapat dari paketan jg amsih putus, belom sambung. Seinget saya, disini paket nya dibedain berdasarkan gown nya, mau yg new / second. Harga paket nya jg terjangkau, sekitar 21 juta udah lumayan lengkap. Saya share disini ya untuk paket 21,380,000 dapetnya:
a.       New wedding gown (Taiwan)
b.      Make up Bride & Groom berikut retouch
c.       Prewedding indoor & outdoor
d.      40 foto + design + album tempel 20 x 30 cm
e.      Kanvas 60 x 75 cm
f.        1 foto meja
g.       Make up mama untuk 2 orang
h.      Hand bouquet

6.     Yohannes Bridal
Harga paketan nya mirip2 sama In Joy, sekitar 22 juta. Dapetnya jg udah lumayan lengkap. Kalo yg demen blink2 dengan batu2an yang besar, disini tempat nya. Karena rata2 karakteristik gown disini emang yg heboh. Gown nya dibagi per grade, ada yg second, new 10 juta & new 15 juta. Tapi kan saya itu orang nya ribet, maunya custom wedding gown, yang model nya transparan di bagian belakang. Begitu tanya harga gown custom, start from 30 juta. Ogah deh kalo custom wedding gown nya semahal itu. Hehehe.
Kalo dari style make up nya juga saya kurang suka. Karena sepertinya make up disini rata2 tebeeeellll. Padahal sehari hari nya saya ga pernah pake make up. Jadi pas di wedding day pun maunya cuma soft make up aja.  Kalo misalnya di bridal laen itu duduk biasa pada waktu make up, kalo disini itu sambil rebahan / tiduran. Dari photographer saya jg sependapat kalo make up disini terlalu tebel. Tapi kalo yang emang suka ‘strong’ make up & blink2 gown, disini cocok banget. Hihihi.

7.       May – May Bridal
Bridal nya ada di lantai 3 & 4 dari ruko nya yang ada di CP.  Saya mampir kesini karena vendor liputan saya ada rekanan sama bridal ini untuk paket prewedding nya. Disini ada 3 paket, start from 29,9 juta, 39,9 juta & 49,9 juta. Untuk yang 29,9 juta, gown nya second & make up nya harus ke May – May Bridal. Untuk paket 39,9 juta, gown nya new & make up at your place (free). Kalo paket 49,9 juta, untuk custom wedding gown dari awal. Butuh waktu sekitar 7 bulan untuk buat wedding gown dari awal.
Saya share untuk detail paket yang seharga 29,9 juta ya:
a.   Rent wedding gown (second) termasuk petticoat, veil, glove, accessories, dll (standar bridal lah)
b.      Make up @ Salon by team (1 x prewedding, make up HH & retouch) for Bride & Groom
c.       Party make up & hair do untuk 2 orang (biasa untuk mama) & retouch
d.      Make up & hair do untuk 1 orang bridesmaid
e.      Prewedding (indoor & outdoor) à belum termasuk ijin lokasi
f.        Album magazine ukuran 20 x 30 cm (20 halaman)
g.       30 edited photos
h.       Kanvas 60 x 80 cm + frame

Kalo ada yang tertarik, bisa langsung contact ke Ci Ling – Ling: 081-888-2275. Untuk koleksi gown nya, bisa langsung diliat di website nya. Tapi setelah saya ngubek2 gown nya, ga ada yang sreg di hati. Jadi saya jg ga ada coba 1 pun wedding gown disini.

8.       Gester Bridal
Iseng – iseng mampir ke Gester, siapa tau cocok. Hehehe. Disambut sama Ci Maria, terus langsung dijelasin paket nya. Untuk paket nya sendiri dibagi berdasarkan second / new wedding gown. Berhubung saya kan emang utamain cari gown, jadi langsung liat2 gown nya. Setelah ngubek2 new wedding gown nya, saya cm suka sama 1 gown yang dipajang di manekin. Akhirnya saya coba 2 gown disana (salah 1 nya yang di manekin).
Emang badan saya yang kaya karung beras x ya, coba 2 gown, kaga ada yg muat (ga bs di-resleting). Ckckck. Terus ditanya sama Ci Maria nya, lebih prefer gown yang mana. Tetep aja saya nunjuk gown yg dipajang di manekin. Hahaha. Untuk gown yang saya taksir itu, dikasih harga 28 juta (untuk gown & make up saja) atau 44 juta untuk paket lengkap nya.
Biar ga bingung, saya share detail paket nya Gester ya. Untuk second wed gown, start from 21 juta. Sedangkan untuk new wed gown start from 34 juta. Harga ini udah termasuk:
a.       Wedding gown ready stock
b.      Test make up & hair do
c.       Make up for Bride & Groom berikut retouch
d.      Prewedding make up
e.      1 x facial treatment
f.        Make up, hair do & gown for bridesmaid
g.       Hand bouquet & corsage
h.      Prewedding indoor: 20 edited photos
i.         2 album liputan uk 20 x 30 cm
j.        Liputan hari h DKI (mini DV)
k.       Wedding car DKI 8 jam
l.         Voucher jas, undangan, kue @ 1 juta
m.    Make up & hair do untuk 2 mama

Kalo mau ada prewed outdoor nya, ada beberapa item yang mesti diilangin dari paketan di atas. Untuk bolero, enaknya disini bisa dibuatin yang baru. Masih inget banget sama bolero nya Epi, soalnya bagus bolero nya. Hehehe. Buat yang tertarik, bisa langsung hubungin Ci Maria nya: 0815-5000-463.

9.       Ricky L Photo & Bridal
Kesini jg iseng2 doang, ngajakin cami mampir pas lagi lewat, terus dia mau. Ya udah, jadinya kita mampir. Seinget saya, harga paketan nya sekitar 23 an juta. Yang hebatnya, harga itu udah termasuk custom new wedding gown loh. Padahal kan kalo di bridal laen, mau custom itu kena cas yang mahal banget. Cuma emang bahan gown yang dipake kurang bagus kalo menurut saya. Pas disana, ternyata ada Pak Ricky nya jg, owner dari Ricky L. Dia blg, emang ada apa lagi yang dipertimbangin? Coba aja didiskusiin, siapa tau bs dibantu biar jadi deal disini. Tapi emang kita nya aja yg ga sreg, makanya kita ga nawar apapun. Cuma ha oh ho oh aja pas dijelasin detail paket nya. Marketing nya jg merasa sih kalo kita kurang tertarik. Karena dia bilang sm Pak Ricky, dari mereka ga ada penawaran apapun, gimana bs dibantu. Hahaha.

10.   Elvira Brides
Kalo ini sih itungan nya bukan bridal ya. Karena disini sediaiin jasa untuk sewa second wedding gown / custom wedding gown (bikin dari awal). Ci Elvira orang nya baik banget. Saya dikasih coba beberapa wedding gown yang disewain. Setelah coba, saya jg sempet ngobrol2 sama Ci Elvira tentang cuttingan gown yang cocok untuk body saya. Terus saya dikasih tau kalo pundak saya lebih lebar daripada pinggang (jadi ga cocok untuk pake model sabrina).
Untuk custom wedding gown disini, saya dikasih harga 27,5 juta. Karena kan saya mau bagian rok nya itu heboh. Hahaha. Harga itu udah termasuk:
a.       Custom wedding gown
b.      Custom veil, bolero, gloves, hair pieces
c.       Peminjaman gown untuk 2 orang bridesmaid
d.      Peminjaman 3 gown untuk prewedding
e.      Peminjaman 4 gown untuk usher / penerima tamu

Oh iya, Ci Elvira jg bs make up untuk HH. Harganya 5 juta untuk make up HH. Harga yang tertera itu belom termasuk make up untuk 2 mama ya. Sayangnya cami ga sreg sama tempat nya (terlalu jauh dari rumah dia).

Padahal mah saya masih mau muterin bridal laen lagi, tapi cami udah ogah tuh nemenin nya. Karena kata dia, semakin banyak yg diliat, semakin maunya ga jelas. Wkwkwk. Mudah2an postingan ini bermanfaat ya buat orang laen yang jg masih cari2 info tentang bridal. Hehehe.

8 comments:

  1. astaga cyn,,pemilihan vendor bridal nya udah sampe part 4 yah??
    semangat yah say..semoga semakin diberkatiiiiiiiii dan dilancarkan urusan bridal nya....caiyo!!!!!!^-^..

    jadi sudah menentukan bridal mana kah cyn?udh coba datengin Taiwaners belum??aq coba bantu suggest yah,, JJ, Catherine, atau yang lokal kayak King, Ming Bridal or White bridal (cuma kyk nya kurang cocok yah sm style nya yohanes,,xixixi..:D gpp, selera mu yang terbaik ajah ^-^), atau cek bridal Smile yah,,aq ga tau itu bridal baru atau lama, tapi yang jelas di weddingku tuh bridal rame diomongin...ga tau kenapa bisa rame..sengaja dibuat rame atau memang bagus,,coba aja...ayo semangat chyn....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cath, yg part 1 - 3 itu hasil survei sebelom deal di bridal lama.
      ini kan baru survei2 lagi yg babak baru. Hahaha.

      yup, makasih ya cath buat dukungan nya,
      cami ga suka bridal TW, jd ga concern utk survei disana.
      kalo di forum wk, banyakan review yg dibuat2 untuk naekin pamor dr vendor tsb. Ada yg review asli jg, tp mesti jeli buat bedain mana yg asli / sengaja dibuat2.

      Delete
  2. Mantapp list nya Chyn :D Informatif bgt buat yg lagi nyari bridal :D gw begitu ketemu yg murah dan ok lgsg tutup mata ma yg lain...hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya2 pypy..informatif buat yg lagi nyari bridal.
      Itu cara yg betul py, biar ga over budget..jd ga lirik2 yg laen lg kl dah ketemu yg sreg. :)

      Delete
  3. divine bridal itu sebenernya pecahan dari ricky l... gua ga tau sih koleksi gaunnya gimana... tapi foto2 prewednya bagus2 hahahaha... mereka kayak punya studio sendiri kan setau gua...

    yumi katsura juga bagus2... tapi rada mahal ya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hah, baru tau loh mel kl divine itu pecahan dr ricky l.
      Soalnya taunya salah 1 owner nya ada yg namanya pak ricky, yg punya ricky & co (vendor liputan).
      Koleksi gown nya so so aja mel. Cm disana ruameeee bgt. Mau coba gown aja mesti antri. >.<
      Iya, studio nya ada di dlm bridal nya. Semua spot di bridal bs dijadiin tempat utk prewed.

      yup, yumi sih gown nya bagus2.
      Btw mel, yg u komentarin ini, emang bridal pilihan gw loh dr sekian byk yg gw datengin.
      Kok bs tepat gitu? Hahaha

      Delete
    2. Hai All.. ak mau tanya nih bridal yang paketan nya udah ALL in apa aja ya?
      dengar2 Ming Bridal udah lengkap.. boleh minta masukannya untuk Bridal2 yang sudah dapet paket ALL in... ak sih buat akhir 2015, resto ambil di CENTRAL Tomang...

      Delete
    3. iya, ming bridal udah lengkap kok. disesuaiin sama budget & yg letaknya deket dr rumah/pemberkatan/tempat resepsi aja sis. yg paketan nya lengkap ada yohannes, in joy, gester, ivory, dll. tapi masih banyak lagi kok bridal yg punya paket all in.
      buat nentuin bridal, mesti banyak aspek yg dipertimbangkan. hehehe

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik