Monday, September 22, 2014

Wedding Day Journalism - Monchichi Photography

Di postingan bulan2 sebelomnya, saya pernah posting tentang Monchichi Photography, bahkan gencar banget bikin posting ttg memilih vendor liputan segala *jd berasa sotoy*. Cuma waktu itu kan saya belom state kalo sebenernya saya udah deal sama Monchichi untuk vendor liputan di wedding day nanti. wkwkwk.

Untuk alesan2 kenapa saya deal di Monchichi sih bisa diliat di postingan sebelomnya ya. Kalo di postingan ini, saya lebih ceritain item2 apa aja yg didapet karena udah deal sama Monchichi. Walopun vendor liputan ini namanya masih belom terkenal dibanding vendor laennya, tapi saya & cami udah kasih kepercayaan ke Monchichi untuk handle our big day. 

Seharusnya kita ga salah pilih, karena sebenernya kita sampe ketemuan 2 - 3 kali untuk cari chemistry sama photographer nya sebelom deal. Umumnya kalo deal sama suatu vendor, kita ketemu sm owner nya, tapi nanti di hh nya yang turun adalah team nya. Nah, yang saya temuin di Monchichi beda sih. Karena dari waktu di pameran, kita jg udah langsung ketemuan sama photographer sekaligus founder nya. Ngobrolnya jg lebih enak jadinya.

Kita yang dari buta soal foto, video, dll, jadi punya pengetahuan yg lumayan sejak ngobrol sama Ivan, photographer sekaligus founder yg nantinya turun di hh saya. Selaen itu, saya ngeliatnya mereka itu punya passion di bidang fotografi. Apapun kalo dikerjain karena hobi, biasa hasil nya lebih bagus ya. hehehe. Liat hasil beberapa portfolio mereka, saya jg sreg. Karena untuk 1 moment, bisa diambil dari berbagai angle.

Kita udah deal di Monchichi udah dari April 2014. Soal payment term jg enak, istilah dagang nya 'cengli' lah. Harga paket nya 26 mio untuk wedding day, free photo booth selama pameran di Balai Samudera (April 2014). Cuma dr awal cami udah kekeh ga mau pake photo booth. Jadi kita nego lagi untuk harga paketan nya, karena photo booth ga diambil.

Setelah nego & ketemuan beberapa x, akhirnya deal jg. hahaha. Yang didapet itu:
- 3 photographer
- 3 videographer
- include lighting (if needed)
- free photo clip
- wedding clip (durasi 1 lagu)
- video liputan (durasi sekitar 45 menit)
- Bisa request lagu untuk video clip & liputan nya
- 2 album ukuran 25 x 30 cm @11 pages (custom album, bs request mau pake bahan & model apa)
- 2 kanvas ukuran 60 x 90 cm

Untuk photographer nya sendiri, udah ada pembagian tugas masing2. Misalnya task untuk photographer. Ada yg bertugas untuk ambil moment, beauty, dan scenery. Dari hasil penjelasan Ivan, seharusnya ga bakal ada terjadi penumpukan crew di 1 tempat, karena mereka punya tugas yang berbeda.
Umpamanya nih ya:
Pagi hari:
2 photographer akan ikut ke tempat bride, sedangkan 1 photographer ikut ke tempat groom (karena preparation di pagi hari itu lebih rempong di tempat bride).
Pas moment pemberkatan:
Akan ada 1 kamera yang stagnan untuk ambil suara & gambar dari belakang. Photographer sisanya akan liput dari sisi kiri & kanan.
Pas moment lepas balon:
Akan ada photographer yg stand by dari depan & belakang.
Pas wedding toast:
Photographer 1 ambil gambar dari tengah, tampak depan (capture moment).
Photographer 2 ambil gambar ekspresi tamu2 yang ikut pegang gelas untuk wedding toast (capture scenery).
Photographer 3 ambil gambar dari sisi samping, fokus ke detail gelas nya pada saat diangkat bersama2 (untuk beauty), karena akan ambil foto yang lebih detail nya.

Penjelasan saya belepotan amat ya? Mudah2an yg baca bisa ada gambaran ya maksudnya apaan. wkwkwk. Mungkin bs kebayang kalo pas baca penjelasan yg moment wedding toast.

Oh ya ada yg tau Cecep Reza, pemeran Bom - Bom di film Bidadari? Nah, ternyata sebelom married, Cecep itu sempat jadi salah 1 photographer di Monchichi. Pas wedding day nya Cecep, vendor liputan nya pakai Monchichi jg. Itupun saya sadarnya waktu liat portfolio foto di website & instagram Monchichi, setelah deal pula sadarnya *ga peka ya*. Kita akhirnya deal di vendor ini setelah ketemu 20 vendor liputan di pameran. ckckck. Akhirnyaaaaa, 1 urusan kelar jg ya. Salah 1 alesan utama kita deal disini adalah harga *UUD jg*. Gelo, harga vendor liputan jaman sekarang ga kira2. Makanya cari yg sesuai budget tapi lumayan bagus emang susah banget ya. >.<

Untuk yang mau liat portfolio nya, bs klik disini atau disini ya.

Monchichi Photography
Jalan Permata Biru 1 Blok I2 no 3
Kelapa Gading
Telp: 452 - 8261 
Ivan Natadjaja
HP: 0878 - 7538 - 4988

24 comments:

  1. Banyak yah Chyn yang didapat.. Ketemu 20 vendor lebih? Hebatt.. Gw ga ketemu siapa2 nih, dah percaya sama rekanan bridal..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya py, ketemuan dr beberapa x dateng ke pameran. :)
      Karena gw ga bs percaya lg sm liputan dr bridal waktu itu (udah gw ceritain di postingan sebelomnya).
      jd gw ikhlas keluar budget lebih lg utk dp di monchichi, tp yg dr bridal lm tetep ada.
      untungnya bridal lm tutup. Wkwkwk

      kalo dah percaya bagus py. Jadi ga usah pusing2 lagi..sukses ya buat wed preparation nya. :)

      Delete
  2. cyn, tanya dong, dirimu pake screen projector kah nanti??itu vendor fotonya udah sama paket same day edit liputan video gtu kah??atau masih kena charge lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga pake screen projector lagi cath, soalnya udah ada dr tempat resepsi. Hehehe.
      ga termasuk sm same day edit, karena kl mau SDE mesti nambah duit lg.
      toh nantinya SDE itu sebenernya kan sm seperti wedding clip, cm bedanya kl SDE udh bs ditampilin langsung waktu resepsi (wed clip dpt nya setelah resepsi kelar)

      Delete
    2. jadi nanti screen projectornya mau dipake ga cyn?gw galau nih,,,hahahaha...ada screen nya tapi baru ngeuh belum nego SDE sama vendor gw....pas di nego,,eh bener loh kena charge lagi...hahaha..#galauuuu

      Delete
    3. kalo gw sih pasti pake screen projector, karena udah dapet fasilitas dr tempat resepsi & free. Udah default nya begitu. hehehe.
      iya cath, biasa kena charge sekitar 1,5 - 3 juta untuk SDE.
      kalo gw sih pake buat tampilin photo clip prewedding & show selama acara wedding nya. :)

      Delete
  3. Chyn.. gw bacanya "monkeychi" hahahaha.. maap ya hahahhaha
    oh si bombom itu potograper ya disana.. gw baru tehe loohh..

    emang skrg vendor liputan uda ga msk akal lagi harganya.. tp lu dpt 3 poto 3 video ya.. banyak bgt.. kalo sampe ad moment yg ga kepoto sih ya kelewatan loh hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. jiah melo. hahaha. tapi emang lambang dari vendor ini emang monkey sih. harusnya lebih gampang penyebutan nya kl monkichie ya? hahaha.
      iya, dulu dia sempet jadi photographer di monchichi. Tapi after married sepertinya udah ga lagi.

      betuuuuul melo, harga gila2an buat liputan, makanya gw muter sampe ke byk vendor. >.<
      yup, mudah2an ga ada yg kelewatan ya buat moment nya. wkwkwk

      Delete
  4. sama kyk mei, gw juga bacanya monkichiii.. wkwkwkwk

    jujur urusan pervideoan gw ga banyak carii, cmn emank ribet juga, soalnya mahal juga nihh video liputan, sama stylenya beda", btw u dapat mayan banyak juga teamnya.. hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, emang lebih gampang baca nya monkichie ya jur? :D

      iya, photo & liputan hh sekarang rata2 udah belasan mio aja, cari duitnya kan setengah mati. >.<
      dulu gw jg bingung, apa sih yg beda dari style nya? bener2 buta soal ginian. sampe skarang jg masih rada bingung. Loh?! hahaha

      Delete
  5. Ochann, banyakk juga ya dapetnya.. Tapi itu ampe 3 photographer and 3 videograpfer apa gak kebanyakan tuhh.. Harus bener2 diatur penempatannya tuh Chyn..klo gak ribet..krn bakal banyak kabel berseliweran. dan trlalu banyak orang, jd malah takutt ngeganggu jalannya prosesi pernikahan.. Makanya kudu bener-bener diatur banget penempatannya Chyn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal gw maunya cm 2 photo & 2 video aja mar. Tapi sepertinya dr tim monchichi udah ada pembagian tugas masing2 untuk photographer nya (1 untuk capture moment, 1 untuk beauty, 1 untuk scenery).
      gw sampe dijelasin masing2 itu apaan, secara gw org awam.

      untuk penempatan dr masing2 crew, mereka udah tau kok harus stand dimana aja waktu wed day. Karena udah ada task nya masing2.

      kl soal kabel, sekarang smua kamera liputan udah pake baterai mar (setau gw). Mereka bakal bawa 3 - 4 baterai untuk 1 hari acara.
      Pake kabel sepertinya hanya utk lighting.

      Delete
    2. Oww..iyaa iyaa.. utk Lightingnya masuk aku, hehehehe..
      Tapi goodlah Chyn klo mereka ud ada tasknya masing2. Semoga hasilnya baik dan memuaskan ya Chyn. Awas aja klo dia gak dapet semua momentnya.. kita keroyokin rame2.. hehehehe.. Semangattt Siang Chyn. :)

      Delete
    3. iya mar, kalo sampe ada moment penting yg missed, langsung di-posting dah di blog (macem bridal lama ituuuuh). wkwkwk.

      semangat siang dan semangat lunch mar. :)

      Delete
  6. buset cyn....20 vendor? niat amat ckckckck... tapi emang kalo mau dapet harga miring harus rajin2 survey gitu ya... gua dulu ketemu banyak vendor cuma vendor catering doang... hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya nyari yg pas di kantong tp jg pas di hati. Hahaha.
      kan susah bener kriteria nya. :)
      Akhirnya ketemu jg setelah pusing muterin vendor segitu byk.

      Delete
  7. Wuah chynn.. perjalanan panjang bgt ya sampe akhirnya deal di sinii hehe.. Ak sndiri pake rekanan angke yang di jakarta.. tapi malah belom nanya dapet apa aja.. gawat hahaa..
    Smoga cocok ya tar hasilnya.. 26 mio jumlah yg ga kecil soalnya.. hehe :)

    Smangat buat bridalnya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, perjalanan nya panjang bgt fan. pake selisih pendapat pula sama cami.
      hah, buruan ditanyain fan, dapet nya apa aja. hehehe.
      jadinya ga 26 mio kok fan, karena kan free photo booth ga dipake, jadi dipotong lg harga paket nya. hahaha

      Delete
  8. wah banyak tuh Chyn yg didapet.. semoga cocok sama hasilnya nanti yah :)
    gw biasa wedding fair jaga booth nya precious moment by scorta, paket wedding photo and videography nya 25 juta, menurut gw sih termasuk mahal tapi sebanding lah sama kulitas hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mey, salam kenal ya.. :)
      wah, biasa jaga booth precious moment by scorta ya? yg brosur nya kupu2 warna pink. hahaha. masih inget sampe skarang soalnya kan emang unik bentuknya.
      yup, precious dah naek ya harganya? waktu itu harganya 20, tapi katanya mau naek. ternyata setelah naek jadi 25 ya. >.<

      Delete
  9. wihh dapet paketannya banyak tuh Cyn. Tone fotonya bagus juga tuh di portonya :D
    Buset deh 20 vendor hahaha, banyak aja sampe akhirnya nemu ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ngel, paketan nya dah lengkap ya. :)
      wuih, disempetin liat portfolio nya ya, makasih ngel *pelukangel*..
      iya, gelo jg kalo dipikir2 sekarang. Nemu 1 vendor yg pas susah bener ngel, lebih tepat nya karena susah cocokin budget. >.<

      Delete
  10. sis, minta review monchichi donk
    bagus ga monchichi?

    saya nyari vendor lain harganya masih diatas 25jt semua
    masih belum fix jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. km cari vendor yg budget nya berapa sis?
      kl buat monchichi, nanti aku review di wedding review ya.. masih belom kelar nge review vendor2 nih.. >.<

      Delete

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik