Sunday, April 20, 2014

Pemilihan Vendor - Liputan wedding HH (Monchichi Photography)

Di postingan ini, saya khusus mau bahas lebih detail ttg Monchichi Photography. 
Note: Long posting alert nih without pic, jgn eneg ya baca nya.
Mungkin sebagian besar banyak yg belom pernah denger namanya Monchichi. Bahkan WO saya jg belom pernah denger namanya. Kalo menurut saya sih wajar2 aja ya, karena kan sekarang vendor foto & liputan hh itu ada ratusan. Apalagi Monchichi ini masih termasuk vendor yg boleh terbilang baru (launch tgl 20 Jan 2012 *ngecek brosur. wkwkwk*).

Saya baru tau ttg vendor ini waktu di pameran Balai Samudera, di pertengahan April 2014. Waktu di pameran, saya ternyata udah langsung dijelasin sama founder sekaligus photographer nya langsung loh. Biasanya kan kl ketemu vendor liputan, kita biasa ketemu sm owner / marketing nya. Tapi nanti di HH nya, yg turun adalah team nya mereka *udah rada jarang yg owner ikutan turun di HH, walaupun ada beberapa vendor yg seperti itu*

Begitu dijelasin, liat portfolio nya, ternyata hasil nya lumayan bagus. Waktu dijelasin ttg case khusus nya saya *dimana sebenernya udah dapet liputan dr bridal*, mereka bs kasih input / saran yg menurut saya oke. Karena jujur saya khawatir ada 2 tim yg berbeda, tapi ga bs kerja sama dengan baik. Yg ada nanti di hasil foto si vendor A, ada photographer nya si vendor B atau sebaliknya. Kan gawat jg kalo kaya gitu.

Tapi karena saya dijelasin langsung sama photographer nya, saya udah dijelasin ttg penempatan posisi photographer & videographer nya. Dari yg ga ada gambaran sama sekali ttg posisi / letak photographer ngeliput, sampe akhirnya punya sedikit gambaran utk di hh nanti. Menurut saya sih ini salah 1 point plus nya Monchichi dibanding vendor laen.

Sebenernya di awal2, agak syok jg liat price list nya vendor ini, karena harganya ternyata lumayan mahal & jelas2 out of budget. Tapi karena di pameran, ada promo free photo booth unlimited 3 jem, sedangkan saya ga perlu ada photo booth. Jadi utk harga nya di estimasi ulang lagi deh. Ujung2 nya sampe ngobrol ampir 1 jem, tinggalin no telp & email. 

Sekitar 1 minggu setelah pameran, saya dikirimin detail paket dari hasil pembicaraan di pameran sama Hendy, salah 1 photographer inti nya Monchichi. Baru setelah itu, saya mulai googling review dari capeng laen yg pernah pake Monchichi. Sejauh hasil googling, respon nya positif - positif aja.

Berhubung belakangan ini pernah ada kejadian vendor liputan yg kabur, saya jd ngeri jg dong kl misalnya saya ga cari tau dulu lokasi vendor nya ada dimana *itu sih modal nekat namanya kl seengganya cari tau dl lokasi nya*. Jadilah saya hubungin Hendy & Ivan (bs dbilang founder nya), kasih tau kl mau mampir ke tempat mereka.

Ternyata letak nya di perumahan & office nya itu rumah nya Ivan. wkwk. Kl di pameran, saya kan ga bs liat hasil full duration nya seperti apa. Palingan cm bs liat wedding clip sama hasil foto nya aja yg dicetak di album. Kalo datengin langsung office nya kan bs liat langsung hasil video nya kaya gimana *ini penting loh, soalnya ada vendor yg ga mau kasih unjuk full duration nya mereka*

Walaupun sy cuma nanya2 *bs dibilang bawel & udah masuk taraf akut nanya nya* & baru survey2 doang, ternyata diladenin dengan ramah sama Ivan. Bahkan waktu saya nanya2 by WA jg dijawab lumayan cepet *kecuali kl ada event utk motret ya, itu agak slow response. Tapi pasti dibales di hr yg sama*

Menurut saya, beberapa keunggulan nya vendor ini:

1.   Owner, photographer, smuanya ramah & helpful. Semua tim nya masih muda2, jadi masih energik. Bener2 sesuai sama tagline nya: ‘Your friendly photography’.
2.    Design & model album nya jg up to date alias ga ketinggalan zaman.
3.    Crew nya itu bukan freelancer!! *ini penting bgt nih, biar wed day kita terjamin kl di handle sama org yg emang udah pro di bidang nya*
4.  Kamera / peralatan yg dipakai udah lengkap & jg milik sendiri, bukan sewa / property nya freelancer.
Saya blg lengkap karena mereka jg punya glide cam, monopod, lighting, dll. 
5.      Khusus utk kamera, yg dipake udah Digital SLR (biasa bs disingkat jadi DSLR).
Tipe / seri minimum yg dipake untuk fotonya ada canon EOS 6D, 5D mark ii / iii, 1D mark iv.
6.      Kualitas video nya udah cinematic, full HD (resolusi 1920 x 1080 pixel kl ga salah).
Kl untuk ngeliput video nya pake 6D dan 70D. Jadi hasil liputan nya udah jernih. Soalnya saya pernah liat yg kualitas HDV, masih ada seperti 'semut2' nya di hasil video nya.
7.      Kelihatan jelas kl para photographer nya punya passion di bidang fotografi *bukan cm asal dapet duit, tapi soal kualitas belakangan. Pengambilan angle nya jg udah oke untuk range harga yg mirip dr vendor laen*
8.      Cover & bahan album bisa pilih sesuka kita *mau bahan beludru, kulit, linen, kayu*
9.      Bisa kasih masukan yg tepat ke customer, bukan selalu profit oriented.
Misalnya, saya blg mau ada SDE, dikasih masukan kl sebenernya SDE itu ga perlu2 amat, karena nanti setelah hari H nya kan dapet wedding clip jg. Padahal kl saya mau ada SDE, berarti kan mesti nambah biaya, which is pemasukan buat mereka.
10.  Dalem 1 hari cm terima maksimal 2 wedding.
Jangan sampe karena terlalu byk event yg diterima dalem 1 hari, wed day nya kita jadi kacau karena mereka kekurangan crew utk turun di HH, terus malah ambil freelancer.
11.  Punya jam terbang yg lumayan tinggi
Kenapa saya bilang begitu? Soalnya secara individual, mereka emang udah terjun jadi photographer jauh sebelom Monchichi nya di launch. Kalo saya perhatiin, si Ivan nya sendiri pernah ikutin beberapa kompetisi / lomba foto.
12.  Founder nya punya niat untuk asah skill *never stop learning*.
Jadi bukan berarti sekarang bisa motret, hasil udah lumayan bagus, udah dapet customer, terus skill nya stuck disitu2 aja. Tapi keliatan jelas apa goal mereka untuk beberapa tahun ke depan nya.
13.  Last but not least, payment term nya.
Jadi kl menurut saya, payment term disini beda dr vendor laennya.
1st payment: Untuk lock tgl, cukup kasih booking fee sebesar 1 juta atau 25% dari harga total.
2nd payment: 25% lagi pada saat tanda tangan kontrak.
3rd payment: 30% sebelom HH nya kita, kalo ga salah 1 bln sebelum HH.
4th payment: 20% pelunasan nya setelah kita terima foto2 HH dari mereka & mau cetak album.
Kalo di vendor laen, biasa nya kita udah mesti DP sebesar 50% & pelunasan nya sebelum HH. Kalo menurut saya sih, payment term seperti ini sama sekali ga berat buat customer & emang wajar.

Ini sih review saya secara pribadi ya. Ga tau pendapat nya capeng laen seperti apa. Dari hasil googling, ternyata portfolio nya mereka lumayan sering di update. Ga berasa loh, saya udah nanya ampir ke 20 vendor liputan *beberapa review nya ada yg udah saya ceritain di postingan sebelom, ada jg yg ga diceritain gr2 terlalu banyak*. Yang mau liat portfolio nya, website nya masih belom jadi sekarang. Jadi saya cari nya di Instagram, Facebook, Youtube, atau BrideStory.

Monchichi Photography
Jalan Permata Biru 1 Blok I2 no 3
Kelapa Gading
Telp: 452 - 8261

Contact Person:
Hendy Musa
HP: 0818 - 0730 - 3371

Ivan Natadjaja
HP: 0878 - 7538 - 4988

2 comments:

  1. kayaknya gua kenal tuh ama contact personnya hahahaha... lulusan dkv, dijamin oke punya sih kualitasnya...

    dulu gedung gua harus rekanan kalo masalah foto2 gini, mana mahal2 pula, akhirnya gua teken budget dengan ga ngambil album... dan pilihan yg tepat sih, karena ada miskom ama pihak fotografer, gua akhirnya dikasih album, tapi belom milih2 foto sama sekali ampe sekarang hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mel, kenal sama yg mana nih, yg atas atau yg bawah? hehehe.
      itu biasanya salah 1 'penyakit' penganten yg udah lulus mel. males kl disuruh pilih foto hh, secara hasil foto nya aja bs sampe ribuan. wkwkwk.

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik