Tuesday, February 25, 2014

Pemilihan vendor - Wedding Invitation (part 1)

Ini vendor yg paling bingung nentuin nya. Hampir tiap x ke pameran, selalu mampir ke vendor2 undangan buat survei2 harga & nambah ilmu ttg pernak pernik undangan. Wkwk.
Ada banyak vendor yg saya tanyain. Tapi saya agak terbatas sama rekanan dr bridal. Karena di list rekanan, pilihan nya cm ada CC Card, Uno Card, Prima Card, Ken's Collection & Sehati Card.

Tapi ternyata setelah saya datengin satu per satu ke vendor undangan tsb, ga ada yg bener2 bikin saya suka sama model undangan nya. Di luar rekanan, saya jg survei ke Kuda Laut Printing, Adel's Card, Honey Card, Loving Card (dulunya Lovely Card, di mangga dua square), Vie Card & Red Card.

Banyak kan yang saya datengin? wkwkwk. Model yang bikin saya suka setengah mati itu model yg ada di Kuda Laut Printing. Dari contohnya, bahkan saya udah ga perlu ubah apa2 lagi dari segi design & warna. Kalo dari segi harga, saya tertarik sama Adel's Card. Muterin segitu banyaknya vendor, ini yg harganya paling murah & design nya jg oke (ketemu harga 8rb untuk ukuran 17 x 23 cm). wkwkwk.

Nah, saya pantang mundur karena masalah rekanan. Makanya saya minta tolong sama marketing bridal untuk hub Kuda Laut & Adel's Card, siapa tau mereka mau diajakin rekanan sm Valencia. Hasilnya, cm Adel's yg mau diajakin rekanan. Akhirnya di pameran selanjutnya, saya tanya2 lagi sama Adel's. Eh, ternyata harga di Adel's cm bs mengikat 1 taon aja. Sedangkan hh saya masih lebih dr 1 taon. Jadi, say goodbye deh sama Adel's.

Demi model di Kuda Laut, tadinya saya berani ambil resiko untuk deal sama mereka, walopun ga bs rekanan. Pas ditanya2 lagi, ternyata harga jg ga bs mengikat lebih dari 1 taon. Rata2 vendor yang blm terlalu besar ga berani iket harga di atas 1 taon. Takut harga kertas naek karena merangkak nya nilai dollar.

Dari sekian banyak vendor yg saya tanya, yang bs iket harga > 1 taon cm Uno Card, CC Card, Sehati Card. Ya sedihlah saya, soalnya ga ada model yg disuka dari 3 vendor itu. huhuhu. Lagian, untuk beberapa vendor, ada lumayan banyak jg review negatif nya.Saya mana berani deal di vendor yg lumayan byk review negatif, ngeri euy..

Ada jg yg ga sreg karena vendor itu terlalu mata duitan..Mis:
- Tambah kertas untuk door prize (ada numerator & dicacah supaya bs disobek, mirip2 kaya tiket nonton di blitz) kena biaya (mulai dari 150 rb - 400 rb).
- Tambah kertas untuk table no / area, kena biaya (mulai dari 500 - 1000 perak per lembar).
- Mau pake pita/tag yg tebel, kena biaya lagi.
- Nama pengantin mau pake hot print warna emas atau silver, kena biaya (150 rb dr harga total).
-Mau ada 2 warna atau lebih, kena biaya tambahan (entah per undangan mesti tambah 1000 perak atau kena tambahan harga tertentu dr harga total).
- Request ada emboss / motif timbul, ada yg mesti kena biaya (kl udah ada plat nya, biasanya sih free. Kecuali request emboss yg plat nya blm ada).
-  Mau ada lembaran / tambahan kalkir di bagian dalem undangan, jg kena charge (ini sih di semua vendor pasti begitu. Kalo case ini amat sangat wajar kl kena tambahan biaya).
- Ada dummy/ga? Karena di beberapa vendor, untuk dibuatin dummy, kena charge yg lumayan mahal (mulai dr 150 rb - 500 rb).

Saya sih maunya banyak. Tapi pusing jg kan kl sedikit2 mesti nambah? ckckck. Ini pembelajaran buat capeng laen jg sih sebelom deal, supaya ditanya dl yg bener2 jelas untuk detail undangan nya. Jangan sampe kena charge ini itu nantinya.
Yang perhitungan nya masih wajar cm Uno Card. Walaupun kena charge, tapi ga mahal, alias masih dalem batas wajar.

Kalo yg mau liat review yg lebih detail untuk masing2 vendor, bisa klik disini ya.

No comments:

Post a Comment

 

Template by BloggerCandy.com | Header Image by Freepik